Makanan Khas Jombang

Makanan Khas Jombang – Siapa yang tak pernah mendengar nama Jombang. Kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur ini dikenal dengan sebutan kota santri.

Salah satu pesantren yang terkenal di daerah jombang ialah Pesantren Tebuireng.

Begitupun, banyak tokoh ulama besar yang lahir di Kabupaten Jombang, seperti Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid dan tokoh besar lainnya.

Selain mengenalnya sebagai kota santri, mari kita menilik dari sisi lain kabupaten yang berbatasan langsung dengan Mojokerto dan Nganjuk ini.

Mencari tahu makanan khas Jombang adalah hal yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke daerah ini. Banyak makanan khas yang enak namun luput dari sasaran pengunjung.

Neh berikut ini beberapa makanan khas Jombang Jawa Timurbyang dapat kamu jadikan sebagai referensi:

1. Ketan Merdeka

Makanan Khas Jombang_Ketan Merdeka
jombangcityguide[dot]blogspot.com
Mendengar namanya kok sangat nasionalis ya, penasaran bagaimana rasanya bukan?

Eits tapi tunggu dulu, nama merdeka sebenarnya merupakan nama jalan dimana warung ketan ini berada.

Dulunya bernama jalan Merdeka namun kini telah berubah menjadi jalan Gus Dur.

Meski nama jalannya telah berubah, nama warung ini tetap menggunakan nama ketan merdeka. Warung yang terbilang tidak terlalu besar ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Warung ketan merdeka buka setiap pagi setelah sholat subuh. Karena selalu ramai pengunjung, cepat saja ketan ini ludesnya.

Ketan yang disajikan di warung ini terdiri dari etan hitam dan ketan putih. Disajikan dengan pilihan taburan, ada kelapa parut, bubuk ketan, atau kelapa serundeng.

Tinggal pilih sesuai selera kamu. Pun dengan jenis ketannya, bisa pilih dua-duanya atau salah satunya saja.

Perpaduan rasa manis pada ketan hitam dan gurih pada ketan putih dicampur dengan berbagai pilihan taburan membuat rasa ketan merdeka ini tak tertandingi.

2. Pecel Rengkek

Makanan Khas Jombang_Pecel Rengkek
Makanan Khas Jombang Pecel via jombangcityguide[dot]blogspot.com
Mungkin pecel sudah menjadi makanan khas Indonesia di tiap daerah. Khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi cita rasa yang dihadirkan tentu saja berbeda. Pasti memiliki rasa yang khas tiap daerahnya.

Seperti pecel rengkek khas jombang ini, mungkin secara bahan dan komposisi hampir sama dengan pecel di daerah lain, namun hal yang membuatnya berbeda yakni menjajakannya dengan berkeliling menggunakan sepeda.

Kata rengkek itu sendiri berasal dari kotak dibelakang sepeda yang digunakan untuk memuat berbagai sajian makannya. Pedangan pecel ini berjualan berkeliling kota.

Jika kamu ingin menikmatinya, selamat berburu mencari pedagang pecel rengkek ini ya.

Banyak dibaca:  Makanan Khas Bekasi

Biasanya pedagang memulai berjualan pada pagi hari karena memang menyasar konsumen sebagai menu sarapan pagi. Selamat mencoba ya.

3. Sego Sadhukan Khas Jombang

Makanan Khas Jombang_Sego Sadhukan
Idnnews[dot]com
Jika kamu berasal dari luar wilayah Kabupaten Jombang pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu sego sadhukan. Nama yang masih asing di telinga kan?

Ya sego sadhukan adalah nasi yang dibungkus dengan porsi kecil. Di dalamnya sudah terdapat lauk seperti kering tempe, mie, sambel ikan teri ataupun suwiran ayam.

Mungkin jika ditempat lain sering dinamai sego kucing. Nama sadhukan ini berasal dari bahasa jawa yang artinya tendangan. Dimaksudkn makanan ini akan habis dalam sekejap.

Untuk dpat menemukan nasi sadhukan kamu bisa mencarinya pada malam hari. Biasanya disajikan di warung atau angkringan pinggir jalan yang juga menjajakan kopi. Selamat berburu sego sadhukan ya.

Sudah Tau: Makanan Khas Surabaya Paling ENak?

4. Onde-onde Kacang Merah

Makanan Khas Jombang_onde-onde kacang merah
Resepkomplitmasakankampung[dot]com
Makanan bercita rasa manis ini sudah pasti banyak yang telah mengenalnya. Ya jajanan khas Indonesia ini memanglah memiliki rasa yang nikmat. Terbuat dari tepung ketan yang dibalur dengan butiran wijen.

Jika biasanya onde-onde ini memiliki isian berupa kacang ijo, namun di Jombang terkenal dengan onde-onde berisi kacang merah. Meski isiannya berbeda tak mengurangi sedikitpun kenikmatan rasa onde-onde.

Onde-onde merupakan jajanan tradisional yang banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional.

Nah untuk kamu yang ingin menikmati lezatnya onde-onde kacang merah bisa mencarinya di pasar tradisiona ya. Sudah pasti harganya terjangkau.

5. Nasi Kikil Khas Jombang

Makanan Khas Jombang_Nasi Kikil
Makanan Khas Jombang Malam Hari via Travelingyuk[dot]com
Makanan yang dikenal sebagai nasi kesukaan Gus Dur ini memang tak perlu diragukan cita rasanya. Sudah pasti enak dan bikin ketagihan.

Nasi kikil merupakan salah satu makanan khas Jombang yang banyak dijual di sekitaran Jl KH Hasyim Asy’ari Jombang. Para pedagang nasi kikil biasa menjajakan makanan nya pada waktu sore hingga malam hari.

Makanan berkuah santan yang lezat ini disajikan diatas daun pisang yang dipincuk. Hal ini pastinya akan menambah cita rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Jika kamu tak begitu menyukai kikil, banyak lauk pendampingnya kok seperti paru, olahan daging, babat yang digoreng dengan rasa gurih. Tinggal pilih sesuai selera kamu saja.

Nah jika kamu berkunjung ke Jombang untuk ziarah ataupun berwisata jangan lupa untuk menjadikan nasi kikil sebagai makanan yang patut dicoba. Selamat menikmati ya.

6. Es Kelapa Muda Khas Jombang

Makanan Khas Jombang_Es Degdur
sofiamawaddatul.files.wordpress[dot]com
Saat terik siang pasti yang dicari pertama kali adalah minuman segar. Di Jombang terdapat minuman menyegarkan yang khas, yaitu es kelapa muda. Eh tapi tunggu dulu es kela muda di Jombang lain daripada di daerah lain.
Banyak dibaca:  Makanan Khas Nganjuk

Es kelapa muda disajikan bersama dengan buah lain seperti durian, alpukat, bahkan leci. Selain itu juga ditambahkan susu kental manis agar rasanya semakin nikmat.

Warga sekitar biasa menamakan es ini sebagai es degdur atau es degan durian. Banyak pedangang menjajakan es degdur di dekat stadion Merdeka atau sepanjang jalan KH Abdurrahman Wahid.

Para pedagang ini menjajakan jualannya secara berderet di sepanjang jalan. Kamu tak usah bingung memilih pedagangnya, karena rasa yang disajikan pun akan sama enaknya.

Untuk masalah harga sudah diseragamkan oleh pemerintah kabupaten Jombang dengan melakukan kartel harga.

7. Es Lodeh

Makanan Khas Jombang_Es Lodeh
jombangcityguide[dot]blogspot.com
Mendengar namanya saja sudah pasti terfikirkan adalah sayur lodeh yang bercita rasa gurih pedas bukan? Nah es lodeh ini sepintas akan terlihat sama seperti es campur atau es oyen pada umumnya.

Didalamnya terdapat berbagai jenis buah-buahan, ditambang dengan potongan roti dan mutiara. Tapi yang membuatnya berbeda adalah rasa pedas saat menikmatinya.

Namun untuk kamu yang merasa aneh jika harus menikmati es yang seharusnya memiliki rasa manis tapi ini malah pedas, pedagang es lodeh akan menawarkan pilihan rasa pedas atau manis saat kamu memesannya.

Meski memiliki varian rasa pedas, namun rasa pedas ini hanya tipis saja tetap rasa manis menjadi dominan. Rasa pedas ini berasal dari resep sambel yang sudah diracik secara khusus.

8. Ayam Panggang Urap

Makanan Khas Jombang_ayam bakar urap
Flickr[dot]com
Olahan ayam memanglah sudah menjadi resep masakan rumahan harian yang biasa bagi masyarakat kita. Tapi di Jombang terdapat makanan khas yang sungguh tak bisa kamu lewatkan yaitu ayam panggang urap.

Ayam panggang urap sudah menjadi makanan yang banyak disajikan di wilayah Jawa Timur.

Ayam yang digunakan merupakan ayam pilihan yaitu ayam kampung. Lalu ayam dibumbui sedemikian rupa lalu dipanggang hingga menjadi kudapat yang lezat.

Yang membedakan ayam panggang ini adalah, penyajianya menggunakan urap. Urap yang dibuat menggunakan aneka sayuran segar lalu dibalur dengan sambel kelapa yang pedas.

Selain disajikan dengan urap biasanya juga dilengkapi dengan mie, tempe juga telur. Ah sudah ngiler pasti kan?

Oke jangan lewatkan makanan satu ini ya saat kamu berkunjung ke Jombang.

Nah itu tadi beberapa daftar makanan khas Jombang yang bisa kamu cicipi dan masukkan ke dalam refrensi makanan yang patut dicoba. Selamat menikmati wisata kuliner di Jombang.

Jangan lupa tulis pengalamanmu di kolom komentar ya, bagi sudah nyobain aja. Kalau belum pernah, sementara bagiin artikel ini dulu ya. Supaya yang lain tahu dengan informasi ini. Terima Kasih.

Leave a Reply