Makanan Khas kalimantan Tengah Wadi

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Makanan Khas Kalimantan Tengah – Salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang memiliki wilayah paling luas dibandingkan dengan provinsi lainnya ialah Kalimantan Tengah

Selain menjadi provinsi paling luas, ternyata Kalimantan Tengah juga terkenal dengan sajian kuliner yang sangat khas nan lezat. Tidak mengherankan jika makanan khas Kalimantan Tengah menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Berbincang tentang makanan khas dari Kalimantan Tengah, Kamu akan menemukan banyak sekali olahan lokal yang sangat menarik.

Tidak hanya itu, adanya bentang alam berupa sungai membuat makanan khas yang terdapat di Kalimantan Tengah ini cukup banyak dibuat dengan bahan dasar ikan.

Nah, penasaran apa saja makanan tradisional khas Kalimantan yang menjadi destinasi wisata kuliner terbaik selama liburan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Macam-Macam Makanan Khas Kalimantan Tengah Beserta Gambarnya

Makanan adalah sebuah bank diri sendiri. Pilihlah makanan yang baik dan tepat untuk investasi di masa depan yang sehat.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas dari daerah Kalimantan Tengah yang patut untuk dicoba terutama saat Kamu berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk liburan atau agenda lainnya.

Nah, untuk membantu Kamu menemukan olahan panganan yang menarik dan lezat, ada beberapa rekomendasi makanan khas yang sebaiknya Kamu coba. Beberapa jenis makanan khas yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Juhu Umbut Rotan
  • Keripik Kalakai
  • Lemang
  • Hintalu Karuang
  • Ikan Bakar
  • Wadi
  • Kenta
  • Bangamat
  • Kalumpe
  • Terong Mapui
  • Ikan Jelawat Bakar
  • Juhu Kujang.

Juhu Umbut Rotan

Makanan Khas kalimantan Tengah Juhu Umbut Rotan

Nama makanan khas Kalimantan Tengah ini memang unik. Namun, dari namanya, Kamu bisa melihat bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya.

Ya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar rotan muda yang cenderung masih empuk. Bahan ini sebagaimana rebung muda yang banyak dibuat menjadi panganan.

Bedanya, pembuatan Juhu Umbut Rotan bisa dikatakan lebih ribet dan rumit karena harus menghilangkan duri pada rotan. Setelahnya, ujung rotan yang masih muda tersebut bersih dari duri, maka akan dicampur dengan beragam bumbu rempah.

Juhu Umbut Rotan ini akan disajikan dengan kuah santan yang cenderung pedas dan tambahan pain atau ikan nila yang dibakar.

Keripik Kalakai

Makanan Khas kalimantan Tengah Keripik Kalakai

Opsi lain untuk makanan khas Kalimantan Tengah adalah Keripik Kalakai. Keripik ini memang cukup istimewa karena bahan dasar pembuatannya adalah tanaman Kalakai yang ada di hutan Kalimantan dengan jumlah yang cukup banyak.

Sebenarnya, tanaman ini adalah tanaman obat yang biasa dijadikan obat alternatif untuk mengatasi diare, menambah darah dan juga menjaga kulit agar cenderung awet muda. Nah, keripik ini dibuat dengan bahan dasar bagian daun.

Daun dari pohon ini nantinya akan diberi adonan tepung dan digoreng pada minyak yang panas hingga kering. Rasa keripik ini cenderung begitu renyah dan gurih.

Lemang

Makanan Khas kalimantan Tengah Lemang

Siapa yang tidak kenal dengan lemang? Bisa dikatakan bahwa makanan satu ini termasuk salah satu yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Lemang adalah makanan yang dulunya banyak ditemukan di suku Melayu.

Dikarenakan suku Melayu juga hidup di Kalimantan, maka makanan ini menjadi salah satu yang dikembangkan dan menjadi olahan khas yang menarik.

Lemang merupakan makanan khas sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan. Bahan ini diolah sedemikian rupa dan nantinya dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam ruas bambu.

Olahan ini biasanya akan disajikan dengan lauk berupa ikan asin. Namun, tanpa ikan asin-pun, rasa lemang sudah sangat nikmat.

Hintalu Karuang

Makanan Khas kalimantan Tengah Hintalu Karuang

Pilihan makanan khas Kalimantan Tengah lainnya yang menarik untuk dicoba adalah Hintalu Karuang. Hintalu dalam bahasa Kalimantan memiliki arti telur dan Karuang memiliki arti kelelawar.

Nah, makanan ini disebut Hintalu Karuang karena bentuknya yang kecil seperti telur kelelawar. Selain itu, panganan ini sebenarnya memiliki kemiripan seperti biji salak dalam bubur yang ada di Jawa.

Biasanya, Hintalu Karuang disajikan untuk buka puasa dan banyak ditemukan selama bulan Ramadhan.

Rasa Hintalu Karuang cenderung manis dan cukup menyegarkan dan cenderung gurih karena dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dan tambahan kelapa dalam bahan yang diperlukan.

Ikan Bakar

Makanan Khas kalimantan Tengah Ikan Bakar

Jika dilihat dari namanya, maka diketahui bahwa ikan bakar adalah salah satu jenis makanan yang ditemukan di banyak daerah, selain Kalimantan Tengah.

Bisa dikatakan hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki panganan yang satu ini. Namun, apa yang membedakan ikan bakar lain dengan apa yang ada di Kalimantan Tengah ini?

Hal menarik dari ikan bakar yang akhirnya menjadi makanan khas Kalimantan Tengah adalah ukuran ikannya. Ikan bakar di daerah ini memiliki ukuran yang cenderung lebih besar daripada ikan yang ada di daerah lain, terutama Jawa.

Hal ini dikarenakan masih alaminya sungai di Kalimantan Tengah sebagai habitat dari beragam ikan sungai tersebut.

Selain itu, ada cukup banyak jenis ikan yang disajikan dengan cara dibakar tersebut. Beberapa jenis ikan yang juga menjadi makanan khas terkenal di Kalimantan Timur ini adalah patin, saluang, lais, baung dan lainnya.

Rasa ikan bakar khas Kalimantan Tengah sangat nikmat dan disajikan dengan beberapa jenis air, seperti sayur asam, sayur bening dan lainnya.

Wadi

Makanan Khas kalimantan Tengah Wadi

Wadi mungkin menjadi salah satu makanan khas di Kalimantan Tengah yang hanya disukai oleh kebanyakan suku asli di sana. Ya, jenis makanan khas ini memang berasal dari suku Dayak dan Banjar yang tinggal di daerah Kalimantan Tengah.

Nah, wadi merupakan panganan yang disajikan ketika hasil panen ikan menurun dan orang-orang suku tersebut tidak memiliki lauk yang cukup.

Perlu diketahui bahwa wadi adalah ikan yang diproses dengan cara fermentasi yang cukup rumit selama sekitar 2 hari 2 malam. Proses ini harus dilalui terlebih dahulu sebelum nantinya wadi siap untuk disantap.

Tidak hanya itu, wadi memiliki bau yang cenderung cukup menyengat sehingga mereka yang belum mengetahui tentang wadi bisa jadi tidak akan menyukainya. Padahal, rasa wadi tetap saja nikmat.

Bangamat

Makanan Khas kalimantan Tengah Bangamat

Salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang tidak boleh dilupakan adalah Bangamat. Nama makanan ini memang unik. Namun, wujud dari makanan ini tidak bisa dikatakan simple.

Bisa dikatakan bahwa Bangamat adalah salah satu kuliner ekstrem yang ada di Kalimantan Tengah dan cenderung disukai oleh cukup banyak masyarakat.

Hal ini dikarenakan Bangamat dibuat dengan bahan dasar dari kelelawar. Pernahkah Kamu membayangkan sebuah olahan yang dibuat dari bahan dasar daging kelelawar?

Daging kelelawar yang digunakan untuk membuat makanan khas ini akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, daging kelelawar akan dimasak dengan sulur kenari atau sayur hati pisang. Kombinasi ini menghasilkan rasa Bangamat yang cukup unik.

Nah, panganan ini bisa dikatakan hanya akan ditemukan di daerah Kalimantan Tengah saja.

Kalumpe

Makanan Khas kalimantan Tengah Kalumpe

Kalumpe adalah makanan khas yang berasal dari suku Dayak yang banyak tinggal di Kalimantan Tengah. Ini adalah sayur khas yang memiliki tampilan seperti sayur daun singkong yang ada di Jawa dan sekitarnya.

Sebenarnya, Kalumpe ini juga dibuat dengan bahan dasar daun singkong. Hanya saja, bedanya, Kalumpe dibuat dengan daun singkong yang sebelumnya ditumbuk hingga halus.

Daun singkong yang sudah ditumbuk halus tadi nantinya akan disajikan dengan kuah kental yang gurih. Kuah diberi bumbu rempah yang kaya, seperti caba, kayu manis, lengkuas, sereh, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Selain itu, Kalumpe disajikan dengan tambahan kacang tanah goreng dan ikan teri yang membuatnya semakin nikmat.

Terong Mapui

Makanan Khas Kalimantan Tengah Terong Mapui

Masih tentang kuliner khas Kalimantan Tengah yang berasal dari suku Dayak, Terong Mapui adalah salah satu jenis makanan khas yang tidak boleh dilupakan. Ya, bisa dikatakan bahwa Terong Mapui adalah salah satu sayuran khas tradisional suku Dayak yang masih ada hingga saat ini.

Seperti namanya, sayuran ini dibuat dengan bahan dasar terong ungu yang berukuran cukup besar. Dalam pengolahannya, terong ungu tersebut diolah dengan cara dibakar hingga dagingnya akan menjadi matang dan lembek.

Setelah itu, bahan terong tersebut diberikan bumbu yang dibuat dari campuran sereh, garam, terasi, cabai rawit dan lainnya.

Adanya ampuran bahan tersebut, akan membuat rasa Terong Mapui mejadi lebih lezat dan cenderung pedas. Sayur yang satu ini nantinya akan disajikan dengan nasi putih hangat dan ikan goreng kering yang nikmat.

Ikan Jelawat Bakar

Makanan Khas kalimantan Tengah Ikan Jelawat Bakar

Sebagaimana diketahui bahwa Kalimantan Tengah adalah provinsi yang memiliki banyak sungai sehingga sumber daya ikan sungai di daerah tersebut sangat melimpah. Salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di sungai Kalimantan Tengah adalah ikan jelawat.

Jenis ikan ini merupakan ikan yang tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 25 sentimeter.

Ikan yang memiliki daging cenderung tebal ini sering dijadikan masakan karena rasanya yang sangat gurih dan kandungan gizinya yang bisa dikatakan lengkap.

Nah, saat berada di Kalimantan Tengah, cobalah untuk mencari menu ikan jelawat bakar yang sudah sangat terkenal ya.

Menu ini sangat menarik dengan bumbu rempah yang sangat kaya dan tambahan jahe yang membuat daging ikan menjadi lebih lembut. Selain itu, menu ikan jelawat akan disajikan dengan sambal khas yang sangat pedas.

Juhu Kujang

Makanan Khas kalimantan Tengah Juhu Kujang

Makanan khas lain yang berasal dari Kalimantan Tengah adalah Juhu Kujang. Ini adalah makanan khas yang bisa dikatakan sangat jarang ditemukan di tempat lain karena bahannya yang susah untuk ditemukan.

Juhu Kujang dibuat dengan bahan dasar keladi yang merupakan tanaman terna dengan daun lebar dan berumbi. Di Kalimantan Tengah, pohon yang satu ini hidup secara liar dengan jumlah yang cukup melimpah di dalam air.

Nah, kuliner yang juga menjadi makanan khas paling dicari di Balikpapan ini dimasak dengan bumbu gulai. Jadi, bagian umbi dari pohon ini nantinya akan dipotong kecil-kecil dan kemudian dimasak dengan kuah seperti gulai yang begitu nikmat dan cenderung pedas.

Selain itu, ada tambahan ikan asin dan bumbu rempah yang membuat makanan ini cocok untuk dicoba.

Dari beragam poin di atas bisa disimpulkan jika beragam jenis makanan khas Kalimantan Tengah sebagaimana di atas menjadi ide yang tepat untuk berburu kuliner saat liburan di Kalimantan Tengah.

Ragam kuliner khas tersebut menjadi bukti kekayaan kuliner Indonesia yang ada di kawasan Kalimantan.

Tidak ada salahnya jika Kamu membawa detail list menu untuk dicoba saat liburan. Nah, mana kuliner khas Kalimantan Tengah yang akan Kamu coba saat berlibur ke sana?

Leave a Reply