Kain Sifon: Pengertian, Ciri, Jenis, Sifat Bahan, dan Harga Terbaru

Apakah kalian sudah mengenal kain sifon premium? Bahan sifon premium sendiri ada yang polos dan ada juga yang motif. Biasanya dibuat dengan model baju modern ataupun menjadi gamis yang cantik. Tujuannya jelas, yakni untuk memberikan rasa nyaman kepada pemakainya. 

Tentunya hal ini didukung dengan sudah populernya kain chiffon akan kelembutan dan warnanya yang cantik saat dikenakan. Sehingga kalian pun akan percaya diri pada saat menggunakannya. Walaupun demikian, rupanya kain ini juga memiliki ciri dan kekurangan tersendiri.

Bukan hanya itu saja, perlu kalian ketahui jika kain Chiffon tidak hanya satu jenis saja. Ada yang murah dan ada yang mahal. Jangan sampai kalian terkecoh akan harganya yang sangat mahal tapi menggunakan bahan murahan.

Nah untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini bosmeal akan membahas lebih dalam mengenai bahan sifon kain. Jika kalian penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Kain Sifon?

Bahan Kain Sifon Apa Itu Kain Sifon

Kain sifon adalah kain yang dibuat bahan alami maupun sintetis seperti sutra, katun, rayon, nylon, polyester atau blend. Jenis kain ini memiliki ketebalan yang tipis,halus, ringan, agak menerawang tapi tidak mampu menyerap keringat. 

Biasanya jenis kain ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dress, rok, pakaian atasan hingga ikat pinggang.

Sekarang ini kain Chiffon mayoritas menggunakan serat sintetis daripada serat alami. Alasannya karena bahan sintetis cenderung lebih kuat, mudah diproduksi dan warnanya lebih bagus jika dibandingkan saat memakai serat alami.

Ciri Ciri Kain Sifon

Bahan Kain Sifon Ciri ciri kain Sifon
  • Memiliki permukaan yang licin saat disentuh
  • Teksturnya halus dan memiliki kilau yang samar
  • Flowy atau jatuh sehingga membuat kalian semakin cantik saat menggunakannya.
  • Tidak mudah kusut sehingga kalian akan tampil lebih percaya diri saat menggunakannya

Mengenal Jenis Kain Sifon

Bahan Kain Sifon Jenis Macam Kain

1. Silk Chiffon (Kain Sifon Sutra)

Jenis silk chiffon merupakan kain yang dibuat dari benang sutra sehingga sudah tidak diragukan lagi akan kelembutannya. 

Umumnya bahan sifon silk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gaun dress pesta. Hanya saja karena dibuat dari serat alami, kalian mesti hati-hati pada saat menggunakannya. Hal ini karena serat alami membuatnya menjadi rentan robek. 

Karena menggunakan bahan dasar sutra sehingga membuat harganya pun menjadi paling mahal dibandingkan jenis chiffon lainnya.

2. Cotton Chiffon

Cotton Chiffon yaitu kain yang dibuat dari serat katun sehingga membuatnya memiliki daya serap air yang baik. Kalian pun akan sangat nyaman saat menggunakannya.

Umumnya, Cotton Chiffon digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian muslimah. Hanya saja, karena kainnya tipis, kalian perlu menambahkan furing agar tidak menerawang. Harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan sifon sutra.

3. Rayon Chiffon

Jenis rayon chiffon merupakan kain yang dibuat dari serat rayon. Dikarenakan menggunakan serat rayon sehingga membuat harganya pun menjadi lebih murah daripada sifon katun. 

Banyak dibaca:  Kain Majun: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Manfaat

Walaupun demikian, dari segi kualitas sendiri masih lebih baik jika dibandingkan dengan bahan sintetis lain seperti polyester.

4. Nylon Chiffon

Nylon Chiffon merupakan kain yang dibuat dengan serat bahan nilon sehingga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Chiffon yang dibuat dengan bahan polyester. Hanya saja, pilihan warna sifon nilon lebih banyak daripada sifon polyester.

5. Poly Chiffon

Poly Chiffon merupakan kain yang dibuat dari serat sintetis yakni bahan polyester. Karena menggunakan bahan polyester sehingga membuatnya lebih murah tapi lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis rayon chiffon.

6. Blend Chiffon

Blend Chiffon merupakan kain yang dibuat dari perpaduan serat sutera dengan polyester sehingga menghasilkan bahan yang lebih kuat dan mengkilap. Walaupun dibuat dari pencampuran serat alami dan sintetis namun masih memiliki kualitas dibawah sifon sutra.

7. Hycon Chiffon

Hycon Chiffon memiliki sifat yang ringan, licin dan flowy sehingga agak mudah dibentuk. Harganya sendiri paling murah jika dibandingkan dengan sifon lainnya.

8. Crepe Chiffon atau Diamond Chiffon

Kain sifon crepe memiliki karakteristik bahan yang tebal dan elastis. Biasanya, crepe chiffon atau diamond chiffon digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis, jilbab batik segi empat ataupun pashmina.

9. Cerutti Chiffon

Karakteristik kain sifon ceruti memiliki tekstur bintik halus seperti kulit jeruk sehingga membuatnya lebih berat, lebih elastis sehingga sangat mudah dibentuk. Umumnya cerutti Chiffon digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis syar’i.

Kelebihan Dari Bahan Sifon

Bahan Kain Sifon Kelebihan Dari Bahan Sifon

Kain sifon polos sendiri memiliki beberapa kelebihan sehingga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian, misal gamis dan kerudung. Adapun kelebihannya yaitu:

 1. Lebih Tahan Lama

Walaupun tidak semua, tapi sifon yang terbuat dari serat sintetis memiliki ketahanan cukup bagus daripada yang lainnya. Alhasil, baju bahan sifon memiliki kualitas yang cukup tinggi karena tidak mudah sobek atau berlubang.

2. Nyaman Dipakai

Kain sifon tebal sendiri cukup nyaman saat digunakan karena teksturnya yang lentur dan tidak kaku. selain itu, kenyamanan lain yang kalian dapatkan yakni kemampuannya yang mampu menyerap keringat dengan baik. Walaupun cuaca sangat panas, kalian akan tetap nyaman mengenakannya.

3. Mudah Dicuci

Kelebihan selanjutnya yakni mudah dicuci. Hal ini karena berkaitan dengan sifat kain yang tidak mudah untuk menyerap noda atau kotoran. Walaupun demikian, kalian tidak dianjurkan untuk mencuci dress bahan sifon motif bunga dengan mesin cuci. Cukup dengan dikucek manual saja. 

4. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan lain yaitu bahannya yang tidak mudah kusut. Dengan demikian, pada saat kalian sedang terburu-buru, kalian tidak akan direpotkan dengan urusan pakaian sifon yang nampak kusut dan tidak rapi.

Namun jika kalian ingin menyetrika pakaian sifon, sebaiknya gunakanlah setrika dengan suhu rendah agar pakaian tidak cepat berkerut dan rusak.

Kekurangan Bahan Sifon

Bahan Kain Sifon Kekurangan Bahan Sifon

Adapun kekurangan sifon antara lain:

1. Sulit Dibentuk

Dikarenakan bahannya ada yang tipis dan kaku membuat banyak busana berbahan sifon sangat sulit dibentuk. 

Misalnya saja pashmina berbahan dasar sifon akan sulit untuk dimodifikasi, sehingga kalian memerlukan bantuan jarum untuk membentuknya. Tujuannya jelas agar pashmina tidak mudah bergeser dan melorot.

Banyak dibaca:  Bahan Kain Ceruti: Jenis, Ciri dan Karakteristik

2. Bahan Tipis

Seperti sudah disebutkan jika kain Chiffon sangat tipis sehingga kurang mampu untuk menahan panas yang ada di sekitar tubuh. 

Selain itu, dikarenakan bahannya yang tipis sehingga membuat pakaian berbahan sifon menjadi tembus pandang. Solusinya kalian perlu menambahkan furing agar pakaian tidak menerawang.

Kegunaan Bahan Kain Sifon

Bahan Kain Sifon Kegunaan Bahan Kain Sifon

Kain sifon motif dengan kualitas premium misal dari serat sutra sendiri banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan pakaian resmi

Biasanya kain dipadukan dengan lapisan atau kain buram atau polos. Tujuannya agar pakaian menjadi tampak berkilau dan bertekstur.

Harga kain sifon yang dijual di pasaran sendiri memiliki banyak variasi seperti polos, bunga, motif bunga kecil, tebal, dan arab. 

Biasanya macam macam kain sifon digunakan sebagai bahan dasar:

  • rok
  • gaun malam
  • gaun pengantin
  • gamis
  • tunik
  • dress
  • blus
  • jilbab
  • syal
  • ikat pinggang
  • dan aksesoris lainnya.

Kisaran Harga Bahan Sifon di Pasaran

Bahan Kain Sifon Jenis Macam Kain 1. Silk Chiffon Kain Sifon Sutra

Kain chiffon yang tersedia di pasaran sendiri memiliki harga yang bervariasi. Semua tergantung bahan dan juga jenisnya. 

Bahan sifon yang paling murah yakni jenis sifon polyester dijual mulai dari Rp. 10 ribuan per meter. Sementara harga di atasnya yaitu sifon rayon, ceruti, dan hycon bisa kalian dapatkan mulai harga Rp 20 ribuan per meter.

Jika kalian menginginkan sifon yang lebih berkualitas lagi, kalian bisa memilih sifon crepe dan katun, yang bisa kalian dapatkan dengan harga mulai Rp 40 ribuan per meter.

Sementara kain chiffon kualitas premium yakni chiffon sutra dijual dengan harga kisaran Rp 100 ribuan per meter. Harga ini hanya kisaran saja dan bisa saja berubah sesuai keadaan dan toko masing-masing.

Cara Merawat Kain Sifon

Kain Tile Cara Mencuci Kain Tile

Dikarenakan tekstur kain sifon motif bunga yang halus dan juga tipis membuatnya membutuhkan perawatan ekstra hati-hati. Tujuannya agar kain Chiffon tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Adapun cara merawatnya yaitu:

  1. Pada saat kalian mencuci pakaian berbahan dasar sifon, gunakanlah air dingin dan jangan mencampurkannya dengan pakaian lain.
  2. Pilihlah detergen yang sifatnya lembut agar tekstur kain tidak rusak.
  3. Jangan menjemur pakaian dibawah sinar matahari langsung, cuku diangin-anginkan saja.
  4. Jika kain Chiffon terkena noda, cara menghilangkannya dengan meletakkan kain kaos di atasnya kemudian menggosoknya secara perlahan agar noda berpindah ke kaos. Namun jika nodanya membandel, taburkan sedikit bedak dan gosok perlahan dengan kain kaos.
  5. Jangan menyetrika pakaian sifon dengan suhu tinggi, gunakanlah suhu sedang saja.

Nah itu tadi penjelasan singkat terkait kain Chiffon. Dari berbagai jenis di atas, kalian bisa memilih berdasarkan kebutuhan dan dana yang ada. Kalian bisa membeli kain tersebut di toko terdekat secara offline maupun dengan klik toko di bawah ini.

Cek di Tokopedia

Semoga informasi tentang bahan sifon mulai dari pengertian, jenis-jenis, kelebihan, kekurangan, kegunaan sampai dengan kisaran harganya bisa menjadi pertimbangan buat kalian.

Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti bosmeal agar kalian bisa mendapatkan updat informasi kain terbaru seperti kain maxmara polos, kain voxy premium, dan ciri ciri kain wol. Cukup sekian dan semoga bermanfaat

Leave a Reply