Mengungkap Pesona Pantai Ngalur, Permata Tersembunyi Tulungagung Jawa Timur

Berkunjung ke Tulungagung tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke Pantai Ngalur. Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di kawasan Jawa Timur ini yang bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Menawarkan pantai yang indah dengan lanskap alam yang indah dan suasana yang cenderung tenang, ada keindahan yang berbeda yang akan ditawarkan oleh pantai ini.

Ya, hal ini dikarenakan Pantai Ngalur termasuk salah satu pantai yang cenderung belum banyak dijamah pengunjung karena merupakan pantai yang baru.

Lokasinya yang masih tersembunyi, menjadikan pantai ini tidak banyak diketahui dan menjadi target kunjungan oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Ngalur letaknya dapat kamu temukan di ujung selatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Meski untuk kesana membutuhkan tenaga yang ekstra dikarenakan aksesnya yang masih belum resmi dan hanya mengandalkan jalan yang biasa diakses oleh warga sekitar. Pantai Ngalur dapat dijadikan tujuan wisata bahari yang memuaskan dahaga kamu ketika berada di kota yang berjuluk seribu warung kopi tersebut.

Pantai Ngalur
Pantai Ngalur Probolinggo, Jawa Timur

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn., Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283.

Terletak sekitar 37 kilometer (1 jam 13 menit) dari pusat Kota Tulungagung.

Apalagi dengan situasi pandemi yang saat ini banyak membuat masyarakat merasakan beban yang sangat luar biasa untuk menjalani kehidupan sehari-harinya.

Kita hanya dapat melakukan aktivitas terbatas di rumah saja yang dapat membuat kita cepat merasakan jenuh bahkan bosan. Pantai Ngalur adalah salah satu solusinya.

Hal ini disebabkan mengunjungi pantai merupakan salah satu cara untuk self healing dengan menikmati suasana pantai yang tenang nan damai.

Pantai Ngalur Tulungagung ini dapat kamu kunjungi bersama dengan keluarga atau bahkan kamu dapat mengajak teman komunitas untuk suasana yang lebih seru. Namun jangan lupa, untuk selalu menaati aturan prokes ya…

Objek Wisata Pantai Ngalur

Meskipun termasuk pantai baru dengan pengelolaan yang belum maksimal, Pantai Ngalur memiliki daya tarik yang luar biasa dan sangat sayang untuk dilewatkan. Adapun beberapa objek wisata yang tersedia di pantai ini adalah sebagai berikut:

1) Alam Yang Masih Asri

Pantai Ngalur merupakan salah satu permata yang masih tersembunyi di Indonesia namun dapat kamu temukan di Tulungagung, alamnya masih perawan belum begitu banyak terlihat perubahan yang terjadi di pantai ini.

Kamu dapat melihat gradasi air laut yang sangat cantik dimana perpaduan antara biru muda hingga biru tua akan memanjakan matamu yang melihatnya. Ditambah pepohonan rindang masih kokoh berdiri bersanding dengan air laut yang hijau kebiruan, pasirnya yang masih suci putih juga terhampar untuk selalu kamu nantikan.

Tidak hanya itu, kamu dapat menemukan bebatuan karang yang sangat eksotis, seakan ikut menambah kecantikan dari pantai ini.

Langit di Pantai Ngalur pun masih bersih, suasana alamnya akan membuatmu sangat tenang. Pas banget untuk kamu yang ingin mengasingkan diri sejenak dari kesibukan kota yang pikuk.

2) Kawasan Pantai yang Bersih

Pantai Ngalur Tulungagung
Tulungagung Jawa Timur

Sampah menjadi masalah yang cukup serius untuk pantai. Sampah dari pengunjung yang mengotori pasir akan membuat pantai terlihat kurang indah. Masalah ini tidak akan ditemukan di Pantai Ngalur.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Tirang

Kawasan pantai ini masih cenderung bersih dan tidak tampak sampah yang berserakan. Kondisi inilah yang membuat para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan lebih maksimal.

3) Pemandangan yang Menakjubkan

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Di pantai ini, ada karang yang cukup besar yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Karang ini bisa menjadi pemecah ombak untuk menghasilkan pemandangan deburan ombak yang sangat menarik.

Selain itu, pemandangan indah dari Pantai Ngalur dihasilkan dari pasir putih yang panjang dan bersih. Pasir putih ini akan menghasilkan gradasi warna yang istimewa dengan kombinasi warna laut yang biru bersih.

Di sekitar pantai ini juga ada tebing menjulang yang cukup tinggi. Nah, keberadaan tebing ini juga menambah daya eksotis dari Pantai Ngalur. Tebing yang cukup tinggi memberikan pemandangan hijau yang sangat cantik dari kejauhan.

4) Ayunan Batang Pohon

Pantai Ngalur Tulungagung
Menikmati Ayunan Batang Pohon Pantai Ngalur Tulungagung

Masyarakat secara swadaya membuat beberapa penunjang wisata di sekitar pantai, salah satunya adalah ayunan dari batang pohon. Meskipun tampak sangat sederhana, namun ayunan batang pohon ini menjadi highlight tersendiri disini.

Anda bisa duduk di batang pohon tersebut untuk menikmati deburan ombak pantai yang besar dan semilir angin pantai yang sejuk. Lokasi ayunan batang pohon ini sering menjadi spot foto yang menakjubkan dengan background lautan yang bersih dan luas.

5) Keindahan Batu Karang

Suasana saat pantai surut
Suasana saat pantai surut

Saat surut pun, pantai Ngalur masih menyisahkan keindahan yang akan kamu nantikan, yaitu keindahan batu karang yang biasanya tenggelam dalam deburan ombak di waktu pasang. Cocok banget buat kamu menelisik kehidupan laut yang tersembunyi di dalamnya.

Namun, jangan lupa untuk selalu memakai sandal atau sepatu ya agar kaki kamu tetap aman.

6) Gubuk Kecil

Pantai Ngalur
Menikmati Gubuk Kecil

Selain ayunan batang pohon, ada pula gubuk kecil di kawasan pantai ini. Gubuk ini cukup menarik. Selain bentuknya yang kecil dan dibuat dengan kayu sederhana, gubuk menggunakan daun kering sebagai atap sehingga kesan natural dan klasik akan sangat tampak.

Gubuk kecil ini juga menjadi salah satu spot foto terbaik di Pantai Ngalur.

7) Menikmati SunMatahari Pagi dan Sore

Menikmati matahari memang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di pantai dan Pantai Ngalur adalah salah satu spot yang sangat tepat untuk aktivitas ini.

Sunset Pantai Ngalur
Sunset Pantai Ngalur

Ada cukup banyak batang pohon yang cukup besar di tepian pantai uang akan membentuk siluet yang sangat indah ketika sunset tiba.

Meskipun ada pengunjung yang datang dan naik ke atas batang pohon untuk menikmati sunset, ide ini tidak direkomendasikan demi alasan keamanan. Selain itu, tidak ada salahnya berkunjung ke pantai ini di pagi buta. Sunrise di Pantai Ngalur ini juga sangat indah untuk dinikmati.

Harga Tiket di Pantai Ngalur

Untuk berwisata ke sini, Kamu tidak perlu menyiapkan dana untuk membayar tiket masuk alias gratis. Masih barunya pantai ini membuat pemerintah belum menyediakan portal masuk dan menarik tiket kepada para pengunjung. Sementara ini, pengelolaan pantai dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Nantinya, pengunjung yang datang ke pantai ini hanya akan ditarik biaya parkir kendaraan. Itu saja, biaya yang perlu disediakan tidak sampai Rp 5.000. Bisa dikatakan bahwa wisata Pantai Ngalur adalah ide wisata murah meriah yang sangat menyenangkan.

Tips Wisata ke Pantai Ngalur

Berlibur ke pantai, tak hanya tentang menikmati suasana alam yang tersedia. Namun kamu harus memperhatikan beberapa hal agar menjadi lebih nyaman dan puas dalam menikmati ciptaan Tuhan tersebut.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Clungup

Ada beberapa tips penting yang perlu diketahui untuk berwisata ke Pantai Ngalur agar liburan Anda lebih menyenangkan. Beberapa tips berwisata ke pantai ini adalah sebagai berikut:

  • Bawa bekal makanan dari rumah karena belum ada warung makan atau toko yang secara memadai menjajakan makanan dan minuman
  • Hindari bermain air laut terlalu menjorok karena karakter ombak pantai selatan Jawa yang cenderung besar
  • Hati-hati dengan karang yang ada di sekitar bibir pantai karena karang yang keras bisa menusuk kulit kaki.

Dengan beberapa tips ini, saya harap kamu dapat lebih menikmati Pantai Ngalur. Dan mungkin jika ada beberapa tips tambahan lainnya, komen ya..

Lokasi dan Alamat Pantai Ngalur

Bagi kamu yang belum tahu rute lokasinya, Pantai Ngalur Tulungagung masih satu jalur dengan Pantai Sanggar.

Alamat tepatnya terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

lokasi pantai ngalur
Lokasi pantai ngalur

Akses Jalan Menuju Pantai Ngalur

Terletak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Tulungagung dan perjalanan menuju ke pantai ini bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Tulungagung, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Ki Mangun Sarkoro.

Selanjutnya, cari Jalan Raya Boyolangu dan tempuh perjalanan menembus ke Jalan Sokolimo Campurjanggrang. Dari jalur ini, lurus hingga ke daerah Ngepoh dan Anda akan sampai ke Jalan Raya Tulungagung.

Akses Pantai Ngalur
Akses Pantai Ngalur

Telusuri jalan ini hingga menuju kawasan Kalitalun dan arahkan kendaraan ke Lapangan Jengglungharjo. Dari lapangan ini, Anda akan diarahkan menuju ke Pantai Sanggar. Nah, setelah sampai di Pantai Sanggar, Anda harus berjalan kaki memilih ke jalur kiri hingga sampai kawasan Pantai Ngalur.

Jam Buka Pantai Ngalur

Mau berangkat ke Pantai Ngalur tapi takut nggak dibukain gerbang? Tenang, ini bukan gerbang sekolah kamu yang selalu ditutup jika jam pelajarang sudah mau dimulai kok. Hehehe

Pantai yang baru dibuka dan belum banyak wisatawan yang melirik, serta suasana yang masih alami ini membuat Pantai Sanur tidak memiliki jam operasional khusus alias kamu dapat mengunjunginya 1×24 jam atau 7 hari dalam seminggu loh. Asal berani aja datang kesini malem-malem. Hihihi….

Namun, mengingat akses yang dilalui cukup berat dan belum cukup layak. Kami sarankan untuk kalian datang ke Pantai Ngalur pada saat matahari mulai muncul di ufuk Timur. Selain agar tidak tersesat dengan kegelapan di jalan. Ini juga memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pergi dan pulang dari sana kawan.

Fasilitas Pantai Ngalur

pantai Ngalur
Pantai Ngalur Jawa Timur

Berlibur ke pantai tapi takut tidak adanya fasilitas yang memadai? Jangan takut, walaupun pantai Ngalur terbilang masih alami dan jarang diakses oleh wisatawan.

Namun mulai diolah dan diberikan beberapa fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjuang. Beberapa fasilitas yang ada di sekitar Pantai Ngalur diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat untuk duduk-duduk

Yang pasti, tidak akan membuat pengalaman liburanmu mengecewakan ketika berlibur ke Tulungagung, Jawa Timur.

Dilihat dari keindahan alam dan daya eksotis yang ditawarkan, Pantai Ngalur Tulungagung bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang menyenangkan. Nah, tunggu apalagi, kunjungi pantai ini dan rasakan keheningan seperti di pantai milik sendiri!

Bagi Kamu yang sudah pernah berkunjung, tulis review Kamu di kolom komentar ya. Supaya yang belum datang semakin ingin kesana. Kalau belum pernah, share artikel ini ke teman-teman Kamu dan ajak mereka pergi liburan kesana.

Leave a Reply