Makanan Khas Kalimantan Barat Asam Pedas Tempoyak

Makanan Khas Kalimantan Barat

Makanan Khas Kalimantan Barat – Tentu saja bagi Kamu yang sedang berlibur ke Kalimantan rasanya tidak akan lengkap jika belum mencoba makanan khas Kalimantan langsung dari asalnya.

Karena ada berbagai jenis kuliner super enak yang begitu menarik untuk kamu cicipi. Yaps, makanan tradisonal yang rasanya khas mejadi salah satu obat lelahnya berlibur. Apa saja wisata kuliner tersebut? Yuk langsung saja!

Berikut ini daftar nama makanan khas Kalimantan Barat yang terkenal enak untuk Kamu cobain:

1. Bubur Pedas Sambas

Makanan Khas Kalimantan Barat Bubur Pedas

Makanan khas Kalimantan Barat pertama yang harus Kamu nikmati adalah Bubur Pedas. Saat berkunjung ke Kalimantan rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba kuliner yang satu ini.

Jika bubur biasanya disajikan dengan bumbu kecap manis, asin, dan sambal untuk menambah rasa gurihnya. Berikut ini fakta tentang bubur pedas:

  • Bubur akan terasa nikmat jika benar-benar terasa pedas
  • Dibuat dari beras yang ditumbuk sampai halus, kemudian dioseng
  • Tidak lupa untuk ditambahkan berbagai jenis sayuran seperti pakis, kangkung, daun kesum, dan lain-lain.

Agar terasa lebih enak, maka bisa ditambahkan dengan kacang dan ikan goreng teri. Rasa khasnya yang pedas akan membuat Kamu merem melek saat menyantapnya.

2. Asam Pedas Tempoyak

Makanan Khas Kalimantan Barat Asam Pedas Tempoyak

Tidak ada cinta yang lebih tulus dari cinta seseorang terhadap makanan”.

~ George Bernard Shaw ~

Memang benar sih, tidak ada orang di dunia ini yang tidak mencintai makanan, karena memang dibutuhkan sebagai sumber energi bagi manusia.

Asam Pedas Tempoyak juga turut menjadi makanan khas Kalimantan Barat yang harus Kamu coba nih. Makanan khas yang berasal dari Ketapang, Kalimantan Barat ini sebenarnya mirip dengan makanan yang sering Kamu temui di tempat makan.

Sedangkan yang membedakannya adalah adanya tambahan buah durian atau biasa disebut dengan tempoyak. Cita rasa khas buah durian begitu menonjol, sehingga mengeluarkan aroma yang kuat.

Sangat cocok dipadukan dengan ikan patin dan kuah asam pedas. Bagaimana? Penasaran dengan rasanya? Buktikan sendiri dengan datang ke Ketapang, Kalimantan Barat.

3. Sotong Pangkong

Makanan Khas Kalimantan Barat Sotong Pangkong

Sebagai negara yang dikelilingi laut dan samudera menjadikan Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner laut yang lezat. Di Kalimantan Barat sendiri terdapat kuliner yang tidak kalah lezatnya yaitu, Sotong Pangkong.

Makanan khas yang satu ini menjadi favorit masyarakat Pontianak, terlebih lagi saat bulan Ramadhan tiba. Disebut dengan Sotong Pangkong karena terbuat dari bahan dasar Sotong atau cumi-cumi.

Sedangkan Pangkong artinya memukul, dimana kuliner ini diolah dengan cara memukul daging cumi-cumi dengan palu agar lebih lembut. Agar lebih lezat, warga Pontianak biasa menyajikan Sotong Pangkong dengan sambal asam pedas manis ataupun sambal kacang.

4. Pengkang

Makanan Khas Kalimantan barat Pengkang

Makanan khas Kalimantan Barat yang selanjutnya yaitu Pengkang. Pengkang sangat cocok dijadikan sebagai camilan yang sekaligus mengenyangkan. Bahan utamanya yang terbuat dari beras ketan membuat camilan ini bisa mengenyangkan.

Cara pengolahannya yaitu dengan mencampurkan beras ketan dengan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kemudian beri isian ebi dan dibakar. Asap dari daun pisang membuat rasanya semakin lezat saat digigit.

Terlebih lagi isian udang kering yang ada di dalamnya yang renyah, mambuat rasanya semakin gurih. Selain menikmati makanan khas Kalimantan Barat, Kamu juga bisa menikmati kuliner nikmat dari Kalimantan Utara yang rasanya juga tidak kalah.

5. Kwetiau

Makanan Khas Kalimantan Barat Kwetiau

Untuk Kamu yang sedang berada di Kalimantan Barat, maka jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Kwetiau khas Pontianak ini benar-benar memiliki rasa yang lezat dan sudah banyak orang yang membuktikannya.

Kwetiau yang merupakan hidangan khas Tionghoa ini sudah menjadi makanan favorit khas masyarakat Pontianak. Makanan khas Pontianak ini biasa disajikan dengan cara digoreng maupun dicampur dengan kuah yang segar.

Untuk rasanya dijamin berbeda dengan Kwetiau yang pernah Kamu makan. Tekstur mie nya juga berbeda, khas Kalimantan Barat banget. Buruan dicoba dan buktikan sendiri kelezatan kuliner yang satu ini.

6. Ale Ale

Makanan Khas Kalimantan Barat Ale Ale

Ini dia jenis makanan laut khas Kalimantan Barat lainnya. Untuk Kamu yang suka dengan jenis kuliner berbahan dasar kerang, maka bisa mencoba Ale Ale ini. Makanan khas dari Ketapang ini dibuat dari kerang yang memiliki cangkang keras dan licin.

Kerang yang hanya bisa ditemukan di Kota Ketapang tersebut memiliki isi berwarna putih dan bening. Dengan dimasak bersama bumbu rempah-rempah khas Kalimantan Barat membuat rasanya semakin nikmat.

Kamu bisa menyantap Ale Ale bersama dengan nasi yang masih panas dan juga jangan lupa untuk menambahkan saos kecap. Rasanya sungguh lezat, karena sudah banyak orang yang membuktikannya.

7. Lek Tau Suan

Makanan Khas Kalimantan Barat Lek Tau Suan

Kuliner khas Kalimantan Barat yang tidak boleh Kamu lewatkan selanjutnya yaitu Lek Tau Suan. Kuliner yang satu ini banyak terdapat di Pontianak dan menjadi makanan khas yang disukai oleh masyarakat.

Dari namanya pasti Kamu sudah bisa menebak jika makanan khas yang satu ini merupakan makanan khas dari Tionghoa. Banyak sekali makanan khas di Pontianak yang dipengaruhi oleh makanan khas Tionghoa.

Lek Tau Suan merupakan hidangan berkuah yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula. Selain itu, tambahan pandan juga membuat cita rasa Lek Tau Suan menjadi lebih lezat. Sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin nih.

8. Chai Kwe

Makanan Khas Kalimantan Barat Chai Kwe

Meskipun terkenal dengan sebutan Chai Kwe, namun masyarakat sekitar biasa menyebutnya Choipan. Makanan tradisional Kalimantan barat ini sangat cocok dijadikan cemilan karena rasanya yang begitu gurih.

Kuliner Chai Kwe jangan sampai kamu lewatkan saat berkunjung ke Kalimantan Barat ya temen-temen.

Pada awalnya Chi Kwe merupakan hidangan khas dari Tionghoa, namun saat ini begitu populer di Pontianak. Banyak orang yang sudah mengakui jika cita rasa Chai Kwe paling enak ialah yang berasal dari Pontianak.

Chai Kwe sendiri merupakan kue dengan isian seperti bengkoang, talas, ebi, dan kucai. Untuk kulitnya terbuat dari tepung sagu dan tepung beras, sehingga memiliki tekstur yang kenyal dan licin.

9. Es Krim Petrus

Makanan Khas Kalimantan Barat Es Krim Petrus

Siapa nih yang suka makan es krim? Tentu saja hampir setiap orang menyukai hidangan yang satu ini, karena  memang rasanya menyegarkan. Terlebih lagi jika dimakan saat cuaca sedang panas, langsung akan membuat tubuh menjadi segar.

Untuk Kamu pecinta es krim, maka jangan lewatkan untuk mencicipi Es krim Petrus yang ada di Kalimantan Barat. Jika dilihat sekilas memang es krim yang satu ini mirip dengan es krim pada umumnya.

Yang membuatnya unik adalah cara penyajiannya yang menggunakan batok kelapa sebagai mangkuknya. Es krim ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan berbagai rasa seperti rumput laut, kacang merah, cincau, dan sebagainya.

10. Lempok Durian

Makanan Khas Kalimantan Barat Lempok Durian

Durian telah menjadi buah yang disukai oleh banyak orang. Bahkan para pecinta durian rela membelinya dengan harga yang cukup mahal untuk jenis durian tertentu. Untuk Kamu yang sedang berada di Kalimantan Barat maka bisa mencicipi Lempok Durian ini.

Lempok Durian merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari buah durian. Makanan khas yang banyak terdapat di Pontianak ini memiliki tekstur yang kenyal seperti dodol.

Yang membedakan ialah Lempok Durian tidak menggunakan tambahan tepung ketan, sehingga murni hanya menggunakan buah durian. Bisa dibayangkan bagaimana kelezatan Lempok Durian ini, akan membuat Kamu tidak bisa melupakan kelezatannya.

11. Bingka

Makanan Khas Kalimantan Barat Bingka

Di Kalimantan Barat memang terdapat banyak makanan khas yang berbentuk kue. Salah satunya adalah Kue Bingka. Kue yang satu ini berbeda dengan kue kekinian yang biasa  Kamu lihat, meskipun jika dilihat sekilas mirip.

Kue Bingka dibuat dengan campuran tepung terigu, santan, gula, dan telur. Teksturnya sangat lembut dan rasanya manis legit. Akan membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya lagi.

Untuk Kamu yang sedang berlibur di Kalimantan Barat, juga bisa menyediakan Kue Bingka sebagai camilan saat berjalan-jalan menikmati keindahan destinasi wisata yang ada di Kalimantan Barat.

12. Mie Kepiting Pontianak

Makanan Khas Kalimantan Barat Mie Kepiting Pontianak

Kuliner dengan bahan dasar mie juga sangat menarik untuk dicoba saat Kamu berada di Kalimantan Barat. Kuliner mie dari Kalimantan Barat ini juga menggunakan kepiting sebagai bahan tambahannya agar rasanya semakin lezat.

Mungkin untuk Kamu yang belum pernah menyantapnya akan penasaran seperti apa rasa Mie Kepiting Pontianak ini. Karena biasanya mie disajikan bersama dengan ayam.

Mie Kepiting disajikan bersama potongan kepiting, pangsit goreng, kecambah, udang, ikan, daging kepiting, dan bakso. Saat menyantap sajian yang satu ini Kamu seperti sedang menikmati bakmi bersama sajian seafood.

13. Mie Sagu

Makanan Khas Kalimantan Barat Mie Sagu

Makanan khas Kalimantan Barat yang berikutnya yaitu Mie Sagu. Sudah pernah dengar kuliner yang satu ini belum nih? Mie yang terbuat dari sagu ini sebenarnya banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian timur.

Namun, di Kalimantan Barat ternyata juga terdapat Mie Sagu dengan cita rasa yang khas pula. Di Pontianak, Kalimantan Barat Mie Sagu biasa dijadikan sebagai makanan pendamping dan untuk sarapan.

Mie sagu yang kenyal tersebut dicampur dengan kuah kaldu yang segar. Cita rasanya akan membuat Kamu tidak bisa melupakan kelezatannya. Tunggu apalagi, datanglah ke Pontianak dan buktikan sendiri kelezatan mie yang satu ini.

14. Kerupuk Basah

Makanan Khas Kalimantan Barat Kerupuk Basah

Biasanya kerupuk disajikan dalam bentuk yang kering dan renyah. Namun, berbeda dengan kerupuk yang satu ini, yakni Kerupuk Basah. Jika dilihat sekilas, Kerupuk Basah ini mirip dengan siomay atau pempek.

Kerupuk khas Hulu, Kalimantan Barat ini disajikan dengan cara dikukus, kemudian dimakan bersama saus kacang. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Kerupuk Basah adalah tepung sagu yang dicampur dengan olahan ikan belida.

Aroma khas ikan belida membuat Kerupuk Basah semakin nikmat dengan tekstur yang kenyal. Bagaimana? Penasaran dengan rasa kerupuk yang satu ini? Cobalah sendiri dan rasakan kelezatannya.

15. Mie Tiaw Asu

Makanan Khas Kalimantan Barat Mie Tiaw Asu

Masih tentang makanan khas Kalimantan Barat dengan bahan dasar mie nih. Jika dilihat dari namanya, Mie Tiaw Asu mungkin Kamu berpikir jika jenis makanan ini tidak halal kan?

Anggapan tersebut sangat keliru, karena Mie Tiaw Asu ini sebenarnya terbuat dari daging yang halal. Rasanya juga sangat lezat dan gurih. Kata “asu” sendiri sebenarnya artinya adalah “paman”, sehingga sangat aman untuk dimakan.

Untuk harga satu porsinya juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 9.000 saja. Kamu bisa menikmati Mie Tiaw Asu yang populer di Jalan Yos Sudarso, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Beragamnya makanan khas Kalimantan Barat tersebut akan membuat Kamu lebih leluasa menentukan menu favorit saat berada di sana. Tunggu apa lagi, datanglah ke Kalimantan Barat dan buktikan sendiri kelezatan kulinernya.

Leave a Reply