Makanan Khas Balikpapan Mie Hijau

Makanan Khas Balikpapan

Makanan Khas Balikpapan – Menjadi salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur, Balikpapan bukan hanya terkenal dengan perkembangan perekonomiannya tapi juga dengan keberagaman kuliner khasnya yang begitu menggugah selera.

Buat teman-teman yang sedang di Balikpapan atau ingin jalan-jalan ke Ibukota Samarinda, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi beberapa makanan khas Balikpapan di bawah ini. Mulai dari cemilan sampai makanan berat temen-temen bisa temukan disini.

Yuk, cari tahu apa saja makanan khas Balikpapan yang akan membuat perjalanan teman-teman semakin seru.

1. Roti Mantau

Makanan Khas Balikpapan Roti Mantau

Jika biasanya roti dibuat dengan cara dipanggang, tapi lain dengan roti khas Balikpapan ini yang dibuat dengan cara digoreng. Bukan hanya cara pengolahannya saja, namun juga citarasa roti mantau juga beda dengan roti pada umumnya.

Roti yang sering dijadikan menu sarapan ini biasanya disajikan bersama saus lada hitam atau saus balado yang gurih. Selain itu, roti mantau juga kerap disajikan dengan daging sapi atau kambing yang sebelumnya sudah diolah dengan berbagai teknik.

Tertarik sarapan dengan roti mantau? Pilih deh saus favorit Kamu.

2. Bubur Gunting

Makanan Khas Balikpapan Bubur Gunting

Dibuat dari tepung ketan, bubur gunting ini biasanya dijadikan makanan utama. Sesuai namanya, bubur gunting dibuat dengan proses digunting-gunting. Dimana adonan digunting sebelum kemudian dimasak dengan rebusan kuah santan dan gula merah.

Paduan bahan-bahan tersebut menjadikan rasa bubur gunting manis dan gurih. Tekstur bubur gunting sendiri begitu lembut dan sedikit lengket, ya karena bahan utamanya adalah tepung ketan.

Makanan tradisional Kalimantan ini paling cocok disantap saat keadaan hangat dan bersama dengan teh tawar hangat.

3. Pisang Gapit

Makanan Khas Balikpapan Pisang Gapit

Kuliner khas Balikpapan lainnya yang wajib Kamu coba adalah pisang gapit atau yang lebih akrab disebut pisang jepit. Kuliner unggulan kota Balikpapan ini dibuat dengan proses yang cukup unik, yakni dengan cara dibakar dan dijepit menggunakan kayu sampai matang.

Dari proses pembuatan inilah kemudian olahan pisang ini disebut pisang gepit. Setelah dibakar, kemudian pisang disajikan bersama kuah saus manis yang terbuat dari santan, gula merah dan potongan buah nangka segar. Terbayang bagaimana lezatnya kuliner satu ini?

Paduan tekstur pisang yang kering dan dipadukan kuah manis, kuliner ini paling pas Kamu santap sore hari sambil menikmati indahnya langit senja.

4. Abon Kepiting

Makanan Khas Balikpapan Abon Kepiting

Jika biasanya Kamu makan abon dari ayam, sapi atau ikan, tapi saat berkunjung ke Balikpapan Kamu akan menjumpai abon kepiting.

Ya, kepiting yang biasanya diolah dengan saus pedas manis atau dipanggang, ternyata di Balikpapan kepiting banyak diolah menjadi abon.

Tentu rasanya pun tak kalah lezat dengan abon sapi, ayam atau ikan. Rasa abon kepiting sendiri sangat gurih. Buat Kamu yang pernah mencoba olahan kepiting, pasti tidak akan asing dengan rasa abon ini.

Teksturnya yang kering, menjadikan abon kepiting juga banyak dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan. Bahkan tanpa menggunakan bahan pengawet, makanan ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

5. Peyek Kepiting

Makanan Khas Balikpapan Peyek Kepiting

Bicara tentang kuliner khas  Kalimantan, memang identik dengan olahan kepiting. Selain abon kepiting, Kamu juga bisa menjumpai olahan kepiting lain yakni peyek. Jika dilihat dari tampilannya memang tak seperti peyek kacang atau udang yang terlihat jelas toppingnya.

Peyek kepiting ini terlihat seperti tepung saja karena daging kepiting yang sudah diolah menjadi potongan atau suwiran kecil. Meski begitu, rasanya begitu gurih dan renyah. Jadi, buat Kamu yang mau cari oleh-oleh buat keluarga di rumah juga bisa membeli peyek kepiting ini.

6. Nasi Bakar Seafood

Makanan Khas Balikpapan Nasi Bakar Seafood

Siapa sih yang tak tergoda dengan makanan khas Balikpapan satu ini? Dari aromanya saja nasi bakar seafood khas Balikpapan sudah sangat menggoda. Dengan dibungkus daun pisang, nasi bakar seafood memang memiliki aroma yang begitu lezat.

Sesuai namanya, makanan berat ini bukan hanya terbuat dari nasi putih dengan rempah-rempah saja namun juga beberapa macam seafood. Beberapa jenis seafood yang sering digunakan adalah kepiting, udang atau ikan laut.

Biasanya nasi bakar seafood akan disajikan dengan sambal balado dan juga lalapan seperti timun, daun kemangi dan daun kol.

7. Onde-Onde Ubi Ungu

Makanan Khas Balikpapan Onde-Onde Ubi Ungu

Makanan khas Kalimantan Selatan lain yang tak boleh Kamu lewatkan adalah onde-onde ubi ungu. Jika biasanya Kamu onde-onde dibuat dengan kacang hijau atau bahan isian lain seperti coklat, di Balikpapan ada onde-onde yang dibuat dengan isian ubi ungu.

Bahan luaran onde-ondenya sendiri sama seperti onde-onde lain yakni dari tepung ketan dan diberi topping wijen sebelum digoreng. Namun bagian isinya menggunakan ubi ungu yang sudah direbus dan dihaluskan.

Biasanya ubi ungunya juga sudah dihaluskan dengan gula, kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Cemilan manis ini paling lezat buat Kamu santap hangat-hangat.

8. Bingka Kentang

Makanan Khas Balikpapan Bingka Kentang

Saat ke Kalimantan mungkin makanan khas yang mungkin sangat familiar adalah bingka. Tapi di Balikpapan ada salah satu olahan bingka yang lebih spesial karena terbuat dari kentang.

Disini kentang bukan hanya menjadi topping saja, namun juga dijadikan bahan utama. Tekstur kentang rebus yang dihaluskan membuat bingka kentang ini lebih lembut dibanding bingka biasa.

Saat ini Kamu juga sudah bisa menjumpai bingka kentang yang dibuat dengan berbagai varian rasa menarik seperti keju, cokelat, pisang dan lain sebagainya.

9. Amplang

Makanan Khas Balikpapan Amplang

Jika dilihat dari bentuknya, makanan khas Balikpapan ini sangat mirip dengan kerupuk. Dengan teksturnya yang renyah dan gurih, makanan ini cocok banget buat teman nonton TV atau santai bareng keluarga.

Bahan utama amplang sendiri ikan, baik ikan tenggiri, belida ataupun ikan gabus. Kemudian ikan akan difillet dan diolah dengan tepung sagu dan beberapa bumbu tambahan agar rasanya lebih gurih.

Saat ini amplang juga sudah banyak diolah dengan beragam varian rasa, seperti lada hitam, BBQ, ayam bawang, jagung manis dan lain sebagainya.

10. Bakpia Khas Balikpapan

Makanan Khas Balikpapan Bakpia Khas Balikpapan

Bakpia memang bukan satu-satunya makanan yang bisa Kamu jumpai di Balikpapan. Beberapa kota di Indonesia juga memiliki bakpia khasnya masing-masing, seperti Jogja.

Secara tekstur dan rasa, bakpia khas Balikpapan ini memang tak beda jauh dengan bakpia dari tempat lain, yakni lembut dan empuk. Semetara untuk isiannya ada banyak pilihan, yang paling umum tentunya kacang hijau dan coklat.

11. Mie Hijau

Makanan Khas Balikpapan Mie Hijau

Kamu penggemar bakmi? Termasuk salah satu makanan khas Kalimantan Barat ini wajib Kamu coba. Dari namanya saja pasti Kamu sudah bisa menebak apa keistimewaan atau ciri khas dari mie hijau? Yups warna bakminya yang hijau dan tidak kuning seperti biasanya.

Tapi yang jadi pertanyaan disini, bagaimana bisa bakmi tersebut berwarna hijau? Untuk warna hijaunya sendiri didapatkan dari bahan alami, yakni sayur-sayuran yang dicampur dengan adonan mie.

Selanjutnya adonan yang sudah berwarna hijau dibentuk dan diolah ke tahap selanjutnya. Untuk penyajiannya sendiri mie hijau khas Balikpapan ini menggunakan topping kepiting atau ayam.

Buat Kamu yang doyan pedas, makanan ini juga sangat cocok Kamu santap dengan siraman sambal segar.

12. Keripik Iron

Makanan Khas Balikpapan Keripik Iron

Mungkin terdengar cukup unik ya namanya, tapi begitu mencicipi cemilan renyah khas Balikpapan ini Kamu tak akan bisa berhenti. Ya, selain amplang Balikpapan juga punya cemilan renyah lain yang gurih dan lezat, yakni keripik iron.

Hanya saja kedua cemilan gurih ini terbuat dari bahan berbeda. Dimana keripik iron dibuat dari singkong yang diolah dengan tahapan yang cukup panjang hingga menghasilkan cemilan renyah dan garing.

Cemilan ini juga cocok buat Kamu jadikan oleh-oleh bagi sanak keluarga di rumah.

13. Bolu Gulung Jenebora

Makanan Khas Balikpapan Bolu Gulung Jenebora

Teman-teman pecinta bolu? Pasti sudah bosan dong dengan bolu pandan atau caramel yang rasanya seakan itu-itu saja. Eits tapi kalau teman-teman coba bolu gulung Jenebora ini dijamin rasa bosan Kamu akan hilang.

Oleh-oleh khas kota Balikpapan ini tersedia dalam berbagai macam varian rasa, mulai dari bolu gulung klasik seperti pandan sampai bolu gulung kekinian seperti rainbow, greentea, keju, coklat bahkan ada juga lho bolu gulung durian.

Harganya pun cukup murah untuk ukuran oleh-oleh selezat ini. Dijamin keluarga di rumah akan bahagia ketika Kamu bawakan oleh-oleh bolu gulung jenebora.

14. Kue Ilat Sapi

Makanan Khas Balikpapan Kue Ilat Sapi

Menurut bahasa Jawa, ilat sapi artinya adalah lidah sapi. Jadi nama lain dari makanan khas Balikpapan ini adalah kue lidah sapi, yang mana bentuknya menyerupai lidah sapi yang sudah diolah karena warnanya cokelat tua.

Tekstur kue ini pun begitu empuk dan lembut sehingga cocok banget buat teman ngopi atau ngeteh di sore hari. Rasanya sendiri sangat manis, jadi buat Kamu yang mau menjadikannya teman ngopi, sebaiknya kopi atau tehnya jangan terlalu manis ya.

Kue lidah sapi juga bisa Kamu bawa sebagai oleh-oleh karena ketahanannya yang cukup baik, yakni bisa sampai beberapa hari.

15. Brownies Batu Bara

Makanan Khas Balikpapan Brownies Batu Bara

Provinsi Kalimantan Timur memang sangat terkenal dengan hasil buminya berupa batu bara yang sangat melimpah. Nah industry kuliner di Balikpapan pun mengembangkan potensi alam ini menjadi peluang bisnis yang begitu menjanjikan.

Bukan brownies dengan bahan tambahan batu bara, namun brownies yang dibuat dengan warna hitam menyerupai batu bara. Warnanya yang hitam pekat seakan menjadi ciri khas dari Kalimantan Timur dengan batu baranya.

Meski warnanya hitam pekat, tapi warna brownies ini sangat manis lho. Ditambah lagi dengan topping yang membuat rasanya makin mantap. Menariknya, warna topping yang digunakan pun hitam pekat, jadi makin kuat deh kesan batu bara pada olahan ini.

16. Olahan Cumi

Makanan Khas Balikpapan Olahan Cumi

Selain kepiting, seafood lain yang begitu populer di Balikpapan adalah cumi. Di kota ini Kamu bisa menjumpai begitu banyak olahan cumi, mulai dari kerupuk sampai stik cumi.

Menariknya, olahan-olahan seafood ini diproduksi dengan berbagai rempah asal Kalimantan yang membuat rasanya begitu khas. Jadi saat Kamu bawa pulang ke kampung halaman, pasti Kamu akan kembali merindukan suasana di Balikpapan.

Ya itulah beberapa makanan khas Balikpapan yang tak boleh temen-temen lewatkan jika mampir ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebenernya masih ada satu lagi yang terlewatkan yakni salome. Bukan nama Puteri Penari Cantik yang suka dimanja oleh Sang Raja Herodes ya. Melainkan nama lain dari pentol bakso yang pernah hitz juga di Surabaya.

Itulah macam-macam kuliner khas yang bisa temen-temen jumpai di tempat dan waktu terkadang juga tertentu saja.

Semisal roti mantau yang lebih mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional saat pagi hari, karena memang makanan ini banyak dijadikan sebagai menu sarapan.

Sementara untuk kuliner khas lain yang bisa dijadikan oleh-oleh sudah bisa temen-temen dapatkan di banyak tempat, khususnya toko oleh-oleh khas Balikpapan. Bahkan sekarang juga sudah bisa membelinya secara online.

Leave a Reply