Makanan Khas Sulawesi Selatan Pisang Epe

Makanan Khas Sulawesi

Makanan Khas Sulawesi – Saat berkunjung ke suatu daerah yang pertama kali Kamu lakukan pasti mencari tempat wisata kulinernya.

Ya, hal ini juga dilakukan oleh kebanyakan orang juga lho. Apalagi jika yang berkunjung adalah warga asing. Pasti mereka juga mencari kuliner Indonesia yang beraneka ragam.

Salah satu makanan yang berada di Indonesia dan wajib banget Kamu cicipi adalah makanan khas Sulawesi. Cita rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kamu bisa menemukan hidangan khas dari pulau yang satu ini di beberapa warung pinggir jalan daerah Sulawesi.

Jika Kamu belum pernah mencobanya, datang saja ke pulau ini dan cicipi semua menu makanannya. Penasaran dengan bagaimana rasa dari makanan tersebut? Nah, untuk penjelasan lebih jelas mengenai hal ini, yuk simak ulasan di bawah ini.

Macam-Macam Nama Makanan Khas Sulawesi

“Rumah belum menjadi rumah kalau belum berisi makanan dan api untuk pikiran serta tubuh. Seperti makanan khas Sulawesi ini yang sudah racik dengan rempah dan bahan pilihan.”

Bagi Kamu yang sedang berada di pulau Sulawesi hal pertama yang harus dicari adalah makanan khasnya.

Kamu juga bisa membawakan makanan khas dari pulau ini sebagai oleh-oleh ketika sampai di tanah Jawa, berikut beberapa makanan khas Sulawesi yang bisa dicoba:

1. Kapurung

Makanan Khas Sulawesi Kapurung

Kapurung merupakan salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan. khususnya berasal dari daerah Luwu, Kota Palopo. Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu yang dimasak dengan campuran ikan atau daging dan berbagai sayuran.

Meski dimasak dengan cara tradisional, saat ini kapurung menjadi salah satu makanan yang cukup populer lho. Berikut beberapa hal yang membuat makanan ini menjadi sangat populer:

  • Memiliki rasa gurih alami yang berasal dari bahan utamanya
  • Baik untuk diet karena mengandung banyak sayuran
  • Memiliki kadar vitamin yang tinggi karena makanan ini mengandung daging dan sayur.

2. Coto Makassar

Makanan Khas Sulawesi Coto Makassar

 

Nah, makanan yang satu ini memiliki rasa yang istimewa dan tentunya sangat menggugah selera. Bagi Kamu yang sedang berada di daerah Sulawesi, coto Makassar ini wajib di coba.

Makanan ini olah dengan menggunakan berbagai macam rempah pilihan. Biasanya soto ini dicampur dengan beberapa potongan daging sapi atau jeroan.

Bahan-bahan tersebut kemudian direbus menggunakan air yang sudah digunakan untuk mencuci beras. Saat sedang direbus, bahan-bahan tersebut diberi kacang tanah yang sudah dihasilkan.

Apabila sudah  matang, coto Makassar pun siap disajikan. Kamu bisa menyantap makanan ini bersama dengan ketupat atau buras.

3. Papeong

Makanan Khas Sulawesi Papeong

Pada umumnya makanan yang satu ini banyak dijumpai di daerah Sulawesi khususnya daerah Toraja. Papeong biasanya terbuat dari beras ketan atau daging. Cara membuatnya sangat mudah.

Ya, papeong ini dimasak dengan cara dibakar di atas api yang menyala dan bukan yang membara. Makanan ini biasanya disajikan saat ada acara tertentu saja seperti acara adat atau acara panen besar.

Bagi Kamu yang sedang berada di perantauan, jangan khawatir akan makanan yang lezat. Sebab, di pulau yang satu ini memiliki berbagai macam makanan khas yang cocok dengan lidah semua orang.

Macam-macam Makanan Khas Sulawesi Selatan

Masih dalam wilayah Sulawesi, di daerah bagian selatan pulau ini juga memiliki aneka makanan khas lho. Tentunya rasa dan tampilannya sangat menarik dan menggugah selera makan.

Kamu bisa mencobanya saat sedang berada di daerah Sulawesi selatan ini. Penasaran dengan apa saja makanan khas yang bisa dicicipi? Berikut macam-macamnya:

1. Jalangkote

Makanan Khas Sulawesi Selatan Jalangkote

Makanan khas Sulawesi ini merupakan kue yang bentuknya sangat mirip dengan kue-kue yang ada di ibu kota yaitu pastel. Perbedaannya yaitu hanya terletak pada kulitnya. Ya, kulit jalangkote terlihat lebih tipis daripada kulit pastel.

Kulit jalangkote ini terbuat dari telur, terigu, santan, garam dan lain-lain yang dicampur dengan bahan penyedap lain. Kemudian giling tipis-tipis. Selain bentuk kulitnya yang berbeda, isi dari jalangkote juga berbeda dengan pastel lho.

Jika biasanya pastel diisi dengan sosis, keju dan lain-lain. Makanan khas ini diisi dengan menggunakan kentang dan wortel yang dipotong dadu kecil, soun atau toge. Yang kemudian sayuran tersebut ditumis dan dimasukkan ke dalam kulitnya.

Setelah itu, jalangkote dimasak hingga matang dan mengerik. Makanan yang satu ini sangat cocok disantap saat buka puasa atau saat pagi hari bersama secangkir teh.

2. Mie Titi

Makanan Khas Sulawesi Selatan Mie Titi

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi yang berupa mie kering. Dimana mie tersebut dicampur dengan kuah kental dan irisan, udang, ayam, jamur cumi serta hati.

Pada awalnya nama makanan ini bukanlah nama asli makan khas Sulawesi. Melainkan, makanan ini merupakan mie kering yang sangat populer pada tahun 70 an yang dijual oleh seseorang bernama titi.

Hingga saat ini kepopulerannya tidak luntur. Kamu bisa menemukan makanan ini di berbagai daerah Sulawesi lho. cita rasanya tentu saja sangat lezat dan menggugah selera. Kamu bakalan nyesel kalau tidak mencobanya.

3. Pisang Epe

Makanan Khas Sulawesi Selatan Pisang Epe

Makanan yang satu ini tergolong ke dalam makanan ringan yang bisa disantap kapan saja. Cara membuatnya pun sangat mudah dan Kamu bisa membuatnya di rumah juga lho.

Pisang epe dibuat menggunakan bahan dasar pisang mentah yang sudah dibakar kemudian pipihkan. Setelah itu, Kamu bisa mencampurnya dengan air gula aren. Berikut beberapa kelebihan makanan yang satu ini:

  • Rasanya yang legit membuat ketagihan yang menyantapnya
  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Sangat cocok dijadikan sebagai cemilan saat sedang bepergian.

Macam-macam Makanan Khas Sulawesi Tengah

Nah, sekarang geser ke bagian tengah atau bisa disebut dengan Sulteng. Di daerah ini, Kamu juga bisa menikmati berbagai santapan lezat lho. Berikut beberapa macam makanan khas Sulawesi tengah yang bisa Kamu nikmati:

1. Sup Kaledo

Makanan Khas Sulawesi Kaledo

 

Makanan yang satu ini terkenal dengan rasa pedas dan asamnya yang nagih banget. Sup ini berasal dari kota Palu dan banyak disukai oleh masyarakat setempat. Ya, hal ini dikarenakan sup kaledo memiliki cita rasa yang pedas dan segar.

Buat Kamu para pecinta pedas, sup ini sangat direkomendasikan. Makanan ini terbuat dari daging sapi dan sumsum tulang yang direbus hingga menghasilkan kaldu.

Nah, kuah inilah yang menghasilkan rasa segar dengan berbagai rempah di dalamnya. Selain itu, rasa gurih dari sumsum sapi juga menambah cita rasa dari makanan ini.

2. Onyop

Makanan Khas Sulawesi Onyop

Nah, makanan khas Sulawesi Tengah yang satu ini memang memiliki rasa nama yang sangat unik. Namun, rasa dari makanan ini juga tidak kalah uniknya. Bahkan, setiap orang yang mencobanya akan ketagihan lho.

Di daerah Jawa, onyop hampir sama dengan jenang. Namun, di Sulawesi, makanan ini disajikan menggunakan kuah asam. Bahan dasarnya yaitu sagu yang sudah diuleni kemudian dikukus.

Onyop ini memiliki tekstur kenyal dan sangat cocok dimakan dengan kuah asam ikan. Rasa asam dari kuah ini berasal dari irisan lemon. Kamu bakalan nyesel deh jika tidak mencicipinya.

3. Lalampa

Makanan Khas Sulawesi Lalampa

Makanan yang satu ini merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari Sulawesi. Kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di seluruh bagian Sulawesi.

Lalampa ini terbuat dari beras yang sudah dicampur dengan ikan cakalang. Kemudian, makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Memang lalampa terlihat hampir sama dengan makanan khas dari Jawa.

Namun, cita rasanya berbeda dan tentu saja tak kalah dengan makanan dari daerah manapun. Makanan ini sangat lezat dan Kamu wajib mencobanya saat sedang berada pulau ini.

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Setelah menjelajahi Sulteng Kamu bisa geser sedikit lagi ke Sulawesi Tenggara. Wilayah ini tentu saja tidak kalah dengan wilayah lainnya. Yang tentunya mempunyai beberapa menu khas dengan rasa selangit. Berikut beberapa  macam makanan khas yang bisa dicoba:

1. Lapa-Lapa

Makanan Khas Sulawesi Lapa-lapa

 

Pasti makanan ini terdengar sangat asing bukan di telinga Kamu? Namun demikian, Kamu rasa dari kuliner yang satu ini tidak perlu diragukan lagi lho. rasa gurih dari makanan ini menjadi ciri khasnya.

Nah, bahan dasar yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah beras yang dimasak dengan santan kelapa yang kental. Jika sudah setengah matang, lapa-lapa diangkat dan dibungkus menggunakan janur kelapa lalu direbus.

Sangat mudah bukan cara membuatnya? Bagi Kamu yang males pergi jauh ke pulau ini. Kamu bisa membuatnya di rumah kapan saja. Dengan pedman resep yang ada, Kamu juga dapat menciptakan rasa yang sama dengan aslinya.

2. Kabuto

Makanan Khas Sulawesi Kabuto

 

Kuliner yang satu ini sangat recommended dan patut untuk dicoba saat berlibur ke pulau ini. Bukan hanya memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera saja, kuliner ini juga memiliki bentuk yang unik lho.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah singkong dan ubi. Yang kemudian, singkong dan ubi tersebut dijemur hingga benar-benar kering.

Kuliner khas ini memang memiliki nama yang berbeda dengan makanan khas Sulawesi yang lain. Namun, cita rasa yang dihasilkan dari makanan ini tidak akan membuat Kamu kecewa.

3. Sinonggi

Makanan Khas Sulawesi Sinonggi

Nah, kuliner sinonggi termasuk salah satu makanan tradisional Sulawesi Tenggara yang dibuat oleh suku Tolaki lho. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah sagu. Yang kemudian sagu tersebut diolah dengan kuah dan rempah-rempah.

Kuliner ini menjadi menu utama saat tradisi mosonggi. Pada awalnya makanan ini menjadi menu utama sehari-hari masyarakat setempat. Namun, saat ini sinonggi sudah sulit ditemukan.

Hal ini dikarenakan, masyarakat zaman sekarang sudah mengganti makanan pokoknya menjadi nasi. Tapi jangan khawatir, Kamu pasti bisa menemukan makanan khas ini di daerah Sulawesi.

4. Kasoami

Makanan Khas Sulawesi Kasoami

Makanan tradisional kasoami sangat cocok disantap dengan ikan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah ubi yang diolah dengan cara direbus atau digoreng.

Pada umumnya, masyarakat setempat menyajikan makanan ini bersama dengan ikan asin, ikan parende dan lain-lain.

Nah, untuk Kamu yang sedang berada di lokasi buruan cobain kasoami juga ya!

Itulah berbagai makanan tradisional khas Sulawesi beserta daerah-daerah bagiannya yang dapat kami paparkan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi temen-temen yang sedang membutuhkan ya. Boleh dishare juga ya, gratis kok! 🙂

Leave a Reply