Pesona Pantai Balekambang

Alamat: Jalan Balekambang, Balekambang, Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur, 65179, Indonesia.

Terletak sekitar 50 kilometer (1 jam 31 menit) dari Malang.

Mengunjungi pantai dikala liburan rasanya menjadi hal yang tepat untuk menghabiskan waktu dan menyegarkan pikiran. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pantai yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Balekambang yang berada di Malang, Jawa Timur.

Keindahan pantai yang dimilikinya membuat pantai tersebut mendapat Julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur”. Juluk tersebut tentu bukan sembarang julukan yang disematkan oleh pantai satu ini. Lalu, keindahan apa yang bisa Anda dapatkan di Pantai Balekambang? Berikut ulasannya.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Tiket Masuk

Sebelum membahas lebih jauh tentang keindahan pantai yang dimilikinya, hal pertama yang harus Anda ketahui terlebih dahulu adalah harga tiket masuk dari pantai tersebut.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, harga tiket yang perlu dibayar adalah Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Tentu harga tersebut terbilang sangat mudah untuk sebuah objek wisata populer yang ada di Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Rute Menuju Lokasi

Pantai yang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Sigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang tersebut hanya berjarak sekitar 60 kilometer ke selatan dari Kota Malang. Akses untuk bisa menuju pantai yang satu ini sudah beraspal mulus.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati karena terdapat beberapa tanjakan serta belokan yang tajam. Namun, selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau dengan udara yang sejuk.

Kunjungi juga Pantai Buyutan Pacitan.

Objek Wisata yang Ada di Pantai Balekambang

Tak mau kalah dengan beberapa wisata di Malang seperti Pantai Bantol Donomulyo maupun objek wisata lainnya yang ada di Indonesia, pantai satu ini juga memiliki beberapa objek wisata menarik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Nah, apa sajakah objek wisata menarik yang bisa Anda coba selama berada di pantai tersebut? Berikut ulasannya.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Mangrove

1. Pantai Indah dengan Pemandangan Karang yang Khas

Pantai Balekambang Objek Wisata Karang yang Unik

Satu hal yang membedakan pantai ini dengan beberapa pantai lainnya, dimana pantai tersebut memiliki pulau kecil yang ada di depannya dan dibangun sebuah bangunan di atasnya.

Tak hanya itu, pemandangan karang dan lautan biru yang jernih membuat pemandangan terasa sangat menenangkan. Pantai satu ini selalu dijadikan pilihan oleh banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Hal tersebut juga karena ada banyak hal yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Balekambang.

2. Menjelajahi Sebuah Pulau yang Dihubungkan dengan Jembatan

Pantai Balekambang Objek Wisata Jembatan

Tak heran jika pantai ini juga disebut dengan “Tanah Lot-nya Jawa Timur”. Hal tersebut karena ada tiga pulau yang dihubungkan dengan menggunakan jembatan. Pulau-pulau tersebut diberi nama Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni dan juga Pulau Anoman.

Nikmati sensasi menyeberang di atas laut dengan menggunakan jembatan. Nah, tempat yang satu ini juga menjadi tempat yang paling cocok jika Anda ingin selfie.

3. Sejarah Pantai Balekambang yang Menarik

Tak hanya memiliki pemandangan alamnya yang mampu memukau mata. Namun, siapa sangka jika Pantai Balekambang memiliki sebuah sejarah yang menarik untuk Anda ketahui. Dulunya, Pantai Balekambang jarang dikunjungi oleh orang bahkan masyarakat setempat karena dikelilingi oleh pepohonan yang lebat.

Namun, semenjak perangkat Desa Srigonco membuka akses jalan untuk menuju pantai ini, pantai tersebut mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat dan juga para wisatawan. Kawasan pantai dibuka pada tahun 1978, kemudian diresmikan oleh Bupati Malang lima tahun kemudian sebagai Pantai Balekambang.

4. Wisata Religi Pada Malam Suro

Pantai Balekambang Objek Wisata Religi Malam Satu Suro

Pantai tersebut juga digunakan sebagai wisata religi terutama saat malam suro atau tepatnya di bulan Muharram. Sekitar 1 kilometer dari Pantai Balekambang, terdapat sebuah makam milik Syaikh Abdul Jalil.

Syaikh Abdul Jalil sendiri merupakan seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta. Atas jasanya membuka akses menuju pantai membuat sang ulama sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Sejak saat itulah, makam beliau selalu menjadi wisata religi setiap malam satu suro.

5. Wisata Religi Pada Saat Upacara Nyepi

Pantai Balekambang Objek Wisata Religi Hindu

Meski memiliki sejarah yang sangat kental dengan tokoh muslim, akan tetapi di pantai tersebut terdapat sebuah tempat ibadah Hindu yang bernama Pura Amarta Jati. Pura satu ini berada di atas Pulau Ismoyo dan selalu ramai didatangi oleh pengunjung saat perayaan Nyepi tiba.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Niyama

Upacara Hari Raya Nyepi menjadi tontonan yang menarik bagi para wisatawan yang mengunjungi Pantai Balekambang. Para wisatawan tersebut juga harus mematuhi segala norma yang ada selama upacara sedang berlangsung.

6. Menikmati Serunya Outbond

Pantai Balekambang Objek Wisata Outbond

Belum cukup puas dengan berbagai macam hal yang ada di Pantai Balekambang ini? Tenang, Anda masih bisa menikmati serunya outbond yang tersedia di pantai tersebut. Disini sudah tersedia flying fox yang bisa Anda nikmati dengan membayar Rp 20.000.

Dengan menggunakan flying fix ini Anda akan menikmati serunya menyeberang dari bibir pantai hingga ke salah satu pulau kecil yang ada di depannya. Bagi Anda yang ingin menantang adrenalin, tentu objek yang satu bisa dijadikan sebagai pilihan.

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Fasilitas
  • Toilet
  • Penyewaan ATV
  • Tempat bermain anak, dsb.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Balekambang. Tak heran jika pantai yang satu ini selalu menjadi tujuan yang menarik untuk para wisatawan.

Terlebih, keindahan pantai dengan pemandangan pulau yang dihubungkan dengan sebuah jembatan menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk spot foto. Pemandang laut yang biru dan jernih membuat pantai yang satu ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

Nah, jangan takut untuk menghabiskan waktu yang lebih lama saat berada di Pantai Balekambang. Karena ada beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Dengan menginap di salah satu penginapan, Anda juga bisa mengjungi objek wisata lainnya yang dekat dengan Pantai Balekambang. Kalau bosan berwisata di Malang, Anda bisa wisata Pantai Bentar yang ada di Pantura, tepatnya di Probolinggo.

1 thought on “Pesona Pantai Balekambang”

  1. semua artikel tentang wisata cukup asik juga di baca, ternyata banyak lokasi wisata yang cukup layak untuk dikunjungi. Tapi sepertinya lokasi wisata yang sudah agan ulas, tidak ada lokasi wisata glampingnya.
    wisata glamping

    Reply

Leave a Reply