Makanan Khas India

Sama seperti halnya kuliner maknyuss ala Jepang, kuliner khas Negeri Gajah Putih Thailand, juga makanan khas Negeri Jiran Malaysia yang mewarnai dunia perkulineran Indonesia. Makanan Khas India pun turut serta booming di Indonesia karena seringnya muncul pada drama India yang tayang di televisi.

Meski kelihatannya memiliki bentuk yang tidak biasa, tetapi setelah dicicipi ternyata rasanya cocok dengan lidahnya orang Indonesia. Daripada penasaran, lebih baik langsung coba aja yuk 14 jenis makanan khas dari India di bawah ini.

Daftar Nama Khas Dari India

Secrets, especially with cooking, are best shared so that the cuisine lives on.

~ Bo Songvisava ~

1. Nasi Biryani

Makanan Khas India Nasi Biryani

Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis nasi satu ini? Nasi yang dimasak bersama dengan berbagai bumbu rempah-rempah khas dari India. Selain bumbunya yang khas, cara pembuatannya juga sangat unik, yaitu sebagai berikut:

  • Cuci beras hingga bersih, lalu rebus beras tersebut dalam panci
  • Masak dan tunggu hingga setengah matang, kemudian masukkan bumbu-bumbu khusus dan masak hingga semua bumbu meresap sempurna
  • Setelah nasi matang, nasi biryani siap untuk disajikan ditemani dengan sayuran dan juga daging.

Sajian ini sebenarnya tidak hanya dapat Kamu temukan di India saja loh, melainkan bisa juga ditemukan di negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Biasanya nasi biryani dijadikan sebagai salah satu menu makanan di restoran berbau Timur Tengah.

Meskipun rasa nasi biryani yang Kamu coba saat di India dan juga saat berada di daerah lain akan sedikit berbeda. Padahal resep dan bahan yang digunakan bisa jadi sama.

Sebenarnya perbedaan rasa yang ada dalam masakan bukanlah soal resep. Karena resep itu tidak mempunyai jiwa. Justru juru masaknya lah yang harus membawa jiwa ke dalam resep tersebut.

2. Ayam Tandoori

Makanan Khas India Ayam Tandoori

Menu makanan ini adalah makanan khas India yang cukup terkenal juga di negara lain. Selain karena rasanya yang lezat, juga karena namanya yang cukup unik. Dibalik nama yang unik ini, ternyata ada filosofinya tersendiri.

Mengapa dinamakan ayam tandoori?

Tidak lain karena cara memasaknya yang melalui proses tandoori. Proses memasak untuk membuat bumbu meresap sempurna ke dalam bahan makanannya.

Setelah itu, dipanggang menggunakan oven dengan temperatur yang tinggi atau sekitar 300°C.

Karena panasnya oven, biasanya ayam tandoori dimasukkan dalam oven dengan terlebih dahulu menusuknya dengan besi yang panjang.

Cara memasak yang semacam ini juga digunakan oleh negara lain untuk memasak dengan bahan utama selain ayam.

3. Rajma Masala

Makanan Khas India Rajma Masala

Makanan satu ini sangat cocok bagi Kamu yang sedang menjalankan program diet. Seperti yang biasa dijalankan oleh orang India untuk diet, yakni dengan mengkonsumsi jenis biji-bijian.

Nah, rajma masala ini berisi kacang merah. Sajian enak ini biasa dihidangkan bersama dengan roti dan chapati.

Bagi Kamu yang ingin sekali mencobanya tidak perlu jauh-jauh ke India loh. Karena sekarang Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dirumah.

Caranya tidak terlalu ribet, cukup hanya dengan merebus kacang merah serta menumis bumbu-bumbunya. Bumbunya terdiri dari garam, jinten, kunyit serta bubuk cabe.

4. Laddu

Makanan Khas India Laddu

Laddu ini adalah jenis kue yang memiliki bentuk bulat kecil. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung dan juga gula, sehingga citarasa yang dihasilkan pun manis.

Selain dua bahan tersebut, ada pula bahan tambahan lainnya seperti tepung kacang panjang dan juga kelapa.

Sebelum adonan Laddu ini dibentuk kemudian digoreng, terlebih dahulu diolesi dengan mentega khas dari India.

Jajanan khas satu ini biasanya dihidangkan pada acara perayaan keagamaan seperti idul fitri. Bahkan karena kelezatannya, salah satu tokoh Mahabarata yaitu Bhima sangat menyukai makanan satu ini.

5. Kheer

Makanan Khas India Kheer

Indonesia dan India memiliki kesamaan dalam banyak hal, salah satunya adalah makanan pokok masyarakatnya yakni beras. Sehingga banyak sekali sajian yang berbahan utama beras, seperti makanan khas India yang biasa disebut dengan Kheer.

Dessert khas India ini berasal dari campuran beras, tepung gandum, tepung tapioka, susu serta gula. Sementara untuk membuat aromanya harum, ditambahkan pula rempah-rempah pilihan. Rempah-rempah yang dipakai antara lain kapulaga dan juga kunyit.

Sajian ini biasa dihidangkan sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan pencuci mulut usai menyantap makanan utama. Puding beras ini biasa disajikan dengan bahan tambahan sebagai topping yaitu almond, kacang mete dan kismis.

6. Pulao

Makanan Khas India Pulao

Negara yang populer dengan negara Bollywood ini selain memiliki nasi biryani sebagai makanan khas, ada pula sajian bernama Pulao. Keduanya sangat mirip, tetapi ternyata ada tiga perbedaan yang harus Kamu ketahui.

Pertama, jika nasi biryani dijadikan sebagai hidangan utama dan disajikan bersama dengan lauk, lain halnya dengan Pulao. Pulao bahkan dijadikan sebagai sajian yang melengkapi sajian utama.

Perbedaan kedua ada pada cara memasaknya. Nasi biryani memasak nasi dan bahan pelengkap berupa sayur dan daging secara terpisah. Disisi lain, Pulao memasak antara nasi, daging serta sayuran sekaligus dan dicampur.

Perbedaan ketiga karena cita rasanya, yakni nasi biryani memiliki rasa yang lebih kuat karena bumbunya.

7. Chole Bhature

Makanan Khas India Chole Bhature

Makanan khas India selanjutnya yakni chole bhature atau sejenis kacang-kacangan dengan bentuk yang menarik. Makanan ini bisa dengan mudah Kamu jumpai di Negeri asal Taj Mahal.

Cara memasaknya dimulai dari merendam kacang selama kurang lebih semalam, lalu selanjutnya diolah dengan mencampurkannya dengan yogurt. Sementara bhature sendiri adalah roti yang bentuknya gemuk setelah melalui proses penggorengan.

Roti bhature meskipun berukuran besar, tetapi didalamnya tidak terdapat isian apapun. Maka dari itu kedua hidangan ini dihidangkan bersama agar saling melengkapi.

Masalah rasa tentunya sudah tidak diragukan lagi, yaitu perpaduan antara saus kental dengan roti akan renyah di mulut saat disantap.

8. Naan

Makanan Khas India Naan

Satu lagi makanan berbentuk roti khas India yang banyak digemari yaitu Naan. Roti ini berbahan dasar tepung ragi yang kemudian diolah dengan menggunakan oven khusus. Oven yang digunakan ini terbuat dari tanah liat dan biasa disebut dengan tandoor.

Roti ini dijadikan sebagai menu alternatif saat mengalami kebosanan mengkonsumsi makanan pokok. Agar menambah kenikmatan roti ini, bahkan mereka juga menambahkan lauk pauk.

Adapun lauk yang dijadikan sebagai teman makan naan adalah paneer ataupun ayam tandoori.

Roti naan juga memiliki banyak variasi, diantaranya adalah butter naan dan naan original. Keduanya pada dasarnya terbuat dari bahan dasar yang sama, akan tetapi butter naan kemudian diberi tambahan mentega yang banyak. Rasa dari butter naan pun lebih renyah dan juga gurih.

9. Chapati

Makanan Khas India Chapati

Roti khas India selanjutnya yaitu ada chapati yang terbuat dari tepung gandum. Bentuk chapati ini berbeda dengan naan. Karena adonan dari chapati sengaja dibuat tidak mengembang seperti roti pada umumnya.

Chapati tidak memiliki citarasa apapun alias tawar karena memang saat memasak tidak diberi perisa. Sehingga roti chapati sering dihidangkan sebagai makanan pendamping sajian lainnya. Adapun makanan yang biasa mendampingi chapati adalah paner, lobak dan juga sayuran lain.

Makanan ini tidak hanya bisa Kamu temukan di India saja, tetapi hampir di seluruh wilayah Asia Selatan. Makanan khas India ini juga dijadikan sebagai makanan pokok bagi ekspatriat dan para imigran Asia Selatan.

10. Pani Puri

Makanan Khas India Pani Puri

Masyarakat India menjadikan Pani Puri sebagai pilihan selanjutnya apabila mereka tidak menemukan chole bhature. Bentuk Pani Puri bulat seperti bola tenis dan apabila dibelah maka didalamnya terdapat isian yang bermacam-macam.

Isian yang biasa digunakan seperti jenis kacang-kacangan, kentang yang direbus dan juga bumbu rempah lainnya agar mempertajam rasa. Penyajiannya pun dilengkapi dengan kuahnya yang terbuat dari campuran cabai hijau, jintan bubuk, daun mint, daun ketumbar, gula pasir dan beberapa bahan lainnya.

Bingung cara menyantapnya yang benar? Mudah kok, hanya dengan mencelupkan roti pani puri ke dalam kuah yang sudah dibuat. Supaya cita rasanya lebih berasa di mulut, kunyahlah secara perlahan.

11. Halwa

Makanan Khas India Halwa

Usai menyantap hidangan utama, masyarakat India biasanya menutup aktivitas makan dengan menikmati hidangan penutup atau dessert. Halwa inilah salah satu dessert yang terbuat dari wortel yang kemudian diparut dan dijadikan sebagai puding.

Bentuk dari halwa ini adalah kotak dan ditaburi toping diatasnya. Untuk topingnya Kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan selera, misalnya Kamu suka almond atau bisa juga kismis.

Seperti pada umumnya sajian penutup, Halwa juga memiliki citarasa yang manis. Halwa tetap nikmat disajikan dalam keadaan apapun, mau panas ataupun dingin.

Maka dari itu, banyak orang yang menggemari makanan penutup satu ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukainya karena ada kandungan susu serta bahan dengan serat yang tinggi.

12. Idli

Makanan Khas India Idli

Masyarakat India memiliki menu tersendiri yang khusus untuk dihidangkan saat sarapan. Terutama di bagian India Selatan, Idli adalah nama hidangan tersebut. Bentuknya hampir sama dengan pancake, kalau di Indonesia sama seperti serabi.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah dari campuran fermentasi lentil dan juga beras yang kemudian dikukus. Idli biasa dimakan bersamaan dengan kari sayuran yang pedas. Nikmat sekali rasa perpaduan keduanya yang pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Tidak hanya dikenal baik sebagai makanan khas India, Idli juga terkenal hingga ke negeri tetangga. Kue ini dikenal hingga ke negara seperti Sri Lanka.

13. Kathi Roll

Makanan Khas India Kathi Roll

Kathi Roll adalah jajanan yang biasa dijual pedagang kaki lima yang ada di India. Meskipun rasanya yang sederhana, jajanan ini sangat terkenal loh di India. Salah satu faktornya adalah karena cita rasanya yang bisa menyesuaikan dengan lidah siapa saja.

Supaya Anda mempunyai gambaran seperti apa bentuk Kathi Roll, Anda bisa membayangkan kebab ala Timur Tengah. Karena memang bentuknya mirip dengan kebab, hanya saja pembungkus yang digunakan berbeda.

Pada Kathi Roll, luarnya dibungkus dengan paratha atau sejenis roti India. Sedangkan kebab pembungkusnya bukanlah sejenis roti.

14. Kulfi

Makanan Khas India Kulfi

India memiliki kekayaan kuliner dengan citarasa tinggi yang patut Kamu coba. Apalagi bagi Kamu pecinta es krim, India juga memiliki jenis es krim yang sangat cocok apabila dijadikan sebagai salah satu pelepas dahaga. Nama dari es krim khas India ini adalah kulfi.

Kulfi dibuat dari bahan-bahan seperti susu dan juga kacang-kacangan yang ternyata hampir sama dengan es potong yang ada di Indonesia.

Rasanya yang manis alami dari susu, lembutnya tekstur saat es krim digigit rasanya tidak mampu membendung lidah ini untuk merasakannya. Pasti sangat enak dan segar sekali saat dinikmati di bawah panasnya terik matahari.

Makanan khas India memang beragam dan sangat unik. Ditambah lagi bahan yang digunakan seperti sayuran dan juga rempah-rempah memperkuat rasa dari kuliner negara Hollywood. Bisa dibayangkan kan lezat dan nikmatnya sajian khas India ini.

Nah, jika Kamu sudah tidak sabar untuk menikmatinya jangan ragu untuk berkunjung langsung ke Hollywood atau jika tidak bisa berkunjung langsung kesana, Kamu bisa mengunjungi restoran-restoran India yang ada di Jakarta.

Disana akan disediakan berbagai menu yang bisa Kamu pilih dari sekian banyak kuliner khas India. Selamat Mencoba!

Leave a Reply