Pesona Pantai Ngliyep

Malang terkenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Ngliyep. Pantai yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Hal tersebut karena keindahan Pantai Ngliyep sangat didukung dengan pemandangan laut yang luar biasa dengan hamparan pasir putih yang lembut. Tak heran, jika pantai satu ini menjadi tempat yang cocok untuk camping.

Mitos dan Sejarah Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Malang Cerita Asal Usul Legenda Mitos Angker Misteri Gunung Kombang Nyi Roro Kidul

Pantai Ngliyep Malang merupakan salah satu pantai selatan yang terkenal angker dan penuh misteri. Mulai dari cerita legenda atau asal usul lokasi wisata ini, mitos Nyi Roro Kidul yang sering berkunjung ke pulau kecil di tengah laut yang bernama Gunung Kombang. 

Menurut cerita, katanya Gunung Kumbang dulunya pernah dijadikan tempat untuk bertapa sebelum menjadi Ratu Pantai Selatan.

Selain itu ada juga cerita tentang Bukit Cinta Kasih Pantai Ngliyep yang berada di sebelah kiri lokasi wisata ini. Konon katanya jika pasangan kekasih mampu naik hingga ke puncak bukit maka mereka akan berjodoh.

Sedangkan Asal usul nama Pantai Ngliyep sendiri berasal dari Mbah Atum seorang penemu lokasi ini. 

Menurut cerita, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan area bermain luas dengan ditumbuhi pepohonan rindang. Bukan hanya pantainya saja, gelombangnya pun cukup menarik untuk dinikmati. Keindahan pantai dan juga ombaknya akan membuat orang yang yang melihat pantai ini menjadi mengantuk dan tertidur dengan nyenyaknya.

Dalam bahasa jawa disebut dengan liyep-liyep. Dari sinilah kemudian pantai ini dikenal dengan sebutan Ngliyep.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep HTM Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang 2020 2021 2022

Berapa harga tiket yang harus Anda bayar untuk menikmati keindahan yang dimiliki oleh lokasi wisata ini? HTM atau Harga Tiket Masuk yang harus Anda bayar saat di pintu masuk Pantai Ngliyep Malang 2020, 2021 hingga sekarang adalah Rp 15.000.

Sementara itu, untuk penginapan, WC dan juga parkir memiliki harga terpisah. Untuk parkir motor akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 sedangkan parkir mobil akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000 dengan jam parkir selama seharian. Jika lebih dari itu maka akan dikenai biaya tambahan.

Kunjungi juga tempat wisata Jawa Timur lainnya seperti

Hal Menarik di Wisata Pantai Ngliyep Malang

Selain menikmati keindahan alam lautnya, Anda juga bisa melakukan beberapa hal menarik saat berada di pantai ini. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai yang eksotik satu ini, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan semua hal dengan baik.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat berada di lokasi wisata ini:

1. Menjelajahi Pantai

Pantai Ngliyep Objek Wisata Menjelajahi Pantai

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjelajahi Pantai Ngliyep. Tentu, pilihan satu ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hobi berpetualang. Lakukan petualang dengan berjalan menyusuri pantai hingga ke Pantai Pasir Panjang.

Nikmati berbagai macam hal selama perjalan mulai dari birunya laut, angin yang sepoi-sepoi, hutan dengan pepohonan yang tampak rindang dan lainnya. Dengan keindahan yang disuguhkan tersebut menjadi tempat ini cocok untuk membuat sebuah video vlog antimainstream.

2. Camping di Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Objek Wisata Camping

Selain menyusuri pantai, Anda juga bisa melakukan camping di area Pantai Ngliyep. Jika beruntung, maka Anda akan disuguhkan hamparan bintang yang ada di langit dengan sangat jelas dan indahnya bulan purnama yang membuat malam menjadi semakin romantic.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Kelapa

Namun, jika Anda tidak suka menginap, tenang saja karena ada juga penginapan yang bisa disewa. Harga sewa tersebut mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per malamnya.

3. Mengunjungi Teluk Cantik

Pantai Ngliyep Objek Wisata Mengunjungi Teluk Putri yang Cantik

Di pantai ini, terdapat teluk cantik yang berbukit. Meski bukitnya terlihat tidak terlalu tinggi, akan tetapi hal tersebut mampu memberikan aksen alam yang sangat cantik dan menarik. Teluk ini bernama Teluk Putri.

Apa yang bisa Anda lakukan saat berada di Teluk Putri Pantai Ngliyep? Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa menyepi dan bersantai sejenak untuk melepas penat karena aktivitas sehari-hari yang begitu padat.

4. Menikmati Serunya Bermain Pasir

Pantai Ngliyep Malang Objek Wisata Menikmati Serunya Bermain Pasir

Selain melakukan beberapa hal di atas, hal lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan bermain pasir. Pasir pantainya yang putih dan lembut memang memberikan sensasi yang berbeda.

Dengan pasir pantainya yang putih ini menjadi tempat yang baik bagi Anda untuk mengajak anak-anak. Jangan lupa untuk membawa beberapa peralatan seperti ember kecil, skop-skopan dan berbagai macam peralatan bermain pasir lainnya.

5. Berfoto Ria dengan Spot Foto yang Menarik

Pantai Ngliyep Wisata Pantai Ngliyep Berfoto Ria

Tidak afdol rasanya jika Anda mengunjungi pantai namun tidak mengambil gambar saat berada di tempat tersebut. Pantai Ngliyep memiliki beberapa spot foto menarik yang sangat instagramable. Tentu akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya bukan?

Bahkan, jika Anda memutuskan untuk menginap di pantai ini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang laut dan milky way yang ada di langit.

6. Melakukan Foto Pre Wedding

Pantai Ngliyep Objek Wisata Melakukan Foto Pre Wedding

Keindahan pantai yang dimiliki oleh Pantai Ngliyep ini membuatnya menjadi incaran oleh banyak orang untuk melakukan sesi foto pre wedding. Anda bisa melakukan pemotretan saat siang hari atau malam hari dengan cuaca langit yang cerah.

Jadi, bagi Anda yang masih bingung memilih lokasi foto pre wedding yang tepat, maka pantai satu ini bisa dijadikan pilihan.

7. Menikmati Sunset Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Sunset Pantai Ngliyep

Momen matahari tenggelam atau sunset di Pantai ini sungguh sangat mempesona dan begitu menggoda. Momen ini bisa terlihat begitu eksotis pada saat mentari seakan mulai tenggelam ke dalam lautan, sehingga meninggalkan sinar kemerahan yang memayungi samudera luas.

Keindahan tersebut didukung dengan latar pohon kelapa, ayunan, gubuk selfie, panggung bambu dan lainnya hingga membuatnya menjadi spot foto instagramable.

7. Wisata Budaya

Pantai Ngliyep Objek Wisata Adat Upacara Labuhan

Tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja, namun Anda juga bisa menyaksikan wisata budaya upacara adat labuhan Pantai Ngliyep ini. Akan tetapi, wisata budaya tersebut hanya dilaksanakan pada hari-hari tertentu, misalnya setiap tanggal 14 Rabiul Awal.

Di hari tersebut, akan dilakukan sebuah ritual Labuhan yang wajib untuk diselenggarakan sejak zaman Mbah Atun. Mbah Atun sendiri merupakan orang pertama yang menemukan Pantai Ngliyep. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan makanan dari ritual tersebut yang disebut dengan “berkat”.

Fasilitas Pantai Ngliyep

  • Penjual makanan dan pakaian
  • Toilet
  • Penyewaan mainan, dsb.

Penginapan di Pantai Ngliyep

Menikmati wisata di sini memang tidaklah cukup hanya sehari doang. Karena itulah jika Anda Anda sedang mencari penginapan larasati maupun hotel dekat di Pantai Ngliyep Malang, simak rekomendasi di bawah ini:

1. Penginapan PD Jasa Yasa

PD Jasa yasa merupakan Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD di Kabupaten Malang yang menyediakan tiga kamar atau penginapan di area atau kawasan Pantai Ngliyep. Lokasinya berada dalam lokasi wisata Ngliyep serta juga mengelola penginapan sejenis yang berlokasi di wisata Malang Pantai Balekambang

Banyak dibaca:  Pantai Watu Karung

Bisa dibilang jika penginapan ini sebagai sebuah tempat singgah dengan tampilan bangunan yang cukup sederhana, namun terlihat rapi dan bersih. 

Kemudian dari segi harga, penginapan ini mematok harga yang tidak terlalu mahal, yakni sekitar 150 ribuan per malamnya.

2. Istana Laut 1

Opsi penginapan Pantai Ngliyep lain yang bisa Anda pilih yaitu Istana laut 1. Penginapan ini berjarak 4,6 KM dari destinasi wisata ini. Lokasinya berada di Jalan Lintas Selatan (Pantai Batu Bengkung), Donomulyo, Kabupaten Malang. 

Bukan hanya itu saja, penginapan ini hanya berjarak 2,94 KM dari Pantai Bantol dan 8,96 KM dari Pantai Balekambang.

Penginapan ini memiliki bangunan yang cukup simpel dengan dominasi warna biru di bagian luarnya. Sementara bagian dalam didominasi warna orange, terutama di dalam kamar.

Adapun fasilitas yang tersedia yaitu ranjang spring bed yang nyaman, TV layar datar, meja dan kursi di dalam kamar, hingga kamar mandi pribadi plus toilet duduk. Dari segi harga, Anda perlu membayar sekitar Rp300 ribuan per malam. 

3. Penginapan Pondok Mataram

Lokasi penginapan ini berada dalam kawasan Pantai Ngliyep. Sehingga Anda pun bisa langsung menikmati suasana pantai kala malam hari. Adan pun tidak perlu repot-repot menggunakan kendaraan untuk pergi menikmati indahnya malam di lokasi wisata ini.

Rute dan Lokasi Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Rute Menuju Alamat Lokasi

Alamat atau lokasi wisata Pantai Ngliyep di wilayah selatan, tepatnya di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65167. Rute atau jalan menuju tempat wisata juga tidak sulit. Lokasinya terletak sekitar 59 kilometer (1 jam 49 menit) dari Kota Malang dan 161 Kilometer (3 jam 48 menit) perjalanan dari Surabaya. Anda bisa mengukurnya sendiri melalui peta maps.

Jika Anda mengambil jalan dari Kota Malang, maka Anda bisa langsung mengambil jalur ke arah Karang Kates atau Kapenjen. Terus ikuti jalan besar hingga sampai ke Pagak. Dari Pagak, ambilah jalan ke arah Donomulyo. Disana Anda akan menemukan papan penunjuk jalan ke Pantai Ngliyep.

Namun, jika Anda dari arah Sidoarjo, Pasuruan atau Surabaya, maka Anda harus pergi ke Kota Malang terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti jalan petunjuk seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Larangan di Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Larangan Pantai Ngliyep

Walau Pantai Ngliyep sangat luas namun Anda juga tetap harus memperhatikan larangan yang ada. Adapun larangan tersebut adalah:

1. Larangan Berenang

Walau ombak di pantai ini terlihat tenang tapi sebenarnya cukup mematikan. Ini karena ombaknya cukup deras dan arus baliknya sangat kuat. Anda hanya diperbolehkan bermain di pinggiran pantai saja.

2. Larangan Buang Sampah Sembarangan

Tujuan larangan ini agar kondisi pantai tetap terjaga kebersihannya. 

3. Larangan Mengenakan Pakaian Berwarna Hijau

Larangan lain yang konon katanya tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau ketika berada di Pantai Selatan Jawa. Katanya jika ada yang melanggar akan terkena malapetaka. Warna hijau erat kaitannya dengan pakaian kebesaran Nyi Roro Kidul. Mitosnya jika ada yang mengenakan akan ditariknya ke dalam lautan.

Pantai Ngliyep memiliki banyak sekali hal menarik yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. Pasir putihnya yang lembut membuat pantai ini selalu menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin menikmati indahnya milky way di atas langit, maka Pantai Ngliyep menjadi tempat yang tepat untuk menikmatinya. Namun, untuk menikmati keindahan taburan bintang di langit, datanglah saat musim kemarau tiba.

Leave a Reply