Makanan Khas Gorontalo Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Gorontalo

Makanan Khas Gorontalo – Pada saat traveling, hal yang paling utama dilakukan adalah berburu kuliner daerah tersebut. apalagi jika Kamu sedang traveling ke Gorontalo. Daerah yang satu ini memiliki banyak sekali makanan khas lho. Yang tentunya cita rasa dari semua makanan tersebut sangat lezat.

Bagi Kamu yang sedang traveling di daerah ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Gorontalo. Kalau perlu bawa pulang untuk buah tangan orang rumah. Pasti seluruh anggota keluarga akan senang saat Kamu membawakan oleh-oleh.

Sangat menyenangkan bukan berburu makanan khas di daerah Gorontalo? Nah, bagi Kamu yang penasaran dengan apa saja kuliner yang bisa dicoba di Gorontalo, yuk simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Macam-Macam Makanan khas Gorontalo

“Jangan menggali kubur dengan pisau dan garpumu sendiri. Gunakanlah alat itu untuk menikmati makanan yang lezat ini.”

Jalan-jalan Ke Gorontalo jangan lupa untuk berburu kulinernya. Terdapat banyak sekali makanan khas Gorontalo yang bisa Kamu coba. Penasaran apa saja kulinernya? Berikut beberapa makanan khas yang bisa Kamu jelajahi satu persatu:

1. Saraba

Makanan Khas Gorontalo Saraba

Selain memiliki berbagai makanan khas, daerah yang satu ini juga mempunyai minuman favorit yang cocok banget untuk dinikmati saat malam hari. Ya, minuman tersebut adalah saraba.

Jika di daerah lain, minuman ini dikenal dengan minuman susu telur madu  jahe atau STMJ. Namun, meski agak mirip dengan minuman dari daerah lain cita rasa yang dihasilkan dari minuman yang satu ini tentu saja memiliki perbedaan.

Saraba dibuat menggunakan bahan dasar jahe yang kemudian dicampur dengan santan dan gula aren sebagai pemanisnya. Nah, berikut beberapa khasiat dari minuman yang satu ini:

  • Menghangatkan badan
  • Menjernihkan pikiran
  • Tentunya membuat mata lebih melek.

2. Perkedel Nike

Makanan Khas Gorontalo Perkedel Nike

Nah, bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan khas Gorontalo ini adalah ikan nike. Ya, ikan yang bentuknya hampir sama dengan ikan tenggiri ini diolah menjadi perkedel. Menu ini menjadi salah satu menu favorit masyarakat setempat lho.

Tentu saja cara mengolah makanan ini berbeda dengan perkedel pada umumnya. Menu ini bukan hanya digoreng saja, melainkan juga ditambah beberapa bumbu khas lain. Tak heran jika rasanya menjadi lebih lezat daripada perkedel pada umumnya.

Kamu bisa menemukan makanan ini dibeberapa warung pinggir jalan. Selain itu, Kamu jika bisa menemukannya di rumah makan atau sejenisnya di daerah Gorontalo. Oleh karena makanan ini tidak bisa tahan lama, jadi Kamu tidak bisa membawanya sebagai buah tangan.

3. Kue Pia Saronde

Makanan Khas Gorontalo Kue Pia Saronde

Nah, rasa dari makanan ini adalah gurih dan renyah. Nama kue ini diambil dari nama sebuah pulau yang berada di Gorontalo. Dimana pulau tersebut merupakan salah satu pulau yang mempunyai pemandangan sangat indah dan banyak dikunjungi wisatawan.

Nama saronde ini juga digunakan sebagai  nama tarian khas Gorontalo lho. Untuk makanan yang satu ini, Kamu bisa menemukannya di beberapa warung makan pinggir jalan daerah Gorontalo.

Macam-Macam Makanan Khas Maluku

Jika Kamu sudah puas berpetualang di Gorontalo, kini saatnya Kamu bergeser sedikit ke daerah Maluku. Sama halnya seperti Gorontalo, daerah yang satu ini juga memiliki berbagai macam makanan khas yang bisa Kamu cicipi lho, seperti:

1. Ikan Asap

Makanan Khas Sulawesi Gorontalo Ikan Asap

Makanan yang satu ini biasa dikenal oleh masyarakat Ambon sebagai ikan asar. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya yaitu ikan ikan tuna, cakalang atau ikan tongkol. Kabar baiknya, makanan ini bisa bertahan hingga satu pekan lho.

Sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Pasti mereka akan sangat menyukainya dan ketagihan. Cara membuatnya juga sangat unik, yaitu dengan cara menusuk ikan yang sudah dibumbui menggunakan bambu.

Kemudian, dibungkus menggunakan daun pisang. Lalu, diasapi hingga ikan tersebut benar-benar matang. Kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di pasar Mardika.

2. Nasi Kuning Begadang

Makanan Khas Gorontalo Nasi Kuning Begadang

Nah, sekarang Kamu tidak perlu khawatir lagi saat sedang kelaparan di tengah malam. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk menemani malam harimu. Ya, nasi kuning begadang. Seperti namanya, nasi ini biasanya dijual pada malam hari.

Mulai dari pukul 18.00 hingga 03.00 waktu setempat. Kamu bisa membelinya di beberapa warung makan atau penjual keliling. Cita rasa dari makanan yang satu ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya bisa membuat perut kenyang saja, makanan ini juga bisa membuat Kamu ketagihan lho. Gurihnya nasi kuning begadang tidak ada yang menandinginya. Biasanya makanan ini disantap bersama acar, sambal matah, ayam goreng dan lain-lain.

3. Rujak Natsepa

Makanan Khas Gorontalo Rujak Natsepa

Sesuai dengan namanya rujak yang satu ini berasal dari pantai Natsepa. Rasa dan bentuknya sama dengan rujak pada umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada salah satu buah yaitu buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang tanah.

Buah-buahan yang digunakan untuk membuat rujak ini yaitu pepaya, kedondong, mangga, nanas, jambu air dan lain-lain. Kamu bisa menikmatinya setelah berenang di pantai Natsepa. Hal ini akan membuat Kamu menjadi lebih segar.

Daftar Nama Makanan khas Toraja

Sama halnya dengan daerah Sulawesi yang lain. Toraja juga memiliki berbagai macam makanan khas lho. Tentu saja rasanya tidak kalah dengan makanan khas daerah lain. Berikut beberapa kuliner tradisional khas Toraja yang bisa Kamu coba:

1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Gorontalo Ikan Kuah Pala Banda

 

Kuliner yang satu ini wajib banget untuk dicicipi. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari daerah kepulauan Banda. Dimana Maluku merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai wilayah penghasil rempah sejak zaman penjajahan Belanda.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat menu yang satu ini adalah ikan kerapu atau ikan kakap. Untuk menambah cita rasa, ikan ini dicampur menggunakan berbagai macam bumbu seperti garam, lada, pala, merica dan lain-lain.

Rasa yang ditimbulkan dari olahan ini adalah asam dan pedas. Nah, bagi Kamu yang suka makanan pedas, ikan kuah pala banda ini sangat direkomendasikan. Pada zaman dahulu, makanan ini disajikan untuk para pejabat  besar dari Belanda.

Namun sekarang semua orang bisa menyantapnya. Makanan khas ini lebih nikmat jika disantap dengan ulang-ulang, nasi dan juga sambal bekasang. Kalau di Jawa, ikan kuah pala banda akan lebih nikmat jika dimakan dengan nasi jagung kali ya.

2. Woku Komo-Komo

Makanan Khas Gorontalo Woku Komo komo

Bahan utama yang digunakan untuk membuat menu ini adalah tepung yang merupakan hasil olahan dari teras batang rumbia. Sehingga menu ini cocok digunakan sebagai lauk makanan pokok.

Nah, untuk meningkatkan cita rasanya, makanan ini diolah bersama dengan beberapa rempah pilihan. Cara membuatnya yaitu dengan membungkus semua bahan menggunakan daun woka. Lalu, bakar di atas bara api. Berikut beberapa keunikannya:

  • Dimasak dengan cara dibakar di bara api
  • Cita rasa yang khas menjadi salah satu keunikan tersendiri dari makanan yang satu ini
  • Mempunyai tampilan yang menarik.

3. Nasi Lapola

Makanan Khas Gorontalo Nasi Lapola

Agar rasa tradisional tetap ada, makanan khas Maluku nasi lapola juga bisa Kamu cicipi lho. Sebagian masyarakat setempat menggunakan nasi lapola sebagai makanan pokoknya. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya yaitu beras, kacang tolo dan parutan kelapa muda.

Agar hasilnya menjadi lebih bagus, gunakan api kecil saat memasak beras. Jika beras sudah setengah matang, tambahkan kelapa parut yang sudah diberi bumbu.

Macam-Macam Makanan Khas Maluku Utara

Salah satu wilayah yang memiliki makanan khas yang menarik adalah Maluku Utara. Kamu pasti bakalan ketagihan jika sudah mencoba berbagai makanan yang berasal dari daerah ini. Nah, berikut beberapa makanan yang wajib Kamu coba:

1. Kasbi Komplet

Makanan Khas Gorontalo Kasbi Komplet

Kasbi merupakan sebutan lain dari singkong. Masyarakat Maluku memanfaatkan kasbi untuk dijadikan makanan pokok. Hal ini dikarenakan kasbi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi.

Banyak sekali orang yang malas memakan singkong, karena menurut sebagian besar orang, singkong memiliki rasa kurang nikmat. Oleh karena itu, masyarakat setempat membuatnya sebagai kasbi komplet.

Rasanya yang lezat membuat banyak orang yang menyukainya dan perlahan-lahan menjadi populer. Cara untuk membuatnya sangat mudah yakni dengan merebus singkong terlebih dahulu.

Jika singkong sudah matang, campurkan dengan sayur jantung pisang, tumisan bunga pepaya, tumisan kangkung dan lain-lain. Akan lebih nikmat lagi kalau Kamu memakan kasbi dengan sambal colo-colo.

2. Lapis Palaro

Makanan Khas Gorontalo Lapis Palaro

Pasti Kamu mengira bahwa lapis palaro ini adalah nama kue bukan? Padahal lapis ini merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar daging  sapi. Tentu saja cita rasa makanan ini sangat lezat.

Ya, hal ini dikarenakan daging sapi tersebut sudah dicampur dengan berbagai rempah pilihan yang sudah diracik secara khusus. Meski makanan ini bahan dasarnya menggunakan daging. Namun, harganya cukup terjangkau dan tidak menguras kantong lho.

3. Halua Kenari

Makanan Khas Gorontalo Halua Kenari

Makanan selanjutnya yang harus banget Kamu coba adalah halua kenari. Selain memiliki rasa yang unik, makanan khas Maluku Utara halua kenari juga merupakan salah satu makanan yang populer di kalangan wisatawan lho.

Hampir setiap hari makanan ini dikonsumsi oleh para wisatawan sebagai cemilan. Oleh karena Maluku Utara ini merupakan wilayah penghasil kenari terbanyak di Indonesia.

Hal tersebut menjadikan masyarakatnya lebih kreatif untuk membuat makanan menggunakan kenari. Nah, halua kenari dibuat dengan menggunakan bahan dasar kenari yang sudah dicampur dengan gula merah.

Makanan ini berwarna coklat dan bentuknya tidak beraturan. Cemilan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi Kamu yang sedang melakukan diet. Jika Kamu sedang berada di wilayah ini, buruan cobain cemilan halua kenari sekarang juga!

4. Kohu-Kohu

Makanan Khas Gorontalo Kohu Kohu

Saat pertama kali melihat kohu-kohu, pasti Kamu menyangka bahwa pakanan tersebut adalah urap. Ya, memang makanan yang satu ini terlihat hampir sama dengan urap. Namun, sayuran yang digunakan untuk membuatnya  berbeda.

Biasanya sayuran yang digunakan untuk membuat kohu-kohu adalah daun kemangi, kacang panjang dan tauge.

Semua sayuran tersebut dibiarkan mentah dan diberi racikan bumbu khusus. Cita rasa dari makanan yang satu ini tentu saja lezat dan segar. Jika Kamu sedang berada di daerah ini, jangan lupa untuk mencobanya!

Demikian ulasan mengenai makanan khas Gorontalo yang bisa Kamu coba dan bawa pulang. Tapi, tidak semua makanan tersebut bisa Kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa makanan yang tidak tahan lama.

Jadi, Kamu hanya bisa membawa beberapa saja. Tapi jangan khawatir tentang hal tersebut. Kamu juga bisa membuat makanan tersebut di rumah lho. Tentu saja dengan resep yang telah Kamu dapat di Gorontalo. Selamat mencoba berbagai makanan khasnya!

Leave a Reply