Makanan Khas Toraja Papiong Manuk

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Makanan Khas Sulawesi Tenggara – Liburan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti oleh semua orang. Apalagi jika liburan ke luar pulau. Pasti hal ini sangat asyik dan menyenangkan. Liburan bukan hanya mencari pemandangan indah dengan suasana yang tenang saja.

Tapi juga mencari hal baru dengan segala sesuatu yang ada di tempat tersebut. ya, salah satu kegiatan yang bisa Kamu lakukan saat berlibur ke pulau Sulawesi adalah berburu kuliner. Ya, makanan khas Sulawesi Tenggara ada bermacam-macam.

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Kamu bisa mencobanya satu persatu. Mengenai rasa dari makanan tersebut tidak perlu diragukan lagi. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Tenggara

“Setiap orang ingin memakan makanan yang jujur dan dan memiliki cita rasa tinggi seperti makanan khas Sulawesi Tenggara ini. Dan tentunya bukan makanan pamer yang disiapkan berhari-hari sebelum dihidangkan.”

Main ke Sulawesi jangan lupa untuk mampir ke Sulawesi Tenggara. Di tempat ini banyak sekali terdapat kuliner lezat dengan cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Nah, berikut beberapa macam makanan khas Sulawesi Tenggara yang bisa Kamu cicipi;

1. Lapa-Lapa

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Lapa-lapa

Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Buton. Cita rasa yang menjadikannya khas dengan wilayah ini adalah rasa gurihnya. Yang berasal dari santan kelapa kental. Makanan ini bisa dengan mudah ditemui saat bulan Ramadhan.

Nah, biasanya lapa-lapa ini disajikan dengan ikan asin. Bahan dasar ikan asin tersebut yaitu ikan kahoneonarore yang bisa Kamu temui di seluruh pasar Sulawesi Tenggara. Cara membuat lapa-lapa sangat mudah yaitu dengan memasak beras bersama santan kelapa.

Saat beras tersebut sudah setengah matang, bungkuslah menggunakan janur kelapa. Meski cara pembuatannya mudah, prosesnya memakan waktu yang cukup lama lho teman-teman. Selain itu juga makanan ini memiliki keunikan tersendiri seperti:

  • Bentuknya yang menarik karena dibungkus menggunakan daun kelapa
  • Cara memasaknya yang unik dan memakan banyak waktu
  • Cita rasa yang sangat lezat dan bikin nagih.

2. Kabuto

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Kabuto

Bagi Kamu yang sedang liburan di daerah ini, wajib untuk mencicipi kabuto. Makanan yang satu ini berasal dari daerah Buton dan Muda. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya yaitu singkong yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Selain singkong, juga ada ubi yang selalu menemaninya sebagai bahan dasar membuat kabuto. Memang makanan yang satu ini memiliki nama yang berbeda dari yang lain. Meski demikian, kuliner ini wajib Kamu coba juga lho.

3. Sinonggi

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Sinonggi

Makanan khas selanjutnya yang wajib Kamu coba saat berada di Sulawesi adalah sinonggi. Pada awalnya kuliner ini dibuat oleh suku Tolaki yang berada di Sulawesi Tenggara.

Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat sinonggi adalah pati sagu yang sudah diproses bersama dengan kuah rempah. Hal inilah yang membuat cita rasa sinonggi menjadi sangat lezat. Biasanya makanan ini menjadi menu utama pada saat tradisi mosonggi.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh suku Tolaki secara bersama-sama. Dahulu, makanan ini juga menjadi makanan pokok masyarakat setempat. Oleh karena saat ini makanan pokoknya diganti menjadi nasi, jadi sinonggi sudah sangat langka dan sulit ditemukan.

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Selatan

Nah, setelah puas berkeliling di Sulawesi Tenggara sekarang Kamu bisa geser ke Sulawesi Selatan. Tak kalah dengan daerah sebelumnya, wilayah Sulawesi bagian Selatan juga memiliki berbagai kuliner unik dan lezat lho. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kapurung

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Kapurung

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Selatan khususnya daerah Paloppo, Luwu Utara. Bahan dasar kapurung yaitu tepung sagu yang dibuat dengan mencampurkan daging ayam atau ikan beserta aneka sayuran.

Meski makanan yang satu ini termasuk ke dalam makanan tradisional, namun kapurung saat ini sudah sangat populer lho. Nah, selain sangat populer makanan ini juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti:

  • Memiliki cita rasa yang unik dan tentunya sangat khas dengan daerah Sulawesi
  • Mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan
  • Diolah menggunakan rempah khusus dan alami.

2. Jalangkote

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Jalangkote

Nah, kuliner yang satu ini berupa kue. Uniknya lagi, kue ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue-kue yang ada di ibu kota yaitu kue pastel. Namun, diantara kedua kue tersebut tentu saja memiliki beberapa perbedaan.

Mulai dari kulit hingga isi, jalangkote memiliki tekstur kulit yang lebih tipis dari kue pastel. Sedangkan isi dari jalangkote adalah wortel dan kentang yang diiris dadu kecil, soun dan juga toge.

Cita rasa dari makanan ini tentu saja tidak kalah dengan kuliner lain yang ada di seluruh penjuru dunia. Jalangkote ini lebih cocok disantap saat berbuka puasa atau bisa juga disantap saat pagi hari bersama kopi atau teh hangat.

3. Buras atau Bursa

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Buras

Bursa atau bisa juga disebut dengan buras ini adalah makanan yang sejenis dengan lontong. Bahan utama yang digunakan untuk membuat bursa sama dengan lontong yaitu beras. Namun, bentuknya saja yang berbeda.

Pada umumnya, bursa ini dibungkus menggunakan daun pisang muda. Biasanya disajikan bersama taburan bumbu kelapa, cabai, gula dan garam. Meski saat ini bursa sering dijual di pasaran.

Tapi, makanan yang satu ini umumnya disajikan pada saat acara tertentu oleh masyarakat setempat. Seperti misalnya acara syukuran lebaran atau pada acara pernikahan.

Nah, kabar baiknya Kamu bukan hanya bisa menikmati makanan ini di daerah Sulawesi saja lho. Kamu juga bisa menjumpainya di daerah Jawa. Sebab saat ini sudah banyak sekali orang yang menjualnya.

Macam-Macam Makanan Khas Gorontalo

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang letaknya berada di Indonesia. Yang memiliki budaya termasyhur. Selain kaya akan budaya, daerah Gorontalo ini juga memiliki berbagai macam makanan khas lho. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bilenthango

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Bilenthango

Memang makanan yang satu ini terdengar asing bagi Kamu yang belum pernah mendengarnya. Bahkan, ada juga orang yang beranggapan bahwa makanan ini berasal dari luar negeri. Tapi nyatanya bilenthango adalah makanan khas yang berasal dari Gorontalo lho.

Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya adalah ikan. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah ikan kerapu. Cara membuatnya yaitu dengan membelah ikan menjadi dua bagian.

Kemudian, ikan tersebut digoreng dengan campuran daun pkamun hingga matang. Cara menggorengnya pun berbeda dari biasanya. Kamu tidak perlu membalik ikan, tujuannya yaitu agar bagian bawah ikan terasa lebih renyah dan bagian atasnya lebih lembut.

Setelah itu, tambahkan bumbu yang kaya akan rempah dan mirip seperti bumbu rica-rica beserta air perasan jeruk nipis. Cita rasa makanan ini sangat lezat dan nagih banget. Makanan yang satu ini wajib dicoba.

2. Sashimi Tuna

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Sashimi Tuna

Mendengar namanya saja pasti sudah banyak yang bingung dan bertanya-tanya. Memang benar, makanan khas dari daerah Gorontalo ini adalah sashimi. Namun, sashimi Gorontalo dengan sashimi yang lain tentu saja berbeda.

Kamu bisa menemukan sashimi ini di warung makan daerah pelabuhan yang letaknya berada di Gorontalo. Cita rasa dari makanan yang satu ini sangat lezat dan bikin nagih lho. Ya, hal ini dikarenakan banyaknya rempah yang digunakan membuat rasa sashimi lebih nikmat.

Biasanya makanan sashimi khas Gorontalo ini disajikan bersama sambal dabu-dabu. Nah, bagi Kamu yang sedang berlibur di Gorontalo buruan cobain sashimi yang lezat ini sekarang juga!

3. Es Brenebon

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Es Brenebon

Selain makanan, Gorontalo juga terkenal dengan minumannya lho. Ya, namanya adalah es brenebon atau bisa juga disebut dengan es kacang merah. Es yang satu ini paling nikmat disantap pada saat siang hari, karena bisa melepas dahaga seusai melakukan kegiatan.

Nah, es ini dibuat dengan menggunakan campuran gula pasir, daun pKamun, gula merah, kacang tanah, air rebusan kacang tanah, susu kental manis, air secukupnya dan es serut.

Selain menikmatinya di Gorontalo, Kamu juga bisa membuat es ini di rumah lho. Yang terpenting adalah Kamu mempunyai semua bahan untuk membuatnya.

Daftar Nama Makanan Khas Toraja

Selain memiliki hasil laut yang melimpah, daerah ini juga memiliki beraneka ragam makanan khas lho. Yang tentunya cita rasa dari makanan tersebut sangat lezat dan menggugah selera. berikut beberapa makanan khas Toraja yang wajib dicoba:

1. Ikan Asar

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Ikan Asar

Ikan asap atau yang bisa disebut juga dengan ikan asar adalah salah satu makanan khas dari Toraja. Cara pengolahannya yaitu menggunakan dengan cara diasap. Bahan utama yang digunakan untuk membuat menu ini adalah ikan tuna dan ikan cakalang.

Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan ketika pulang ke daerah asal. Sebab, ikan asap memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu mencapai tujuh hari. Menu ini juga serasi disajikan bersama dengan nasi atau sambal colo-colo.

2. Gohu Ikan

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Ikan Gohu

Sama halnya seperti sashimi makanan khas jepang yang menggunakan ikan mentah. Gohu ikan juga menggunakan ikan mentah saat disajikan. Pilihan favorit untuk membuat menu ini adalah ikan tuna dan ikan cakalang.

Cara pembuatannya juga terbilang cukup mudah dan simpel. Ya, degan memotong ikan tersebut menjadi dadu. Kemudian mencucinya hingga bersih, lalu lumuri menggunakan air perasan jeruk lemon dan juga garam.

Jika proses tersebut sudah dilakukan, tambahkan daun kemangi lalu diamkan sebentar. Untuk menambah cita rasa, biasanya masyarakat setempat menyantapnya bersama tumisan bumbu bawang merah dan cabe rawit yang dirajang. Kemudian ikan bisa langsung disantap.

3. Nasi Lapola

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Nasi Lapola

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu makanan khas daerah Toraja sekaligus menjadi makanan pokok masyarakat setempat. Bahan utama untuk membuatnya yaitu menggunakan parutan kelapa muda, beras dan kacang tolo.

Agar hasil masakan lebih bagus, gunakanlah api kecil saat proses memasak beras. Nah, jika beras sudah setengah matang, tambahkan kelapa parut yang sudah diberi bumbu cabai merah, bawang putih, jeruk nipis dan bawang merah.

Setelah itu, kukuslah nasi sampai matang. Biasanya masyarakat setempat menyantap nasi ini bersama sambal colo-colo. Yang tentunya cita rasa dari makanan ini sangat lezat dan menggiurkan.

Hari yang paling ditunggu-tunggu adalah hari libur. Tapi, setelah tiba di tempat wisata pasti yang pertama Kamu cari adalah makanan khasnya. Tak terkecuali liburan di Sulawesi. Ya, banyak sekali macam-macam makanan khas Sulawesi Tenggara yang bisa Kamu coba lho.

Seperti yang sudah di bahas di atas, Kamu bisa memilihnya sesuai keinginan. Jangan pernah khawatir tentang rasa. Sebab, makanan ini memiliki rasa yang super lezat. Buruan cobain sekarang juga!

Leave a Reply