Resep Mash Potato

Resep Mash Potato

Resep Mash Potato – Teman-teman pastinya sudah tidak asing dengan kentang. Ada banyak cara untuk menikmati kentang. Ada yang digoreng, dipanggang dan ada yang dihaluskan.

Kentang yang dihaluskan kemudian ditambahkan susu dan berbagai bumbu inilah yang disebut mash potato atau mashed potato.

Mash potato bisa dikatakan salah satu makanan khas Perancis yang halal karena ada pendapat yang menunjukkan berasal dari Negara Perancis.

Biasanya mash potato dihidangkan dengan beefsteak. Kandungan karbohidrat yang ada dalam mashed potato memang cocok disajikan sebagai makanan pelengkap.

Di Indonesia sendiri mash potato kurang populer dijadikan menu sarapan, karena kebanyakan orang lebih memilih nasi sebagai menu utamanya dengan lauk resep masakan tempe dan tahu.

Selain membeli mashed potato instan, sebenarnya membuat resep mash potato enak sederhana tanpa susu atau dengan keju sangatlah simple. Begini caranya:

1. Resep Mash Potato Enak Sederhana

Resep Mash Potato

Tidak ada salahnya mencoba membuat mashed potato sendiri dirumah. Berikut teman-teman resep mash potato sederhana yang mudah dibuat.

Bahan-bahan:

  • Kentang 600 gram
  • Susu cair 250 ml
  • Mentega 4 sendok makan sdm
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk ½ sendok makan
  • Lada hitam kasar secukupnya, untuk taburan

Cara membuat:

  1. Pertama teman-teman kupas kentang lalu potong-potong kemudian rendam dalam air lalu cuci bersih.

  2. Selanjutnya rebus kentang hingga empuk selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat dan tiriskan.

  3. Setelah itu langsung haluskan kentang dengan potato masher atau ulekan atau alat bantu lainnya.

  4. Selanjutnya teman-teman siapkan panci lalu hangatkan susu dan mentega kemudian tuangkan ke dalam wadah kentang halus.

  5. Setelah itu tambahkan garam dan merica lalu aduk rata dan tekan-tekan dengan saringan halus yang terbuat dari besi agar hasilnya lebih lembut.

  6. Terakhir sajikan mash potato dengan ditambah taburan lada hitam.

Sebaiknya teman-teman menghaluskan kentang selagi masih panas agar teksturnya menjadi lebih halus dan lembut.

Nah jika teman-teman sedang menjalankan program diet, resep mash potato dibawah ini sangat cocok, meskipun ditambah dengan cemilan resep cireng nasi tepung kanji yang begitu gurih.

2. Mash Potato Diet

Resep Mash Potato Diet

Mash potato jika terus-terusan dinikmati malah akan menjadikan teman-teman semakin melar. Kalori yang terkandung di dalamnya bukannya menjaga berat badan malah akan menambah berat badan sendiri. Sebagai makanan pendamping tentu ini akan menyusahkan.

Untuk menyiasatinya, teman-teman bisa menggantikan separo ukuran kentang dengan sayuran yang rendah kalori seperti brokoli. Penasaran dengan caranya? Berikut teman-teman cara membuatnya.

Bahan-Bahan:

  • Kembang kol ½ buah
  • Kentang 450 gram
  • Minyak zaitun 2 sendok makan
  • Mentega 2 sendok makan
  • Susu rendah lemak 2 sendok makan
  • Krim asam 2 sendok makan
  • Bawang putih 4 siung
  • Lada hitam sesuai selera
  • Garam sesuai selera

Cara Membuat Mashed Potato:

  1. Pertama teman-teman panggang terlebih dahulu bawang putih yang telah dilapisi dengan minyak zaitun sampai lembut di dalam oven.

  2. Sambil menunggu bawang putih menjadi lembut, teman-teman siapkan panci lalu masak kentang bersama kembang kol hingga menjadi lembut.

  3. Setelah itu segera hancurkan kembang kol dengan kentang. Teman-teman bisa menggunakan garpu ataupun yang lainnya.

  4. Selanjutnya campurkan bawang putih yang sudah dioven tadi sambil terus diaduk-aduk.

  5. Jangan lupa tambahkan minyak zaitun, mentega, susu dan krim asam dan campur secara merata.

  6. Tambahkan juga garam dan lada hitam sesuai selera teman-teman.

  7. Mash potato siap dihidangkan

Sekarang tidak perlu khawatir dan bingung dalam menjalankan program diet. Resep mash potato diet buatan sendiri untuk sarapan pastinya nikmat ya. Selain itu, teman-teman bisa membuat roti dengan resep butter cookies coklat untuk cemilan dikala santai, pasti enak.

Tips dan Trik Agar Mashed Potato Lebih Enak

Tips Mash Potato Lebih Enak

Membuat mash potato walaupun kelihatannya simple, akan tetapi jika tidak teliti dan hati-hati malah akan membuatnya menjadi berair atau tidak matang merata. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya memperhatikan tips berikut ini.

  1. Teman-teman pilih kentang jenis russet dan yukon gold (atau kentang kuning), karena memiliki kulit yang tipis dan halus, juga warna kentang yang kuning. Jangan gunakan jenis kentang merah, karena kentang jenis ini lebih cocok dipakai untuk salad.

  2. Ketika merebus kentang, pastikan potongannya seukuran agar bisa matang merata. Selain itu ketika merebusnya masukkan kentang ketika suhu air masih dingin baru kemudian nyalakan api serta tambahkan garam secukupnya agar kentang memiliki cita rasa.

  3. Ketika merebus kentang, lebih baik gunakan kaldu agar menjadi lebih kaya rasa.

  4. Ketika menghancurkan kentang sebaiknya teman-teman jangan gunakan food processor ataupun mixer tangan karena akan membuat kentang berair. Sebaiknya teman-teman gunakan garpu, sendok, saringan halus dari besi ataupun alat khusus penghancur kentang.

  5. Setelah itu rebus kentang, kemudian tiriskan air dari panci. Usahakan buang airnya sebanyak mungkin, kemudian masukkan kentang kembali dan tutup pancinya. Selanjutnya kukus sebentar agar tidak ada airnya. Tambahkan baking powder secukupnya agar kentang menjadi lembut.

  6. Selanjutnya tambahkan mentega leleh serta susu yang sudah dipanaskan agar mash potato menjadi lebih enak. Teman-teman jangan menambahkan mentega biasa ya.

  7. Tambahkan pula bawang putih panggang yang kemudian dicampur dalam kentang tumbuk. Karena proses memanggang kentang cukup lama, sebaiknya panggang terlebih dahulu dengan suhu 400 derajat selama 40 menit.

  8. Agar mash potato teman-teman memiliki citarasa yang khas, tambahkan krim keju dan keju parut. Teman-teman juga bisa menambahkan daun kemangi, peterseli atau yang lainnya agar mash potato menjadi lebih harum dan khas.

  9. Jika mash potato teman-teman terlalu berair karena kebanyakan susu, solusinya masak kembali dengan api kecil agar uapnya bisa keluar. Jangan lupa untuk sering-sering mengaduknya agar tidak gosong dan lengket.

Bagaimana teman-teman tertarik mencoba? Selamat berkreasi ya.

Leave a Reply