Makanan Khas Ambon Talam Sagu Bakar

Makanan Khas Ambon

Makanan Khas Ambon – Ambon adalah salah satu wilayah di timur Indonesia yang terkenal. Wilayah ini dikelilingi oleh lautan dan merupakan kumpulan kepulauan kecil. Nah, selain terkenal dengan lanskap alam yang indah, Ambon juga terkenal dengan sajian kuliner yang ada di sana.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Ambon yang tersedia dengan cita rasa yang begitu istimewa.

Adanya cukup banyak sajian khas Ambon memang menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk wisatawan yang ingin berlibur ke sana.

Dengan adanya beragam jenis makanan khas yang menarik, tentu liburan di Ambon akan semakin menyenangkan, terutama untuk teman-teman yang memang menyukai wisata kuliner.

Nah, penasaran apa saja makanan khas Ambon yang cocok untuk dicoba? Simak ulasan di bawah ini.

Menu Makanan Khas Ambon Maluku

Seseorang tidak bisa berpikir dengan baik, mencintai dengan baik, dan tidur nyenyak jika belum makan dengan baik.

~ Virginia Woolf ~

Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak makanan khas tradisional di Ambon yang menggoda selera. Kamu tentu bebas saja memilih mana nama makanan khas Maluku yang menarik untuk dicoba.

Namun, untuk membantu Kamu menemukan makanan khas terbaik dan disarankan untuk dicoba, ada beberapa makanan khas yang masuk ke dalam rekomendasi. Nah, adapun rekomendasi makanan khas yang ada di Ambon untuk dicoba adalah sebagai berikut:

  • Papeda
  • Ikan Asap
  • Sambal Colo-Colo
  • Rujak Natsepa
  • Kohu-Kohu
  • Nasi Lapola
  • Nasi Kelapa
  • Pisang Asar
  • Talam Sagu Bakar
  • Asida
  • Bubur Sagu Ubi
  • Gogos
  • Roti Kering Kenari
  • Nasi Bambu.

1. Papeda

Makanan Khas Ambon Papeda

Pergi ke Ambon tentu saja tidak akan lengkap tanpa mencoba makanan yang satu ini. Ya, Papeda adalah makanan populer dan legenda di Ambon yang sangat dicari. Bisa dikatakan bahwa menu satu ini sama dengan nasi di daerah Jawa –khususnya.

Oleh karena itu, Papeda sering dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat yang ada di Ambon.

Papeda dibuat dengan bahan dasar sagu dan diolah menjadi masakan semacam bubur. Namun, karena dibuat dengan bahan sagu, Papeda ini memiliki tekstur yang cenderung kenyal dan sekilas mirip dengan lem.

Namun, rasanya cukup gurih dan akan sangat nikmat jika dicampur dengan lauk ikan kuah kuning.

2. Ikan Asap

Makanan Khas Ambon Ikan Asap

Maluku dan Ambon memiliki daerah perairan yang bisa dikatakan cukup besar sehingga sumber daya ikan di daerah tersebut bisa dikatakan cukup banyak.

Oleh karena itu, olahan ikan akan banyak sekali ditemukan di Ambon dan menjadi salah satu makanan khas yang ada di sana. Nah, salah satu makanan khas Ambon yang perlu dicoba yang terbuat dari olahan ikan adalah ikan asap.

Ada beberapa jenis ikan yang digunakan untuk membuat menu yang satu ini. Beberapa jenis ikan seperti tuna, tongkol dan cakalang yang banyak ditemukan di Ambon menjadi santapan khas yang nikmat yang diolah dengan cara di asap.

Proses membuat ikan asap ini cukup lama. Setelah dibersihkan, ikan tersebut akan diberikan bumbu, dibungkus dengan daun pisang dan di asap selama kurang lebih 1 jam. Nah, nantinya, ikan asap akan disajikan dengan sambal colo-colo.

3. Sambal Colo-Colo

Makanan Khas Ambon Sambal Colo-colo

Untuk Kamu yang suka dengan makanan pedas, menyantap sambal colo-colo adalah salah satu hal yang harus dilakukan di Ambon. Ya, sambal colo-colo adalah salah satu makanan khas Ambon yang seringkali dijadikan pelengkap.

Jika dilihat dari namanya, sambal ini cenderung unik dan tentu ada daya tarik tersendiri di dalamnya.

Apa yang menarik dari sambal colo-colo adalah proses pembuatannya. Sambal dibuat tanpa di ulek dan hanya dipotong saja.

Nah, sambal ini dibuat dengan beragam bahan seperti daun seledri, bawang merah, cabai rawit serta tomat. Ditambah taburan garam dan jeruk nipis, rasa sambal ini selain pedas juga sedikit asam.

4. Rujak Natsepa

Makanan Khas Ambon Rujak Natsepa

Suka dengan rujak yang pedas dan segar? Nah, Ambon memiliki Rujak Natsepa yang wajib untuk Kamu coba. Nama rujak ini unik karena memang pada dasarnya rujak ini hanya ditemukan di Pulau Natsepa saja sebagai bagian dari wilayah Ambon.

Jadi, bisa dikatakan bahwa sajian kuliner khas ini cukup eksklusif.

Sebenarnya, Rujak Natsepa mirip atau bahkan sama dengan beragam jenis rujak lainnya. Di dalam menu rujak ini ada beberapa jenis buah yang digunakan, seperti kedondong, nanas, pepaya, mentimun, jambu air, belimbing dan lainnya.

Hanya saja, apa yang membedakan Rujak Natsepa dengan rujak lainnya adalah adanya tambahan buah pala dan juga gula merah dan kacang goreng. Paduan buah dan bumbu ini membuat Rujak Natsepa terasa begitu nikmat ketika disantap.

5. Kohu-Kohu

Makanan Khas Ambon Kohu Kohu

Pernah mendengar makanan khas daerah yang satu ini?

Kohu-Kohu juga merupakan makanan khas Makassar yang terkenal. Salah satu kuilner tradisional unik yang patut untuk dicoba. Jika Kamu berasal dari Jawa dan pernah melihat sajian urap, maka Kohu-Kohu mirip dengan menu sayuran tersebut.

Menu tradisional yang berasal dari Ambon ini dibuat dengan campuran beragam bahan, seperti taoge, mentimun, kacang panjang, daun kemangi dan lainnya.

Beragam bahan tersebut nantinya akan dicampur dengan bawang merah, cabai, bawang putih, perasan jeruk nipis, kelapa parut dan juga ikan cakalang yang dipotong kecil.

Ikan cakalang nantinya juga bisa diganti dengan ikan teri basah atau ikan tongkol. Nah, paduan bahan tersebut akan menghasilkan Kohu-Kohu yang selain nikmat juga cukup menyehatkan.

6. Nasi Lapola

Makanan Khas Ambon Nasi Lapola

Menu lain yang merupakan makanan khas Ambon adalah Nasi Lapola. Ya, Nasi Lapola adalah sajian unik dari Ambon yang wajib dicoba, terutama saat Kamu bepergian ke daerah timur Indonesia ini.

Bisa dikatakan jika Nasi Lapola adalah menu yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Ambon karena merupakan sajian tradisional yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Nah, menu ini dibuat dengan bahan dasar beras dan kacang tolo.

Nah, beras tersebut dimasak setengah matang kemudian dicampur dengan kacang tolo, kelapa parut dan garam.

Nasi tersebut kemudian dikukus hingga matang dan dibentuk. Rasa Nasi Lapola sangat gurih dan menggoda siapa saja untuk mencobanya.

7. Nasi Kelapa

Makanan Khas Ambon Nasi Kelapa

Kamu tentu sudah pernah mendengar tentang nasi uduk, bukan? Nah, di Ambon, ada nasi kelapa yang unik dan cocok untuk dicoba. Salah satu makanan khas Ambon ini sekilas memang mirip dengan nasi uduk karena dibuat dengan bahan dasar beras dan santan kelapa.

Uniknya, cara memasak nasi kelapa ini unik karena santan akan dicampur sebanyak dua kali. Cara memasak ini akan membuat nasi kelapa ala Ambon ini sangat gurih.

8. Pisang Asar

Makanan Khas Ambon Pisang Asar

Pisang Asar adalah makanan khas Manado yang juga terkenal di daerah Ambon. Kuliner dengan bahan dasar pisang ini memang bisa dikatakan menjadi camilan yang nikmat untuk disantap bersama keluarga tercinta.

Nah, olahan satu ini dibuat dengan cara memanggang pisang dengan menggunakan oven. Pisang nantinya akan ditambahkan dengan cokelat atau tambahan lain yang membuat rasanya menjadi lebih manis.

Biasanya, pisang yang digunakan adalah jenis pisang raja sehingga ukuran pisang ini cenderung besar.

9. Talam Sagu Bakar

Makanan Khas Ambon Talam Sagu Bakar

Talam Sagu Bakar adalah pilihan makanan khas Ambon lainnya yang sangat cocok untuk dicoba. Ini adalah salah satu makanan khas dengan bahan dasar sagu yang dibuat menjadi kue. Kue ini memiliki rasa yang cenderung manis.

Rasa manis Talam Sagu Bakar didapatkan dari campuran kenari dan kacang khas Ambon. Dengan rasanya yang nikmat, Talam Sagu Bakar bisa dijadikan opsi yang menarik untuk camilan saat minum kopi atau teh.

10. Asida

Makanan Khas Ambon Asida

Jika dilihat dari namanya, makanan khas Ambon ini memang cukup unik dan terkesan aneh. Namun, jika dirasakan, maka Asida adalah makanan khas yang sangat lezat. Asida adalah kue unik yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu.

Tepung tersebut dicampur dengan gula merah, bubuk kayu manis, kapulaga dan juga mentega.

Kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang cukup manis. Di Ambon, kue ini biasanya dijual ketika bulan Ramadhan sebagai salah satu santapan berbuka puasa.

11. Bubur Sagu Ubi

Makanan Khas Ambon Bubur Sagu Ubi

Sebagaimana disinggung di awal bahwa salah satu hidangan khas dari Ambon adalah sagu –yang juga dijadikan pengganti nasi. Nah, makanan khas Ambon lain yang dibuat dengan bahan dasar sagu adalah bubur sagu ubi. Ini adalah bubur yang sangat terkenal di Ambon dan banyak dicari oleh masyarakat.

Jika Kamu mengenal kolak ubi di Jawa, maka panganan khas Ambon ini memiliki tampilan yang mirip. Bubur sagu akan ditambahkan ubi jalar yang sudah dipotong kecil dan direbus.

Kemudian, bubur ditambahkan dengan santan. Paduan rasa gurih dan manis membuat bubur ini cocok disantap saat sore hari.

12. Gogos

Makanan Khas Ambon Gogos

Pernahkah Kamu mendengar nama panganan khas yang satu ini? Gogos memang menjadi salah satu makanan khas Ambon yang cukup terkenal meskipun nama makanan ini cenderung aneh. Makanan ini secara tampilan mirip dengan lemper yang ada di Pulau Jawa.

Namun, meskipun memiliki kemiripan, tetap saja ada perbedaan yang signifikan dari kedua menu ini. Gogos dibuat dengan bahan dasar beras dan diisi dengan daging ikan suwir.

Kemudian, setelah dibungkus dengan daun pisang, Gogos akan dibakar hingga matang. Rasa gurih menjadi ciri khas panganan yang cocok untuk menemani waktu bersantai ini.

13. Roti Kering Kenari

Makanan Khas Ambon Roti Kering Kenari

Salah satu makanan khas Ambon yang tidak boleh dilewatkan adalah roti kering kenari. Menu yang satu ini adalah camilan khas Ambon yang cocok untuk disantap saat minum kopi atau teh.

Nah, sekilas, roti kering kenari mirip dengan jenis roti kering pada umumnya. Namun, apa yang membedakannya adalah adanya taburan kenari dan gula di atasnya.

Roti kering ini dimasak dengan oven hingga kering. Selain tersedia dan bisa langsung dimakan, roti ini juga menjadi salah satu ide oleh-oleh yang sangat menarik dan tahan lama.

14. Nasi Bambu

Makanan Khas Manado Nasi Bambu

Nasi bambu adalah makanan khas Ambon yang cukup menarik untuk dicoba. Menu makanan yang satu ini cukup unik karena dibuat dengan menggunakan bambu sebagai media masak.

Jadi, beras yang sudah dibersihkan dan dicampur dengan aneka bumbu akan dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang.

Setelah itu, bambu akan dibakar hingga beras tadi matang menjadi nasi. Rasa nasi bambu ini cukup nikmat dan gurih yang berasal dari aneka bumbu yang ditambahkan.

Fakta bahwa Ambon adalah salah satu penghasil rempah –dari dulu hingga saat ini, membuat makanan khas daerah ini sangat kaya akan rasa rempah. Hampir setiap makanan khas Ambon dibuat dengan bumbu yang sangat kaya dan menggugah selera

Nah, ikan asap bisa menjadi salah satu hidangan kaya rempah yang bisa Kamu coba, terlebih ada sambal khusus yang disajikan bersamanya.

Leave a Reply