Makanan Khas Perancis Crepes

Makanan Khas Perancis

Makanan Khas Perancis – Siapa yang tak kenal dengan Perancis? Negara yang terkenal dengan kota romantisnya tersebut memang memiliki sejuta pesona di dalamnya. Salah satu hal yang menjadi perhatian dunia adalah Menara Eiffel yang ada di Kota Paris.

Namun, yang menarik dari negara satu ini bukan hanya tentang suasana romantis di setiap sudut kotanya. Kuliner Perancis menjadi salah satu kuliner terbaik di dunia. Makanan khas Perancis memang memiliki cita rasa tersendiri.

Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik dengan beragam kuliner dari negara pusat mode dunia tersebut. Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, namun kuliner khas Perancis juga disajikan dengan penyajian yang unik serta artistic.

Cukup berbeda dengan beberapa makanan yang ada di belahan dunia lain, makanan dari Peranci terus berevolusi dan berkembang. Selain itu, bahan dasar yang digunakan ialah bahan yang masih segar dan berkualitas tinggi.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa makanan khas Perancis dijual dengan harga yang lebih mahal.

Macam-macam Makanan Khas Perancis

“Makanan bukan hanya masakan yang akan berakhir di perutmu, melainkan sebuah petualangan yang patut dinikmati dan dihargai.”

~ Winda Krisnadefa ~

Tentu saja, makanan Perancis jauh berbeda dengan makanan khas Indonesia. Bahan dan bumbu yang digunakan pun berbeda. Tak heran jika beberapa makanan Perancis kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, banyak fakta unik tentang makanan khas Perancis seperti berikut ini:

  • Sebagian besar makanan Perancis sudah banyak dikenal di seluruh dunia dan disajikan di beberapa restoran internasional
  • Beberapa makanan Perancis menggunakan bahan utama yang unik dan tak lazim seperti bekicot atau siput
  • Disajikan dengan tampilan yang mewah
  • Banyak makanan tradisional Perancis yang kini masih ada dan disukai oleh banyak orang bahkan turis sekalipun.

Namun, buat Kamu yang ingin mencoba kuliner ala Perancis yang lezat dan tidak biasa, berikut artikel daftar makanan khas Perancis yang bisa Kamu coba:

Soupe a l’oignon

Makanan Khas Perancis Soupe a loignon

Bisa dibilang makanan asal Perancis ini cukup mirip dengan makanan khas yang ada di Italia. Akan tetapi, Soupe a l’oignon memiliki cita rasa yang khas Perancis yang sangat otentik, dan makanan yang satu ini menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk Kamu cicipi.

Makanan yang telah dikenal oleh dunia internasional sejak tahun 1960 tersebut selalu menjadi menu andalan di beberapa restoran internasional yang ada di Perancis.

Soupe a l’oignon ialah sup bawang dengan kandungan gizi yang sangat baik. Sup ini dibuat dengan cara merebus kuah sapi kental bersama dengan potongan bawang putih.

Setelah itu, makanan tersebut akan disajikan dengan suwiran daging ayam dan parutan keju di atasnya.

Crème Brulee

Makanan Khas Perancis Crème Brulee

Berikutnya ada Crème Brulee yang menjadi salah satu makanan khas Perancis yang sayang untuk dilewatkan. Crème Brulee sendiri merupakan hidangan penutup yang wajib untuk dicoba.

Dessert yang terbuat dari campuran susu, buah-buahan dan vanilla tersebut dimasak dengan cara dioven. Mengapa Crème Brulee direkomendasikan sebagai makanan penutup yang wajib untuk dicoba?

Ini karena Crème Brulee memiliki rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut. Tak hanya itu, ketika Kamu mencicipinya, Kamu juga akan merasakan rasa segar yang berasal dari buah-buahan.

Tak heran, jika makanan khas Perancis tersebut selalu menjadi makanan penutup yang paling direkomendasikan untuk para tamu.

Confit de Canard

Makanan Khas Perancis Confit de Canard

Tak hanya kedua menu di atas yang wajib untuk dicoba saat Kamu sedang berada di Perancis. Namun, Kamu juga bisa menikmati Confit de Canard yang menjadi salah satu makanan khas dengan cita rasa tak biasa.

Kuliner satu ini terbuat dari daging bebek. Cara pengolahannya pun tidak biasa. Daging bebek akan dimasak selama 36 jam terlebih dahulu untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk dan juga lembut.

Confit de Canard juga semakin nikmat karena dimasak dengan aneka bumbu seperti garam, bawang putih dan juga thyme. Terdapat dua jenis penyajian dari daging bebek yang satu ini. Yaitu digoreng atau dipanggang, Kamu bisa pilih salah satunya.

Cassoulet

Makanan Khas Perancis Cassoulet

Pernahkah Kamu mencoba Cassoulet? Cassoulet menjadi menu yang pas buat Kamu yang belum pernah mencicipi makanan khas Perancis.

Cassoulet merupakan hidangan yang terbuat dari campuran kacang putih dan sosis yang dimasak menjadi satu. Hidangan tersebut mungkin mirip seperti sup, akan tetapi kuahnya jauh lebih kental.

Warna kuahnya yang merah tentu akan menggugah selera makanmu. Tak hanya itu, kandungan lemak yang cukup tinggi di dalamnya akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Waktu yang paling pas untuk menikmati Cassoulet ini adalah pada saat musim dingin. Meskipun sama-sama meliki makanan “khusus” musim dingin, makanan yang satu ini tentu berbeda dengan makanan musim dingin khas Jepang ya.

Saat ini, Cassoulet sudah banyak dikreasikan dengan berbagai macam rempah pilihan. Untuk rasanya tentu tak kalah lezat dengan makanan khas Perancis lainnya.

Escargot

Makanan Khas Perancis Escargot

Ingin mencoba kuliner dari Perancis yang tidak biasa dan terbilang cukup ekstrim? Escargot menjadi menu pilihan yang pas untuk Kamu coba. Nah, mungkin Kamu juga pernah melihat hidangan yang satu ini di TV.

Escargot merupakan kuliner khas Perancis dengan bahan utama siput atau bekicot. Mungkin sebagian orang akan merasa aneh bahkan jijik dengan jenis kuliner yang satu ini. Namun siapa sangka jika bekicot memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya.

Daging bekicot mengandung asam amino, vitamin B2 dan kandungan protein yang cukup tinggi. Makanan tersebut diolah dengan bawang putih dan juga mentega sehingga menciptakan rasa yang khas.

Untuk menemukan kuliner escargot di Perancis bukanlah sebuah hal yang sulit. Hampir semua restoran menawarkan menu unik yang satu ini.

Coq Au Vin

Makanan Khas Perancis Coq Au Vin

Belum puas dengan aneka kuliner khas Perancis yang sudah tersaji di atas? Mungkin Kamu bisa mencoba kuliner satu ini, yaitu Coq Au Vin.

Coq Au Vin merupakan masakan dengan bahan dasar kaki ayam. Jika diartikan, Coq Au Vin memiliki arti ayam jantan di wine. Cara memasak hidangan yang satu ini juga tidak biasa.

Dimana kaki ayam akan direbus di dalam wine atau anggur merah dalam waktu yang lama. Cara memasak yang seperti itu menjadikan Coq Au Vin memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan lembut serta bumbu yang lebih meresap.

Dalam penyajiannya, makanan yang satu ini akan disajikan dengan irisan jamur dan bumbu khas Perancis. Coq Au Vin juga menjadi masakan yang sangat populer, hal tersebut karena dagingnya yang lembut dan cara memasaknya yang mudah.

Tak heran, jika banyak ibu rumah tangga yang menjadikan hidangan ini sebagai menu pilihan untuk keluarganya.

Foie Gras

Makanan Khas Perancis Foie Gras

Meski di Indonesia kuliner Perancis ini tidak sepopuler dari makanan khas Turki, namun rasanya tidak kalah lezat. Salah satu makanan Perancis yang banyak digandrungi oleh sebagian besar orang adalah Foie Gras.

Foie Gras menjadi salah satu makanan tertua dengan cita rasa yang sangat otentik. Hidangan yang dahulunya hanya dinikmati oleh para raja di abad pertengahan tersebut terbuat dari hati angsa pilihan.

Hati angsa tersebut akan dibuat menjadi pasta dan disajikan dengan berbagai macam cara. Mulai dari digoreng, dibakar ataupun dipanggang dengan menggunakan khas Perancis yang lezat.

Untuk rasa dari Foie Gras tentu sudah tidak diragukan lagi. Rasanya gurih yang lezat membuatnya menjadi salah satu menu yang banyak dipesan oleh para pengunjung restoran.

Biasanya, Foie Gras hanya akan disajikan di restoran bintang lima saja. Nah, buat Kamu yang penasaran dengan makanan satu ini siap-siap untuk merogoh koceh yang mahal.

Beef Burguignon

Makanan Khas Perancis Beef Burguignon

Jika Indonesia memiliki rendang, maka Perancis memiliki Beef Burguignon. Makanan tersebut juga menjadi makanan yang paling lezat di Perancis. Bahkan, tak sedikit orang yang rela antri untuk menikmati makanan tersebut.

Sesuai dengan namanya, Beef Burguignon terbuat menggunakan daging sapi sebagai pilihannya. Tentu saja, daging sapi yang digunakan adalah daging sapi pilihan dengan kualitas terbaik.

Daging sapi akan direbus dalam anggur merah dalam waktu yang lama. Tak heran jika masakan yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan terkesan mewah.

Yang membuatnya menjadi semakin lezat ialah penggunaan beberapa bumbu tambahan seperti jamur, bawang merah, bawang putih dan aneka rempah lainnya. Nah, saat Kamu mengunjungi Perancis, jangan lupa untuk mencicipi hidangan yang paling lezat ini.

Crepes

Makanan Khas Perancis Crepes

Crepes pastinya menjadi makanan khas Perancis yang sudah tidak asing lagi di telinga Kamu bukan? Makanan yang telah mendunia tersebut bisa Kamu temukan di pinggir jalan, café bahkan restoran ternama.

Makanan yang berasal dari Bretagne, yakni bagian barat Perancis tersebut bisa Kamu gunakan sebagai menu pembuka ataupun menu penutup. Penyajian dari crepes mirip seperti panekuk namun lebih tipis dengan berbagai macam isian di dalamnya.

Isian dari crepes ini bisa berupa anek buah, cokelat, keju, es krim, telur dan lain sebagainya. Tentu, crepes yang dibuat langsung di Perancis memiliki rasa yang berbeda.

Croissant

Makanan Khas Perancis Croissant

Yang terakhir ada Croissant. Croissant ini sendiri merupakan salah satu makanan khas Perancis yang telah mendunia.

Tentu Kamu juga sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini bukan? Ya, Croissant banyak ditemukan di toko bakery. Sesuai dengan namanya yaitu Croissant yang berarti bulan sabit, bentuknya pun mirip seperti bulan sabit.

Croissant sendiri dibuat dalam berbagai macam varian rasa. Mulai dari keju, cokelat, almond dan masih banyak lagi. Tentu saja, kue Croissant yang dijual di Perancis berbeda dengan Croissant yang dijual di beberapa negara lainnya.

Croissant yang ada di Peranci memiliki rasa mentega yang lebih kuat dan cocok jika dinikmati bersama dengan secangkir teh atau kopi. Jadi, saat Kamu sedang berlibur ke Perancis jangan lupa untuk mencicipi kue khas yang satu ini.

Minuman Khas Perancis

Tak hanya makanannya saja yang mendunia dan banyak digandrungi oleh sebagian besar orang. Minuman khas Perancis juga menjadi salah satu minuman yang bisa Kamu nikmati saat berada di negara ini.

Sidecar

Makanan Khas Perancis Sidecar

Sidecar merupakan minuman khas Perancis yang berasal dari koktail. Minuman satu ini memiliki rasa asam dan manis yang bercampur jadi satu. Tak heran jika sidecar memiliki rasa yang tergolong cukup unik.

Sidecar ditemukan pertama kali pada tahun 1920 dan diresmikan pada tahun 1922 oleh Harry Macelhone. Nama dari minuman tersebut diambil dari salah satu bagian motor.

Sampai saat ini, sidecar masih menjadi minuman yang paling populer di Perancis dan tidak sulit bagi Kamu untuk menemukannya di café ataupun restoran.

Selain itu, sidecar juga masuk ke dalam 10 minuman paling enak di dunia. Bagaimana? Apakah Kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya?

Itulah daftar makanan khas Perancis yang wajib untuk Kamu coba saat berada di negara tersebut. Meski cukup unik seperti bekicot yang dimasak dan disajikan di beberapa restoran internasional, akan tetapi makanan khas Perancis selalu mendapat hati para pecinta kuliner.

Tak hanya makanannya saja yang harus Kamu nikmati, Kamu juga wajib untuk menikmati minuman khas Perancis yang menjadi satu dari 10 minuman terenak di dunia.

Leave a Reply