Makanan khas Kuningan rujak kangkung

Makanan Khas Kuningan

Makanan Khas Kuningan – Kuningan adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang baru-baru ini mulai terkenal dengan pesona alamnya yang sangat indah.

Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil juga mengajak masyarakat untuk berwisata ke tempat wisata yang ada di Kuningan seperti Waduk Darma dan Sukageuri View.

Selain wisata alamnya, Kabupaten Kuningan juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah menarik. Kamu harus mencoba berwisata kuliner di Kuningan karena banyak makanan yang mungkin belum pernah kamu coba dan rasanya pasti melekat di hati.


Yuk, simak makanan khas Kuningan yang enak dan terkenal apa saja sih:

1. Ketempling Khas Kuningan

makanan khas kuningan ketempling
Gambar Makanan Khas Kuningan Ketempling

Ketempling adalah camilan khas kuningan yang dibuat dari singkong. Bentuknya bulat menggembung dan tengahnya kosong.

Makanan khas Kuningan ini tersedia dengan berbagau rasa seperti pedas, keju, ubi ungu, dan masih banyak rasa lainnya. Kalau digigit, sangat renyah di mulut. Kamu bisa membeli ketempling khas Kuningan di gerai oleh-oleh di sekitar daerah Kuningan

2. Tahu Lamping

makanan khas kuningan tahu lamping
Gambar Makanan Khas Kuningan Tahu Lamping

Lamping artinya daerah pinggiran yang ada di Gunung Ceremai. Konon katanya tahu ini ditemukan di  daerah lamping Gunung Ceremai, itu lah kenapa namanya Tahu Lampinh

Tahu lamping khas kuningnya dalamnya padat dan halus, hampir mirip seperti Tahu Sumedang. Cemilan khas Kuningan ini sangat nikmat dimakan dengan cabai rawit.

3. Golono Khas Kuningan

makanan khas kuningan golono
Gambar Makanan Khas Kuningan Galono

Golono khas Kuningan sekilas mirip seperti gorengan pada umumnya. Tapi ternyata rasanya beda setelah menyantapnya. Golono terbuat dari  ampas tahu yang digoreng dengan tepung dan diberi irisan daun bawang agar lebih gurih.

Makanan khas Kuningan ini biasanya dimakan sebagai pendamping nasi kasreg dan ditambah dengan comro. Selain itu jga bisa ditambah pisang goreng dan bala-bala.

4. Rujak Kangkung

makanan khas kuningan yang terkenal rujak kangkung
Gambar Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Rujak Kangkung

Rujak banyak macamnya, terutama di daerah Jawa Timur seperti rujak cingur dan rujak buah. Kalau khas Kuningan ada yang namanya Rujak Kangkung

Sebenarnya bumbunya hampir sama dengan rujak pada umumnya, tapi menggunakan bahan utama kangkung yang sudah direbus

Menarik untuk dibaca:

Macam macam nama makanan khas Sunda dari singkong yang unik
Nama makanan khas Bandung yang enak dan kekinian untuk oleh oleh
Apa saja makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat selain tutug oncom?

5. Papais

makanan khas kuningan papais
Gambar Makanan Khas Kuningan Papais

Papai terbuat dari beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus daun pisang. Ada dua macam papais yang ada di Kuningan.

Pertama yang terbuat dari ketela pohon namanya nagasari, isinya buah pisang. Rasanya cenderung manis seperti yang ada di Jawa Tengah. Kemudian yang kedua ada papais tanpa isi, rasanya cenderung asin.

Semakin berkembangnya kreasi masakan, warna papais pun sekarang beraneka ragam. Ada papo yang berwarna hijau, merah, bahkan kuning. Makanan khas Kuningan ini bisa disajikan saat ada acara arisan atau camilan keluarga

Menu ini juga disajikan dengan menarik. Warnanya beraneka ragam, ada hijau, merah, dan kuning. Sangat cocok untuk siapa saja yang suka dengan rasa manis maupun asin. Bisa disantap sebagai camilan saat bersantai.

6. Nasi Kasreng

makanan khas kuningan kota Bandung Jawa Barat nasi kasreng
Gambar Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Nasi Kasreng

Nasi Kasreng mirip seperti nasi Kucing yang ada di Jogjakarta. Menunya biasanya terdiri dari nasi dan aneka lauk seperti ikan parai, sambal,pepes,tauge, lalapan, dan goreng. Harga makanan khas Kuningan ini sangat murah meriah.

7. Hucap

makanan khas kuningan hucap
Gambar Makanan Khas Kuningan Hucap

Hucap sebenarnya adalah singkatan dari Tahu Kecap. Unik, ya?

Hucap khas Kuningan terbuat dari lontong atau ketupat ditabah dengan tahu goreng yang disiran dengan kuah sambal kacang dan bumbu kecap.

Sebenarnya makanan ini mirip dengan ketupat tahu atau ketoprak, tapi rasanya lebih manis karena lebih banyak menggunakan kecap.

8. Sop Buntut Bakar

Makanan Khas Kuningan Kota Bandung Jawa Barat sop iga buntut bakar
Gambar Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Sop Iga Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar Khas Kuningan dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Sop ini berisi buntut sapi yang dpanggang dengan mentega sampai empuk dan warnanya kecoklatan. Ditambah lagi kuah sopnya sangat gurih dan lezat.

Kamu bisa makan sop buntut bakar khas Kuningan di berbagai warung atau restoran yang ada di Kabupaten Kuningan.

9. Peuyeum Ketan

makanan khas kuningan Jawa Barat peuyeum ketan
Gambar Makanan Khas Kuningan Kota Bandung Jawa Barat Peuyeum Ketan

Peuyeum ketan khas Kuningan sangat berbeda dengan peuyeum khas Bandung, karena bhan dasarnya saja sudah berbeda. Peuyeum khas Bandung dibaut dari singkong, sedangan pueyeum khas Kuningan terbuat dari beras ketan.

Cara membuat makanan khas Kuningan ini yaitu pertama-tama beras ketan dikukus dulu. Setelah itu, beras ketan yang sudah dikukus difermentasikan bersama ragi sampai warna, tekstur dan aroma khasnya keluar.

Warnanya yang cenderung hijau ini berasal dari bahan tambahan yakni daun katuk. Rasa peuyeum ketan unik sekali!

10. Keripik Gadung

makanan khas kuningan kota Bandung Jawa Barat keripik gadung
Gambar Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Keripik Gadung

Banyak olahan keripik yang ada di Indonesia. Ada yang dari pisang, singkong, ketela, buah apel, dan masih banyak lagi.

Kalau keripik khas Kuningan namanya Keripik Gadung. Bahan dasar keripik ini adalah umbi gadung yang banyak tumbuh di perkebunan daerah Kuningan.

Dalam mengolah umbi gadung harus tepat dan benar karena umbi ini termasuk umbi beracun. Agar tidak beracun lagi, umbi gadung haru diperam dengan abu setelah dibersikan dan diiris tipis. Setelah itu umbi gadung dijemur samapi kering, baru bisa digoreng dan dikonsumsi.

Rasa keripik gadung khas Kuningan sangat gurih ditambah aroma khas bawang. Kalau digigit teksturnya lebih lunak dibandingan keripik lain.

11. Kue Satu Kacang Hijau

makanan khas kuningan Jawa Barat kue satu kacang hijau
Gambar Makanan Tradisional Khas Kuningan Jawa Barat Kue Satu Kacang Hijau

Kue satu kacang hijau tentunya terbuat dari kacang hijau yang sudah disangari, dihaluskan, dan diberi gula.

Setelah kacang hijau halus dan gula tercampur, lalu dicetak dan dipanggang. Rasa kue khas Kuningan ini manis dan tahan lama untuk disimpan, jadi bisa untuk suguhan tamu di rumah.

12. Opak Bakar

camilan sehat makanan khas kuningan Jawa Barat opak bakar
Gambar Opak Bakar Camilan Tradisional Khas Kuningan Jawa Barat

Opak Bakar khas Kuningan terbuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa yang diolah dengan cara dipanggang.

Rasa opak bakar ini gurih dan renyah. Pembuatannya tanpa lemak dan minyak jadi bisa dikatakan makanan khas Kuningan ini adalah cemilan sehat.

Bahkan di Kabupaten Kuningan ada sentra pembuat opak bakar yaitu terletak di Desa Mandirancan. Di situ ada banya masyarakat yang membuat dan menjual opak bakar.

Harga yang dijual biasanya lebih murah dibandingkan yang dijual di gerai oleh-oleh biasa. Harganya sektar dua puluh ribu saja perbungkus, terjangkau bukan?

13. Keripik Gemblong

makanan camilan tradisional khas kuningan kota bandung jawa barat keripik gemblong
Gambar Keripik Gemblong Camilan Tradisional Khas Kuningan Jawa Barat

Gemblong adalah salah satu olahan singkong yang terkenal di daerah Kuningan dan sekitarnya. Keripik gemblong ini bentuknya bulat dan renyah.

Biasanya sebagai pendamping makan bakso atau mie. Selai rasa original daun bawang, ada banyak varian rasa seperti oncom, tempe, sayur, wijen, dan pedas.

Cara membuat keripik gemblong termasuk cukup sederhana. Pertama-tama singkong dikupas dan dicuci bersih.

Setelah itu digiling , kemudian diperas, laku digiling lagi. Singkong yang sudah halus diberi rempah dan air secukupnya , dicetak tipis-tipis, laku digoreng sampai matang dan warnanya kekuningan.

14. Jeniper

Minuman tradisional khas kuningan jawa barat jeniper
Gambar Minuman Syrup Khas Kuningan Jawa Barat

Jeniper itu singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Minuman khas Kuningan ini mirip seperti sirup tapi sangat alami karen berasal dari jeruk nipis yang diperas dan ditambah gula.

Kemasan jeniper berupa botol, ada yng berukuran kecil,sedang, dan besar. Apabila mau meminumnya, tinggal tambah sedikit air, dan juga es apabila mau dingin.

Jadi, mana makanan khas Kuningan yang pertama kali akan kamu coba? Atau jangan-jangan kamu pengen mencoba semua langsung? boleh-boleh saja, yag penting hari senang, perut kenyang !

Leave a Reply