Resep Bolu Jadul

Zaman sekarang selalu identik dengan sesuatu yang serba praktis. Bahkan memasak pun juga sudah praktis, tidak seribet zaman dahulu. Seperti halnya resep bolu jadul pun sudah jarang digunakan. Orang-orang lebih menggunakan resep kue bolu yang serba instan dan praktis dan juga kue nolu bisa menjadi cemilan dikala menikmati sajian resep masakan tempe lombok ijo.

Akan tetapi sekarang, tren makanan dan minuman jadul mulai dilirik kembali. Salah satunya yaitu kue bolu jadul. Resep ini mulai diminati kembali, entah itu karena nostalgia ataupun juga yang lainnya. Meskipun cara pembuatannya yang lebih lama akan tetapi memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan dengan bolu sekarang.

Nah teman-teman, rasa kue jadul yang lembut selalu menjadi nostalgia sewaktu kecil dulu. Banyak para penjual kue bolu di pasar, toko kue serta pedagang keliling pada masa dahulu yang sulit dilupakan. Penasaran seperti apa cara pembuatannya? Yuk teman-teman simak di bawah ini.

Contents

Bolu Jadul Anti Gagal

Resep Bolu Jadul Anti Gagal

Membuat bolu memang gampang-gampang susah. Butuh ketelitian dan juga kesabaran untuk membuatnya. Nah teman-teman agar kue bolunya tidak gagal, perhatikan resep bolu jadul anti gagal berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  • Telur 3 butir
  • Gula pasir 100 gram
  • Sp/tbm/pengembang ½ sendok teh
  • Tepung protein rendah 100 gram, ayak
  • Margarin 75 gram, (lelehkan, jangan sampai mendidih, sisihkan)
  • Pasta vanili / vanili bubuk ½ sendok teh
  • Skm putih 1 sendok makan, campur dengan air 1 sendok makan 

langkah:

  1. Pertama lelehkan margarin tetapi jangan sampai mendidih lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan oven dengan suhu 170 – 175 derajat. 
  3. Kemudian siapkan loyang lalu olesi dengan margarin serta tepung secara merata. Waktu mengolesi cukup tipis saja atau bisa juga menggunakan kertas roti.
  4. Selanjutnya siapkan wadah lalu masukkan gula, telur, sp/tbm/pengembang serta pasta vanili lalu mix dengan kecepatan tinggi hingga mengembang putih dan berjejak.
  5. Setelah itu, masukkan tepung sedikit demi sedikit dan mix dengan kecepatan paling rendah dan jangan terlalu lama agar tidak bantat. Pastikan tepung tidak bergerindil.
  6. Campurkan sedikit adonan kira-kira 5 sampai 10 sendok makan dengan margarin leleh dan skm dengan diaduk lipat
  7. Baru kemudian masukkan campuran tersebut ke adonan yang lebih banyak (adonan utama) lalu aduk lipat dengan spatula sampai margarin tidak ada yang mengendap di bawah agar kue tidak bantat.
  8. Langkah berikutnya siapkan loyang yang sudah dilapisi lalu masukkan adonan ke dalam loyang.
  9. Selanjutnya masukkan dalam oven dan panggang selama 45 menit. 
  10. Jika sudah matang, angkat dan potong sesuai selera.
  11. Kue bolu siap disajikan.

Bagaimana, caranya cukup mudah bukan? Sedikit tips buat teman-teman, untuk mengetahui kue bolu sudah matang atau belum, tusuk bagian tengah kuenya. Jika tidak ada adonan yang menempel berarti kue sudah matang. Kue ini juga enak dipadu sebagai makanan penutup dengan resep nugget ikan nila.

Bolu Jadul Kukus

Resep Bolu Jadul Kukus

Jika teman-teman tidak punya oven di rumah, jangan terlalu risau ya. Membuat bolu jadul tidak hanya dengan oven saja, tetapi juga bisa dengan cara dikukus kok. Penasaran seperti apa caranya? Yuk teman-teman siapkan dahulu bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

  • 2 butir kuning telur 4 butir
  • 2 butir telur utuh 4 butir
  • 120 gr gula pasir 240 gram
  • 100 gr tepung terigu 200 gram
  • 30 gr susu bubuk 60 gram
  • 125 gr butter 250 gram, lelehkan

Cara membuat:

  1. Pertama siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula dan mixer dengan kecepatan sedang sampai putih dan mengembang lalu matikan. Biasanya proses ini membutuhkan waktu 10 menit. 
  2. Selanjutnya masukkan tepung dan susu bubuk dengan diayak, lalu aduk balik menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  3. Selanjutnya campurkan sedikit adonan kira-kira 10 sampai 20 sendok makan dengan butter leleh lalu aduk cepat.
  4. Baru kemudian masukkan campuran tersebut ke adonan yang lebih banyak (adonan utama) lalu aduk lipat dengan spatula sampai margarin tidak ada yang mengendap di bawah agar kue tidak bantat.
  5. Selanjutnya siapkan loyang lalu olesi dengan butter dan taburi dengan tepung kemudian tuangkan adonan kedalam loyang.
  6. Terakhir, kukus adonan selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Sebelum diangkat, tusuk adonan untuk mengetahui adonan sudah matang atau belum.
  7. Setelah itu angkat dan potong sesuai selera.
  8. Bolu jadul siap disajikan.

Bagaimana, cara membuatnya cukup mudah bukan. Teman-teman juga bisa menambahkan topping sesuai selera.

Selain bolu, teman-teman juga bisa membuat nugget dengan resep nugget ayam sayur yang cocok buat bekal anak ke sekolah.

3. Bolu Jadul Panggang tanpa Pengembang

Resep Bolu Jadul Panggang

Membuat bolu jadul selain bisa dikukus juga bisa dibuat dengan tanpa pengembang. Walaupun tanpa pengembang rasanya tidak akan kalah kok. Berikut cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • Telur 2 butir
  • Margarin/butter 125 gram, lelehkan 
  • Vanili ¼ sendok teh
  • Gula pasir ½ gelas belimbing
  • Terigu yg sudah diayak ¾ gelas
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • Coklat bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama sebelum membuat adonan, lelehkan dahulu margarin/butter tetapi jangan sampai mendidih lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan wadah lalu masukkan gula, vanili, dan telur lalu mixer dengan kecepatan rendah dan naik perlahan menuju kecepatan tertinggi sampai adonan mengembang dan berwarna putih.
  3. Setelah adonan mengembang, turunkan kembali pada kecepatan paling rendah lalu masukkan terigu dan susu bubuk secara bertahap. Mix hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya ambil sedikit adonan kira-kira 10 – 20 sendok makan lalu campurkan dengan lelehan margarin/butter dan aduk cepat agar tercampur rata.
  5. Setelah itu baru campur dengan adonan utama dan aduk balik dan merata dengan spatula. Pastikan jangan ada margarin yang mengendap ya.
  6. Berikutnya panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 170 – 175 derajat.
  7. Kemudian siapkan loyang dan olesi dengan mentega serta terigu. Cukup tipis saja ya. fungsinya nanti ketika sudah matang proses pelepasannya tidak sulit.
  8. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang dan sisakan sedikit adonan lalu tambahkan coklat bubuk. Aduk merata.
  9. Setelah itu, tuangkan adonan coklat memutar dan bentuk melingkar dengan sumpit/lidi.
  10. Selanjutnya, oven adonan hingga matang selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa dicek ya.
  11. Setelah matang, angkat lalu potong sesuai selera.
  12. Kue bolu panggang siap disajikan.

Nah itu tadi resep bolu jadul yang musah dibuat. Sekarang moment nostalgia teman-teman dengan makanan bolu jadul bisa menjadi nyata. Tunggu apalagi? Selamat mencoba ya!!!

Leave a Reply