Bahan Kain Hyget: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Pernahkah kalian mengikuti sebuah event atau kegiatan parpol dan mendapatkan sebuah kaos? Tahukah kalian apa sih bahan kaos tersebut? Pada umumnya bahan kaos yang digunakan yaitu kain hyget.

Kain ini sangat murah sehingga tak heran jika bahan ini banyak digunakan. Kainnya yang murah sehingga akan dapat menghemat anggaran. Kainnya memang tipis sehingga terkadang banyak orang yang tidak terlalu suka. 

Walaupun murah namun kain ini tetap tampak bagus pada saat dibuat pakaian. Kalian yang sering ikut event atau pun pihak penyelenggara pastinya sudah tahu bukan dengan kain tersebut. 

Penasaran seperti apa bahannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini

Bahan Hyget Seperti Apa?

Bahan Kain Hyget Bahan Hyget Seperti Apa

Bahan hyget adalah kain yang dibuat dari campuran antara polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Kain bahan ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam membuat kaos atau jersey bola dan juga jilbab instan.

Kain ini pun seringkali dikonotasikan dengan harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan bahan kaos lainnya seperti jenis kain katun rayon, kain spandek jersey dan PE (polyester kain).

Walaupun murah namun bukan berarti produk dihasilkan nampak murahan dan kurang bagus. Ini karena sudah banyak konveksi besar yang menggunakan kain ini karena memang bahannya yang sangat murah. 

Karakteristik Bahan Hyget

Bahan Kain Hyget Karakteristik Bahan Hyget

Adapun karakteristik kain hyget yaitu:

1. Bahannya mengkilap dan tidak mudah kusut

Kain ini bisa nampak mengkilap tak lepas dari bahannya yang terlalu tipis. Sehingga jika dikenakan pada cuaca yang terik akan cepat terasa panas atau gerah. Namun disisi lain, setelah dicuci pakaian akan mudah kering.

Selain mengkilap, kain ini juga memiliki karakteristik tidak mudah kusut. Kalian pun tidak perlu repot-repot menyetrikanya terlebih dahulu sebelum mengenakannya.

2. Kurang maksimal dalam menyerap keringat

Karakteristik lain yang dimiliki oleh kain hyget motif bunga yaitu kurang maksimal dalam menyerap keringat. Hal ini karena serat yang digunakan dalam hyget bukanlah berasal dari 100% serat katun, namun serat campuran.

Sehingga kalian tidak perlu berharap lebih jika kaos dari bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik. 

Terutama pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Dipastikan kalian akan tetap mandi keringat pada saat menggunakan kaos berbahan hyget.

3. Memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda

Hyget bukan hanya satu jenis saja. Setiap jenisnya memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Bahan yang tebal akan cukup nyaman digunakan sebagai sebuah pakaian. Walau penyerapan keringatnya kurang maksimal, tapi setidaknya kalian tidak akan terlalu merasa panas. 

Sementara bahan yang tipis akan sangat mudah membuat pengguna kepanasan pada saat cuaca sedang terik. Selain itu, pada saat cuaca hujan atau suhunya dingin, pengguna akan sangat mudah sekali kedinginan. 

4. Harganya murah dan terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, serat hyget tergolong murah dan terjangkau. Harga bahannya yang sangat murah ini tak lepas dari bahannya yang memiliki daya serap keringat kurang baik dan membuat badan mudah kegerahan. 

Nah, harganya yang murah inilah yang membuat bahan hyget import sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos partai atau kaos sebuah event.

Kalian pun akan bisa menghemat banyak pengeluaran, terlebih lagi jika acara atau event tersebut memiliki keterbatasan biaya.

Jenis Kain Hyget Seperti Apa?

Adapun jenis bahan hyget yaitu:

1. Hyget Tipis

Bahan Kain Hyget Jenis Kain Hyget 1. Hyget Tipis

Seperti namanya, hyget tipis memiliki ketebalan yang sangat tipis dengan kualitas yang paling rendah. Teksturnya sangat mirip dengan kain kaos hanya saja lebih tipis. Harga bahan ini pun sangat murah. Biasanya jenis kain ini sering kali digunakan sebagai bahan utama pembuatan kaos kampanye politik atau event.

2. Hyget Biasa

Bahan Kain Hyget Jenis Kain Hyget 2. Hyget Biasa

Jenis hyget biasa hampir memiliki kesamaan dengan hyget tipis. Karena memiliki ciri yang mirip sehingga membuat harganya pun sangat murah. Bahkan ini juga memiliki fungsi yang sama seperti hyget tipis, yaitu sama-sama dibuat menjadi kaos partai.

Tahu kan kaos partai? Itu lho kaos yang sering dibagikan pada saat kampanye parpol maupun kampanye lainnya.

Bahan hyget biasa pada umumnya memiliki warna yang cerah dan sering dipadukan dengan warna lain seperti putih dan kuning, putih dan merah, putih dan biru, putih dan hijau.

Walaupun kainnya tipis namun hyget biasa tidak dapat menyerap keringat dengan baik sehingga akan terasa panas jika digunakan. 

karena itulah pada saat menggunakan kaos hyget biasa di siang hari, kalian akan terlihat seperti mandi keringat. 

Inilah yang menjadi kelemahan utama dari bahan hyget biasa. Sehingga tak heran jika harganya pun menjadi sangat murah. 

Namun disisi lain kain ini menjadi solusi buat kalian yang sering mengadakan event dan membutuhkan banyak kaos sebagai souvenir, seragam maupun yang lainnya. Kalian pun tidak akan banyak mengeluarkan biaya dalam membuat kaos bahan hyget biasa ini. 

Banyak dibaca:  Kain Tile

3. Bahan Hyget Premium (Hyget Super)

Bahan Kain Hyget Jenis Kain Hyget 3. Bahan Hyget Premium (Hyget Super)

Jenis bahan hyget super sering disebut juga dengan kain hyget premium. Kain ini memiliki tekstur permukaan yang lebih rapat, tebal dan rapi jika dibandingkan dengan hyget biasa. Dia juga memiliki daya serap yang lebih baik dibandingkan dengan yang biasa. 

Sehingga tak heran jika harganya pun menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan yang biasa. Walau mahal namun kain ini memiliki kualitas yang lebih baik sehingga akan terasa nyaman ketika digunakan. 

Karena kainnya yang rapat sehingga bahan ini sering kali dibuat menjadi jilbab instan dengan model bergo, gamis maupun kaos event dan kaos bola.

Nah, jilbab yang dibuat dengan kain hyget super memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jilbab dari jenis lainnya.

Hanya saja karena bahannya yang terbilang lebih murah sehingga wajar jika jilbabnya akan terasa cukup panas ketika digunakan, terutama saat pada cuaca yang sangat terik.

4. Bahan Hyget Balon

Bahan Kain Hyget Jenis Kain Hyget 4. Bahan Hyget Balon

Jenis bahan hyget balon adalah serat yang dibuat menggunakan campuran antara katun dan polyester spandex. Sehingga tak heran jika tekstur kainnya menjadi lembut dan adem seperti sutra.

Karena dibuat dengan campuran spandek sehingga wajar jika kainnya pun mirip dengan spandek. Hanya saja kainnya tidak sebagus kain sutra jepang.

Hyget balon memiliki kualitas yang lebih baik daripada hyget super. Kalian bisa melihat perbedaan kualitasnya hanya dengan menyentuhnya saja. 

Karena berkualitas sehingga wajar jika harganya pun cenderung lebih mahal dari bahan kain hyget super.

Pada umumnya kain hyget balon digunakan sebagai bahan untuk membuat busana muslim dengan model gamis dan jilbab bergo.

Bahannya yang masih tergolong murah sehingga bahan hyget baloon sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kaos tim olahraga tiruan atau KW.

Hanya saja walau kain ini mampu menyerap keringat tapi proses penyerapannya tidak mampu bekerja secara maksimal. Sehingga terkadang beberapa orang kurang nyaman ketika menggunakan kaos dari bahan ini.

5. Bahan Hyget Serena

Bahan Kain Hyget Jenis Kain Hyget 5. Bahan Hyget Serena

Kain hyget serena merupakan bahan terbaik diantara keempat jenis hyget lainnya. Dikatakan sebagai serat terbaik pada jenisnya karena teksturnya yang lebih lentur, adem, tebal dan lebih padat dari jenis hyget lainnya.

Sifat kain yang padat sehingga membuatnya tidak akan mudah tembus pandang dan juga tidak akan panas ketika digunakan. 

Selain itu adanya campuran nilon di dalamnya sehingga membuatnya memiliki daya serap keringat yang cukup bagus.

Tentu hal ini serasa berkebalikan dengan kain hyget pada umumnya. Umumnya memang kain hyget tidak mampu menyerap keringat dengan baik.

Namun hal ini tidak akan kalian temukan pada hyget serena. Sehingga tak heran jika kain hyget super premium serena sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan  kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya

Karena kualitas inilah yang membuat harga hyget serena menjadi lebih mahal jika dibandingkan jenis hyget lainnya. 

Kelebihan Bahan Hyget

Bahan Kain Hyget Kelebihan Bahan Hyget

Kain hyget memiliki banyak kelebihan diantaranya:

1. Mudah Ditemukan di Pasaran

Ada banyakkain hyget jersey yang dijual di pasaran. Kalian akan sangat mudah sekali menemukannya. Entah itu masih berupa kain maupun sudah dibentuk menjadi sebuah produk berupa kaos maupun kerudung.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan kalian jika ingin mendapatkan kain atau produk yang seragam dalam jumlah yang sangat banyak.

2. Tidak Mudah Kusut

Buat kalian yang malas untuk menyetrika pakaian, hyget bisa menjadi salah satu solusinya. Produk yang dibuat dengan menggunakan hyget tidak akan mudah kusut walaupun habis dicuci. Sehingga waktu kalian tidak akan banyak terbuang percuma.

3. Harga yang Cukup Murah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kain ini yaitu harganya yang sangat murah. Bahkan ketika sudah dibuat menjadi sebuah produk oun akan tetap murah. Tentu harganya jauh di bawah bahan lain seperti polyester atau cotton combed.

Tentunya kelebihan ini bisa menjadi solusi buat kalian dalam memproduksi kaos dalam jumlah banyak dengan biaya yang sangat terjangkau. 

Selain murah, ada jenis kain hyget sutra yang cukup nyaman digunakan. Sehingga kalian akan mendapatkan produk dengan kualitas yang cukup bagus tapi tetap terjangkau harganya.

Kekurangan Bahan Hyget

Bahan Kain Hyget Kekurangan Bahan Hyget

Perlu kalian perhatikan kembali, sebelum memutuskan untuk menggunakan kain hyget baloon, kalian perlu mengetahui kelemahannya. Adapun kekurangan bahan hyget printing yaitu:

1. Sangat panas ketika digunakan

Kekurangan yang pertama dari kain hyget yaitu terasa sangat panas ketika digunakan, terutama pada saat cuaca sedang terik.

Sehingga tidak disarankan buat kalian untuk terlalu sering menggunakan kaos atau jilbab dengan hyget, apalagi pada saat cuaca sedang terik.

Jika kalian memaksa untuk tetap memakainya, maka dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas kalian. Sehingga aktivitas yang dilakukan pada hari itu menjadi tidak maksimal.

2. Tidak mampu menyerap keringat dengan baik

Selain sangat panas saat digunakan, kain ini juga kurang bagus dalam menyerap keringat. sehingga banyak yang kurang nyaman pada saat menggunakan kaos berbahan hyget karena terlalu banyak keringat yang keluar dari tubuh.

Banyak dibaca:  Jenis Kain Katun

Apalagi jika kalian menggunakannya pada saat berolahraga. tentu kalian akan basah kuyup karena keringat yang keluar dari tubuh. 

3. Bahannya sangat tipis

Walau ada yang tebal, namun secara keseluruhan kain hyget masih dikategorikan sangat tipis. Sehingga tak heran jika dia kurang bagus dalam menyerap keringat pada saat cuacanya sangat panas. 

Walau memang ada jenis hyget serena dan balon yang agak tebal, namun tetap saja kain ini akan terasa tipis. Makanya kalian akan sangat jarang menemukan kaos berbahan hyget yang dijual distro.

Pemanfaatan Kain Hyget

Bahan Kain Hyget Perawatan Kain Hyget

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis kain hyget premium banyak dimanfaatkan dalam dunia fashion. Adapun bahan ini sering dibuat menjadi:

1. Kaos Oblong

Kaos oblong alias t-shirt merupakan busana untuk menutupi tubuh bagian atas.  Busana ini memiliki ciri khusus berupa tidak adanya kancing, kerah dan saku pada kaos. 

2. Kaos partai, event dan olahraga

Bahan hyget super premium menjadi pilihan utama dalam pembuatan kaos partai, event dan juga kaos olahraga.

Jenis kaos yang tergolong lebih tipis seringkali dibuat menjadi kaos kampanye parpol atau kaos event. Sementara yang super maupun serena lebih sering digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

3. Gamis

Ada banyak gamis yang dibuat dengan menggunakan serat hyget, yakni hyget super dan balon. Hanya saja memang gamis yang dihasilkan tidak se bagus dan sebaik gamis dari jenis kain lainnya.

4. Jilbab Bergo

Jilbab bergo merupakan jilbab instan yang memiliki bantalan busa pada bagian atasnya. Karena instan sehingga dapat langsung dikenaakan tanpa perlu menggunakan tambahan peniti maupun jarum pentul untuk mengaitkannya.

Bahan hyget yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jilbab bergo yaitu hyget super dan balon.

Perawatan Kain Hyget

Buat kalian yang memiliki busana bahan hyget tentu dibutuhkan tips dan perawatan khusus agar bahannya tetap kualitas dan terjaga. Sehingga kalian bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Adapun cara merawatnya yaitu:

1. Cara mencuci

Pada saat kalian akan mencuci pakaian, sebaiknya simak langkah berikut:

  1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu memisahkan kaos, gamis, jilbab serta jenis pakaian yang berat dan tebal.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan deterjen pada saat mencuci pakaian berbahan hyget.
  3. Jika terdapat noda pada kain, cukup direndam kemudian dikucek perlahan sampai nodanya hilang. Jangan menyikat pakaian hyget karena berpotensi akan merusak seratnya.
  4. Setelah itu bilas pakaian sampai bersih hingga tidak ada sisa-sisa busa detergen.
  5. Jangan terlalu keras dalam memeras pakaian terutama bagian busa atau pet pada jilbab bergo. 

2. Cara menjemur

Setelah dicuci hingga bersih, kalian juga perlu menjemur pakaian berbahan hyget. Adapun cara menjemurnya yaitu:

  1. Jemur pakaian dalam kondisi terbalik 
  2. Setelah itu jemur pakaian dengan diangin-anginkan saja dan tidak perlu banyak terkena sinar matahari langsung. 
  3. Jika pakaian sudah kering, segera angkat dari jemuran agar tidak terkena debu dan kotoran. 

3. Cara menyimpan pakaian

Setelah kering langkah selanjutnya yaitu menyimpan pakaian. Adapun cara menyimpan pakaian berbahan hyget yaitu:

  1. Segera melipat pakaian setelah kering tanpa perlu menyetrika.
  2. Jika kalian ingin menyetrika pakaian, kalian bisa menyetrikanya dengan suhu sedang saja. Selain itu, kalian bisa juga menambahkan pelicin pakaian agar tetap halus. 

Tips Berbelanja Kain Hyget

Buat kalian yang akan berbelanja pakaian berbahan hyget, kalian bisa membelinya secara offline maupun online. Jika membeli secara offline, kalian hanya perlu datang ke toko di sekitar kalian.

Namun jika kalian berencana membelinya secara online maka ada baiknya jika kalian menyimak tips berikut ini:

  1. Pertama kalian perlu mengetahui ciri dan karakteristik bahan kain terlebih dahulu, gunanya agar kalian tidak menjadi korban penipuan. 
  2. Pastikan toko yang menjualnya memiliki nama dan reputasi yang baik. Untuk melihat reputasi tersebut kalian bisa melihat review dan tingkatan yang dimiliki oleh toko tersebut.
  3. Perhatikan deskripsi dan spesifikasi lengkap pada barang. Toko terpercaya biasanya akan memberikan deskripsi dan spesifikasi barang secara lengkap. 
  4. Pastikan kalian untuk memperhatikan detail dan corak kain yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Jangan tergiur harga murah tapi barangnya tidak sesuai dengan kualitasnya. 
  6. Pastikan juga toko online tersebut menyediakan jasa pengiriman yang bisa di lacak keberadaannya.

Jika kalian masih ragu dalam membeli bahan yang sesuai dengan harganya, silahkan kalian bisa klik toko di bawah ini:

Cek di Tokopedia

Demikian pembahasan singkat terkait kain bahan hyget. Semoga pembahasan di atas dapat menambahkan wawasan kalian sehingga pada saat membeli kain ataupun produk dari hyget tidak tertipu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mengikuti bosmeal agar tidak ketinggalan informasi-informasi menarik lainnya seperti bahan kain voxy, kain ceruti motif, dan kain sifon tebal.

Leave a Reply