Printer Epson L3210 Lampu Berkedip

Printer apapun termasuk Epson L3210 pasti pernah mengalami error seperti lampu indikator kertas, tinta yang menyala atau berkedip bersamaan maupun bergantian.

Lampu indikator kertas dan tinta yang menyala atau berkedip jelas menandakan bahwa ada masalah pada printer Epson L3210. 

Idealnya ketika printer ada masalah adalah di bawa ke tempat servis atau langsung ke service center Epson. Namun alangkah baiknya sebelum di bawa ke sana, kalian bisa mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu.

Kalian bisa mengidentifikasi masalah lampu indikator yang berkedip pada Epson L3210 dengan menyimak artikel di bawah ini:

Arti Printer Epson l3210 Lampu Indikator yang Berkedip dan Menyala

Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Arti Kedipan

1. Printer Epson L3210 Lampu Tinta Menyala

Lampu tinta yang menyala pada printer Epson L3210 berarti proses pengisian tinta saat pertama kali belum selesai. Kalian bisa menyelesaikan proses pengisian tinta dengan cara isi tinta printer Epson L3210 di buku panduan. 

2. Epson L3210 Lampu Indikator Lampu Kertas Menyala

Jika lampu indikator kertas menyala berarti tidak ada kertas yang dimasukkan atau kertas yang ditarik oleh roller lebih dari satu sekaligus. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengisi kertas kemudian menekan tombol copy monokrom atau warna

3. Printer Epson L3210 Lampu Kertas Berkedip

Jika lampu kertas berkedip berarti kertas macet atau paper jam. Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu mencabut kertas lalu tekan tombol copy.

4. Epson L3210 Lampu Tinta dan Kertas Menyala atau Berkedip Bersamaan

Apabila kedua lampu indikator kertas dan tinta menyala atau berkedip bersamaan artinya ada masalah dengan kelistrikan. Biasanya karena tidak mematikan printer dengan benar, entah itu karena langsung mencabut kabel dari stop kontak maupun terjadi kegagalan aliran listrik karena padam.

Dampaknya membuat nozzle menjadi kering atau tersumbat. Untuk mengatasinya, kalian tekan tombol copy, melakukan pemeriksaan nozzle dan head cleaning Epson L3210

5. Lampu Indikator Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan

Jika lampu indikator tinta dan kertas blink bersamaan berarti bantalan tinta penuh. Untuk mengatasinya, kalian perlu mereset printer dan mengganti bantalan tinta.

6. Epson L3210 Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Bergantian

Kode blink ini berarti bantalan pencetakan tanpa bingkai mendekati batas akhir umur layanannya. Untuk mengatasinya, kalian perlu mengganti dan mereset bantalan pencetakan tanpa bingkai.

Pada kode blink ini, kalian tidak bisa mencetak dokumen tanpa bingkai dan hanya bisa mencetak dokumen dengan bingkai.

7. Lampu Power, Indikator Kertas dan Tinta Menyala dan Berkedip 

Banyak dibaca:  Situs Nonton Drama Film Thailand Sub Indo Terbaru

Kode Blink ini muncul karena telah terjadi kesalahan pada printer. Kalian bisa mengeluarkan semua keras yang terdapat di dalam printer kemudian matikan dan nyalakan printer kembali.

Penyebab Printer Epson L3210 Lampu Menyala Maupun Berkedip

Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Penyebab Printer Berkedip

Dari arti blink di atas, secara umum ada beberapa penyebab lampu kertas dan tinta berkedip, yaitu:

1. Adanya Benda Asing

Hal yang paling sering membuat printer Epson menjadi blink yaitu karena terdapat benda asing yang masuk atau tertinggal di jalur kertas printer. 

Biasanya benda asing tersebut tertinggal atau masuk di jalur kertas sehingga membuat sensor printer Epson L3210 memberikan tanda error lampu kertas berkedip.

2. Kertas yang Tersangkut atau Sobek di Printer

Selain terdapat benda asing, biasanya permasalahan kertas yang sobek atau tersangkut juga menyebabkan printer menjadi error.

Biasanya permasalahan ini terjadi karena komponen atau Roller kertas printer telah rusak maupun kertas sudah robek sebelum masuk ke mesin printer. 

3. Kertas Di Printer Habis

Jangan kira kertas habis tidak menimbulkan masalah pada printer. Apabila kertas di Paper Tray habis akan membuat sensor mendeteksi tidak adanya kertas yang masuk ke dalam mesin printer Epson L3210. Akibatnya printer secara otomatis akan berkedip untuk memberikan sinyal kepada pengguna.

4. Bantalan Tinta Sudah Penuh

Bantalan tinta berfungsi menyerap sisa tinta yang keluar dari head. Bentuk bantalan tinta ini tidak cukup besar untuk menampung semua residu tinta. Sehingga jika sudah penuh, sensor akan memberikan sinyal kepada pengguna. 

5. Listrik yang Tiba-Tiba Terputus

printer merupakan alat elektronik dan hanya bisa hidup jika teraliri listrik. Sehingga apabila listrik tiba-tiba terputus entah karena dicabut paksa atau hal lainnya tentu akan membuat lampu indikator dan power menyala dan berkedip pada saat dihidupkan.

6. Pemakaian yang Tidak Wajar

Penyebab terakhir printer Epson L3210 lampu berkedip karena pemakaian printer yang tak wajar.

Maksudnya yaitu menggunakan printer untuk mencetak dokumen secara berlebihan setiap harinya. Biasanya orang akan mencetak dokumen dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus dengan alasan agar lebih praktis.

Padahal mesin printer punya batas maksimal pemakaian setiap harinya maupun batasan jumlah dalam sekali cetak. 

Cara Mengatasi Printer Epson L3210 Lampu Indikator Menyala maupun Berkedip

Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Cara Mengatasi Printer Epson L3210 Lampu Berkedip

Untuk mengatasi permasalahan printer Epson L3210 lampu indikator menyala atau berkedip yaitu kalian perlu memperhatikan lampu kertas, tinta dan power.

Setelah kalian mengetahuinya, berikut ini cara mengatasi printer Epson L3210 lampu tinta dan kertas berkedip maupun menyala:

1. Cek Kertas Printer

Apabila printer Epson L3210 lampu indikator kertas menyala, atau berkedip maupun ketiga indikator lampu kertas, tinta dan power yang berkedip berarti ada masalah pada kertas maupun di sekitar pengoperasian kertas.

Cara mengatasi printer Epson L3210 lampu kertas berkedip dengan mengecek bagian kertas apakah ada masalah berikut ini:

  • Cek kertas di Paper Tary apakah sudah habis atau masih ada
  • Kalian cek apakah terdapat kertas atau sobekan kertas yang tertinggal dan tersangkut di mesin printer Epson L3210.
  • Perhatikan pula apakah terdapat benda asing yang yang tersangkut di jalur kertas mesin printer Epson L3210.
Banyak dibaca:  Harga dan Spesifikasi Printer Epson L220

Apabila semua semua permasalahan kertas sudah di cek dan ternyata bersih, tapi printer masih error, ada baiknya kalian membawa Epson L3210 ke tempat servis terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Agar printer kalian bisa bekerja dengan maksimal kalian perlu download driver Epson L3210 gratis dan instal driver printer tersebut di perangkat masing-masing.

2. Cek Komponen Printer

Selain memeriksa kondisi kertas printer, kalian juga perlu cek komponen di mesin printer. Kalian perlu memastikan komponen pengangkut kertas seperti Roller, sensor kertas dan lainnya dalam keadaan normal dan berfungsi.

Jika kalian khawatir untuk memeriksa komponen mesin, sebaiknya bawa saja ke service center terdekat

3. Reset Printer Epson L3210

Apabila lampu indikator tinta menyala, lampu tinta dan kertas yang berkedip bersamaan maupun bergantian berarti ada masalah dengan tinta printer itu.

Adapun cara mengatasi printer epson l3210 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan atau menyala yaitu dengan cara reset printer Epson L3210.

Mengapa harus reset? Sebelum kalian benar-benar menggantikan suatu komponen akan lebih baik jika printer di reset terlebih dahulu.

Bisa saja bantalan belum penuh tapi sensor penghitung kertas sudah berkata penuh. Karena itulah kalian perlu reset pada printer Epson L3210 secara manual maupun secara otomatis.

Adapun cara reset secara manual yaitu::

  • Pertama kalian lepaskan kabel power dan USB selama 3 sampai 5 menit lalu pasang kembali kemudian nyalakan printer.
  • Selanjutnya kalian tekan dan tahan tombol Resume (tombol gambar tinta) selama 5 detik lalu lepaskan.
  • Setelah itu langsung tekan dan tahan kembali tombol Resume tersebut selama 3 detik kemudian lepaskan.
  • Proses reset pun berjalan dan kalian bisa e=menunggunya sekitar 1 – 2 menit sampai proses reset printer Epson L3210 selesai dilakukan.
  • Jika sudah berhasil tandanya nantinya lampu kertas di printer Epson L3210 yang Blinking sudah normal kembali.

Selain menggunakan cara manual, kalian juga bisa mereset dengan menggunakan resetter Epson L3210 full crack.

Nh itu tadi berbagai cara mengatasi printer Epson L3210 lampu tinta dan kertas berkedip. Apabila cara di atas ternyata masih belum berhasil, sebaiknya kalian bawa ke tempat servis terpercaya agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Selain digunakan untuk mencetak, Epson L3210 juga bisa dipakai untuk memindai dokumen. Karena itulah kalian juga perlu mengetahui cara scan di printer Epson L3210. Cukup sekian dan terima kasih

Leave a Reply