Makanan Khas Indramayu

Pindang Gombyang Mayung salah satu makanan khas Indramayu yang sudah banyak dikenal orang. Jangan salah masih banyak loh yang bisa kamu eksplore atau icip-icip saat kamu berkunjung ke Indramayu.

Indramayu sendiri berjarak sekitar 205 km ke timur dari Ibu Kota Jakarta. Lumayan juga ya jaraknya. Namun dengan moda transportasi jaman sekarang kamu tak harus khawatir atas bentangan jarak bukan?

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang panjang. Sudah sewajarnya bukan Indramayu banyak dikunjungi karena keindahan pantainya.

Selain itu Indramayu juga dikenal sebagai penghasil padi terbesar di Indonesia atau sering disebut lumbung padi nasional.

Nah setelah mengetahui beberapa info tentang Indramayu, berikut juga ada info kuliner seputar makanan khas Indramayu Jawa Barat loh, diantaranya:

Contents

1. Pindang Gombyang Manyung

Nama Makanan Khas Indramayu Pindang Gombyang Manyung - Bosmeal.com
Gambar Makanan Khas Indramayu Pindang Gombyang Manyung

Bagi kamu yang sudah pernah mencicipi pasti akan ketagihan untuk memakannya lagi. Bagaimana tidak, sajian ikan berkuah kuning ini memiliki citarasa yang sangat lezat, gurih, asam, pedas, bercampur jadi satu.

Pindang Gombyang Manyung merupakan olahan dari kepala ikan manyung. Dengan menambahkan berbagai rempah-rempah khasnya kepala ikan diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan sajian yang sungguh nikmat.

Awalnya pengolahan kepala ikan ini tanpa sengaja, hanya untuk mengolah sisa produksi ikan asin jambal roti yang menggunakan bagian ikannya saja.

Dengan kreativitas warga, sisa kepala ikan lantas diolah, hingga menjadi sajian yang luarbiasa. Bahkan kini pindang gombyang manyung banyak dicari pendatang yang mengunjungi Indramayu hingga menjadi daftar makanan khasnya.

Untuk mencari penjual pindang ini cukup mudah karena sekarang sudah banyak yang menjajakannya. Harga yang ditawarkan berkisar 50 ribu rupiah.

Sudah Tau Informasi Makanan Khas Sunda Paling Lengkap?

2. Nasi Lengko Khas Indramayu

Makanan Khas Indramayu - Nasi Lengko
Gambar Makanan Khas Indramayu Jawa Barat via Piknikdong[dot]com
Makanan khas Indramayu berikutnya adalah Nasi Lengko. Mungkin sepintas akan sama dengan makanan khas daerah Indonesia lain seperti nasi sambel tahu, tetapi nasi lengko ini sedikit berbeda tak kalah lezatnya loh.

Nasi lengko banyak dijual di warung-warung makan di Indramayu. Karena harga yag dijual cukup murah dan nasi yang disajikan pun enak tak ayal nasi lengko ini banyak menjadi favorit.

Selain itu juga cocok dijadikan sarapan, makan siang ataupun makan malam sekalipun. Diberengi dengan kerupuk dan teh anget akan menambah tingkat kenikmatannya.

Disajikan diatas sebuah piring yaitu nasi, irisan tahu, tempe ataupun telur, lalu sayuran seperti tauge yang telah direbut, tak lupa irisan timun lalu disiram dengan menggunakan sambel kacang dan kecap.

Tak lupa ditaburi bawang goreng dan daun kucai segar diatasnya. Daun kucai ini akan menimbulkan sensasi yang berbeda saat memakannya. Bagaimana kamu ingin mencicipinya?

Berikut Makanan Khas Kuningan yang Paling Enak

3. Rumbah Makanan Khas Indramayu

Resep Makanan Khas Indramayu Rumbah Darinih - Bosmeal.com
Gambar Makanan Khas Indramayu yg terkenal Source: instagram[dot]com
Mungkin masih asing bagi kamu yang tidak tinggal di Indramayu mendengar kata rumbah. Rumbah merupakan makanan khas Indramayu Jawa Barat yang sudah melegenda sejak dulu.

Salah satu yang terkenal adalah Rumbah Darinih. Lokasinya berada di Desa Eteran Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.

Darinih sendiri diambil dari nama penjualnya yaitu Ibu Darinih. Warung rumbah darinih ini tak pernah sepi pengunjung karena rumbah yang dijajakan memiliki rasa yang istimewa.

Rumbah yang disajikan berupa sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge kol yang telah direbus lalu disiram menggunakan sambel kacang dan air petis atau air rebusan pindang. Selain rumbah sayuran juga tersedia rumbah soun.

Biasanya rumbah sayuran disajikan menggunakan nasi ataupun lontong. Untuk pendampingnya akan lebih nikmat jika ditambahkan gorengan seperti bala-bala, kerupuk maupun rempeyek.

4. Burbacek Makanan Khas Indramayu

Resep Makanan Khas Indramayu burbacek - Bosmeal.com
Gambar Makanan Khas Indramayu Jawa Barat Burbacek

Banyak dari kita yang mengenal sajian bubur cita rasa gurih yaitu bubur ayam. Namun jangan salah ya, di Indramayu memiliki makanan khasnya yakni burbacek.

Salah satu makanan khas indramayu dari hasil pengolahan bahan pangan beras adalah burbacek ini. Nama burbacek sendiri merupakan kepanjangan dari bubur rumbah cecek.

Pasti kamu membayangkan kan, bagaimana bubur, rumbah dan cecek disajikan dalam satu mangkok. Tak usah ragu, rasanya dijamin nikmat.

Bubur yang sudah memiliki citarasa gurih, lalu ditumpangi dengan rumbah yang pedas dan disiram dengan sayur cecek diatasnya

Cecek atau kulit sapi yang digunakan pun diolah sedemikian rupa hingga tak tercium aroma kulit lagi. Burbacek cocok digunakan sebagai menu sarapan, dilengkapi dengan kerupuk dan teh hangat. Nikmat bukan?

Baca juga: Info Makanan Khas Bandung Terlengkap

5. Pedesan Entog

Nama Makanan Khas Indramayu pedesan entog - Bosmeal.com
Gambar Makanan Khas Indramayu Pedesan Entog

Sajian dari unggas bernama entog atau menthog ini sangat terkenal kelezatannya di Indramayu. Seperti namanya pedesan entog memiliki citarasa gurih pedas. Pedas yang digunakan perpaduan antara cabai dan merica.

Entog yang digunakan juga diolah sedemikian rupa hingga dagingnya lembut saat dimakan. Dalam sajian ini juga tak pelit bumbu, alias rempah-rempah yang digunakan melimpah sehingga rasa yang diciptakannya pun makin nikmat.

Meski dilah tanpa menggunakan santan, pedesan entog ini tetap terasa gurih. Nah tanpa santan inilah yang membuat pedesan entog tak mudah basi.

Seporsi pedesan entog biasa dijual sekirtar 15 ribu rupiah saja, terjangkau bukan? Jika kamu mengunjungi Indramayu jangan lupa mencicipinya ya.

6. Makanan Khas Indramayu Karedok

Makanan Khas Indramayu_karedok
Gambar Makanan Khas Indramayu yg terkenal adalah karedok via Steemit[dot]com
Para pecinta sayuran, makanan satu ini pasti akan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Karedok merupakan makanan khas sunda yang salah satunya ada di kota Indramayu.

Karedok ini terdiri dari berbagai sayur sayuran segar yang kemudian dituangkan bumbu kacang (sambal kacang) di atasnya.

Sepintas karedok hampir sama dengan gado-gado yaitu sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Namun yang membedakannya jika gado-gado dayuran yang digunakan telah direbus terlebih dahulu, karedok menggunaka sayuran mentah.

Sayuran yang digunakan biasanya kol, tauge, kacang panjang, terong bulat, dan timun. Lalu disiram menggunakan sambal kacang, namun sambal kacang yang digunakan berbeda yakni ada campuran kencur di dalamnya.

Aroma kencur yang keluar dari sambal ini akan menambah kenikmatan karedok. Karedok biasanya disajikan menggunukan kerupuk dan kemangi.

Hanya dengan 10 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati sajian karedok yang nikmat ini. Rmah kantong bukan?

7. Koci Makanan Khas Indramayu

resep Makanan Khas Indramayu koci - Bosmeal.com
Gambar Makanan Khas Indramayu adalah Kue Koci via Idntimes[dot]com
Setelah membahas berbagai jenis makanan berat kali ini gantian jajanan tradisionalnya ya, yaitu koci. Koci merupakan salah satu makanan khas Indramayu dengan memiliki cita rasa yang manis seperti kebanyakan jajanan lainnya.

Rasa manis ini berasal dari isian pada koci, yakni parutan kelapa dan gula merah. Namun banyak yang menambahkan variasi isian yaitu menggunakan kacang hijau.

Nah untuk kulit dari koci sendiri terbuat dari tepung ketan dan sedikit campuran tepung sagu. Adonan kulit ini dibuat kalis lalu ditambahkan isian didalamnya.

Lalu koci ini dibungkus cantik menggunakan daun pisang dan dibentuk kerucut. Cara memasak koci dengan dikukus.

Koci dapat kamu jadikan sebagai teman minum teh ataupun kopi.Untuk dapat menemukan koci, banyak dijajakan di pasar tradisional. Selamat berburu koci.

Paling Terkenal Makanan Khas Betawi yang Super Enak Ini

8. Blendung Jagung Khas Indramayu Jawa Barat

Nama Makanan Khas Indramayu blendung jagung - Bosmeal.com
Gambar Blendung Jagng Makanan Khas Indramayu Brainly via Beritaindramayu[dot]com
Dari namanya saja sudah tahu kan jika makanan ini berbahan dasar jagung. Namun jagung yang digunakan disini adalah jagung kering.

Dengan penggunaan jagung kering inilah maka proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Yakni untuk membuat jagung menjadi lunak siap untuk dimasak. Jagung ini sebelumnya direndam menggunakan kapur sirih dan garam, lalu direbus.

Setelah jagung dirasa lunak, jagung disajikan menggunakan pelengkap kelapa parut. Ada juga yang menambahkan gula jawa yang telah dicairkan di atasnya.

Blendung jagung biasa dijual di pasar tradisiona maupun pedadang kaki lima. Biasanya disajikan atau dibungkus menggunakan daun pisang. Untuk harganya, ramah kantong kok.

Nah itulah ulasan beberapa sajian makanan khas Indramayu, dari makanan berat hingga jajanan pasar. Masukkan makanan khas Indramayu ini ke daftar makanan yang akan kamu cicipi ya.

Dengan sajian rasa yang beragam, manis, gurih, pedas, kamu bisa memilih mana yang cocok di lidahmu. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply