Makanan Khas Maluku Utara Nasi Jaha

Makanan Khas Maluku

Saat Kamu berkunjung ke suatu daerah, rasanya belum lengkap jika Kamu belum mencoba makanan khasnya. Seperti saat berkunjung ke Maluku, disini ada begitu banyak makanan khas Maluku yang sayang untuk dilewatkan.

Daerah yang dikelilingi oleh perairan ini memiliki begitu banyak jenis sajian makanan lezat, dan kebanyakan diantaranya merupakan olahan ikan.

Jadi selain menikmati keindahan pulau dan pantai-pantai cantik di Maluku, Kamu juga bisa menikmati hasil lautnya.

Selain ikan, masyarakat Maluku juga banyak menyediakan sajian makanan berbahan dasar sagu. Ya seperti yang teman-teman tahu jika makanan pokok masyarakat Maluku adalah sagu.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas Maluku yang tak boleh teman-teman lewatkan begitu saja ketika mampir ke daerah ini;

1. Gohu Ikan

Makanan Khas Maluku Ikan Gohu

Buat Kamu yang sudah familiar dengan Sashimi, pasti tak akan asing dengan makanan khas satu ini. Yups, gohu ikan atau yang bisa disebut Sashimi Ternate ini juga terbuat dari ikan tuna yang dipotong dadu.

Pengolahan gohu ikan pun sama sekali tidak menggunakan api, oleh sebab itu dinamakan sashimi. Meski begitu, tapi Kamu tak perlu khawatir karena rasanya sama sekali tidak amis, terlebih lagi ikan tuna yang digunakan dijamin masih fresh.

Untuk menghilangkan aroma amis pada ikan, olahan ini menggunakan jeruk nipis atau lemon, daun menangi yang dirajang kecil, minyak kelapa, kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar, bawang merah dan cabai rawit yang diiris kecil serta garam sebagai perasanya.

Pertama-tama ikan tuna dicuci bersih kemudian dipotong dadu. Selanjutnya diberi perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Di sisi lain, panaskan minyak kelapa dan masukkan irisan bawang merah dan cabai, tumis sampai harum.

Angkat tumisan tersebut dan tuangkan pada ikan tuna segar, aduk rata dan gohu ikan siap disajikan.

2. Ikan Komu Asar

Makanan Khas Maluku Ikan Komu Asar

Menurut bahasa asar artinya adalah pengasapan, jadi bisa dipastikan jika makanan khas Maluku ini dibuat dengan proses pengasapan. Jenis ikan yang biasa digunakan antara lain adalah tuna, tongkol, komu atau cakalang.

Sebelum diasap, ikan akan diberi bumbu khas Maluku terlebih dahulu. Selain untuk memperkuat rasa, bumbu juga berfungsi sebagai penopang ketika proses pengasapan. Proses asar ini berlangsung kurang lebih satu jam.

Makanan yang hanya bisa Kamu jumpai di Maluku ini bisa Kamu santap dengan nasi putih hangat dan sambal khas Maluku. Selain itu, ikan komu asar juga bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti ikan asar kecap manis, ikan asar kuah santan dan lainnya.

3. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Maluku Ikan Kuah Pala Banda

Dari namanya saja pasti Kamu sudah bisa menebak asal makanan khas ini, benar sekali dari kepulauan Banda, Maluku. Masakan dengan aroma segar ini sangat menggugah selera, bahkan masakan berkuah ini sering dijadikan menu andalan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke Banda lho.

Keistimewaan ikan kuah pala Banda sendiri bukan hanya pada kuahnya yang kaya akan rempah sehingga begitu segar ketika dicicipi, namun juga dari cita rasa ikannya. Ikan pala segar yang digunakan menjadikan makanan ini makin yummy.

4. Papeda

Makanan Khas Maluku Papeda

Kuliner khas Maluku satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga teman-teman. Selain bisa ditemui di Maluku, papeda juga merupakan makanan khas Sulawesi Selatan dan beberapa daerah di bagian timur Indonesia.

Tekstur makanan berbahan dasar tepung sagu ini lengket dengan warna putih pucat dan agak pekat. Meski jika dilihat dari tampilannya tidak semenarik kuliner khas lainnya, namun makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan jika dibandingkan dengan nasi, papeda memiliki manfaat yang lebih baik. Terlebih lagi buat teman-teman yang sedang diet. Di Maluku sendiri papeda sudah menjadi hidangan pokok pengganti nasi.

Jadi bila Kamu ingin menikmati beberapa makanan khas Maluku seperti olahan ikan, Kamu bisa menyantapnya dengan papeda. Dijamin rasa khas Melayunya akan semakin terasa deh!

5. Nasi Jaha

Makanan Khas Maluku Nasi Jaha

Selanjutnya ada nasi jaha, yakni olahan beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa kemudian dibungkus menggunakan daun pisang muda. Selanjutnya bungkusan tersebut dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar sampai matang.

Dengan diameter 3-5 cm, makanan ini pastinya sangat mengenyangkan, jadi tak heran jika banyak yang menjadikan nasi jaha sebagai makanan utama atau pengganti nasi putih.

Cita rasanya sendiri begitu lezat dan gurih karena menggunakan campuran santan kelapa. Selain itu aroma daun pisang yang dibakar juga menjadikan makanan ini semakin menggugah selera makan.

6. Sagu Woku Komo-Komo

Makanan Khas Maluku Sagu Woku Komo-Komo

Nama makanan khas Maluku ini begitu unik yah? Ya, makanan berbahan dasar sagu ini merupakan salah satu kuliner tradisional yang masih sangat dipertahankan oleh masyarakat Maluku.

Selain menggunakan sagu, sagu woku komo-komo juga dibuat dengan beberapa bahan tambahan seperti serai, jahe, bawang putih dan jeroan ikan. Bahan-bahan tambahan tersebut kemudian dicampur dengan tepung sagu dan diolah bersama.

Nah yang menjadikannya lebih khas dan unik, makanan ini diolah dengan dibungkus menggunakan daun woku. Di Maluku sendiri sebenarnya daun woku memang kerap digunakan untuk bungkus berbagai jenis makanan.

Ketika menggigit makanan bertekstur lengket dan lembut ini, Kamu akan merasakan betapa gurihnya paduan jeroan ikan dengan bumbu-bumbu tambahannya dan tepung sagu. Legit dan gurihnya makanan ini akan menyatu lumer di mulut Kamu.

Tapi, meskipun terbuat dari sagu makanan ini termasuk lauk lho. Jadi biasanya masyarakat Maluku menyantapnya bersama nasi atau papeda.

7. Bubur Sagu Ubi

Makanan Khas Maluku Bubur Sagu Ubi

Bukan hanya papeda dan sagu woku komo-komo, Maluku juga masih punya kuliner khas lain yang terbuat dari sagu, yakni bubur sagu ubi. Jika dilihat dari penampilan dan rasanya, makanan khas Maluku ini hampir mirip kolak ubi.

Hanya saja yang membedakan keduanya adalah adanya tambahan sagu pada makanan ini. Cara membuatnya pun susah-susah gampang. Pertama-tama Kamu harus mendapatkan sari sagunya terlebih dahulu dengan cara merendamnya.

Selanjutnya sari tersebut akan dicampur dengan bahan lain seperti ubi, gula merah, gula pasir dan daun pandan. Kemudian semua bahan akan direbus sampai ubi empuk dan gula larut.

Aroma daun pandan yang begitu wangi berpadu dengan manisnya gula semakin membuat bubur sagu ubi ini semakin sempurna. Makanan ini paling cocok disantap saat sore hari atau bisa juga dijadikan sebagai menu sarapan.

8. Kohu-Kohu

Makanan Khas Maluku Kohu Kohu

 

Kohu-kohu adalah urap khas Maluku. Sekilas makanan ini memang tak ada bedanya dengan urap biasa, tapi begitu Kamu mencicipinya Kamu akan merasakan perbedaan pada kohu-kohu.

Dimana makanan khas ini menggunakan suwiran ikan cakalang sebagai tambahan, sehingga membuat rasanya semakin gurih dan lezat. Selain itu, kohu-kohu juga biasa dimakan bersama dengan talas, singkong, pisang atau ubi jalar rebus.

Sementara bahan dasar kohu-kohu sendiri adalah berbagai jenis sayuran seperti tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan mentimun. Beberapa jenis sayur biasanya direbus dan lainnya dibiarkan mentah, seperti mentimun dan daun kemangi.

Sebelum disajikan, sayuran terlebih dahulu dicampur dengan irisan bawang merah, bawang putih, perasan jeruk nipis, cabai, suwiran ikan cakalang dan tentunya kelapa parut.

9. Sambal Colo-Colo

Makanan Khas Maluku Sambal Colo-colo

Jika Kamu pergi ke pulau Dewata, pasti Kamu tak akan luput dengan sambel tradisional khas Bali yang sangat menggugah selera, sambal matah. Tapi jangan salah, Maluku juga punya sambal khas yang tak kalah menggodanya yakni sambal colo-colo.

Makanan pendamping yang akan menyempurnakan setiap hidangan yang tersaji ini terbuat dari cabai rawit, tomat muda, bawang merah, garam dan perasan jeruk nipis. Cara membuatnya pun sangat sederhana dan cepat.

Kamu hanya perlu mengiris bahan-bahan seperti bawang merah, cabai rawit dan tomat muda. Kemudian campurkan dengan garam dan perasan jeruk nipis. Terakhir tambahkan sedikit kecap manis.

Sambal colo-colo juga bisa disajikan dengan daun kemangi. Selanjutnya sambal colo-colo siap disajikan bersama nasi, papeda, ikan goreng, ikan asar, ikan bakar bahkan ubi rebus.

10. Nasi Lapola

Makanan Khas Maluku Nasi Lapola

Kuliner khas Maluku lain yang tak boleh terlewatkan adalah nasi lapola, yakni makanan pokok yang terbuat dari beras dan kacang tolo atau semacam kacang kedelai merah. Makanan yang begitu populer di Maluku ini kerap dijadikan menu sehari-hari.

Untuk membuat nasi lapola, pertama-tama cuci bersih beras kemudian masak dengan api kecil sampai setengah matang. Setelah itu masukkan kacang tolo yang sudah direbus dan tambahkan parutan kelapa serta garam.

Jika semua bahan sudah masuk, aduk rata dan angkat. Kukus nasi lapola sampai nasi matang (kurang lebih 15-30 menit) sebelum nasi lapola siap dihidangkan.

Rasa makanan pokok ini sudah gurih dan penuh gizi. Jadi tak heran jika banyak orang Maluku yang menjadikan nasi lapola sebagai makanan pokok sekaligus lauk.

Tapi jika Kamu ingin menyantapnya dengan ikan bakar, ikan asar dan sambal colo-colo pun bukan pilihan yang buruk.

11. Acar Kuning

Makanan Khas Maluku Acar Kuning

Eits, acar khas Maluku ini bukan acara mentimun biasa lho. Dimana Kamu akan menjumpai beberapa bahan tambahan seperti wortel, kecipir muda, rebung, bawang dan nanas yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu khusus.

Sesuai namanya, warna acara ini tentunya kuning, karena bumbu khas yang digunakan memang menggunakan kunyit.

Acar kuning khas Maluku ini harus menggunakan rebung yang sebelumnya sudah ditumis dengan jahe, kunyit, lengkuas dan rempah lain

Biasanya acar kuning ini kerap dijadikan makanan pendamping nasi putih dan berbagai olahan ikan khas Maluku.

12. Suami

Makanan Khas Maluku Suami

Suami yang dimaksud disini bukan pasangan istri ya! Tapi suami adalah nama makanan khas Maluku yang terbuat dari bahan ubi. Cara pengolahannya pun cukup unik, pertama ubi diparut hingga benar-benar lembut.

Setelah itu ubi parut akan diperas sampai airnya keluar semua. Jika teksturnya sudah agak kering, kemudian ubi dikukus sampai matang. Suami sendiri bisa diolah dengan tambahan kelapa setengah tua, gula atau tanpa tambahan bahan apapun.

Makanan dengan karbohidrat tinggi ini bisa Kamu jadikan teman ngopi yang sempurna sembari menikmati indahnya alam Maluku saat senja datang.

Selain 12 makanan khas Maluku di atas,  daerah ini juga masih punya banyak kuliner lezat lain seperti rujak natsepa, nasi kelapa, dan lain sebagainya. Dijamin lidah dan perut Kamu akan dimanjakan habis-habisan saat berkunjung ke Maluku.

Nah selain Maluku, setiap daerah di Indonesia sebenarnya juga punya makanan khas dengan cita rasa khas masing-masing. Seperti makanan khas Makassar yang identik dengan rasa gurihnya, Bali dengan rasa pedasnya dan lain sebagainya

Leave a Reply