Pesona Pantai Kelapa

Kawasan utara Jawa memang tidak lebih terkenal dari kawasan selatan, terutama untuk urusan pantai. Bisa dikatakan Jawa bagian selatan memiliki gugusan pantai yang lebih banyak dan indah. Nah, wisata Pantai Kelapa Panyuran Tuban merupakan sebuah pengecualian.

Ya, meskipun terletak di sebelah utara pulau Jawa, pantai ini memiliki keindahan yang begitu istimewa dan menjadi destinasi wisata unggulan.

Disebut dengan wisata Pantai Kelapa Tuban Jawa Timur tak lepas dari deretan pohon kelapa yang menutupi tepian pantainya. Pemilihan nama ini memiliki tujuan agar wisatawan dapat mengingat namanya dengan mudah.

Selain itu, pantai ini juga kerap disebut dengan Pantai Panyuran yang disesuaikan dengan lokasi wisatanya yakni Kepoh, Panyuran.

Lebatnya pohon kelapa di area sekitar Pantai membuat banyak wisatawan yang berkunjung sangat menikmati keindahan alam yang terbentang luas.

Belum lagi sarana dan spot foto yang tersedia, pasti akan membuat semua orang betah berwisata di Pantai tersebut. 

Ditambah lagi, pantai ini memiliki panjang garis pantai mencapai 60 kilometer dan merupakan salah satu yang terpanjang. Tidak hanya itu, di sekitar pantai ini terdapat banyak sekali tumbuhan berupa mangrove dan bakau yang tumbuh subur. Inilah yang menjadi daya tarik dari Tuban Pantai Kelapa.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelapa

Pantai Kelapa Tiket Masuk Pantai Kelapa

Tempat Wisata Pantai Kelapa Tuban sudah buka apa tutup? Lokasi wisata ini buka setiap hari dengan jam buka Pantai Kelapa Tuban mulai jam 07.00 sampai 17.00. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Tuban ini, Anda perlu membayar Harga Tiket Masuk atau HTM terlebih dahulu.

Pengunjung yang datang ke pantai ini akan dikenai biaya tiket masuk. Namun, biaya tiket masuk ini cenderung sangat murah. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan pantai ini adalah Rp 3.000 untuk anak-anak dan dewasa pada saat weekdays.

Sedangkan pada saat weekend dan hari libur, harga tiket masuk ke Pantai Kelapa adalah Rp 6.000.

Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir. Untuk parkir kendaraan roda dua ditetapkan sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5.000. Jika rombongan datang menggunakan bus, maka biaya parkir yang ditetapkan adalah Rp 10.000.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Ngliyep

Objek Wisata di Pantai Kelapa Panyuran

Pantai Kelapa memiliki cukup banyak objek wisata yang sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa objek wisata yang ada di pantai ini adalah sebagai berikut:

1) Pemandangan yang Unik dan Menarik

Pantai Kelapa Objek Wisata Menikmati Pemandangan yang Unik dan Menarik

Ada pemandangan yang begitu eksotis yang akan menyambut para pengunjung yang datang ke sini. Pemandangan yang indah tentu akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.

Terlebih, bentang garis pantai ini sangat panjang sehingga eksplorasi pantai ini bisa dilakukan dengan lebih memuaskan.

2) Adanya Tanaman Bakau

Pantai Kelapa Lamongan adalah salah satu pantai yang ditumbuhi banyak tumbuhan bakau. Bahkan, bakau di pantai ini adalah wilayah konservasi yang artinya adalah keberadaan bakau tersebut dijaga dengan sangat baik.

Para pengunjung yang datang ke pantai ini bisa berkunjung ke kawasan bakau tersebut dengan bebas bahkan mengabadikan momen di sana.

3) Hamparan Pasir yang Luas

Pantai Kelapa Objek Wisata Hamparan Pasir Putih yang luas

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Pantai Kelapa Tuban Jawa Timur memiliki garis pantai sepanjang 60 kilometer. Bentang pantai yang sangat luas menawarkan hamparan pasir yang begitu luas pula. anda pun tidak akan bosan dalam mengambil gambar foto dengan background Pantai Tuban ini.

Hamparan pasir ini bisa menjadi area bermain yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tidak hanya itu, Anda pun bisa duduk-duduk sambil menikmati deburan ombak.

4) Menikmati Wisata Kuliner Seafood Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Objek Wisata Kuliner Seafood Pantai Kelapa

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke pantai tanpa menikmati sajian kuliner khas pantai yang tersedia. Sajian kulinernya pun sangat lengkap

Di sekitar pantai, akan ada banyak warung yang menyediakan beragam menu makanan yang berbeda. Selain sajian kuliner khas laut dengan aneka biota lautnya, ada cukup banyak makanan khas Jawa Timur yang tersedia. Anda yang suka dengan wisata kuliner tentu saja akan merasa puas dengan fasilitas ini.

Selain itu, ada juga restauran dengan menu seafood Pantai Kelapa Tuban yang tergolong lengkap. Menu tersebut diajikan dalam bentuk yang berbeda, mulai dari kepiting, ranjungan, mangut dan ada juga menu spesial yakni kepiting kroyokan. Menu andalan ini disajikan dalam prosi besar dengan isian kepiting, udang, aneka kerang, dan cumi-cumi.

5) Menikmati Rindang Pohon Cemara

Apa yang menarik lainnya dari wisata Tuban Pantai Kelapa adalah adanya pohon cemara dengan jumlah yang cukup banyak. Adanya pohon cemara ini akan membuat hawa di sekitar pantai menjadi cenderung lebih sejuk dan rindang. Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin yang bertiup cukup kencang.

Banyak dibaca:  Pantai Banyu Anjlok

6) Tempat Berkemah

Pantai Kelapa Objek Wisata Tempat Kemah

Ada beberapa wilayah di sekitar pantai ini yang dikhususkan untuk berkemah. Anda yang ingin menghabiskan malam dengan merasakan debur ombak di malam hari. Namun, ada biaya sewa lahan yang harus dibayarkan untuk berkemah.

Kunjungi juga objek wisata menarik di Jawa Timur lainnya seperti:

Fasilitas dan Wahana Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Fasilitas dan Wahana Kolam Renang Pantai Kelapa

Ada beberapa fasilitas lain yang tersedia di pantai ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Beberapa fasilitas tersedia dan berbayar dengan harga yang cukup bervariasi. Salah satu fasilitas tersebut yaitu Seduh Cafe di dekat Pantai Kelapa Tuban.

Selain itu ada juga beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar pantai ini adalah sebagai berikut:

  • Flying fox
  • Berkuda
  • Panggung hiburan
  • Kolam renang
  • Aneka kuliner.

Rute dan Lokasi Menuju ke Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Rute dan Lokasi

Alamat lokasi wisata Pantai Kelapa terletak di Jl. Raya Gresik KM. 1, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Terletak sekitar 51,6 kilometer (1 jam 6 menit) dari Pusat Kabupaten Lamongan dan 86,8 kilometer (2 jam 5 menit) dari Gresik. Letak lokasinya juga mudah ditemukan.

Lokasi pantai ini cukup mudah ditemukan dengan akses jalan yang sudah sangat bagus. Jalanan menuju ke pantai sudah beraspal dan cukup luas. Hanya saja, saat musim liburan, jalanan tersebut akan cukup ramai karena juga termasuk akses utama di jalur utara Jawa.

Untuk menuju ke pantai ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Pusat Kabupaten Lamongan. Dari daerah ini, teruskan perjalanan menuju ke Jalan Kragan. Arahkan kendaraan Anda menuju ke daerah Rembang.

Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Raya Pantai Utara yang akan menuju ke Tuban. Ikuti jalan tersebut hingga nantinya akan ada plang yang menunjuk ke arah pantai. Akan ada portal selamat datang yang menyambut Anda.

Objek Wisata Terdekat

Berikut ini beberapa tempat wisata dekat Pantai Kelapa Tuban yang bisa sekalian Anda kunjungi:


Bisa dikatakan bahwa Pantai Kelapa adalah salah satu pantai paling indah di kawasan utara Pulau Jawa. Dengan bentang pantai yang panjang dan rindangnya pepohonan yang ada di sekitar pantai, berlibur ke tempat ini tentu akan sangat menyenangkan. Nah, segera saja atur waktu liburan Anda dan kunjungi pantai ini bersama keluarga tercinta!

Leave a Reply