Makanan Khas Makassar Pallu Basa

Makanan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar – Makassar adalah ibukota Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Selain terkenal dengan kisah heroik para pahlawan di zaman kemerdekaan, Makassar juga terkenal dengan modernitas kota yang terus tumbuh hingga saat ini.

Di sisi lainnya, daerah ini juga memiliki sajian kuliner yang dikenal hingga seantero Indonesia.

Nah, jika Kamu berada di Makassar, maka akan ada cukup banyak makanan khas Makassar yang akan Kamu temukan. Untuk Kamu yang memang suka jelajah kuliner, tentu adanya beragam makanan khas yang ada di Makassar bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Apa saja makanan khas Makassar yang cocok untuk disantap saat berkunjung ke ujung Sulawesi ini? Simak beberapa ulasan berikut.

Daftar Nama Makanan Khas Makassar Sulawesi Selatan

Rahasia sukses dalam hidup adalah makan apa yang Kamu sukai dan membiarkan makanan berjuang di dalam.

~ Mark Twain ~

Ada cukup banyak makanan khas Makassar yang tersedia dengan rasa yang kaya rempah dan lezat. Tentu, banyaknya makanan khas yang tersedia akan membuat Kamu lebih leluasa dan bebas memilih makanan apa yang cocok untuk disantap.

Namun, untuk memudahkan Kamu memilih jenis makanan yang tepat, ada beberapa rekomendasi yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Beberapa rekomendasi makanan khas dari Makassar untuk dicoba adalah sebagai berikut:

  • Coto Makassar
  • Sop Saudara
  • Konro
  • Barongko
  • Pisang Epe
  • Es Palu Butung
  • Gogoso
  • Pallu Basa
  • Mie Titi
  • Juku Pallu Ce’la
  • Bebek Palekko
  • Ikan Bakar Bandeng
  • Kapurung
  • Buras/Burasa’

1. Coto Makassar

Makanan Khas Makassar Coto Makassar

Pergi ke Makassar tentu tidak lengkap jika tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa Coto Makassar bukan hanya makanan khas Makassar tetapi juga menjadi ikon dari ibukota Sulawesi Selatan ini.

Oleh karena itu, Kamu harus mencobanya sebagai menu sarapan yang pasti lezat.

Sekilas, Coto Makassar memiliki tampilan yang sama dengan soto pada umumnya. Namun, makanan khas yang satu ini dibuat dengan rempah yang lebih kaya.

Oleh karenanya, rasa Coto Makassar cenderung lebih berasa dibandingkan dengan soto lainnya. Tidak hanya itu, isian makanan ini juga cenderung lebih lengkap.

2. Sop Saudara

Makanan Khas Makassar Sop Saudara

Makanan lain yang patut dicoba saat berada di Makassar adalah Sop Saudara. Nama salah satu nama makanan khas Maluku yang juga terkenal di Makassar ini memang cukup unik.

Nah, apa yang mendasari nama dari makanan khas ini adalah bahan yang cukup beragam sehingga seolah menjadi saudara yang berbeda-beda.

Dalam pembuatannya, Sop Saudara menggunakan aneka bahan seperti daging sapi, bihun, kentang yang dibentuk bola-bola kecil dan lainnya.

Untuk pelengkap nantinya akan ditambahkan ikan bakar, telur rebus hingga nasi hangat. Sop Saudara adalah salah satu menu sarapan yang banyak dijajakan di Makassar.

3. Konro

Makanan Khas Makassar Konro

 

Sajian makanan khas Makassar yang juga perlu dicoba saat berada di kota ini adalah Konro. Pernah mendengar nama makanan yang satu ini? Bisa dikatakan bahwa Konro adalah nama makanan yang cukup unik dan mungkin terdengar sedikit aneh.

Namun, jika dilihat dengan saksama, Konro adalah hidangan spesial yang dibuat dengan bahan dasar iga sapi. Daging sapi untuk membuat Konro ini akan direbus terlebih dahulu dengan campuran bumbu berupa kayu manis, asam Jawa dan lainnya hingga empuk.

Kemudian, tumis bumbu lain akan ditambahkan ke dalam rebusan hingga warnanya menjadi lebih pekat,

Nah, rasa dari Konro sangat lezat. Kamu yang suka menu daging sapi, terutama iga harus mencoba makanan yang satu ini!

4. Barongko

Makanan Khas Makassar Barongko

 

Dalam sajian makan malam, biasanya ada makanan penutup atau dessert yang ditambahkan. Nah, Makassar memiliki dessert tradisional yang bisa dicoba. Namanya adalah Barongko.

Ini adalah panganan khas yang menjadi legenda dan sudah ada di Makassar sejak lama.

Ya, Barongko adalah salah satu makanan khas Makassar yang cukup unik dan banyak digemari oleh masyarakat. Panganan ini berupa kue pisang yang sangat lembut.

Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, pisang akan dilembutkan terlebih dahulu bersamaan dengan beragam bahan, seperti telur, gula, garam dan susu bubuk.

Kemudian, bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Rasa Barongko cenderung manis dan juga gurih.

5. Pisang Epe

Makanan Khas Makassar Pisang Epe

Pisang Epe adalah sajian khas Makassar yang cukup mudah ditemukan. Biasanya, di sekitar pusat keramaian akan ada penjual Pisang Epe yang menjajakan dagangannya.

Seperti namanya, Pisang Epe dibuat dengan bahan dasar pisang. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang belum terlalu matang.

Cara pembuatan menu ini cukup unik. Pisang tersebut setelah dikupas akan dibuat pipih dan dibakar diatas bara api. Pisang akan dibakar dan dibolak-balik hingga lembek.

Lalu, pisang tersebut diberi tambahan gula merah untuk topping. Gula merah yang dicampur dengan pandan akan membuat rasa Pisang Epe ini selain manis juga cenderung gurih.

6. Es Palu Butung

Makanan Khas Makassar Es Palu Butung

Ingin menikmati sajian es segar di kala cuaca Makassar yang panas dan terik? Nah, Es Palu Butung bisa menjadi solusi yang tepat. Ya, Es Palu Butung adalah salah satu sajian khas Makassar yang siap memberikan kesegaran untuk Kamu.

Minuman ini adalah es campur khas Makassar yang unik dan bisa dijadikan hidangan penutup juga. Perlu diketahui bahwa Es Palu Butung dibuat dengan bahan dasar pisang yang disajikan dengan bubur putih dari tepung terigu.

Jika Kamu pernah mendengar tentang es pisang hijau, maka Es Palu Butung mirip dengan jenis es tersebut. Biasanya, Es Palu Butung dijual pada sore hari, terutama saat Ramadhan tiba.

7. Gogoso

Makanan Khas Makassar Gogoso

Makanan khas Makassar lain yang tidak boleh dilupakan adalah Gogoso. Bisa dikatakan jika Gogoso adalah makanan legenda yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu di Makassar.

Hingga saat ini, Gogoso masih menjadi hidangan yang digemari, terutama ketika lebaran tiba.

Gogoso dibuat dengan bahan dasar beras ketan. Nah, beras ketan tersebut dibersihkan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kemudian, beras ketan yang sudah dibungkus akan dibakar hingga Gogoso tersebut mayang.

Dalam penyajiannya, Gogoso biasanya disajikan dengan tambahan telur asin dan lauk lainnya.

8. Pallu Basa

Makanan Khas Makassar Pallu Basa

Pallu Basa adalah makanan khas yang sangat menarik di Makassar. Menu yang satu ini sangat mirip dengan sajian soto khas yang ada di Makassar. Meskipun demikian, keduanya menggunakan bahan yang berbeda dan memiliki rasa yang berbeda pula.

Kuliner yang juga menjadi salah satu dari 5 menu makanan khas Manado yang terkenal. Pallu basa ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi dan juga beberapa jeroan, seperti jantung sapi, usus serta hati.

Campuran daging dan jeroan tersebut nantinya akan ditambahkan kuah seperti rawon yang kaya akan rempah dan cenderung pedas.

9. Mie Titi

Makanan Khas Makassar Mie Titi

Untuk Kamu yang suka dengan olahan mi, mencoba Mie Titi adalah ide yang sangat tepat. Ya, Mie Titi adalah salah satu makanan khas Makassar yang cukup terkenal.

Sajian khas ini biasanya tersedia di malam hari dan menjadi salah satu menu makan malam yang begitu lezat.

Nah, apa yang menarik dari Mie Titi adalah beragam bahan yang digunakan. Selain mi, ada campuran daging, sayuran dan juga seafood di dalamnya. Bumbu yang kaya rempah membuat sajian ini sangat istimewa dan menjadikan malam hari terasa lebih nikmat untuk dirasakan.

10. Juku Pallu Ce’la

Makanan Khas Makassar Juku Pallu Cella

Makassar dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber daya ikan yang cukup banyak. Oleh karena itu, cukup banyak olahan khas yang berbahan dasar ikan, salah satunya adalah Juku Pallu Ce’la.

Ya, Juku Pallu Ce’la adalah makanan khas Makassar yang perlu dicoba karena menawarkan rasa yang khas dan sangat nikmat.

Juku Pallu Ce’la dibuat dengan bahan dasar beberapa jenis ikan, seperti ikan layang, ikan cakalang dan lainnya. Nah, menariknya, ikan tersebut hanya dimasak dengan garam dan kunyit saja.

Dalam pembuatannya, ikan dicampur dengan bahan-bahan tadi dan dimasak hingga bumbu benar-benar meresap dan kuah tinggal sedikit.

11. Bebek Palekko

Makanan Khas Makassar Bebek Palekko

Untuk Kamu yang suka dengan olahan bebek, Makassar memiliki Bebek Palekko yang perlu dan wajib Kamu coba. Ini adalah makanan khas dari Makassar yang cukup mudah dijumpai di banyak tempat.

Itik adalah bahan dasar dari menu yang satu ini. Dagingnya yang tebal dan lembut membuat Bebek Palekko sangat disukai. Terutama, biasanya Bebek Palekko disajikan dengan bumbu rempah yang kaya dan cenderung pedas.

Nah, Bebek Palekko sangat cocok untuk lauk makan malam Kamu bersama teman-teman lainnya.

12. Ikan Bakar Bandeng

Makanan Khas Makassar Ikan Bakar Bandeng

Ikan Bakar Bandeng menjadi makanan khas Makassar yang cukup banyak digemari. Bahan utama dari menu ini memang berupa ikan bandeng. Namun, dalam praktiknya, beberapa jenis ikan lainnya juga seringkali digunakan, seperti cakalang atau juga tongkol.

Secara umum, ikan bakar ini memang sama dengan ikan bakar pada umumnya. Namun, di Makassar, ikan bakar tersebut dibuat dengan bumbu rempah yang lebih banyak dan juga kecap manis yang ditambahkan.

Campuran bahan tersebut akan menghasilkan rasa ikan bakar bandeng yang sangat lezat.

13. Kapurung

Makanan Khas Makassar Kapurung

Kapurung menjadi salah satu nama makanan khas Sulawesi Utara yang juga cukup terkenal di Makassar. Bisa dikatakan bahwa menu ini adalah salah satu sajian tradisional yang masih terjaga hingga saat ini.

Menu spesial ini dibuat dengan bahan dasar sagu yang dimasak sedemikian rupa. Selanjutnya, bahan sagu ini dihidangkan dengan kombinasi ikan atau daging ayam dan beragam sayuran.

Rasa kenyal dari sagu bercampur dengan gurih kuah dan beragam isian lainnya membuat Kapurung sangat digemari. Umumnya, sajian ini dijadikan salah satu menu makan malam yang nikmat.

14. Buras/Burasa’

Makanan Khas Makassar Buras

Opsi makanan khas Makassar lain yang sangat menarik adalah Buras/Burasa’. Sekilas, Buras/Burasa’ memiliki tampilan yang mirip dengan lontong. Ya, hal ini dikarenakan panganan ini juga dibuat dengan bahan dasar beras.

Namun, dibandingkan lontong, Buras/Burasa’ jauh lebih lembut dan halus.

Biasanya, Buras/Burasa’ dihidangkan dengan campuran bumbu kelapa kering, garam, cabai dan gula. Umumnya, Buras/Burasa’ hadir di rumah-rumah warga Makassar yang mengadakan syukuran atau acara lainnya.

Hanya saja, saat ini, terutama di pasar tradisional, Buras/Burasa’ juga cukup mudah ditemukan.

Makassar memang menyimpan surga yang tersembunyi berupa menu khas yang begitu nikmat. Setiap jengkal kota Makassar menyimpan hidangan khas yang sangat menarik untuk disantap.

Tidak hanya menyediakan hidangan kuliner yang nikmat, namun makanan khas Makassar juga penuh dengan cerita budaya yang mengiringinya.

Leave a Reply