Makanan Khas Kalimantan Timur Sayur Asam Kutai

Makanan Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan Timur – Berlibur ke Kalimantan Timur adalah salah satu ide yang bisa dikatakan cukup tepat dan tidak biasa. Meskipun tidak se-populer Bali atau daerah lain, Kalimantan Timur tetap memiliki daya tarik wisata yang tidak bisa diremehkan.

Bentang alam yang indah dan asri adalah apa yang menjadi alasan kenapa daerah ini bisa dijadikan alternatif liburan bersama keluarga.

Selain itu, ada cukup banyak makanan khas Kalimantan Timur yang menarik untuk dicoba, terutama untuk Kamu yang memang suka dengan wisata kuliner.

Nah, kuliner khas dengan rasa rempah yang nikmat tentu akan menggoda lidah dan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam sajian khas di Kalimantan Timur yang sangat populer, lezat dan bisa menjadikan hari-hari liburan semakin berwarna. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Daftar Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak Untuk Dicoba

Bagian dari kesuksesan dalam hidup adalah makan apapun yang kau inginkan dan membiarkan makanan itu tercerna.

Kalimantan Timur selain terkenal dengan hutannya yang masih asri juga memiliki beragam sajian kuliner yang begitu menarik untuk dicoba.

Tentu, dengan adanya banyak jenis kuliner, Kamu yang suka menjelajah menu makanan akan menemukan pengalaman wisata yang berbeda.

Ada cukup banyak makanan khas Kalimantan Timur yang tersedia. Namun, ada beberapa rekomendasi yang Kamu harus coba saat berada di provinsi ini. Beberapa rekomendasi tersebut adalah:

  • Nasi Bekepor
  • Ayam Cincane
  • Nasi Kuning
  • Gence Ruan
  • Sayur Asam Kutai
  • Rabo Ruan
  • Daging Masak Bumbu Hangus
  • Gangan Manok
  • Ayam Suwir Cabai Hijau
  • Pepes Kepiting
  • Sate Payau
  • Pulut Nasi.

1. Nasi Bekepor

Makanan Khas Kalimantan Timur Nasi Bekepor

Salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang tidak boleh Kamu lewatkan saat berkunjung ke daerah ini bersama keluarga adalah Nasi Bekepor. Ya, ini adalah menu nasi yang sangat populer di Kalimantan Timur karena rasanya yang sungguh menggugah selera.

Nasi Bekepor adalah menu paduan nasi liwet dengan minyak sayur, ikan asin dan juga aneka bumbu rempah yang kaya. Beragam bahan dan bumbu tersebut nantinya dimasak menggunakan ketel.

Nasi yang sudah matang akan diberi tambahan ikan asin, cabai, jeruk nipis dan kemangi untuk membuat rasa menjadi lebih gurih.

Kemudian, nasi akan dihidangkan dengan lauk daging masak bumi hangus serta sayur khas. Biasanya, Nasi Bekepor disajikan untuk menu makan malam.

2. Ayam Cincane

Makanan Khas Kalimantan Timur Ayam Cincane

Olahan ayam memang sangat digemari oleh masyarakat karena rasa daging ayam yang cenderung empuk dan lezat. Nah, di Kalimantan Timur, Kamu akan menemukan menu olahan ayam khas dengan nama Ayam Cincane.

Secara sekilas, menu olahan ayam ini sama saja dengan olahan ayam lain yang ada di daerah lainnya.

Namun, ketika dirasakan, akan terasa bumbu merah yang sangat lezat dan berbeda. Hal ini dikarenakan Ayam Cincane dimasak menggunakan aneka rempah. Tidak hanya itu, proses memasak yang lama membuat daging Ayam Cincane menjadi sangat lembut dan empuk.

Dulunya, Ayam Cincane adalah kuliner khusus yang hanya ada dalam berbagai acara adat di Kalimantan Timur. Namun, saat ini, menu ini tersedia di berbagai restoran yang ada di Kalimantan Timur.

3. Nasi Kuning

Makanan Khas Kalimantan Timur Nasi Kuning

Siapa yang tidak kenal dengan sajian kuliner yang satu ini? Nasi kuning memang menjadi salah satu panganan yang sudah sangat terkenal, terutama di Pulau Jawa.

Menu yang terbuat dari beras yang kemudian dimasak dengan rempah dan santan memiliki rasa gurih yang istimewa. Nah, warna kuning dari nasi tersebut didapatkan dari penggunaan kunyit.

Memang, secara umum tidak ada perbedaan yang mendasar dari nasi kuning di Kalimantan Timur dan di Pulau Jawa. Lalu, apa yang menjadi ciri khas dari nasi kuning Kalimantan Timur ini?

Hal yang berbeda dan menjadikan nasi kuning sebagai makanan khas Kalimantan ini adalah kombinasi lauk yang digunakan.

Di Kalimantan Timur, Kamu akan mendapatkan menu nasi kuning dengan kombinasi lauk yang khas, seperti serundeng, ikan gabus, telur bumbu Bali dan juga taburan bawang merah goreng.

4. Gence Ruan

Makanan Khas Kalimantan Timur Gence Ruan

Lanskap Kalimantan Timur selain hutan juga berupa sungai yang besar dan panjang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak makanan khas Kalimantan Timur yang dibuat dengan hewan yang ditemukan di sungai terutama ikan.

Nah, salah satunya adalah Gence Ruan. Makanan khas ini termasuk salah satu yang paling terkenal di Kalimantan Timur karena rasanya yang khas dan kemudahan dalam menemukannya.

Gence Ruan ini dibuat dengan bahan dasar ikan gabus atau yang sering disebut dengan nama ikan haluan. Ikan gabus tersebut akan digoreng kering lalu dibakar setelah sebelumnya ditaburi dengan garam.

Setelahnya, ikan akan diberikan tambahan bumbu dengan cita rasa yang cenderung pedas dan manis. Rasa gurih bercampur bumbu yang khas akan sangat memanjakan lidah.

5. Sayur Asam Kutai

Makanan Khas Kalimantan Timur Sayur Asam Kutai

Untuk Kamu yang suka dengan sayur asam, maka Sayur Asam Kutai adalah sayur khas yang harus Kamu coba saat berkunjung ke Kalimantan Timur.

Ya, ini adalah salah satu sayur asam yang unik dan pasti akan membuat Kamu merasa takjub saat mencobanya. Apa yang membuat Sayur Asam Kutai berbeda dengan sayur asam pada umumnya adalah adanya kepala ikan gabus yang ditambahkan sebagai pelengkap.

Tambahan ini selain membuat cita rasa sayur asam menjadi lebih nikmat juga akan membuat tampilan sayur asam ini menjadi lebih menarik. Nah, Sayur Asam Kutai bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Kalimantan Timur.

6. Rabo Ruan

Makanan Khas Kalimantan Timur Rabo Ruan

Rabo Ruan adalah salah satu panganan unik yang ada di Kalimantan Timur. Seperti jenis makanan khas Kalimantan Timur sebelumnya yang dibuat dengan bahan dasar ikan gabus, Rabo Ruan juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan yang banyak ditemukan di Kalimantan Timur tersebut.

Namun, perbedaan yang mendasar adalah cara memasaknya. Ya, daging ikan gabus untuk pembuatan Rabo Ruan akan digoreng dan kemudian di suwir.

Setelah itu, daging ikan gabus suwir akan dicampur dengan beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan beberapa bumbu lain.

Rasa Rabo Ruan selain gurih juga kaya akan rempah. Rabo Ruan ini cocok untuk alternative lauk saat makan siang.

7. Daging Masak Bumbu Hangus

Makanan Khas Kalimantan Timur Daging Masak Bumbu Hangus

Daging Masak Bumbu Hangus adalah salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang tidak bisa dilewatkan untuk dinikmati.

Memang, jika dilihat dari namanya, menu makanan khas yang satu ini tampak kurang begitu meyakinkan. Namun, ketika tahu rasanya, maka Kamu pasti akan sangat menyukainya.

Menu Daging Masak Bumbu Hangus adalah menu daging sapi yang dimasak dengan menggunakan bumbu kecap yang kental.

Apa yang menarik dari makanan khas ini adalah proses memasak daging yang cukup lama. Proses yang lama inilah yang membuat warna daging sapi menjadi tampak hitam.

Namun, di balik warnanya yang hitam, daging sapi yang dimasak menjadi sangat empuk dan kaya akan rempah. Nah, Daging Masak Bumbu Hangus masuk sebagai salah satu sajian spesial terutama untuk menu makan malam.

8. Gangan Manok

Makanan Khas Kalimantan Timur Gangan Manok

Pilihan daftar menu makanan khas Balikpapan lain yang sangat menarik adalah Gangan Manok. Nama dari makanan ini memang cukup unik dan cenderung aneh. Gangan Manok adalah makanan yang mirip dengan bakso yang dibuat dengan bahan dasar daging ayam.

Penggunaan daging ayam akan membuat bakso daging memiliki warna yang cenderung putih. Nah, bakso tersebut kemudian dicampur dengan kuah kaldu yang begitu kental dan kaya akan rempah.

Setelahnya, ada beberapa tambahan bahan yang dicampurkan seperti potongan ayam, oyong dan juga irisan bayam. Menu ini biasanya diburu di malam hari untuk menghilangkan hawa dingin.

9. Ayam Suwir Cabai Hijau

Makanan Khas Kalimantan Timur Ayam Suwir Cabai Hijau

Variasi menu ayam memang sangat banyak. Salah satu menu olahan ayam yang menjadi makanan khas Kalimantan Timur adalah ayam suwir cabai hijau. Dari namanya saja telah jelas bagaimana bentuk makanan khas yang satu ini.

Ya, secara tampilan memang menu ini mirip dengan tumis ayam suwir lainnya yang mungkin pernah Kamu coba.

Namun, ayam suwir cabai hijau yang ada di Kalimantan Timur cenderung memiliki ukuran ayam suwir yang lebih besar.

Tidak hanya itu, penggunaan rempah untuk masakan ini cenderung lebih banyak sehingga rasanya pun akan semakin mantap dan lumayan pedas.

10. Pepes Kepiting

Makanan Khas Kalimantan Timur Pepes Kepiting

Suka dengan olahan kepiting? Bisa dikatakan bahwa kepiting adalah salah satu bahan makanan yang cukup mahal dan biasanya disajikan dengan cara yang mewah pula. Kepiting umumnya akan dimasak menggunakan aneka macam saus.

Namun, di Kalimantan Timur Kamu akan menemukan kepiting yang dimasak dengan cara yang unik.

Ya, kepiting yang menjadi makanan khas Kalimantan Timur ini dimasak dengan cara pepes. Menu kepiting pepes ini umumnya menggunakan kepiting jenis soka yang banyak ditemukan di Kalimantan Timur.

Nah, kepiting kemudian dicampur dengan beragam bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, sereh, kemangi dan aneka rempah sehingga menghadirkan menu kepiting yang istimewa.

11. Sate Payau

Makanan Khas Kalimantan Timur Sate Payau

Makanan lain yang sebaiknya dicoba saat berada di Kalimantan Timur adalah Sate Payau. Ya, Sate Payau juga merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang cukup terkenal dan banyak dicari.

Beberapa orang menganggap bahwa Sate Payau dibuat dengan bahan dasar biota yang dikembangkan di air payau. Namun, tentu saja mereka salah.

Sate Payau adalah sate yang dibuat dengan bahan dasar daging rusa. Ini termasuk salah satu makanan yang langka dan cukup susah ditemukan. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya saja tidak tersedia secara bebas.

Namun, ketika menemukannya, Kamu akan merasakan rasa sate yang sangat gurih dan cenderung manis.

12. Pulut Nasi

Makanan Khas Kalimantan Timur Pulut Nasi

Pulut Nasi adalah salah satu jajanan pasar yang menjadi makanan khas Kalimantan Timur yang paling banyak diburu. Ya, hal ini dikarenakan jajanan tradisional ini mulai langka ditemukan dan hanya ada di beberapa pasar tradisional saja.

Seperti namanya, salah satu makanan khas Kalimantan Timur ini dibuat dengan bahan dasar nasi. Nah, nasi yang sudah dimasak kemudian dicampur dengan santan dan dikukus untuk menciptakan rasa gurih yang maksimal.

Nantinya, nasi tersebut akan disajikan bersama dengan sambal dan ikan gabus goreng yang begitu nikmat.

Ada cukup banyak makanan khas Kalimantan Timur di atas bisa Kamu catat sebagai persiapan berburu kuliner saat berlibur.

Meskipun sebagian besar makanan khas tersebut dibuat dengan bahan dasar ikan, namun rasa unik yang tidak biasa tetap akan menggoda di lidah.

Tentu, mencoba makanan khas yang ada di Kalimantan Timur ini akan semakin membuat Kamu mengerti kekayaan kuliner Indonesia.

Leave a Reply