Makanan Khas Malaysia

Makanan Khas Malaysia – Apa yang terlintas di pikiran teman-teman semua saat pertama kali mendengar nama negara Malaysia? Apakah Twin Tower, Upin Ipin atau bahkan Siti Nurhaliza? Jika memang itu yang ada di pikiran Kamu, maka tidaklah salah.

Akan tetapi yang akan dibahas kali ini adalah mengenai makanan khas Malaysia. Negara tetangga yang juga kaya akan Kuliner lezat dan khas bercita rasa tinggi.

Bahkan banyak diantara makanan halalnya, tidak hanya terkenal di kalangan penduduk Malaysia saja, bahkan sampai mendunia di berbagai negara.

Banyaknya variasi kuliner khas Malaysia yang lezat ini tentunya tidak lepas dari percampuran beberapa gaya kuliner negara lain.

Diantaranya terpengaruh oleh gaya dari makanan makanan khas Jepang, cita rasa makanan khas Perancis hingga nikmatnya kuliner khas dari Turki. Ketiganya secara tidak langsung ikut andil dalam dunia kuliner Malaysia.

Nama Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba

One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.

~ Virginia Woolf ~

Dari sekian banyak hidangan yang ada di Malaysia, beberapa diantaranya bisa Kamu simak berdasarkan informasi di bawah ini:

1. Nasi Lemak

Makanan Khas Malaysia Nasi Lemak
Gambar Makanan Khas Malaysia Nasi Lemak

Bagi Kamu yang gemar menonton serial kartun Malaysia Upin Ipin pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner  khas Malaysia yang pertama ini. Betul sekali, nasi lemak yang biasa Kak Ros buat untuk menu makanan Upin Ipin.

Nasi lemak ini memang merupakan kuliner Malaysia yang paling terkenal. Meskipun sebenarnya makanan ini awalnya merupakan makanan khas dari suku Melayu.

Bahkan suku inipun tidak hanya mendiami Malaysia saja, tetapi juga di wilayah Indonesia yakni di kawasan Sumatera Utara.

Nasi ini dimasak bersama dengan santan kelapa sebagai campurannya. Rasanya gurih dan juga wangi yang berasal dari daun pandan yang ada didalamnya. Sementara nama lemak sendiri memiliki arti gurih, dimana rasa gurih tersebut berasal dari lemak nabati yang terdapat di santan kelapa.

Nasi lemak biasanya disajikan beserta dengan lauk seperti telur rebus, dadar maupun lainnya sesuai dengan selera yang menikmatinya. Bahan pelengkap lainnya yakni mentimun, ikan teri dan juga sambal ala Malaysia.

2. Nasi Kandar

Makanan Khas Malaysia Nasi Kandar
Gambar Makanan Khas Malaysia Nasi Kandar

Makanan khas Malaysia yang berbentuk nasi berikutnya adalah nasi kandar. Nasi ini juga sangat popular di kalangan penduduk Malaysia. Awal mula adanya istilah nasi kandar berasal dari Malaysia utara atau tepatnya di Pulau Penang.

Nasi ini dimasak dengan cara dikukus dan disajikan bersama dengan lauk pauk. Adapun lauk pauk yang biasa disajikan bersama dengan nasi kandar adalah ayam goreng, daging sapi, udang, cumi dan masih banyak lagi.

Yang menjadikannya unik adalah wadah yang digunakan untuk menyajikan berupa wadah kayu dengan tinggi sekitar tiga kaki. Kemudian nasinya di taruh di atas wadah kayu tersebut didampingi dengan lauk, sayuran dan juga sambal khas.

3. Nasi Daun Pisang

Makanan Khas Malaysia Nasi Daun Pisang
Gambar Makanan Khas Malaysia Nasi Daun Pisang

Jika sebelumnya sudah ada makanan khas dari negeri jiran berupa nasi lemak dan nasi kandar, maka kuliner ketiganya adalah nasi daun pisang. Nasi ini tidak kalah terkenal di Malaysia karena penyajiannya yang juga unik.

Kuliner ini biasanya dipilih untuk disantap bersama dengan anggota keluarga lainnya. Sesuai dengan namanya nasi ini dibungkus dengan daun pisang. Mungkin Kamu sudah tidak begitu aneh dengan fenomena tersebut karena juga banyak sekali dijumpai di Indonesia.

Letak perbedaan nasi daun pisang Indonesia dan Malaysia ada pada sayuran dan juga bumbu yang digunakan di dalamnya.

Selain itu, ukuran dari nasi daun pisang Malaysia pun didesain lebih besar dan lebih besar dibandingkan dengan yang ada di Indonesia.

Rasanya yang lezat berasal dari bumbu kare yang dicampurkan didalamnya. Sementara penyajiannya ditemani dengan rendang ayam dan telur goreng. Namun, kamu juga bisa memodifikasi lauknya sesuai dengan selera dan kesukaan masing-masing.

4. Mee Kolok

Makanan Khas Malaysia Mee Kolok
Gambar Makanan Khas Malaysia Mee Kolok

Mee Kolok adalah makanan khas Malaysia yang berbentuk mie. Sebenarnya dilihat dari nama dan pelafalannya saja sudah terlihat bahwa kuliner ini adalah mie. Apabila di Indonesia, makanan ini sekelas dengan mie ayam.

Kuliner ini bahkan menjadi favorit bagi penduduk Malaysia dan juga para wisatawan asing. Saking terkenalnya, hampir di semua rumah makan atau restoran menyediakan menu yang satu ini.

Sehingga jika Kamu ingin mengisi perut dengan sajian ini bisa dengan mudah menemukannya, baik siang maupun malam hari.

Mee kolok tampilannya tidak basah seperti tampilan mie instan pada umumnya. Mee ini biasanya dilengkapi juga dengan kuah dan kecap hitam. Jika Kamu menyukai kepedasan, Kamu bisa menambahkan saus merah diatasnya.

Sebaliknya jika Kamu tidak suka, kamu bisa menyantap yang disajikan tanpa ditambah dengan bahan lainnya lagi.

5. Ayam Percik

Makanan Khas Malaysia Ayam Percik
Gambar Makanan Khas Malaysia Ayam Percik

Menu yang tidak kalah popular di Malaysia ini adalah ayam percik, atau jika dipadankan dengan makanan Indonesia yakni sama seperti ayam bakar. Perbedaannya hanya terletak pada cara memasak dan juga bumbu yang dipakainya saja.

Adapun proses memasaknya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan ayam yang sudah dipotong sesuai dengan selera serta sudah dicuci hingga bersih
  • Rendam daging ayam tersebut kedalam bumbu yang berisi berbagai macam rempah-rempah
  • Setelah direndam dalam beberapa menit, siapkan alat pemanggang lalu langsung letakkan ayam tersebut diatas panggarangan
  • Perciki ayam dengan bumbu tambahan yang berisi penyedap. Masak hingga warna berubah menjadi kecoklatan
  • Sebelum disajikan, terlebih dahulu lumuri ayam dengan saus, bumbu rempah serta santan. Jika Kamu menyukai pedas, Kamu juga boleh menambahkan cabai.

Itulah proses memasaknya yang cukup sederhana. Dari proses tersebut Kamu juga sekaligus mengetahui alasan mengapa disebut dengan nama ayam percik. Yaitu karena saat proses pemanggangan, ayam diperciki dengan bumbu rempah khas Malaysia.

6. Cekodok

Makanan Khas Malaysia Cekodok
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malaysia Cekodok

Makanan khas Malaysia yang ini adalah berupa gorengan dan biasa disebut dengan cekodok. Nama lain dari jajanan ini adalah jemput-jemput atau biasa juga disebut dengan istilah cucur.

Bahan dasar pembuatan kue gorengan ini adalah pisang dan juga terigu. Kedua bahan tersebut kemudian digiling sehingga menjadi sebuah adonan.

Sebelum digoreng, adonan tersebut juga ditambahi dengan baking powder atau bahan pengembang. Kemudian adonan dibentuk bulat lalu digoreng hingga matang.

Setelah berwarna agak kecoklatan, cekodok disajikan dengan dilumuri cairan gula merah agar rasanya bertambah manis. Selain itu, tampilan cekodok pun menjadi lebih menarik.

7. Cucur Udang Malaysia

Makanan Khas Malaysia Cucur Udang Malaysia
Gambar Makanan Khas Malaysia Cucur Udang Malaysia

Panganan Malaysia yang juga unik yakni bernama cucur udang Malaysia. Sajian ini terbuat dari tepung terigu yang dibuat adonan, lalu ditambah lagi dengan rempah-rempah serta udang.

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, langkah selanjutnya adalah goreng adonan menyerupai bakwan jika di Indonesia.

Penyajian dari makanan bertekstur lembut ini biasanya dicocol dengan saus sambal atau saus kacang. Kamu juga bisa menjadikan cucur udang Malaysia sebagai makanan pelengkap saat menyantap mie instan.

Apalagi bila ditambahkan dengan telur rebus serta jeruk nipis diatasnya, tentunya rasanya akan menjadi semakin nikmat dong.

8. Keropok Lekor

Makanan Khas Malaysia Keropok Lekor
Gambar Makanan Khas Malaysia Keropok Lekor

Lekor atau kerupuk lekor adalah Makanan khas Malaysia yang bentuknya seperti kerupuk. Sebenarnya awal mula munculnya jenis makanan ini yaitu berasal dari daerah Trengganu. Akan tetapi, nama lekor diambil dari bahasa Melayu yang artinya gulung.

Arti nama gulung bukan tanpa sebab, arti ini didasarkan atas cara pembuatannya yang digiling. Bahan yang digiling tersebut berupa ikan dan juga sayuran.

Nah, setelah digiling, kemudian bahan tersebut dicetak sehingga bentuknya menyerupai pasta. Sebelum digoreng, bahan di atas terlebih dahulu dicampur dengan sagu.

Ada dua variasi dari keropok lekor yang biasa dikonsumsi penduduk Malaysia ini. Variasi yang pertama berbentuk goreng, sementara variasi lekor yang kedua berbentuk sosis yang rasanya tentu lebih kenyal.

Keropok lekor sangat tepat dinikmati bersamaan dengan saus cabai pedas. Cara penyajian ini akan menambah selera makan Kamu dan rasanya pun akan menjadi lebih lezat.

9. Karipap

Makanan Khas Malaysia Karipap
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malaysia Karipap

Kamu perlu mencicipi makanan khas Malaysia yang bentuknya seperti pastel ala Indonesia, nama dari makanan ini adalah karipap.

Sebagian dari teman-teman semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini karena memang terkenal tidak hanya di Malaysia saja tetapi juga sampai ke negara tetangga.

Isian dari karipap pun banyak macamnya, namun yang paling banyak beredar adalah karipap berisi daging dan kentang.

Bentuk dari karipap jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pastel. Sehingga saat Kamu mengkonsumsinya akan menimbulkan rasa kenyang.

Bagi Kamu pecinta pedas tidak perlu khawatir, karena Kamu juga bisa menikmati panganan ini dalam versi pedas.

Caranya dengan menambahkan lada hitam kedalam isian karipap. Selain itu, apabila Kamu tidak menyukai daging, Kamu juga bisa menggantinya dengan sarden ataupun ikan.

10. Kek Lapis Serawak

Makanan Khas Malaysia Kek Lapis Serawak
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malaysia Kek Lapis Serawak

Kek Lapis Sarawak adalah jajanan berupa kue, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka bisa disebut dengan kue lapis dari Serawak. Seperti yang sudah tertera pada namanya, makanan ini berasal dari daerah Serawak Malaysia.

Makanan ini pada umumnya banyak disajikan ketika hari raya idul fitri tiba, acara ulang tahun atau acara pernikahan. Adapun jenis dari kue lapis Serawak dibagi menjadi dua macam.

Tipe yang pertama yakni berbentuk kek lapis yang biasa atau yang polos dan terdiri paling sedikit dua warna.

Sedangkan tipe yang kedua berupa kek lapis yang bermotif, sehingga biasanya kek ini terdiri dari banyak warna.

Meski dengan tipe yang berbeda, tetapi bahan dasar pembuatannya sama. Yaitu sama-sama terbuat dari mentega, susu, telur, tepung dan bahan lain seperti membuat kue pada umumnya.

11. Burger Bakar

Makanan Khas Malaysia Burger Bakar
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malaysia Burger Bakar

Setiap orang menginginkan makanan yang jujur dan juga memiliki rasa. Bukan makanan yang pamer dan membutuhkan waktu hingga berhari-hari untuk mempersiapkannya.

Hal tersebut terbukti bahwa ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang menggemari makanan junk food.

Negaranya Upin Ipin ini pun juga menjajakan makanan cepat saji berupa burger. Meskipun sebenarnya makanan ini adalah makanan yang berasal dari negara barat yang kemudian masuk ke negara-negara lainnya.

Agak berbeda dengan burger yang biasa beredar, burger ini bisa dibilang unik. Kamu bisa melihat keunikan burger satu ini dari cara memasaknya yakni dengan cara dibakar.

Sedangkan untuk tampilan dan isinya hampir sama dengan burger lain yaitu berisi daging, keju serta sayuran. Cara penyajiannya pun sama yaitu dengan cara ditumpuk menjadi sebuah makanan yang tinggi.

Bagaimana teman-teman? Kamu tertarik untuk mencoba yang mana dulu? Yang terpenting dari 11 makanan khas Malaysia yang sudah dipaparkan di atas, Kamu harus mencoba salah satunya atau bahkan semuanya saat Kamu berwisata kuliner ke negeri jiran.

Kekayaan budaya serta kuliner Malaysia sama halnya dengan negara Indonesia. Maka dari itu, jika Kamu mencari liburan dengan budget ekonomis, Malaysia bisa dijadikan sebagai salah satu alternatifnya.

Mengingat jarak antara Indonesia dan Malaysia lumayan dekat sehingga Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam  untuk berlibur kesana. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply