Cara Setting WiFi Canon G3010

Pada artikel yang tersaji di bawah akan membahas terkait bagaimana setting wifi printer Canon G3010 dan koneksi printer ke komputer maupun smartphone dengan mudah. Diharapkan dengan adanya artikel ini akan membuat pengguna tidak perlu kebingungan akan hal ini lagi.

Sebagaimana diketahui jika printer Canon G3010 sudah didukung dengan konektivitas yang fleksibel, yakni bisa diakses dengan media kabel dan wireless. Adanya dua opsi koneksi ini akan membuat pengguna terhindar dari keterbatasan jarak operasional dan media kabel yang repot.

Akan tetapi bagi sebagian orang, fitur ini akan memberikan sedikit kesulitan saat ingin menyambungkan printer melalui WiFi. Alasannya karena untuk bisa menyambungkan perangkat dengan printer melalui WiFi, printer Canon G3010 perlu diatur atau setting WiFi terlebih dahulu agar berfungsi normal.

Kalian tenang saja karena kami sudah membuat artikel terkait tata cara setting canon g3010 WiFi paling simpel. Artikel ini bisa menjadi bahan referensi buat kalian terutama yang masih awam agar mereka mampu melakukan proses konfigurasi sendiri.

Cara Koneksi WiFi Canon G3010 dengan Komputer

canon g3010 wifi setup pc

Cara setting WiFi yang pertama yaitu setup Canon Gg3010 wifi router printing pada PC atau laptop.

Untuk bisa koneksi nirkabel, kalian mesti instal driver printer Canon G3010 dan mengaktifkan koneksi wireles.

Printer Canon G3010 sendiri memiliki beberapa langkah mudah untuk menghubungkannya dengan perangkat komputer. Kalian dapat memanfaatkan media USB maupun teknologi wireless lewat jaringan WiFi lokal.

Adapun cara koneksi printer Canon G3010 dengan wifi di komputer yaitu:

  1. Langkah pertama kalian pastikan printer Canon G3010 dalam kondisi menyala atau ON
  2. Kemudian pastikan bahwa komputer (PC/Laptop) sudah tersambung dengan jaringan WiFi lokal.
  3. Setelah itu kalian aktifkan network/wireless pada printer Canon G3010 dengan cara menekan tombol icon wireless pada panel printer Canon G3010.
  4. Kalian tunggu sejenak hingga layar LCD printer menampilkan signal bar.
  5. Setelah itu kalian instal driver printer Canon G3010. Cara instalnya kalian bisa baca di artikel download driver printer Canon G3010.
  6. Kalian ikuti petunjuk pemasangan yang muncul pada layar komputer hingga muncul tampilan checking the printer status. Notifikasi ini menunjukkan bahwa driver yang telah terpasang di perangkat akan memeriksa koneksi dengan printer.
  7. Selanjutnya layar monitor muncul notifikasi “Check the Connection Method”
  8. Selain notifikasi tersebut, akan muncul juga notifikasi yang memperlihatkan informasi perihal nama printer dan nomor serialnya.
  9. Saat printer dan perangkat komputer sudah tersambung dengan jaringan yang sama, maka akan muncul gambar yang memperlihatkan bahwa komputer dan printer sudah terhubung dengan jaringan tersebut.
  10. Kalian klik YES untuk mengakhiri.
  11. Sekarang coba lakukan test print untuk melihat hasilnya. Jika printer merespon dan mencetak test print berarti komputer sudah terhubung dengan printer melalui jaringan Wifi router.
Banyak dibaca:  Download Driver Printer Canon MP258

Adanya fitur koneksi nirkabel ini akan membuat pengguna bisa mengakses printer dengan menggunakan beberapa komputer asalkan mereka terhubung dalam 1 router wifi yang sama.

Cara Printer Canon G3010 Wifi Setup Mobile

canon g3010 wifi setup mobile

Keuntungan lain yang dimiliki oleh printer dengan koneksi nirkabel yaitu bisa diakses dengan menggunakan komputer dan juga smartphone.

Adanya teknologi ini akan sangat menguntungkan terutama buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaan setiap hari.

Adapun cara setting WiFi printer Canon G3010 di ponsel smartphone yaitu:

  1. Langkah pertama kalian pastikan bahwa printer sudah dalam keadaan menyala atau ON.
  2. Selanjutnya kalian aktifkan wireless dengan cara menekan tombol wireless pada panel printer sampai muncul signal bar di layar LCD
  3. Kemudian pastikan bahwa printer dan smartphone sudah terhubung dengan koneksi WiFi yang sama.
  4. Selanjutnya kalian download dan instal aplikasi Canon print di Playstore atau Appstore pada smartphone masing-masing.
  5. Langkah selanjutnya kalian buka aplikasi Canon Print yang sudah terpasang.
  6. Setelah terbuka maka akan muncul notifikasi “Do you want to search for available printers” untuk mencari printer yang tersedia di dalam jaringan.
  7. Kalian klik YES untuk mencari printer.
  8. Apabila muncul pesan “Printer could not be found”, kalian jangan panik dan klik tombol OK.
  9. Setelah itu akan muncul pesan “Register printer” dan aplikasi akan otomatis mencari printer yang tersedia. Biasanya proses pencarian tidak akan memakan banyak waktu, hanya beberapa detik saja.
  10. Kemudian akan muncul device printer Canon G3010, kalian pilih dan tekan OK.
  11. Kalian tunggu beberapa saat untuk sinkronisasi.
  12. Langkah terakhir kalian bisa mencoba mencetak dokumen melalui smartphone untuk menguji coba sambungan atau koneksi

Sangat mudah, bukan? Sekarang perangkat smartphone kalian sudah terkoneksi dengan printer Canon G3010.

Kesimpulan

Nah itu tadi referensi terkait cara setting WiFi printer Canon G3010 dengan benar. Pastikan kalian memulainya dengan memperhatikan langkah demi langkah secara seksama agar proses pairing dapat berhasil.

Jika ternyata ada beberapa tahapan yang terlewat, kegagalan setting, atau kurang dimengerti, silahkan mengacu pada buku manual resmi. 

Demikian pembahasan singkat terkait cara setting WiFi Canon G3010 serta cara untuk melakukan Set Up pada smartphone Android dan iOS yang paling mudah dan praktis.

Semoga penjelasan terkait teknologi di atas dapat menambah wawasan kalian agar semakin profesional dalam mengoperasikan printer Canon. Sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply