Pesona Pantai Mangrove

Alamat: Jl. Raya Tuban – Semarang KM.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352, Indonesia.

Terletak sekitar 8,3 kilometer (15 menit) dari Pusat Kabupaten Tuban.

Tuban menjadi daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata untuk berlibur. Diantara banyaknya destinasi wisata yang ada di Tuban, Pantai Mangrove juga disebut dengan Mangrove Center Tuban adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Seperti namanya, destinasi wisata ini sangat menarik dengan adanya hutan mangrove di sana. Memang, pohon mangrove sengaja dibudidayakan di sini. Selain untuk mencegah abrasi laut utara Jawa, bakau juga bisa diandalkan untuk membuat suasana di pantai menjadi lebih sejuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove 2022

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan di Pantai Mangrove Tuban, ada harga tiket yang dibebankan pada pengunjung. Harga tiket ini selain untuk pemasukan pemerintah juga untuk melakukan perawatan pada mangrove yang dibudidayakan. Jadi, Anda yang membeli tiket turut berperan dalam menjaga kondisi mangrove tersebut.

Nah, untuk harga tiket masuk Pantai Mangrove ditetapkan hanya sekitar Rp 5.000 saja per orang dari anak-anak hingga dewasa. Harga tiket ini sebenarnya adalah untuk masuk ke kawasan budidaya mangrove saja, sementara untuk bermain air laut di pantai, tidak dikenakan biaya masuk lagi.

Selain harga tiket tersebut, ada pula biaya untuk parkir kendaraan. Besaran biaya parkir kendaraan tersebut adalah Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil dan mulai Rp 10.000 untuk kendaraan yang lebih besar.

Dilihat dari biaya yang ditetapkan, tentu pantai ini termasuk salah satu kawasan yang terjangkau. Anda bisa berwisata dengan hemat bersama keluarga di pantai ini. Kunjungi juga Pantai Ngalur Tulungagung.

Objek Wisata Pantai Mangrove

Untuk daya tarik wisatawan, ada cukup banyak objek wisata yang tersedia di Pantai Mangrove (wisata mangrove) untuk dinikmati. Adapun beberapa objek wisata yang disediakan oleh pengelola adalah sebagai berikut:

1) Sarana Edukasi

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove Tempat Edukasi

Apa yang menarik dari Pantai Mangrove adalah adanya sarana edukasi. Adanya sarana ini tentu membuat liburan –terutama bersama anak-anak, akan cenderung lebih menyenangkan. Sarana edukasi yang tersedia di lokasi wisata ini berkorelasi dengan mangrove dan juga ekosistem laut.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Pangi

Di tempat ini, pengunjung bisa belajar mengenai tumbuhan mangrove mulai dari penanaman hingga perawatan yang harus dilakukan. Tak jarang jika cukup banyak sekolah yang melakukan kunjungan wisata ke pantai ini.

2) Area Outbound

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove Tempat Outbond

Selain area untuk edukasi, Pantai Mangrove juga menyediakan area outbound untuk para pengunjung. Ada cukup banyak instrumen outbound yang tersedia di sekitar pantai untuk dimanfaatkan.

Tentu, ada biaya yang harus disediakan terlebih dahulu untuk menikmati beragam fasilitas untuk outbound tersebut.

3) Area Kemah

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove Tempat Berkemah

Pantai Mangrove memiliki lahan yang cukup luas untuk dimanfaatkan dalam liburan. Salah satu pemanfaatan lahan tersebut adalah untuk berkemah. Ya, ada beberapa spot berkemah yang cukup luas dan bersih. Area ini memang disediakan secara khusus bagi pengunjung yang datang.

Tidak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat tempat yang menyewakan beberapa keperluan berkemah. Tentu, dengan adanya tempat persewaan ini, berkemah akan menjadi semakin mudah dan menyenangkan.

4) Spot Mencari Kerang

Di sekitar tempat budidaya mangrove ada tempat hidup kerang-kerang laut yang beraneka ragam. Uniknya, setiap pengunjung secara bebas boleh mencari kerang di area tersebut tanpa dipungut biaya. Tentu, ada peraturan yang harus ditaati yaitu tidak boleh merusak tanaman mangrove yang dibudidayakan di tempat tersebut.

Ini adalah ide liburan yang sangat menyenangkan. Dengan mencari kerang, ada suasana baru yang terasa dari liburan Anda.

5) Spot Berburu Sunrise

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove Tempat Menikmati Sunrise

Pantai memang identik dengan melihat matahari. Nah, di Pantai Mangrove ini, Anda bisa menikmati keindahan matahari pagi dengan sangat puas. Ada beberapa spot yang memang disediakan oleh pengelola untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan matahari terbit.

Tidak hanya matahari terbit, di pagi buta menjelang terang, ada cukup banyak burung laut langka yang bisa ditemukan. Nah, Anda tentu ingin mengabadikan momen ini, bukan? Ketahui juga alamat pantai Marina Semarang, lokasi Pantai Maron Semarang.

Fasilitas Lain di Pantai Mangrove

Pantai Mangrove Gambar Fasilitas Lokasi Wisata Pantai Mangrove

Selain beberapa objek wisata sebagaimana disebutkan di atas, Pantai Mangrove memiliki beragam fasilitas penunjang lain yang cukup lengkap. Fasilitas ini tentu akan membuat pengunjung yang datang bisa menikmati liburan mereka dengan maksimal.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola adalah sebagai berikut:

  • Musala
  • Sarana MCK yang memadai
  • Selfie spots
  • Area wisata kuliner khas.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Mangrove

Pantai Mangrove Gambar Lokasi Wisata Pantai Mangrove

Alamat Pantai Mangrove terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 8,3 kilometer saja dari pusat Kabupaten Tuban. Perjalanan menuju ke lokasi pantai bisa ditempuh dalam waktu hanya 15 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyak dibaca:  Pantai Maron Semarang

Tidak hanya dekat, akses jalan menuju ke kawasan pantai ini sangat baik. Akses jalan yang digunakan adalah jalan utama bagian dari Jalan Raya Pantai Utara. Jalan yang sudah beraspal bagus dan lebar membentang untuk memudahkan perjalanan Anda.

Perjalanan menuju ke Pantai Mangrove sendiri bisa dilakukan dari pusat Kabupaten Tuban. Dari tempat ini, arahkan kendaraan Anda menuju ke Jalan Kragan. Selanjutnya, ikuti jalan utama dan Anda akan sampai di kawasan Rembang, Jawa Timur.

Dari kawasan ini, cari plang yang menunjukkan arah Jalan Raya Pantai Utara. Belok kiri dan telusuri jalan utama tersebut. Setelah beberapa kilometer, Anda akan menemukan plang yang menunjukkan lokasi pantai. Pantai ini terletak tidak jauh dari jalan utama sehingga cenderung mudah untuk ditemukan.

Dengan keindahan dan keunikan yang ditawarkan, Pantai Mangrove menjadi salah satu destinasi wisata di Tuban yang perlu dimasukkan list tujuan liburan. Nah, segera saja atur jadwal liburan Anda dan kunjungi pantai indah ini bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur!

Leave a Reply