Pesona Pantai Lenggoksono

Jika membahas kota Malang seakan tidak ada habisnya. Peta kawasan wilayah Malang memang sangat beragam, mulai dari dataran tinggi, objek wisata tentang alam dan juga pantainya. Ada banyak pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba, salah satunya adalah Pantai Lenggoksono. Pantai yang berada di wilayah pesisir Samudra Hindia ini memiliki panorama alam yang begitu memukau. 

Lenggoksono ini merupakan sebuah teluk, tempat bersandarnya perahu nelayan. Di bibir Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur 65182 terdapat banyak perahu bersandar, ada perahu nelayan yang setiap hari digunakan untuk melaut, ada juga perahu yang digunakan sebagai transportasi menuju Banyu Anjlok.

Alamat: Purwodadi, Tirtoyudo, Purwodadi Kidul, Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65182

Terletak 60 km (3 jam) dari pusat Kota Malang.

Lokasinya yang diapit perbukitan dengan hamparan pasir putih tentu sangat sayang bila dilewatkan dari jadwal liburan Anda. Ada beberapa hal yang menarik tentang pantai di Malang ini, informasinya sebagai berikut!

Sekilas tentang Pantai Lenggoksono Malang

Pantai Lenggoksono Sekilas tentang Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Objek wisata Pantai Lenggoksono di Malang masih satu lokasi dengan Wedi Awu, dan Bolu-bolu. Ketiga lokasi wisata ini sering disingkat dengan Bowele. 

Objek wisata ini bak “surga” bagi para pecinta Wisata alam. Penawaran keindahan alam yang eksotis inilah yang membuatnya banyak diminati orang.

Salah satu keunikan dan daya pikat wisatawan mancanegara adalah surga para peselancar dengan ombak-ombak tinggi di Pantai Wedi Awu. Letak geografis Pantai yang berada di cekungan membuatnya selalu terdapat ombak tinggi yang siap untuk memuaskan para peselancar, baik untuk pemula maupun yang sudah mahir berselancar.

Bukan hanya itu saja, objek wisata ini juga sangat berdekatan dengan Pantai Banyu Anjlok Malang Dampit sehingga Anda pun bisa mengunjungi banyak lokasi saat berwisata di sini. 

Hanya saja semenjak pandemi dan bencana alam pada pertengahan 2021 kemarin seakan membuatnya kayak pantai mati, tidak terawat dan hanya ada kapal-kapal nelayan yang terparkir saja. Ada banyak sampah dan juga warung-warung sudah tidak banyak yang jualan.

Harga Tiket Masuk Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Pantai Lenggoksono Harga Tiket Masuk Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Memilih wisata pantai memang menjadi pilihan yang tepat. Selain keindahan pantai yang memikat, budget berliburnya pun sangat sedikit. Nah, untuk masuk ke Pantai Lenggoksono Banyu Anjlok sendiri tarif masuknya Rp 15.000,- per orangnya saja, sedangkan tarif parkir roda dua sebesar Rp 5.000,- dan roda empat sebesar Rp 10.000,- per kendaraan. Cukup lumayan juga bukan?

Ketahui juga: tiket masuk Pantai Batu Bengkung.

Jam Operasional

Pantai Lenggoksono Jam Operasional Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Objek wisata dengan sajian keindahan alam ini sangat menarik untuk dikunjungi.  Anda bisa mengunjungi objek wisata Pantai Lenggoksono Malang kapan saja. Ini karena tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Sehingga Anda pasti akan puas bermain dan menjelajah keindahan alam Lenggoksono untuk mendapatkan perjalanan wisata yang menyenangkan.

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi, diantaranya Puncak Kosakora Jogja dan Air Terjun Sri Gethuk Jogja.

Objek Wisata Pantai Lenggoksono Malang Selatan

Dengan tarif masuk yang sangat murah, ada apa saja di Pantai Lenggoksono dan Banyu Anjlok? Jangan pandang sebelah mata tentang tarif masuknya, sebab pantai di Malang ini menyembunyikan beberapa keindahan berikut ini:

Banyak dibaca:  Pantai Sowan

1. Penggemar Selancar Bisa Apresiasikan Hobinya Disini

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Surfing Penggemar Selancar Bisa Apresiasikan Hobinya Disini Malang Jawa Timur

Kabar bahagia bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, karena Pantai Lenggoksono Kabupaten Malang memiliki ombak yang cukup tinggi, sehingga bisa digunakan untuk melakukan olahraga selancar.

Namun sayangnya, ombak besar yang bisa digunakan untuk berselancar hanya ada dalam musim tertentu saja. Selain itu, bagi Anda yang ingin menyalurkan hobinya, tetap waspada dan hati-hati. Sebab ombak di pantai ini benar-benar besar dan tinggi.

2. Menjelajah Pantai Lenggoksono Dengan Perahu

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Menjelajah Pantai Lenggoksono Dengan Perahu Malang Jawa Timur

Tak hanya puas menikmati keindahan alam di bibir pantai saja. Namun Anda bisa menjelajah hingga ke laut lepas menggunakan perahu. Bahkan, dengan menggunakan perahu, Anda bisa berkunjung ke pantai lainnya, seperti teluk Kletekan dan Pantai Bolu-Bolu

Untuk harga sewa naik perahu sendiri, yakni perorangan sebesar 60 ribuan. Dimana untuk 1 perahu biasanya berisi 8 orang penumpang. Jadi jika ditotal, dalam satu rombongan perlu membayar sewa perahu sebesar Rp 480.000 untuk perjalanan pulang pergi. 

3. Mencoba Snorkeling di Teluk Kletekan

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Mencoba Snorkeling di Teluk Kletekan Malang Jawa Timur

Dengan menjelajah menggunakan perahu, maka Anda bisa sampai ke Teluk Kletekan. Nah, yang menarik disini adalah, sebelum sampai di bibir Teluk Kletekan, Anda bisa melakukan snorkeling Pantai Lenggoksono untuk melihat keindahan alam bawah laut yang indah nan menakjubkan.

Perahu yang digunakan tidak perlu merapat ke Pantai terlebih dahulu. Anda bisa langsung menceburkan diri ke laut. Tapi sebelum itu pastikan Anda membawa peralatan snorkeling lengkap ya. tenang saja, jika Anda tidak menyiapkan dari rumah, Anda bisa menyewanya di sini. Untuk biaya sewanya sendiri sekitar Rp 25.000,- s/d Rp 35.000,-.

Dengan kedalaman sekitar 5 meter saja, Anda bisa menikmati keindahan biota laut dan terumbu karang yang mempesona. Ada banyak ikan dan terumbu karang yang hidup di sekitar teluk.

Buat yang sudah merasakan snorkeling di Taman Nasional Komodo atau Raja Ampat sih pastinya kurang terhibur di sini. Tapi buat yang belum pernah snorkeling di perairan Indonesia Timur, bisa dikatakan, bahwa keindahan alam bawah laut di Teluk Kletekan mirip seperti yang ada di Raja Ampat.

4. Menikmati Keindahan Pantai Bolu-Bolu

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Menikmati Keindahan Pantai Bolu-Bolu Malang Jawa Timur

Puas menjelajah Lenggoksono dan Teluk Kletekan, dengan menggunakan perahu, Anda bisa lanjut menuju Bolu-Bolu. Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini tentu tak kalah dari destinasi wisata keduanya.

Pantai ini memiliki medan yang sulit dicapai saat menggunakan perjalanan darat karena dikelilingi tebing yang curam. Memang sih Anda bisa menggunakan motor dari Lenggoksono. 

Tapi biasanya orang ke pantai ini sekalian mampir ke Kletekan dan Air Terjun Banyu Anjlok, makanya lebih banyak yang memilih naik perahu. 

Di Pantai Bolu-Bolu ini, Pantainya landai, ombaknya tenang dan airnya jernih, banyak ikan-ikan kecil hilir mudik, membuatnya menjadi lokasi yang cocok buat berenang-renang. Anda pun bisa berenang dengan puas dan aman sambil menikmati keindahan pantai.

DI sini juga terdapat pondokan dan toilet untuk bilas. Tapi disarankan tetaplah dengan baju basah untuk lanjut ke Air Terjun Banyu Anjlok karena Anda pasti tergoda main basah-basahan lagi di bawah air terjun.

5. Air Terjun Indah yang Jatuh Langsung ke Laut

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Air Terjun banyu Anjlok Indah yang Jatuh Langsung ke Laut Malang Jawa Timur

Jangan hanya berhenti Pantai Bolu-Bolu saja, karena Anda harus melanjutkan perjalanan ke Pantai Banyu Anjlok. Di pantai ini ada banyak keindahan tersembunyi, salah satunya air terjun tawar yang jatuh langsung ke laut.

Ya, pemandangan menakjubkan demikian bisa Anda nikmati di kawasan Pantai Banyu Anjlok. Kejernihan lautan luas, dan indahnya air terjun yang jernih tentu membuat liburan Anda semakin mengasyikkan. Apalagi, Anda juga bisa bermain dan berenang di bawah air terjun ini, sehingga akan semakin puas bukan?

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Delegan

6. Lokasi yang Pas untuk Camping

Pantai Lenggoksono Objek Wisata Lokasi yang Pas untuk Camping Malang Jawa Timur

Bukan hanya pemandangan alamnya yang indah tapi Anda juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di Pantai ini.

Hanya saja jika Anda ingin camping disini harus izin terlebih dahulu kepada pengelola Pantai. Anda tidak bisa mendirikan tenda di sembarang tempat.

Sementara untuk kendaraan, Anda bisa memasukkan motor yang digunakan dalam sebuah bangunan di samping mushola jadi tidak ditempat parkir diluar, helm juga diletakkan ditempat yang aman oleh mas parkirnya. Jadi kendaraan Anda akan tetap aman dan tidak khawatir kehilangan

Akses dan Rute Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono Akses dan Rute Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Terletak sekitar 60 km dari pusat kota, jika Anda menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunakan mobil maka membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam perjalanan. 

Sedangkan rute ke Pantai Lenggoksono, yakni pertama arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Dampit, yang berjarak sekitar 1,5 km dari pusat Kota Malang. Setelah itu, ambil arah selatan untuk menuju Kecamatan Tirtoyudo.

Sampai di kecamatan ini, maka ambilah jalur yang menuju Pantai Sipelot hingga Anda menemukan persimpangan. Dari persimpangan tersebut,  ambil jalur yang menuju Lenggoksono.

Walau kelihatannya sebentar tapi perlu Anda ketahui jika akses Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur 65182 memiliki rute jalan yang cukup extrim. Ada banyak tikungan, tanjakan dan turunan menuju ke lokasi. Jika Anda dari Surabaya setelah memasuki kecamatan Tirtoyudo, sebaiknya jangan mengandalkan peta Google Maps. 

Ini karena petunjuk dari Maps kurang valid. Sebaiknya tanya kepada penduduk sekitar saja agar Anda tidak disesatkan selama perjalanan menuju objek wisata.

Fasilitas

Pantai Lenggoksono Fasilitas Malang Jawa Timur

Berwisata ke Pantai Lenggoksono, tentu sekaligus Anda bisa berlibur ke 3 tempat seperti Teluk Kletekan, Bolu-Bolu dan Banyu Anjlok. Dimana untuk fasilitasnya sendiri, tentu masing-masing tempat tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, seperti

  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung untuk membeli makanan.
  • Persewaan alat-alat surfing dan snorkeling

Tips Berlibur ke Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono Tips Berlibur ke Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur

Ada beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan sebelum berwisata ke sini. Adapun tips tersebut diantaranya:

  1. Perlu Anda ketahui, bahwa jalan menuju Pantai Lenggoksono jika telah sampai di desa Lenggoksono masih sangat minim petunjuk. Sehingga sangat disarankan untuk bertanya mengenai jalan yang bisa dilalui agar Anda tak tersesat.
  2. Di kawasan menuju objek wisata juga masih minim lampu penerangan jalan ataupun warung. Jadi, pastikan hindari perjalanan malam untuk menuju pantai ini. Selain itu, karena jalanan menuju lokasi sangat sempit (bisa dilalui mobil) serta terdapat jurang tinggi yang berada kanan dan kiri jalan, pastikan Anda berhati-hati ketika berkendara.
  3. Jangan gunakan motor matic karena besar kemungkinan tidak akan kuat menaiki tanjakan extreme.
  4. Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan sehat dan performa yang baik agar aman di perjalanan.
  5. Jangan lupa untuk membawa uang cash yang banyak serta bahan bakar yang cukup karena SPBU dan ATM sangat susah di cari.
  6. Amankan barang-barang berharga Anda agar tidak terjadi kehilangan. lebih baik Anda selalu membawanya dan jangan ditaruh sembarangan, walau di tempat penitipan sekalipun.

Bagaimana, masih berpikir dua kali untuk berlibur ke sini? Hanya menuju 1 tempat saja, Anda bisa sekaligus menjelajah 4 destinasi wisata liburan di Malang yang menarik dan mengasyikkan. Jadi, langsung saja masukan lokasi Pantai Lenggoksono Dampit di list perjalanan liburan Anda.

Leave a Reply