Makanan Khas Turki Borek

Makanan Khas Turki

Makanan Khas Turki – Saat mengunjungi sebuah negara, tentu ada saja hal baru yang ditemui. Entah itu budaya, kebiasaan masyarakatnya sampai kuliner yang dimiliki oleh negara tersebut. Soal mencicipi kuliner khas dari negara tersebut tampaknya menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan.

Turki, merupakan salah satu destinasi wisata dunia yang tak hanya menawarkan keindahan alamnya yang tiada dua, namun juga menawarkan lezatnya makanan khas Turki yang kaya akan rempah.

Negara dengan julukan ”Rumah Para Peri” karena banyaknya bebatuan yang berukuran besar dan tertata dengan indah tersebut ternyata memiliki aneka kuliner yang wajib untuk Kamu coba.

Walaupun kuliner di Negeri Rumah Para Peri cukup berbeda dengan makanan khas Negeri Sakura, akan tetapi berbagai kuliner yang ada di negara Turki ini tidak kalah lezatnya.

Nah, buat Kamu yang sudah tidak sabar dengan aneka kuliner khas Turki yang wajib dicoba, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Makanan Khas Turki

“Makanan adalah bentuk paling primitive dari kenyamanan.”

-Sheila Graham-

Selain menikmati keindahan alam yang dimilikinya, kurang rasanya jika Kamu juga tidak menikmati berbagai macam kuliner Turki dengan cita rasa yang sangat khas.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai macam makanan Turki, berikut fakta menarik makanan Turki yang harus Kamu ketahui:

  • Makanan Turki yang paling terkenal dan telah mendunia adalah kebab
  • Turki memiliki makanan dengan cita rasa yang lezat dan ciri khas berlemak, pedas serta berbahan dasar dari daging
  • Turki merupakan negara yang pertama kali mengenalkan kopi ke Eropa
  • Pudding asam manis merupakan sajian penutup khas Turki yang juga menjadi makanan terakhir Nabi Nuh.

Mungkin di Indonesia ada beberapa restoran yang menyajikan hidangan khas negara tersebut. Namun, akan beda rasanya jika Kamu mencicipinya secara langsung di negara tersebut.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan khas Turki yang wajib untuk Kamu coba saat mengunjungi negara para peri tersebut:

Lahmacun

Makanan Khas Turki Lahmacun

Pernahkah Kamu mencoba makanan Turki yang satu ini? Lahmacun hampir mirip dengan pizza yang menjadi makanan khas Italia. Lahmacun sendiri terbuat dari adonan tepung yang dipanggang dengan berbagai macam isian di dalamnya.

Isian dari lahmacun ini seperti daging cincang dan berbagai macam sayuran mulai dari patraseli, bawang bombay dan juga tomat.

Agar semakin lezat, bagian tengah dari lahmacun ini juga masih diberi beberapa topping lagi seperti terong bakar, daun selada, bawang bombay, tomat, daun seledri dan juga acar. Tak hanya itu, lahmacun juga diberi perasan air lemon dan ayran atau salgam.

Bagi Kamu yang suka dengan makanan pedas, Kamu bisa menaburkan bubuk cabai di atasnya. Baru kemudian lahmacun dinikmati dengan cara digulung seperti kebab.

Simit

Makanan Khas Turki Simit

Makanan khas Turki berikutnya ialah simit. Mungkin Kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena sering muncul di beberapa acara berita.

Simit merupakan roti dengan bentuk melingkar dan diberi taburan wijen di atasnya. Roti yang tampak seperti donat ini mudah untuk ditemukan karena banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dengan menggunakan gerobak.

Bahkan, ada pula pedagang keliling yang menjual simit dengan cara ditumpuk di atas kepala. Meski tampak seperti donat, namun roti tersebut tentu jauh berbeda. Jika donat memiliki tekstur yang lebih lembut, simit kering dan lebih renyah bahkan teksturnya hampir mirip dengan roti begel.

Ternyata, beberapa daerah di Turki menjual simit dengan berbagai macam variasi. Seperti di Ankara contohnya, imit yang dijual berukuran lebih kecil dan lebih kering jika dibandingkan dengan kota lainnya.

Biasanya, orang Turki akan menikmati roti yang satu ini bersama dengan segelas teh atau cay yang dihidangkan dalam gelas berbentuk tulip.

Kokoretsi

Makanan Khas Turki Kokoretsi

Saat mengunjungi Turki jangan khawatir dengan aneka kuliner yang ada disana, selain lezat kebanyakan kuliner Turki juga sesuai dengan lidah orang Indonesia. Seperti kokoretsi ini contohnya.

Kokoretsi atau yang juga disebut dengan kokoret tersebut terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit untuk membungkus organ dalamnya (jeroan). Baru setelah itu makanan yang satu ini dimasak dengan cara dibakar.

Nah, usus domba yang digunakan tentu saja bukan sembarang usus. Usus yang digunakan adalah usus domba yang masih menyusui. Sementara itu, jeroan yang dibungkus berupa jantung, hati, ginjal dan juga pancreas.

Untuk memasak makanan khas Turki yang satu ini, bahan-bahan yang akan digunakan dipotong terlebih dahulu. Setelah itu diberi perasan jeruk lemon, minyak zaitun, garam, lada dan oregano.

Bagian jeroan akan ditusuk dengan menggunakan tusuk yang panjang dan tampak seperti sate. Setelah itu, baru usus yang telah dibersihkan dililitkan pada jeroan tersebut dan dibakar hingga matang. Penasaran untuk mencobanya?

Kebab

Makanan Khas Turki Kebab

Selanjutnya ada kebab yang menjadi salah satu makanan Turki yang kini telah mendunia. Bahkan, untuk menemukan makanan yang satu ini di Indonesia pun bukan hal yang sulit dilakukan.

Kamu bisa dengan mudah menemukannya di kedai-kedai pinggir jalan atau restoran yang menyajikan makanan khas Turki.

Akan tetapi, kebab yang dibuat langsung di Turki memiliki cita rasa yang berbeda karena menggunakan bumbu dan bahan pilihan. Nah, yang unik dari kebab sendiri ialah daging kambing atau daging sapi yang akan dijadikan sebagai isian akan dipanggang pada tiang pemanggang yang berputar.

Isi dari kebab tak hanya daging kambing atau daging sapi saja, namun ada pula isian lainnya seperti selada, jamur, tomat, bawang bombay, dan saus sambal. Kemudian, isian tersebut akan dibungkus dengan menggunakan roti pita.

Untuk menemukan kebab di Turki pun bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Kebab banyak dijual oleh para pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan ataupun kedai-kedai makanan.

Baklava

Makanan Khas Turki Baklava

Ingin mencoba makanan manis dari Turki dengan rasa yang khas? Baklava menjadi pilihan tepat untuk Kamu nikmati. Baklava adalah roti manis yang berisi kacang yang dihidangkan bersama dengan madu ataupun sirup.

Sekilas, baklava ini mirip dengan kue bolen pisang yang ada di Indonesia. Sama seperti beberapa makanan khas Turki lainnya, kue yang satu ini juga mudah ditemukan di beberapa toko kue yang ada di Turki.

Borek

Makanan Khas Turki Borek

Masih ingin menikmati yang manis-manis untuk teman ngemil Kamu selama berada di Turki? Selain baklava, Kamu juga bisa menikmati kue khas Turki lainnya yaitu borek. Kue yang satu ini mungkin sekilas tampak seperti baklava.

Namun, jika baklava berisi kacang, borek berisi daging cincang, keju, bayam dan juga kentang. Dengan beragam bahan yang digunakan tersebut juga membuat borek memiliki rasa yang gurih dan mengenyangkan.

Borek dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum dipanggang. Terdapat dua jenis penyajian dari borek ini. Yaitu borek kering atau borek basah. Bagian atas dari kue borek juga akan ditaburi dengan menggunakan wijen hitam.

Dolma

Makanan Khas Turki Dolma

Makanan yang ada di Turki memang sangat berbeda dengan makanan khas di Korea. Akan tetapi, ada pula beberapa makanan dari Turki yang justru hampir mirip dengan beberapa makanan asli Indonesia.

Seperti Dolma yang satu ini. Jika dilihat secara fisik, dolma hampir mirip dengan lemper. Namun bedanya, lemper dibungkus dengan menggunakan daun pisang sedangkan dolma dibungkus dengan menggunakan daun yang bisa dimakan.

Sayuran yang digunakan untuk membuat dolma ialah tomat, paprika, terong, daun anggur dan kol. Sementara itu, untuk isiannya menggunakan nasi dan daging cincang. Sebelum dihidangkan, dolma akan dikukus hingga matang terlebih dahulu.

Minuman Khas Turki

Tak hanya makanan Turki saja yang banyak digandrungi oleh sebagian besar orang. Namun, minuman khas Turki juga menjadi pilihan terbaik untuk dinikmati. Biasanya, orang-orang akan memesan minuman khas Turki bersama dengan makanan khas Turki lainnya.

Ada beberapa minuman Turki yang tidak boleh Kamu lewatkan. Lalu, apa saja minuman khas Turki yang bisa Kamu nikmati? Yuk, Kamu bisa langsung menyimak jawabannya di bawah ini;

Salep

Makanan Khas Turki Salep

 

Jangan berpikir bahwa salep adalah obat luar ya. Di Turki, salep merupakan nama dari minuman yang sangat populer. Pada zaman dahulu, salep digunakan sebagai hidangan penutup pada Kekaisaran Ottoman.

Minuman salep ini sendiri terbuat dari umbi bunga anggrek orchis. Nah, bagaimana rasanya? Untuk rasa dari salep ini adalah manis namun ada sedikit rasa kayu manisnya.

Teksturnya bahkan sangat lembut dan juga lumer di mulut. Salep juga akan diberi taburan coklat di atasnya. Bagaimana? Apakah Kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya?

Turk Kahvesi

Makanan Khas Turki Turk Kahvesi

Turk Kahvesi merupakan kopi khas Turki. Buat Kamu para pecinta kopi, tentu harus mencoba kopi yang satu ini. Cukup berbeda dengan beberapa kopi kebanyakan, Turk Kahvesi memiliki rasa yang gurih.

Cara penyajiannya pun cukup unik. Turk Kahvesi akan disajikan pada sebuah teko dengan ganggang panjang yang biasa disebut dengan Cezve.

Kopi akan dibuat dengan menggunakan alat penggilingan yang bernama Kahve Degirmeni. Tak sedikit pula yang menyajikan kopi satu ini bersama dengan permen khas Turki.

Cay (Teh)

Makanan Khas Turki Cay

Konon katanya, cay merupakan minuman yang tak terpisahkan dan menjadi bagian dari kehidupan orang Turki. Hal tersebut ternyata memang benar adanya, karena Kamu akan menemukan teh yang diminum pada setiap sudut Kota Turki.

Teh tersebut akan disajikan bersama dengan gula kota. Tradisi minum teh di Turki biasanya dilakukan dengan menggunakan gelas khusus yang menggelembung pada bagian bawahnya.

Nah, teh Turki ini merupakan minuman nasional, karena orang Turki  bisa meminum belasan gelas teh setiap harinya. Teh tersebut sangat cocok dinikmati saat musim dingin tiba.

Ayran

Makanan Khas Turki Ayran

Berikutnya ada Ayran yang merupakan minuman khas Turki yang sangat populer. Warnanya yang putih membuat Ayran tampak seperti susu.

Namun siapa sangka jika minuman tersebut bukanlah susu namun campuran yoghurt, garam dan juga air. Jika Kamu membeli Ayran dengan gelas terbuka, maka akan ada busa di atasnya.

Buat Kamu yang belum pernah mencicipi minuman tersebut mungkin akan terasa sedikit aneh. Hal tersebut karena Ayran memiliki rasa asam dan juga asin. Namun, bagi mereka yang sudah biasa mengkonsumsinya maka akan merasa ketagihan.

Ihlamur

Makanan Khas Turki Ihlamur

Ihlamur merupakan minuman yang hampir mirip dengan teh. Akan tetapi minuman yang satu ini terbuat dari tanaman yang bernama ihlamur. Warnanya pun cukup unik yakni berwarna kuning cerah.

Selain bisa digunakan sebagai minuman yang menyegarkan, ternyata ihlamur ini juga merupakan obat alami yang ampuh untuk mengatasi flu dan menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa menemukan ihlamur di beberapa toko yang ada di Turki.

Nah, dengan adanya makanan khas Turki beserta minuman khas yang dimilikinya, Kamu tak perlu bingung lagi untuk menikmati makanan khas Turki saat berada disana. Sebagian besar makanan tersebut merupakan makanan berlemak yang dibuat dengan rempah khas Turki.

Tentu saja, masih ada banyak makanan dan minuman khas Turki yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, Kamu juga bisa mencoba semua makanan dan minuman yang ada di negara tersebut.

Leave a Reply