Makanan Khas Batam Luti Gendang

Makanan Khas Batam

Makanan Khas Batam yang enak tuh ada banyak, terlebih kulinernya yang dari hasil laut. Hmm, sekali makan bisa-bisa nambah dua kali, saking lapernya.

Hal ini karena letak geografis Batam yang sepenuhnya dikelilingi Selat Singapura. Tak Heran kalau banyak kulinernya merupakan olahan dari daging ikan.

Seiring populernya Kota Batam, menjadikan kuliner daerah yang kental dengan unsur Melayu dan Nusantara memiliki banyak penggemar. Yaa, meskipun tujuan awal datangnya untuk berbelanja atau mencari lokasi wisata.

Karena salah satu bagian dari kesuksesan dalam hidup yaitu makan apapun yang Anda inginkan dan membiarkan seluruh makanan tercerna dengan baik tanpa memandang soal materi.

Daftar Nama Makanan Khas Batam yang Enak

Nah, jika Kamu ada rencana ke Batam, berikut ini rekomendasi makanan khas Batam Indonesia yang seharusnya kamu cobain:

Gonggong

Makanan Khas Batam Gong-Gong

Makanan gonggong sendiri berasal dari siput laut yang direbus atau bisa juga ditumis dengan menggunakan racikan resep khas Batam. Rasanya begitu enak, sekali mencoba bisa bikin nagih.

Makanan khas Batam gonggong ini sudah sangat terkenal. Bahkan saking terkenalnya, makanan gonggong dijadikan sebagai ikon kuliner daerah Batam.

Sehingga apabila Kamu ingin mencobanya, dengan mudah akan Kamu temukan di berbagai restoran seafood di seluruh Indonesia dan juga seluruh restoran umum di Batam. Harga yang dipatok untuk satu porsi gong-gong biasanya berkisar antara 25 ribu sampai 50 ribu.

Harga yang dibandrol tersebut biasanya disesuaikan juga dengan cara memasaknya dan juga kualitasnya. Sajian satu ini sering menjadi pilihan untuk dijadikan menu santap malam bersama keluarga besar tercinta.

Sop Ikan Batam

Makanan Khas Batam Sop Ikan Batam

Makanan khas Batam yang tentu saja tidak boleh terlewatkan untuk dicoba adalah sop ikan khas Batam. Sesuai dengan namanya, sop ini terdiri dari produk-produk hasil laut seperti ikan yang masih segar dengan kualitas tinggi.

Selain hanya ikan, adapula loh komponen lain yang masuk kedalam sop ini, yaitu seperti cumi-cumi, udang dan juga beberapa hasil laut lainnya. Sop ini memang didominasi oleh hasil laut sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa sop ini akan bau amis.

Namun, anggapan tersebut tidaklah benar. Sop ikan Batam meskipun menggunakan bahan utama ikan yang notabenenya merupakan hewan laut amis disini justru tidak ada bau tersebut sama  sekali. Yang ada hanyalah rasa daging segar dan gurih.

Tidak sedikit pula yang menyajikan sop ini bersama dengan mie. Adapun jenis mie yang bisa Anda pilih untuk mengombinasikan sop ini yaitu boleh mie bihun dan boleh juga mie kuning.

Mie Tarempa

Makanan Khas Batam Mie Tarempa

Berdasarkan namanya saja sudah jelas bahwa makanan satu ini asal mulanya dari daerah Tarempa. Mie ini tidak jauh berbeda dengan mie pada umumnya yang bahan dasar pembuatannya dari campuran tepung dan telur.

Selain mie, tentu dalam penyajiannya juga dilengkapi dengan bumbu dan kuah yang sedap dan gurih. Bumbu inilah yang kemudian memunculkan rasa khas dan yang membedakan mie tarempa dengan mie lain.

Selain dari bumbu, perbedaan lainnya ada pada isiannya. Isian dari mie tarempa berupa daging sapi atau bisa juga diganti dengan siput. Tidak sama seperti mie pada umumnya yang mencampurkan daging ayam ke dalamnya.

Penyajian mie ini bisa menyesuaikan dengan pesanan yang diminta. Jadi, Kamu boleh memilih ingin menyantap mie tarempa kuah atau goreng. Itulah yang membuat banyak kalangan menyukai mie ini karena bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya.

Luti Gendang

Makanan Khas Batam Luti Gendang

Luti Gendang meskipun memiliki nama yang cukup unik tetapi ini merupakan makanan khas Batam yang banyak dicari. Makanan tradisional ini berupa roti yang didalamnya terdapat isiannya berupa ikan yang sudah dibumbui.

Roti ini memang memiliki banyak penggemar, bayangkan saja sebuah roti yang bertekstur renyah diluar, lembut di dalam yang dipadu dengan rasa gurih yang berasal dari isiannya. Sangat menggoda sekali tentunya kan.

Untuk ikan isian yang biasa dipakai adalah ikan jenis tuna yang masih segar dan kemudian ikan tersebut telah melewati proses penghalusan. Tidak lupa pula ikan tersebut tentunya juga dibumbui dengan bumbu khas agar semakin gurih.

Luti Gendang biasanya disajikan sebagai jajanan atau sebagai makanan pelengkap. Misalnya sedang berkumpul bersama keluarga sembari menyeruput teh atau kopi, maka roti inilah yang turut menghangatkan suasana tersebut.

Bingka Bakar

Makanan Khas Batam Bingka Bakar

Jajanan ini biasa difungsikan sebagai oleh-oleh bagi Kamu yang baru saja mengunjungi kota Batam. Bingka bakar berbentuk semacam kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula serta santan. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan oven atau pemanggang hingga matang.

Konon dulu bingka ini merupakan hidangan yang biasa disajikan untuk para raja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kini makanan tersebut boleh dinikmati siapa saja dari semua kalangan.

Awalnya bingka bakar ini hanya memiliki satu varian rasa yakni pandan. Namun, sekarang setelah banyaknya inovasi yang muncul maka rasa dari bingka bakar semakin beragam. Jadi, jangan lupa untuk membawa serta bingka bakar dengan varian rasa kesukaan Kamu sebagai oleh-oleh.

Nasi Dagong

Makanan Khas Batam Nasi Dagong

Makanan khas Batam berikutnya adalah nasi dagong. Nama dagong sendiri merupakan singkatan dari daging gonggong. Pada intinya nasi ini adalah nasi yang dicampur bersama dengan daging gonggong yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Menu nasi dagong ini banyak dijadikan pilihan sebagai menu sarapan pagi. Apalagi ditemani pula dengan teh tarik yang membuat rasanya akan menjadi semakin istimewa.

Jadi, disarankan bagi Kamu yang sedang di Batam tentu tidak boleh melewatkan menu sarapan lezat ini. Menu sarapan murah dan lezat, karena Kamu hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 sudah bisa makan enak.

Mie Sagu

Makanan Khas Batam Mie Sagu

Mie tidak bisa dipungkiri adalah jenis makanan yang paling banyak digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Selain karena rasanya gurih, mie juga biasanya disajikan bersama bumbu-bumbu tambahan dan juga sayur.

Sejalan dengan hal tersebut, Batam juga memiliki salah satu makanan khas yang berbentuk mie loh. Mie ini biasanya disebut dengan mie sagu.

Sesuai dengan namanya mie ini berbahan dasar tepung sagu yang kemudian diberi bumbu tambahan yang khas serta istimewa.

Sekilas mie sagu hampir sama dengan mie pada umumnya, akan tetapi perbedaannya akan bisa dirasakan setelah Kamu mencobanya.

Kamu pasti akan merasakan tekstur yang berbeda yakni mie sagu bertekstur lebih liat. Mie sagu memiliki citarasa yang tidak hanya gurih saja tetapi juga pedas.

Nasi Lemak

Makanan Khas Batam Nasi Lemak

Makanan khas Batam ini juga merupakan makanan khas Malaysia karena memang berasal dari satu daerah yang sama yaitu melayu. Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi lemak di penjual yang ada di pasar-pasar seperti Mitra Raya, Mega Legenda dan juga Penuin.

Penyajian nasi lemak yang banyak  dijual di pasar-pasar ini biasanya dibungkus dengan daun pisang ataupun kertas nasi. Tidak hanya berisi nasi saja tetapi juga terdapat lauk lain yang menemaninya.

Panganan ini wajib banget Kamu coba karena kegurihan dari santannya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Mie Lendir

Makanan Khas Batam Mie Lendir

Ketika Kamu melihat tampilan dari mie lendir, Kamu pasti akan teringat dengan makanan khas Wonosobo yaitu mie ongklok. Karena keduanya memang sangat mirip, apalagi dilihat dari kuahnya yang agak kental seperti lendir.

Kuah yang kental ini terbuat dari tepung kanji, makanya teksturnya kenyal dan kental. Untuk isiannya kurang lebih sama dengan mie ongklok. Yang membedakan ada pada kuahnya yang rasanya lebih khas dari bumbu rempah-rempah.

Agar tidak penasaran, Kamu harus mencobanya saat berkunjung ke Batam. Dijamin deh bumbu rempahnya yang khas akan menggoyang lidah dan membuat ketagihan.

Kek Pisang Villa

Makanan Khas Batam Kek Pisang Villa

Inilah makanan khas Batam yang manis legit dan cocok apabila disajikan sebagai teman ngopi Kamu. Namanya kek pisang villa, karena kue ini terbuat dari pisang yang dicampur dengan adonan.

Kek ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas berasal dari pisangnya. Meskipun berbahan dasar pisang, akan tetapi variasi topping yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari blackforest, cheese, brownies, buah naga dan masih banyak lagi varian lain yang menarik.

Kek pisang villa ini menjadi makanan khas Batam untuk oleh oleh yang paling banyak digemari. Harga yang ditawarkan pun cukup bermacam-macam, tetapi pada umumnya makanan khas Batam yang enak ini dibandrol dengan harga Rp. 45.000 per pack nya.

Bilis Molen

Makanan Khas Batam Bilis Molen

Memang makanan ini dinamakan molen karena bentuknya yang bergulung-gulung seperti molen yang sering Kamu jumpai. Bilis molen ini adalah sejenis kue yang biasa dinikmati sebagai cemilan. Bahan dasar untuk membuat bilis molen adalah Ikan Bilis.

Perlu diketahui, Ikan Bilis termasuk jenis ikan laut yang berwarna abu-abu agak kehijauan. Ukuran ikan ini relatif kecil seperti ukuran teri jengki. Bilis molen rasanya gurih, renyah yang berasal dari adonan penggulungnya.

Adonan yang dibuat untuk membungkus ikan bilis berasal dari tepung terigu, telur, gandum dan beberapa bumbu tambahan lainnya. Setelah ikan bilis dibungkus dengan menggunakan adonan yang telah dibuat, lalu bilis molen siap untuk digoreng.

Kerapu Steam Khas Batam

Makanan Khas Batam Kerapu Steam Khas Batam

Makanan khas Batam selanjutnya masih satu rumpun dengan kuliner khas China dan Melayu. Menu khas ini sering disebut dengan kerapu steam khas Batam. Sesuai dengan namanya, olahan ini tentu saja menggunakan ikan kerapu sebagai bahan dasar yang akan diolah.

Sebenarnya menu kerapu steam ini mulanya hanya ada di salah satu tempat makan yang bernama D’steam.

Disini ikan kerapu diolah menjadi makanan dengan citarasa asam pedas. Biasanya kerapu steam disajikan dengan kuahnya yang kental dan hidangannya berwarna merah.

Jika Kamu ingin mencoba makanan ini langsung dari tempat muasalnya, maka pergilah ke daerah belakang Hotel Seruni yang terletak di kawasan Seraya, Batam. Menu satu ini bisa Kamu nikmati hanya dengan membayar sebesar Rp. 20.000 setiap porsinya.

Mie Kacang Selat Panjang

Makanan Khas Batam Mie Kacang Selat Panjang

Produk olahan mie memang sangat menarik untuk dibahas. Selain karena banyaknya inovasi yang diciptakan dengan bahan dasar mie, rasanya pun tidak pernah membuat bosan para penggemar setianya.

Olahan mie yang menjadi makanan khas kota ini adalah mie kacang Selat panjang. Nama ini diambil dari nama sebuah daerah yang berada di Riau. Meskipun begitu mie kacang Selat Panjang tetaplah menjadi makanan khas Batam.

Keunikan panganan ini ada pada kuahnya yang gurih karena merupakan kuah udang atau kadang juga menggunakan kuah kacang. Kuah ini terbuat dari beberapa bahan pokok seperti:

  • Kacang
  • Santan
  • Bumbu penyedap
  • Rempah-rempah khas.

Stik Buah Naga

Makanan Khas Batam Stik Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang banyak dihasilkan di daerah Rempang Galang, Batam. Bahkan daerah ini sangat dikenal sebagai pusat penghasil buah naga.

Di Rempang Galang sendiri terdapat hamparan perkebunan buah naga yang ditanam dalam lahan seluas ratusan hektar.

Oleh sebab itu, banyak sekali olahan berbahan dasar buah naga yang bisa Kamu temukan di Batam, khususnya di daerah Rempang Galang. Hasil olahan ini bermacam-macam bentuk dan variasinya. Salah satu yang banyak digemari adalah olahan stik buah naga.

Stik buah naga ini memiliki citarasa yang gurih, unik, khas dan tentunya enak. Sehingga tidak heran panganan ini banyak diburu oleh para wisatawan.

Untuk mendapatkannya pun tidak perlu mengeluarkan ongkos yang mahal, hanya dengan Rp. 10.000 Kamu sudah bisa menikmatinya.

Otak-Otak

Makanan Khas Batam Otak-Otak

Makanan khas Batam bernama otak-otak ini pasti sudah tidak asing lagi bagi teman-teman semua. Makanan ini sendiri sebenarnya adalah makanan khas Melayu. Akan tetapi, di Batam Kamu bisa dengan mudah menemukannya.

Hampir setiap pedagang makanan menjual olahan ini. Mulai dari pedagang kaki lima hingga pedagang yang menjajakannya dengan gerai atau bahkan restoran. Makanan ini sering dijadikan hidangan pembuka saat makan bersama.

Dalam perkembangannya, kini otak-otak tampil dengan banyak varian rasa yang dibedakan dari bahan dasar pembuatannya. Sehingga konsumen bisa lebih leluasa memilih varian rasa yang mereka suka. Adapun varian rasa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Otak-otak ikan
  • Varian cumi-cumi
  • Campuran dari ikan dan cumi.

Cara pengolahan yang biasa dilakukan di Batam adalah dengan memanggangnya atau bisa juga menggorengnya. Jika Kamu tidak menyukai bumbu kacang, Kamu juga bisa menikmati otak-otak tanpa bumbu kacang.

Harga pasarannya sangat murah loh yaitu hanya Rp. 500 per bijinya.

Tapis

Makanan Khas Batam Tapis

Jika di awal sudah dibahas mengenai makanan hasil laut yang sangat terkenal dari kota ini yaitu gonggong. Kini akan dibahas mengenai makanan hasil laut yang tidak kalah terkenal yakni tapis. Makanan ini adalah sejenis kerang yang berukuran besar dan rasanya gurih.

Tapis ini sebenarnya hampir sama dengan gonggong, hanya saja tapis teksturnya lebih sesuai dengan lidah. Untuk penyajiannya sendiri biasanya menggunakan piring yang berukuran kecil dan dilengkapi dengan sambal dari cabai rawit.

Cara pengolahan tapis yang tepat adalah merebusnya dengan campuran racikan bumbu khas Batam.

Sedangkan cara menikmatinya sama dengan ketika menyantap kerang lainnya. Harga dari makanan khas Batam ini cukup bersahabat dengan kantong yaitu Rp. 10.000 per porsi.

Brownies Lava

Makanan Khas Batam Brownies Lava

Siapa disini yang merupakan pecinta brownies? Bagi teman-teman pecinta brownies, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi brownies lava khas Batam. Brownies unik satu ini dibuat dengan cara dibakar, bukan dipanggang atau dikukus seperti brownies pada umumnya.

Brownies ini menjadi unik bukan hanya karena cara membuatnya yang dibakar, tetapi juga karena isinya yang lumer seperti lava, sehingga ketika Kamu memakannya isinya akan meleleh banget di mulut. Kebayang kan enaknya?

Tenang, Kamu bisa kok menikmati makanan ini hanya dengan uang Rp. 35.000 per cup. Rasanya yang manis legit serta teksturnya yang lembut pasti akan membuat Kamu ketagihan dan ingin selalu memakannya.

Ditambah lagi beragam varian rasa yang bisa dipilih mulai dari cokelat, kacang, blackforest, keju dan juga cheese cake.

Bagaimana? Tentu sangat membuat perut keroncongan kan dengan segala jenis seafoodnya, dengan cemilan manis dan gurihnya berupa kue-kue khas. Serta sajian mie nya yang tentu saja berbeda dengan yang lain. semuanya kuliner itu bisa Kamu nikmati dan Kamu dapatkan di Batam.

Citarasa khas bumbu Batam tentunya sayang kan jika dilewatkan begitu saja saat Kamu bertandang ke sana. Apalagi setelah Kamu lelah berbelanja, maka kini saatnya untuk memanjakan perut dengan makanan khas Batam yang super enak. Dari ke 17 makanan di atas, mana nih yang pernah Kamu coba?

 

Leave a Reply