Makanan Khas Maluku Utara Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Maluku Utara

Makanan Khas Maluku Utara – Indonesia memang sangat terkenal dengan sajian kuliner mereka. Dari ujung barat hingga ujung timur, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang menggiurkan untuk dicoba.

Nah, di ujung timur, Maluku Utara adalah salah satu daerah yang terkenal dengan sajian kuliner mereka. Ya, ada cukup banyak makanan khas Maluku Utara yang siap menggoyang lidah kamu!

Maluku Utara dikenal sebagai daerah yang dekat dengan laut, sungai dan hutan. Bentang alam yang masih asri membuat daerah ini tampak sejuk sepanjang tahun. Tidak hanya itu, kondisi bentang alam yang ada di sana juga berpengaruh pada beragam makanan khas yang muncul.

Tidak sedikit jika makanan khas yang ada di Maluku Utara berbahan dasar sumber daya alam mereka sendiri.

Juga, perlu diketahui bahwa Maluku Utara adalah salah satu daerah penghasil rempah terbesar di Indonesia. Fakta ini membuat makanan khas yang ada di sana diolah dengan rempah yang begitu kaya untuk rasa yang begitu nikmat.

Daftar Nama Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Dicoba

Jika kita tak ingin untuk hidup dalam sisa-sisa, maka kita sebaiknya jangan sisakan makanan yang dimakan.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Maluku Utara yang tersedia dan menawarkan cita rasa yang begitu kaya. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Maluku Utara untuk berlibur.

Nah, adanya banyak pilihan makanan khas tersebut tentu akan membuat kamu leluasa untuk memilih mana makanan khas yang lezat untuk dicoba. Namun, untuk memudahkan saat hendak memilih, ada beberapa rekomendasi makanan khas tersebut yang bisa kamu jadikan prioritas.

Adapun beberapa rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Haluan Kenari
  • Gatang Kenari
  • Nasi Jaha
  • Ikan Kuah Kuning
  • Kopi Sibu-Sibu
  • Bubur Sagu Ubi
  • Sayur Garu
  • Nasi Kuning Ikang Telur
  • Kue Bagea
  • Gohu Ikan
  • Papeda
  • Ikan Kuah Pala Banda
  • Nasi Lapola

1. Haluan Kenari

Makanan Khas Maluku Utara Halua Kenari

Salah satu Makanan Khas Maluku terkenal selain papeda yang wajib dicoba saat berada di sana adalah haluan kenari. Ini adalah makanan khas yang sudah menjadi legenda di Maluku Utara dan sangat dicari oleh pengunjung yang datang terutama yang dari daerah lain.

Seperti namanya, makanan khas ini dibuat dari bahan dasar kenari yang dicampur dengan menggunakan gula merah.

Karena campuran gula merah tersebut rasa haluan kenari akan cenderung manis dan nikmat. Tidak hanya itu, panganan khas ini memiliki kandungan protein yang cukup kaya sehingga cukup menyehatkan.

Tak jarang jika haluan kenari sering dipilih sebagai camilan bergizi masyarakat Maluku Utara setiap hari.

2. Gatang Kenari

Makanan Khas Maluku Utara Gatang Kanari

Makanan khas Maluku Utara lain yang perlu dicoba adalah Gatang Kenari. Ini adalah makanan tradisional yang ada di Maluku Utara sejak berpuluh tahun yang lalu. Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar kepiting kenari.

Kepiting dengan ukuran yang tidak terlalu besar tersebut menawarkan rasa daging yang nikmat.

Cara memasak makanan khas ini cukup unik. Setelah kepiting kenari ini dibersihkan, kepiting akan digoreng hingga kemerahan.

Setelah itu, daging kepiting goreng akan dimasak dengan bumbu tumis yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan santan.

Santan yang mengental yang kaya akan rempah membuat daging kepiting selain lunak juga lebih gurih.

3. Nasi Jaha

Makanan Khas Maluku Utara Nasi Jaha

Nasi Jaha adalah salah satu makanan khas dari Maluku Utara yang unik. Selain itu, menu makanan khas ini cenderung sederhana dibandingkan dengan jenis makanan khas lainnya.

Nah, Nasi Jaha dibuat dengan campuran beras biasa dan juga beras ketan. Kedua bahan ini dicampur dengan perbandingan yang sama kemudian ditambahkan santan.

Lalu, campuran beras dengan santan tersebut dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Batang bambu tadi kemudian dibakar hingga akan menghasilkan Nasi Jaha yang selain pulen juga sangat mengenyangkan.

Apa yang unik dari panganan ini adalah panjang bambu yang digunakan bisa mencapai 1 meter! Hingga saat ini, menu tradisional ini masih cukup banyak terdapat di Maluku Utara.

4. Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Maluku Utara Ikan Kuah Kuning

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Maluku Utara merupakan daerah yang memiliki banyak sungai sehingga sumber daya ikan yang ada cukup melimpah.

Nah, salah satu makanan khas Maluku Utara yang berbahan dasar ikan adalah ikan kuah kuning. Ini merupakan makanan khas yang banyak digemari karena rasanya yang nikmat.

Ada beberapa jenis ikan yang digunakan untuk menu ini, salah satunya adalah ikan tongkol. Nah, ikan yang menjadi bahan masakan setelah dibersihkan akan diberikan beragam bumbu seperti kemangi, rempah, jeruk nipis dan juga kunyit untuk menghasilkan warna kuning.

Beragam bumbu inilah yang akan membuat bau amis ikan hilang berganti rasa sedap dan lezat.

5. Kopi Sibu-Sibu

Makanan Khas Maluku Utara Kopi Sibu-sibu

Untuk kamu yang suka menikmati kopi, maka kamu wajib mencoba Kopi Sibu-Sibu yang ada di Maluku Utara. Ini adalah kopi khas yang sangat unik dengan beberapa campuran yang ditambahkan.

Kopi Sibu-Sibu dibuat dengan bahan dasar kopi hitam Robusta yang diproses secara tradisional sehingga cita rasa kopi asli masih terasa.

Selanjutnya, kopi tersebut akan ditambahkan bubuk cengkeh dan juga potongan kenari di atasnya.

Tambahan rempah inilah yang membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat. Biasanya, kopi ini dinikmati saat sore hari dan disajikan bersama dengan camilan khas Maluku Utara.

6. Bubur Sagu Ubi

Makanan Khas Maluku Utara Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi merupakan salah satu makanan khas Ambon dari sagu. Sebagaimana nasi di daerah Jakarta atau Surabaya, sagu merupakan bahan makanan yang utama atau pokok.

Nah untuk sagu yang ada di Maluku Utara ini, dapat dibuat menjadi beragam makanan khas yang sangat menarik.

Bubur sagu ubi ini hanya salah satunya ya. Namun tidak hanya berbahan dasar sagu, seperti namanya, bubur ini dibuat dengan paduan bahan dasar sagu dan ubi.

Kedua bahan ini nantinya akan ditambahkan dengan gula, pandan dan juga santan. Rasa manis bercampur gurih yang nikmat akan sangat terasa. Biasanya, menu ini dijadikan alternatif makan siang.

7. Sayur Garu

Makanan Khas Maluku Utara Sayur Garu

Sayur garu adalah salah satu sayur khas di Maluku Utara yang bisa dikatakan cukup langka.

Jenis sayur ini dibuat dengan beragam bahan yang sebenarnya cukup simple dan sangat sederhana. Beberapa bahan yang digunakan adalah daun ubi, jantung pisang dan daun pepaya.

Dilihat dari bahan yang digunakan, bisa dikatakan bahwa rasa sayur ini cenderung pedas dan agak pahit. Namun, karena tambahan bumbu rempah yang kaya, akan ada kenikmatan tersendiri saat menyantap sayur ini.

Nah, sayur garu sangat nikmat ketika disajikan dengan nasi hangat dan tambahan ikan goreng kering.

8.Nasi Kuning Ikang Telur

Makanan Khas Maluku Utara Nasi Kuning Ikan Telur

Pilihan makanan khas Maluku Utara selanjutnya adalah Nasi Kuning Ikang Telur. Makanan tradisional nasi kuning juga termasuk makanan khas Makassar yang terkenal. Seperti namanya, makanan khas ini adalah nasi kuning sebagaimana yang sudah kamu ketahui.

Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan nasi kuning biasanya.

Nah, apa yang menarik dari Nasi Kuning Ikang Telur adalah campuran lauk yang digunakan. Nasi kuning yang gurih tersebut nantinya akan dicampur dengan tambahan tongkol, singkong, telur dan juga mi.

Rasa lauk yang kaya akan bumbu rempah akan membuat lidah serasa dimanjakan. Tidak hanya itu, di Maluku Utara, makanan khas ini dijual dengan harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau.

9. Kue Bagea

Makanan Khas Papua Kue Bagea

Salah satu oleh oleh khas Maluku Utara yang sudah terkenal lama ialah kue bagea. Jajanan tradisional ini memiliki bentuk bulat dan tidak terlalu besar. Bahan utama kue bagea dari sagu yang kemudian dicampur dengan beragam kacang-kacangan.

Untuk menambahkan cita rasa yang nikmat, maka bahan adonan kue bagea tersebut akan ditambahkan dengan kayu manis.

Nah, adonan kue yang sudah dibuat lalu dicetak dan dipanggang dalam oven hingga matang. Proses ini akan menghasilkan Kue Bagea yang cukup kering dengan warna cokelat merekah.

Tambahan kacang-kacangan yang ada dalam adonan tersebut akan menghasilkan cita rasa yang begitu gurih.

10. Gohu Ikan

Makanan Khas Maluku Utara Ikan Gohu

Pernah membayangkan memakan ikan laut mentah? Jika ya, maka kamu harus mencoba menu yang satu ini. Gohu Ikan adalah salah satu makanan khas Maluku Utara yang begitu dikenal.

Seperti disebutkan sebelumnya, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar ikan mentah, yaitu ikan tuna.

Ikan tuna yang disediakan akan dicuci bersih dan kemudian dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, ikan tersebut dicampur dengan daun kemangi yang sudah diiris kasar, cabai, bawang merah dan kemudian dicampur lagi dengan minyak kelapa panas.

Saat disajikan, Gohu Ikan akan ditambahkan lagi dengan taburan kacang tanah goreng. Rasa makanan khas ini begitu nikmat dan tidak akan terasa jika ikan tersebut sebenarnya mentah.

11. Papeda

Makanan Khas Maluku Utara Papeda

Berkunjung ke Maluku Utara tidak lengkap rasanya tanpa mencoba Papeda. Ya, Papeda adalah makanan khas Maluku Utara yang sudah sangat terkenal hingga ke pelosok negeri. Makanan ini adalah bubur sagu yang dijadikan pengganti nasi dalam sajian utama.

Nah, rasa Papeda yang gurih dan kenyal akan membuat siapa saja ketagihan. Dalam penyajiannya, Papeda ini akan disajikan dengan tambahan ikan tongkol atau sayur lainnya.

12. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Maluku Utara Ikan Kuah Pala Banda

Sebenarnya, Ikan Kuah Pala Banda adalah salah satu makanan terkenal yang berasal dari Banda. Namun, masyarakat yang ada di Maluku Utara juga sangat familiar dengan makanan ini dan banyak membuatnya untuk sajian yang spesial.

Nah, menu Ikan Kuah Pala Banda adalah salah satu sajian nikmat dari ikan air tawar dengan bumbu rempah yang begitu lengkap. Seperti namanya, salah satu bumbu yang digunakan adalah pala –yang merupakan rempah asli Banda.

13. Nasi Lapola

Makanan Khas Maluku Utara Nasi Lapola

Menu lain yang menjadi makanan khas Maluku Utara yang wajib dicoba adalah Nasi Lapola. Ini adalah menu sederhana di Maluku Utara yang cukup mudah ditemukan, terutama di pasar-pasar tradisional yang ada di sana.

Nasi Lapola ini adalah panganan yang dibuat dengan bahan dasar beras dan kacang tolo. Beras yang sudah dimasak kemudian ditambahkan dengan kacang tolo, garam dan kelapa parut.

Campuran bahan tersebut diaduk hingga tercampur merata, dicetak dan dikukus hingga matang. Proses ini akan menghasilkan rasa Nasi Lapola yang sangat gurih dan nikmat.

Ada cukup banyak aneka makanan khas Maluku Utara yang wajib dicoba. Rasa rempah yang sangat kaya menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari makanan khas di Maluku.

Ikan kuah kuning mungkin bisa menjadi pilihan makanan pertama yang kamu coba. Ya, menu ini dibuat dengan bumbu khas Maluku yang tidak ditemukan di daerah lainnya!

Leave a Reply