Makanan Khas Sulawesi Tengah Binte Biluhuta

Makanan Khas Sulawesi Tengah

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan segalanya. Bukan hanya pulau, tempat wisata dan rempah saja, tapi juga kaya akan makanan khas di setiap daerahnya. Salah satu makanan yang harus Kamu coba adalah makanan khas Sulawesi Tengah.

Cita rasa dari makanan tersebut sangat lezat dan tentu saja menggugah selera. Tak heran jika banyak sekali para wisatawan yang suka dengan makanan khas dari daerah ini. Terdapat beraneka ragam kuliner yang bisa Kamu coba di daerah ini lho.

Mulai dari makanan berat, minuman hingga makanan ringan. Nah, untuk Kamu yang penasaran mengenai hal ini, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Makanan khas Sulawesi Tengah

“Salah satu hal yang paling menyenangkan dalam hidup adalah bagaimana kita bisa menghentikan seluruh pekerjaan kita dan mencurahkan pikiran hanya untuk makanan khas Sulawesi Tengah ini.”

Jika Kamu sudah mendarat di pulau Sulawesi, lajutkanlah perjalananmu menuju Sulawesi Tengah. Sebab, di daerah yang satu ini terdapat banyak sekali kuliner yang wajib dicoba. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Onyop

Makanan Khas Sulawesi Tengah Onyop

 

Nama dari makanan khas Sulawesi Tengah yang satu ini terbilang sangat unik. Ya, namanya yaitu onyop. Jika di tanah Jawa, makanan ini bisa dikenal sebagai jenang. Namun, onyop disajikan menggunakan kuah asam.

Rasa asam dari kuah tersebut dihasilkan dari air perasan jeruk lemon. Jadi, rasa dari kuliner ini pedas segar. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan favorit masyarakat setempat lho. Sebab, rasa yang menonjol dari kuliner ini adalah pedas.

2. Sup Kaledo

Makanan Khas Sulawesi Tengah Kaledo

Nah, makanan khas yang satu ini berasal dari Palu. Cita rasanya tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Bagi Kamu para pecinta pedas, kuliner yang satu ini wajib dicoba. Ya, sup kaledo mempunyai rasa pedas dan segar.

Kuah sup ini sangat lezat dan segar. Dibuat menggunakan resep spesial dengan campuran irisan daging sapi serta sumsum tulang yang direbus hingga menghasilkan kaldu. Nah, kuah kaldu ini lah yang membuat rasa sup menjadi lebih nikmat.

3. Tinutuan

Makanan Khas Sulawesi Tengah Tinutuan

Kuliner ini termasuk salah satu makanan khas yang sangat populer di Sulawesi Tengah. Nama lain dari makanan ini adalah bubur Manado. Sekilas, bubur ini terlihat sama dengan bubur yang ada pada umumnya.

Namun, yang membedakan makanan khas ini dengan bubur lainnya adalah terdapat sayuran yang sangat banyak di dalamnya. Sehingga, bubur yang satu ini lebih sehat dikonsumsi siapa saja.

Jika Kamu sedang berlibur ke Sulawesi, makanan yang satu ini wajib untuk dicoba. Bukan hanya menyehatkan saja, kuliner ini juga memiliki rasa yang sangat lezat dan menarik lho. Bubur ini sangat baik dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan pagi.

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Selatan

Apabila Kamu sudah puas berkeliling di Sulawesi Tengah, kini saatnya Kamu harus bergeser ke Sulawesi bagian Selatan. daerah ini juga memiliki banyak sekali wisata kuliner yang tak kalah dengan daerah lain. Yang tentu saja memiliki tampilan menarik dan rasa yang lezat, seperti:

1. Jalangkote

Makanan Khas Sulawesi Tengah Jalangkote

Makanan khas ini adalah kue yang memiliki bentuk seperti kue-kue di ibu kota yaitu kue pastel. Namun, perbedaannya yaitu terletak pada kulit dan juga isinya. Jika pastel memiliki kulit yang tebal, jalangkote kulitnya lebih tipis.

Nah, jika pastel berisi keju, coklat dan lain-lain. Isi jalangkote adalah irisan kentang, wortel yang dipotong dadu kecil dan toge atau soun. untuk menambah semangat kamu dalam menyantap makanan ini, berikut beberapa keistimewaannya:

  • Bisa dimakan dimana saja dan kapan saja
  • Memiliki rasa yang lezat dan nagih banget
  • Jalangkote sehat dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin karena dibuat menggunakan beberapa sayuran sebagai isinya.

2. Kapurung

Makanan Khas Sulawesi Tengah Kapurung

Kuliner kapurung yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Selatan tepatnya berasal dari daerah Luwu. Makanan ini terbuat dari sari tahu tepung sagu yang dicampur dengan beberapa macam sayuran.

Meski kapurung dimasak dengan cara tradisional, tapi makanan khas ini sangat populer lho. Kamu bisa menemukan kuliner ini dimana saja di daerah Sulawesi. Baik itu di warung makan, restoran dan lain-lain. Jadi, buruan coba makanan yang satu ini sebelum kehabisan!

3. Coto Makassar

Makanan Khas Sulawesi Tengah Coto Makassar

Coto mangkasara atau yang sering disebut dengan coto makassar adalah salah satu makanan khas yang terbuat dari campuran jeroan sapi. Dimana jeroan tersebut direbus dalam waktu yang sangat lama.

Rebusan jeroan yang dicampur dengan daging sapi tersebut kemudian diiris kecil dan dibumbui menggunakan racikan khusus. Nah, berikut beberapa keunikan dari makanan yang satu ini:

  • Campuran daging dan jeroan membuat cita rasa makanan ini menjadi bergoyang di lidah
  • Dibuat menggunakan racikan khusus sehingga tampilannya menjadi lebih unik dan menarik
  • Ciri khas makanan ini yaitu direbus dengan waktu yang sangat lama.

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Nah, untuk Kamu yang baru saja tiba di Sulawesi tenggara alangkah baiknya langsung mencoba kuliner khas dari daerah ini. Cita rasanya dijamin tidak akan mengecewakan. Terdapat banyak sekali jenis kuliner yang bisa Kamu coba seperti:

1. Ikan Dole

Makanan Khas Sulawesi Tengah Ikan Dole

 

 

Makanan yang satu ini tidak kalah enaknya dengan kuliner khas yang alin lho.  Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah ikan tenggiri. Selain ikan, makanan ini juga terdapat kandungan kelapa muda lho.

Biasa dibayangin kan, gimana lezatnya kuliner yang satu ini? Nah, Kamu bisa menemui makanan ini di daerah Buton. Cara pengolahannya yaitu dengan menghancurkan ikan tenggiri terlebih dahulu.

Kemudian campurkan ikan tenggiri yang sudah hancur dengan kelapa muda yang sudah diparut. Setelah itu, masak ikan dan kelapa hingga kering dna matang menggunakan minyak panas.

Jika ikan dan kelapa sudah berwarna, sajikan dan santap bersama nasi atau makanan pokok lainnya. Untuk Kamu yang sedang berada di Sulawesi, jangan lupa untuk mampir ke warung makan dan cicipi kuliner khasnya.

2. Sate Gogos Pokea

Makanan Khas Sulawesi Tengah Sate Gogos Pokea

Nah, untuk Kamu para pecinta seafood, makanan yang satu ini sangat direkomendasikan. Ya, karena bahan dasar untuk membuatnya adalah aneka macam seafood segar. Tentu saja rasa yang dihasilkan sangatlah lezat dan nagih banget.

Kamu bakalan menyesal kalau tidak mencoba makanan yang satu ini. Kuliner ini bisa ditemui di daerah kali Pohara kabupaten Konawe dan Asera. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging kerang.

Kemudian daging tersebut ditusuk layaknya sate. Untuk menambah cita rasa dari makanan ini, berilah bumbu bacem asam manis. Rasa yang pedas dari gigitan pertama membuat rasa sate ini menjadi lebih lezat. Buruan cicipi sate ini sekarang juga!

3. Kapusu

Makanan Khas Sulawesi Tengah Kapusu

Nah, yang tidak kalah bikin ngiler dari makanan khas Sulawesi Tenggara adalah kapusu. Makanan yang satu ini terbuat dari bubur jagung yang sudah dicampur dengan kacang merah. Rasanya yang manis dan lumer dilidah membuat Kamu selalu teringat dengan kapusu ini.

Kamu bisa menemukan makanan ini di daerah Sulawesi, baik itu di rumah makan tradisional ataupun modern. Jangan pernah lewatkan satu makanan pun saat berkunjung di wilayah ini.

Macam-Macam Makanan Khas Gorontalo

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang terletak di Negara Indonesia. Tentu saja daerah ini memiliki berbagai keunikannya tersendiri. Seperti misalnya dalam hal kuliner, daerah ini mempunyai berbagai macam makanan khas yang super lezat lho. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Binte Biluhuta

Makanan Khas Sulawesi Tengah Binte Biluhuta

Binte biluhuta atau yang bisa disebut dengan milu siram ini merupakan sup jagung dengan cita rasa selangit lho. Memang makanan ini terdengar asing di telingamu. Tapi, makanan khas Gorontalo binte biluhuta cukup populer di wilayahnya.

Kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini di daerah Gorontalo, baik itu di rumah makan tradisional atau rumah makan modern. Makanan ini dibuat dengan cara mencampurkan jagung dengan ikan atau udang dan ditambah dengan bumbu khas Gorontalo.

Oleh karenanya, terciptalah rasa asin, manis dan pedas yang menjadi satu. Sangat menarik bukan untuk dicicipi? Buruan coba makanan ini sekarang juga!

2. Kue Sabongi

Makanan Khas Sulawesi Tengah Kue Sabongi

Nah, Gorontalo juga memiliki kue khas yang bernama kue sabongi. Kamu bisa menemukan makanan ini di warung pinggir jalan daerah Gorontalo. Kue yang satu ini bentuknya hampir mirip dengan kue combro yang ada di Jawa.

Hanya saja, isi dari kue in berbeda dengan combro. Jika combro menggunakan gula merah sebagai isinya. Sedangkan kue ini menggunakan pisang raja yang sudah dipotong sebagai isinya. Selain itu, tekstur kue ini juga lebih renyah dari combro.

Makanan yang satu ini wajib Kamu coba. Meski bentuknya hampir sama dengan kue yang ada di Jawa. Namun, tetap saja cita rasa dan teksturnya berbeda. Jadi, tidak ada salahnya jika Kamu mencobanya.

3. Tili Aya

Makanan Khas Sulawesi Tengah Tili Aya

Salah satu makanan Gorontalo yang wajib Kamu coba adalah Tili Aya. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya adalah gula merah. Cara memasaknya yaitu dengan cara mengukus gula merah bersama santan.

Kemudian diamkan sejenak hingga matang. Jika sudah matang, tili aya pun siap untuk disajikan. Sangat mudah bukan cara membuatnya? Kamu juga bisa membuatnya di rumah lho.

Makanan yang satu ini paling nikmat dimakan saat masih panas bersama dengan teh atau kopi. Makanan ini bisa Kamu temui di warung pinggir jalan sekitar Gorontalo.

4. Ilabulo

Makanan Khas Sulawesi Tengah Ilabulo

Nah, makanan yang satu ini terbuat dari olahan ayam. Biasanya menu ini dijadikan sebagai lauk pendamping makanan oleh masyarakat setempat. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah ampela ayam, hati ayam dan juga lemak ayam.

Cara memasaknya yaitu dengan mencampurkan bahan utama tersebut dengan bawang putih, bawang merah, lada putih dan rerempahan lainnya. Kemudian, bungkus bahan yang sudah tercampur menggunakan daun pisang.

Bakar hingga ilabulo matang sempurna. Jika sudah matang, sajikan ilabulo dan santap bersama nasi atau makanan lainnya. Untuk Kamu yang sedang berwisata di tempat ini, buruan coba sekarang juga dan jangan sampai kehabisan!

Hal yang paling pertama dan utama jika sampai di suatu tempat adalah mencari makanan khas wilayah tersebut. tak terkecuali saat tiba di daerah Sulawesi. Nah, Kamu bisa mencicipi beberapa makanan khas Sulawesi Tengah seperti di atas.

Selain memiliki cita rasa yang tak kalah dari kuliner daerah lain, tampilan dari kuliner khas daerah ini juga sangat menarik. Tak heran jika banyak sekali orang yang menyukainya. untuk Kamu yang sedang berada di daerah ini buruan cobain semua kulinernya!

Leave a Reply