Pantai Maron Semarang

Alamat: Semarang Barat, Jawa Tengah, Indonesia.

Terletak sekitar 12,2 kilometer (39 menit) dari Semarang.

Ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Semarang, salah satunya yaitu Pantai Maron. Lokasinya yang bersebelahan dengan Pantai Tirang yang hanya dibatasi sungai saja tentu akan membuat Anda puas berwisata di sana. 

Pantai yang terletak di Semarang, Jawa Tengah tersebut menawarkan keindahan laut yang memukau. Terlebih, pemandangan matahari terbenam yang dimilikinya.

Memang benar berlibur di pantai menjadi pilihan yang tepat terutama bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari yang begitu padat. Tentu dengan menikmati pemandangan pantai yang elok bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Akan tetapi kabar yang beredar jika pantai ini sudah ditutup. Lalu kenapa ditutup? Apakah benar? Nah, sebelum Anda berkunjung ke sana, sebaiknya simak info Pantai Maron Semarang sekarang di bawah ini:

Asal Usul Nama Pantai Maron

Pantai Maron Harga Tiket Masuk Pantai Maron Semarang

Sejarah akan asal usul nama pantai ini masih simpang siur. Ada dua sudut pandang yang berkembang hingga kini. Pertama nama Maron di berasal dari warna merah marun baret Penerbad (TNI Angkatan Darat). Hal ini karena memang lokasi ini masih milik TNI Angkatan darat.

Cerita yang kedua menyebutkan bahwa Maron merupakan singkatan dari Marina Kulon (Marina Barat). Secara geografis memang Maron berada di sisi barat Pantai Marina Semarang maka disebut sebagai Marina sisi barat (Red Jawa: kulon). Ketahui juga sejarah Pantai Ngliyep yang ada di Malang.

Harga Tiket Masuk Pantai Maron Semarang

Pantai Maron Semarang Alamat Lokasi Rute Pantai Maron

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Pantai Maron West Semarang Anda harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu. 

Informasi yang beredar, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja. biaya parkir tersebut sudah termasuk biaya untuk parkir sepeda motor ataupun mobil. Hanya saja untuk sekarang tidak ada kepastian harga tiket masuk ke sana. Bukan hanya itu saja, ada beberapa orang yang terpaksa balik arah karena jalan menuju pantai sudah dipasang portal. Kunjungi juga objek wisata Pantai Niyama Tulungagung.

Rute Menuju Lokasi Pantai Maron Semarang

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Rute Menuju Alamat Lokasi

Walau kabarnya sudah tutup tapi tidak ada salahnya Anda mengetahui rute menuju ke pantai Maron. Alamat lokasi Pantai Maron berada di kota Semarang west Jawa Tengah. Ada dua rute yang bisa Anda pilih, bisa dari Bandara Ahmad Yani maupun dari Graha Padma. Anda bisa melihatnya sendiri melalui peta

Kedua tempat tersebut sama-sama memiliki jarak sekitar 3 km dari pantai. Artinya, perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju ke lokasi wisata hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit dengan menggunakan kendaraan. Namun, jika Anda ingin berjalan kaki maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit.

Banyak dibaca:  Pantai Nglambor

Walaupun kelihatannya tidak terlalu jauh tapi jalan yang dilalui masih cukup sulit, apalagi jika musim hujan tiba. Terlebih lagi sekarang pantainya sudah ditutup untuk umum karena masuk ke kompleks TNI.

Kendaraan roda empat tidak akan bisa masuk ke wilayah pesisir Maron karena banyaknya portal penghalang. Nah untuk roda dua masih bisa menuju lokasi Pantai Maron Kota Semarang Jawa Tengah tapi harus liwat pinggir jalan alias mlipir. Jangan lupa berkunjung ke Pantai Ngalur Tulungagung Jawa Timur.

Objek Wisata yang Ada di Pantai Maron

Jika Pantai ini masih buka, sebenarnya ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Tak hanya itu, bahkan ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan selama berada di Pantai Maron SMG.

1. Mengunjungi Hutan Mangrove

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Hutan Mangrove

Hutan mangrove atau hutan bakau memang memiliki peranan yang penting untuk menghindari abrasi air laut. Selain memiliki fungsi tersebut, hutan mangrove Pantai Maron Semarang ini juga memiliki pesona yang sayang untuk Anda lewatkan.

Terdapat sebuah jalan yang terbuat dari kayu untuk akses bagi para pengunjung agar bisa menikmati keindahan pantai sekaligus hutan bakau tersebut. Tempat yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai spot foto yang menarik untuk diabadikan.

2. Melihat Budidaya Tambak Laut

Pantai Maron Wisata Pantai Maron Semarang Jawa Tengah

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan atau daerah yang jauh dari laut tentu sangat jarang atau bahkan tidak pernah melihat pemandangan budidaya tambak laut. Namun, di pantai ini Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana budidaya tambak laut dilakukan.

Tambak laut ini ada di sepanjang pantai. Para nelayan membudidayakan udang tambak untuk dijual kepada para pengepul. Selanjutnya, udang tersebut kemudian akan diolah menjadi berbagai macam makanan dan olahan terasi. Selain udang, ada pula budidaya ikan yang dilakukan oleh para nelayan.

3. Jembatan Batu

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Wisata Jembatan Batu

Hal menarik lainnya yang ada di tempat wisata ini adalah jembatan batu. Jembatan yang satu ini tentu saja tidak ditemukan di semua pantai. Selain menikmati keindahan laut yang ada di depan mata, jembatan batu ini digunakan sebagai spot foto yang menarik dan juga unik.

Tak jarang juga pasangan kekasih yang menggunakan spot ini untuk foto pre wedding. Jadi, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Pantai Maron di Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi jembatan batu yang sangat ikonik.

4. Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam yang Menawan

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Wisata Pemandangan Sore

Tak mau kalah dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Semarang. Pantai Maron juga memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan. Jika beruntung, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan langit yang berwarna emas dan matahari yang berbentuk bulat sempurna.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melihat pemandangan satu ini sangat disarankan untuk datang pada bulan Juli hingga September. Di bulan-bulan tersebut, akan ada banyak pengunjung yang menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Maron.

5. Hunting Foto di Beberapa Spot Foto yang Menarik

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Wisata Spot Foto Menarik

Jangan lupa untuk hunting foto di beberapa spot foto yang ada di pantai tersebut. Biasanya, para pengunjung akan memilih hutan mangrove dan juga jembatan batu untuk bisa mendapatkan foto dengan background yang cantik.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Kedung Tumpang

Bahkan, bagi Anda yang beruntung bisa melihat sunset di tempat ini, bisa langsung untuk diabadikan. Selain itu, Anda juga bisa mencari beberapa tempat lainnya di Pantai Maron yang bisa digunakan sebagai spot foto yang menarik dan juga unik.

Fasilitas Pantai Maron

Pantai Maron Semarang 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 hingga Sekarang Fasilitas
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Hutan Mangrove.

Cerita dari Pengunjung

Ada beberapa cerita tempat wisata Pantai Maron Semarang ditutup yang disampaikan oleh wisatawan. Cerita ini diambil dari review yang diberikan oleh mereka melalui maps. Adapun cerita tersebut diantaranya:

Pantai Maron ini bersebelahan dengan pantai Tirang. Dibatasi oleh sungai saja.

Pantainya sudah ditutup untuk umum karena masuk ke kompleks TNI.

Mobil tidak bisa masuk, karena ada banyak portal penghalang. Untuk motor, bisa tapi mlipir.

Pantainya sudah tidak terawat & banyak sekali sampah berserakan.

Pantainya agak banyak sampahnya, ya walaupun kemarin banyak petugas yang membantu memungut sampah yang terbawa ombak di tepi pantai, saya juga ikut andil membantu, tapi lain kali untuk lebih dijaga kebersihan pantai dan kita bisa bersama² untuk merawat kebersihan pantai maron. Demi kebaikan bersama agar tetap bisa dinikmati oleh semuanya, serta bisa menjadikan obyek wisata di kota Semarang.

mohon info nya apa skrg pantai maron sudah ditutup total?kmrn sy kesitu jalannya di portal

Sejarah akan asal usul nama pantai ini masih simpang siur. Ada dua sudut pandang yang berkembang hingga kini. Pertama nama Maron di berasal dari warna merah maron baret Penerbad (TNI Angkatan Darat). Hal ini karena memang lokasi ini masih milik TNI Angkatan darat.

Cerita yang kedua menyebutkan bahwa Maron merupakan singkatan dari Marina Kulon (Marina Barat). Secara geografis memang Maron berada di sisi barat Pantai Marina Semarang maka disebut sebagai Marina sisi barat (kulon).

Untuk info buat yang mau ke pantai maron, untuk masuknya harus melewati medan yang cukup berat, berbatu dan berlumpur apabila hijan tiba, untuk pantai saat ini sudah tutup total mulai dari tahun 2019 lalu,. Mungkin dikarenakan masih musim pandemi, susahnya medan dan juga kurangnya kebersihan yang diberikan, tidak menutup kemungkinan jikalau pantai ini akan dibuka kembali kedepannya, semoga lebih baik dan tertata lagi, , jika ingin holiday, salam,.

sekarang sudah di portal ditutup untuk umum tidak bisa masuk, sepertinya sudah diambil alih oleh TNI AU sekitar situ. lebih baik penunjuk arah ke pantai yg di dekat rel dilepas saja, kasihan yg dari jauh. kalo lewat graha padma ke pantai tirang sepertinya masih bisa,

Sebenarnya jika Pantai Maron masih dibuka disertai dengan keseriusan dalam pengelolaan, destinasi wisata ini akan memiliki banyak pengunjung.

Hanya saja banyaknya sampah yang bertebaran, akses jalan yang sulit dan masih dalam wilayah kawasan TNI semakin menambah kemalasan orang yang akan datang ke sana.

Memang sih plang Pantai Maron masih ada, tapi sebenarnya tempat wisata ini sudah ditutup untuk dikunjungi. Jadi buat Anda yang masih bertanya-tanya kenapa Pantai Maron ditutup sekarang sudah tahu bukan? Nah buat Anda yang sudah terlanjur datang ke sini, bisa mengunjungi Pantai Tirang yang ada di sebelahnya. 

Leave a Reply