Makanan Khas Betawi

Sebuah suku yang Kamu tidak akan pernah bosan untuk menjelajahinya. Masyarakat yang umumnya di Jakarta ini, menawarkan ratusan kuliner khas yang membuat lidah bergoyang lezat. Salah satu yang bikin greget adalah harga makanan khas Betawi asli ini ramah di kantong.

Tak hanya kerak telor, makanan asli Betawi yang beraneka macamnya ini ada yang digunakan khusus untuk seserahan pada acara pernikahan atau saat khitan karena memiliki sejarah tersendiri.

Mulai dari camilan, makanan berat, hingga minumannya selalu bikin ketagihan. Semuanya ada, tinggal cicipi aja.

Kue basah khas Betawi, yang satu ini harus ada dalam wishlist-mu. Jelajahi cita rasanya, lalu Kamu akan sadar betapa beruntungnya pernah menjajakan lidah untuk mencoba makanan lezat ini.

Kalau Kamu diminta untuk menyebutkan macam macam kuliner khas Betawi, paling tak jauh-jauh dari kerak telor atau gado-gado.

Padahal, masih ada banyak sekali daftar yang mesti dicoba. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Macam macam Makanan Khas Betawi di Jakarta


Video Review 5 Makanan Khas Betawi yang Hampir Punah

“Jangan ngaku orang Indonesia kalau tidak menyukai aneka ragam olahan nasi. Nah, Betawi juga memiliki sejumlah makanan khas dengan bahan dasar berupa nasi. Yang pasti, bukan nasi biasa. Ada banyak keunikan dari segi cita rasa maupun penampilannya.”

Kuliner khas Betawi yang berupa makanan berat memiliki ciri khas yang kuat. Sehingga, tidak sembarang orang bisa membuatnya. Namun, ada beberapa keistimewaan yang membuat masakan ini masih bisa eksis hingga sekarang. Diantaranya:

  • Dipengaruhi oleh masakan Arab, Melayu, India, Eropa, Tionghoa, dan sebagainya
  • DIbuat dengan berbagai rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, lada, kayu manis, serai, kapulaga, star anise, dan sebagainya
  • Didominasi oleh masakan berkuah santan
  • Citarasanya lebih ringan dan tidak terlalu berlemak

Bubur Ase

Makanan Khas Betawi Bubur Ase
Gambar Makanan Khas Betawi yang Hampir Punah Bubur Ase

Bubur adalah salah satu makanan khas Betawi asli yang layak untuk Kamu coba. Nah, bubur Ase ini paling cocok dinikmati pada pagi hari saat perutmu butuh asupan makanan. Makanan ini ternyata bukan bubur biasa, loh!

Sebab, tidak dicampur dengan irisan ayam. Namun, menggunakan topping berupa semur daging Betawi. Sehingga, Kamu akan mendapati warna bubur yang cenderung lebih gelap.

Tak hanya daging saja, bubur Ase juga menggunakan tambahan bahan lain seperti kentang. Uniknya, Kamu akan mendapatkan sajian ini dalam keadaan dingin. Sebagaimana namanya, ase yang berarti dingin.

Namun, sayangnya, Kamu sudah tidak bisa mendapatkan banyak warung yang menjual bubur ase. Sebab, kuliner ini menjadi makanan khas Betawi yang hampir punah.

Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi dan Cara Membuatnya Nasi Uduk
Gambar Makanan Khas Betawi adalah Nasi Uduk

Baru tahu kalau nasi uduk asalnya dari Betawi? Ya, nasi uduk sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. nasi dengan cita rasa gurih ini cocok untuk disajikan bersama dengan aneka lauk pauk yang istimewa.

Proses pembuatan nasi uduk cukup berbeda dengan nasi biasa. Yakni dengan cara dikukus serta diaron. Saat diproses, beras dicampur dengan berbagai bumbu seperti jahe, kayu manis, pala, merica, serta daun serai.

Kamu akan mendapatkan gerai dan kedai yang menjual nasi uduk seperti lesehan pecel lele yang terletak di pinggir jalan. Yaa, meskipun saat ini ada juga yang membuka layaknya rumah makan pada umumnya.

Dalam satu porsi nasi uduk, biasanya dilengkapi dengan tempe, tahu, ayam goreng, kering, abon, timun, sambal, serta emping.

Nasi Ulam

Makanan Khas Betawi dan Penjelasannya Nasi Ulam
Gambar Makanan Khas Betawi yang Hampir Punah Nasi Ulam

Jangan hanya nyobain nasi goreng saja, dong! Sekali-kali, Kamu juga bisa menjajal nasi ulam, makanan khas Betawi asli. Olahan nasi ini merupakan campuran nasi dengan serundeng.

Lebih istimewa lagi karena proses pembuatan nasi menggunakan berbagai rempah sehingga aromanya semakin mantap.

Rempah tersebut meliputi serai, daun salam, dan lengkuas. Sekilas, nasi ulam mirip dengan nasi tutug oncom, makanan khas Bandung.

Macam Macam Kue Khas Betawi yang Berwarna warni

Betawi juga memiliki ragam kue khas yang memiliki cita rasa legit. Biasanya, kue-kue ini dijadikan sebagai penjamu tamu di acara-acara tertentu. Proses pembuatannya yang unik serta cita rasanya yang lezat seperti tak tergantikan.

Makanan Khas Betawi Asli Kue Dodol

Makanan Khas Betawi dan Jawa Kue Dodol
Gambar Contoh Makanan Khas Betawi Asli Kue Dodol

Aneka camilan khas Betawi berupa kue yang pertama adalah dodol. Sebenarnya, dodol ini adalah jajanan yang biasa Kamu temui di daerah lain juga seperti jawa tengah dan jawa timur. Bahkan, dodol juga menjadi makanan khas Sunda.

Namun, ada yang membedakan dodol Betawi, yakni pada teksturnya yang lebih lengket dan kenyal. Bahan dasar untuk membuat dodol adalah ketan.

Proses pengolahannya menggunakan kuali dengan ukuran yang besar. Lantas diaduk sepanjang dipanaskan di atas tungku. Sehingga, hasil akhir dari prosesnya adalah dodol yang memiliki warna cokelat.

Kue Cucur

Makanan Khas Betawi yang Terkenal Kue Cucur
Gambar Contoh Makanan Khas Betawi Wikipedia yang Terkenal Kue Cucur

Kue cucur kerap menjadi makanan khas Betawi saat khitanan. Sebab, kue tradisional ini masih cukup digemari. Hal ini dikarenakan rasa manis yang dihasilkan sangat khas.

Kue yang memiliki rongga di bagian dalamnya atau disebut dengan sarang ini juga bisa ditemukan di berbagai daerah. Namun, daerah asalnya memang dari suku Betawi.

Bahan dasar untuk membuat kue cucur adalah tepung beras, tepung terigu, dan gula merah. Ditambah juga daun pandan untuk menambah aroma. Kue yang memiliki tonjolan di bagian tengahnya bisa Kamu temukan di berbagai upacara adat.

Makanan Khas Betawi Untuk Seserahan Roti Buaya

Macam macam Makanan Khas Betawi Roti Buaya
Gambar Makanan Khas Betawi Untuk Seserahan Roti Buaya

Di toko yang jual makanan khas Betawi untuk seserahan, pasti ada roti buaya di daftar menunya. Eits, meskipun bernama roti buaya, tapi tidak menggigitmu kok! Atau bahkan merayumu.

Eh, itu buaya darat ding. Back to Roti Buaya, merupakan kue yang biasa disajikan saat pernikahan adat Betawi.

Roti Buaya akan diberikan oleh mempelai lelaki yang datang ke rumah mempelai perempuan. Filosofinya, buaya adalah sosok yang setia pada pasangan.

Oh, berarti stereotip yang diberikan pada buaya selama ini salah, ya! hihi. Kue ini biasanya berukuran sekitar 50 cm.

Makanan Khas Betawi Asli Lauk Pauk dan Sayuran

Kuliner khas Betawi juga terdiri dari ragam lauk pauk yang menggoda selera. Ciri khasnya adalah memiliki cita rasa gurih yang menonjol.

Semur Jengkol

Makanan Khas Betawi Semur Jengkol
Gambar Nama Makanan Khas Betawi Asli adalah Semur Jengkol

Banyak orang yang tergila-gila dengan olahan jengkol. Makanan yang memiliki aroma kuat ini oleh masyarakat Betawi juga kerap diolah menjadi semur. Kelezatan makanan ini membuatnya populer hingga di luar masyarakat Jakarta.

Semur jengkol diolah menggunakan bumbu rempah yang komplit. Sehingga, rasa jengkol yang semula pahit berubah menjadi legit. Semur ini dapat dijadikan lauk pendamping nasi putih. Pokoknya akan membuat Kamu ketagihan!

Sayur Gabus Pucung

Resep Makanan Khas Betawi Sayur Gabus Pucung
Gambar Contoh Makanan Khas Betawi Asli yang Hampir Punah adalah Sayur Bagus Pucung

Sesuai dengan namanya, makanan khas Betawi yang satu ini dibuat dengan bahan dasar berupa ikan gabus. Ikan dimasak menggunakan bumbu seperti jahe, serai, daun salam, jeruk limau, tomat, bawang, serta cabe rawit.

Cita rasa dari sayur ini adalah pedas, asam, dan gurih. Perpaduan cita rasa dengan tekstur ikan gabus yang sempurna.

Pecak Lele

Makanan Khas Betawi Pecak Lele

Lele menjadi salah satu lauk yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Sehingga, Kamu bisa menemukan warung pecel lele di sepanjang jalan.

Berbeda dengan pecel lele, olahan lele dari Betawi ini dipadukan dengan bumbu yang khas. Yakni disiram dengan santan, air asam jawa, serta bumbu saus kacang. Pastinya akan endeuss!

Pindang Bandeng

Makanan Khas Betawi Pindang Bandeng

Sajian ini agak mirip dengan olahan semur. Namun, ditambah dengan belimbing wuluh. Nah, rasa pindang bandengnya sendiri cukup gurih dan lezat.

Sebagaimana nasi uduk, untuk bisa dinikmati untuk sarapan, pindang bandeng sebaiknya dibuat di sore pada hari sebelumnya.

Minuman Khas Betawi yang Menghilangkan Dahaga

Tak hanya makanannya saja, minuman khas Betawi juga patut untuk Kamu coba saat mengunjungi ibukota. Selain menyegarkan, minuman-minuman ini juga memiliki berbagai khasiat. Penasaran? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Minuman Khas Betawi Bir Pletok

Ciri Minuaman Khas Betawi Bir Pletok
Gambar Minuman Khas Betawi Bir Pletok

Meskipun bernama bir, Kamu tidak usah ragu mengonsumsinya. Minuman ini justru memiliki khasiat untuk kesehatan.

Sebab, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bahan dasarnya adalah dari rempah alami. Seperti kapulaga, serai, kayu manis, kayu angin, jahe merah, dan lain-lain.

Khasiat dari bir pletok ini bisa mengatasi insomnia, lho! Bir Pletok kerap disajikan pada acara adat Betawi sebagai teman berbagai camilan. Nah, paling cocok mengonsumsi bir pletok saat udara sedang dingin.

Es Doger

Makanan Khas Betawi dan Pejelasannya Es Doger
Gambar Minuman Khas Betawi Asli Es Doger

Es doger merupakan sajian yang sangat populer di Jakarta. Minuman ini memang sangat menyegarkan, apalagi saat dikonsumsi di cuaca yang terik.

Minuman ini merupakan sajian es serut yang dicampur dengan ketan hitam, tape singkong. sirup, susu kental manis, dan roti tawar. Jangan sampai ketagihan, ya!

Es Selendang Mayang

Makanan Khas Betawi Asli Es Selendang Mayang
Gambar Minuman Khas Betawi yang Hampir Punah Es Selendang Mayang

Tak hanya menyegarkan, minuman khas Betawi yang satu ini juga mengenyangkan. Kok bisa? Ya, bisa dong.

Sebab, bahan baku pembuatannya adalah dengan tepung beras dan tepung sagu. Lalu, diolah dengan bentuk layakknya agar-agar. Kemudian disiram dengan kuah santan.

Menariknya, kue tepung beras tersebut diberi warna yang beragam sehingga membuat Kamu gemas ingin menyantapnya.

Bentuknya yang seperti selendang, membuat masyarakat zaman dahulu menyebut makanan ini sebagai selendang mayang.

Cemilan Khas Betawi yang Bikin Nagih

Setelah makan berat, Kamu juga ingin menikmati kudapan ringan. Untuk sekadar menemanimu menikmati senja. Dengan secangkir kopi, mungkin bisa pertimbangkan beberapa camilan khas Betawi berikut ini!

Kue Rangi

Makanan Khas Betawi Kue Rangi

Terbuat dari tepung beras, makanan khas Betawi ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Manis dari lelehan gula merah cair, sedangkan gurih dari kelapa parut.

Nah, bahan dasarnya sendiri dari tepung kanji yang dicampur dengan air dan parutan kelapa. Jika sudah, maka adonan adonan akan dipanggang di atas api yang kecil dengan cetakan.

Bentuk dari cetakan ini adalah setengah lingkaran layaknya kue pancong. Jika sudah matang, kue siap disajikan dengan topping gula merah cair. Hmm, yummy!

Asinan Betawi

Cpntoh Makanan Khas Betawi Asinan Betawi
Gambar Apa Makanan Khas Betawi Jakarta Asinan

Berbeda dengan asinan Bogor, cemilan yang satu ini tidak dibuat dengan memadukan berbagai buah seperti mangga muda, kedondong, pepaya, dan sebagainya.

Melainkan menggunakan ragam sayur-sayuran. Mulai dari sawi, kubis, taoge, dan sebagainya dicampur lalu diproses menggunakan teknik pengacaran.

Yakni diasinkan dengan garam, lantas diberi tambahan cuka untuk menambah rasa asam. Sehingga asinan Betawi menjadi makanan yang lebih awet serta menyegarkan.

Makanan Khas Betawi Saat Lebaran Kue Cente Manis

Makanan Khas Betawi Kue Cente Manis
Gambar Makanan Khas Betawi Saat Lebaran Kue Cente Manis

Bingung ingin menjamu tamu pada acara arisan atau hajatan? Mungkin Kamu bisa mencoba kue cente manis. Ya, makanan khas Betawi ini memiliki cita rasa manis yang tidak berlebihan. Cara pembuatannya pun mudah.

Bahan dasarnya yakni gula, tepung konkwe, santan, serta sagu mutiara. Jika sudah, bahan tersebut dicampur, lalu dimasukkan dalam plastik dan dikukus.

Makanan Khas Betawi Kerak Telor

Makanan Khas Betawi Asli Kerak Telor
Gambar Makanan Khas Betawi Kerak Telor

Menu wajib yang mesti diicip saat Kamu berkunjung ke Jakarta adalah kerak telurnya. Makanan ini memang sudah sangat terkenal sebagaimana bebek betutu makanan khas Bali.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor adalah nasi yang dipadukan dengan berbagai bumbu dan telur.

Kamu bisa memilih jenis telurnya. Apakah ingin telur bebek atau telur ayam. Proses memasaknya juga cukup unik. Yakni dengan dipanggang menggunakan kuali. Pada bagian bawahnya dengan tungku arang.

Jika nasi sudah matang, maka akan dibalik. Jika sudah matang, maka kerak telor diberi topping berupa bawang goreng dan serundeng.

Makanan Khas Betawi Yang Berkuah

Makanan berkuah selalu di cari di berbagai kesempatan. Sebab, makanan tersebut bisa melepas dahaga dan mengenyangkan sekaligus. Nah, makanan khas Betawi berikut ini juga dipadukan dengan beragam kuah. Mulai dari santan hingga yang bening!

Laksa Betawi

Makanan Khas Betawi Laksa Betawi
Gambar Oke Google Makanan Khas Betawi adalah Laksa

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama laksa. Makanan ini memang terkenal tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga di berbagai negara. Betawi juga memiliki laksa yang sangat khas.

Laksa Betawi merupakan perpaduan berbagai bahan seperti bihun, perkedel, daun kucai, serta telur. Sedangkan kuahnya menggunakan bumbu kuning. Untuk cita rasanya sendiri cenderung gurih dan manis.

Soto Tangkar

Makanan Khas Betawi Soto Tangkar

Soto di berbagai daerah di Indonesia memang berbeda satu sama lain. Kalau Betawi memiliki soto tangkar.

Sebelum membahasnya, Kamu bisa mulai menebak isi soto tangkar berdasarkan namanya. Tangkar dalam bahasa Betawi adalah iga sapi. Ya, betul sekali. Iga sapi pada soto ini ditambahkan berbagai daging serta jeroan.

Lantas, diguyur dengan kuah berupa santan dengan ragam rempah dan cabe. Warna soto tangkar sendiri merah dengan tekstur yang pekat, dan kental. Nikmati semangkuk soto tangkar bersama dengan lontong agar lebih mengenyangkan.

Soto Betawi

Makanan Khas Betawi Dan Cara Membuatnya Soto
Gambar Oke Google Makanan Khas Betawi Wikipedia Soto

Soto Betawi merupakan kuliner legendaris yang sampai saat ini mudah Kamu temui di berbagai tempat.

Sejarah makanan khas Betawi ini dimulai sejak medio 1977 serta 1978. pertama kali diperkenalkan oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Lie Boen Po.

Dia memperkenalkan soto Betawi pada produk jualannya di THR Lokasari/Prinsen. Rasa soto Betawi menjadi sangat khas.

Untuk sajiannya sendiri adalah campuran taoge, kubis, dan bihun. Serta ditambah dengan daging ayam dan jeroan. Kemudian, bahan tersebut diguyur dengan kuah santan kental dengan cita rasa yang gurih.

Macam macam Minuman Khas Betawi

Es menjadi salah satu minuman yang paling digemari. Suhunya yang dingin sangat cocok untuk dinikmati pada suhu tinggi daerah tropis seperti Jakarta. Berikut ini diantara aneka minuman khas Betawi adalah:

Es Goyang

Ciri Minuman Khas Betawi Es Goyang
Gambar Minuman Khas Betawi adalah Es Goyang

Bukan hanya penari dan penyanyi saja yang bisa goyang! Ternyata es juga loh! Nah, es goyang ini bisa Kamu temukan di Jakarta.

Banyak juga yang menyebut es goyang dengan es lilin. Ya, bentuknya yang panjang membuat es ini disebut dengan es lilin. Seperti namanya, proses pembuatannya harus digoyang.

Berbagai cita rasa bisa Kamu nikmati. Tinggal sesuaikan saja dengan selera! Es goyang ini bisa membuat Kamu bernostalgia dengan masa kecil dulu.

Es Campur Betawi

Minuman Khas Betawi dan Cara Membuatnya Es Campur
Gambar Minuman Khas Betawi dan Penjelasannya Es Campur

Buka sekadar es campur biasa, rasa makanan khas Betawi ini menggunakan bahan yang agak berbeda.

Di dalam satu porsi es campur Betawi biasanya terdapat ragam buah-buahan, tape singkong, alpukat, dan juga cincau hitam. Kamu bisa menemukan es campur Betawi di kedai kaki lima hingga restoran sekalipun.

Namun, bahan-bahan tersebut sebenarnya tidak pakem, ya! Di berbagai kedai berbeda bisa saja menggunakan campuran bahan yang berbeda.

Minuman Khas Betawi Es Cendol

Minuman Khas Betawi dan Penjelasannya Es Cendol
Gambar Minuman Khas Betawi dan Cara Membuatnya Es Cendol

Es Cendol mungkin ada di berbagai daerah di Indonesia. Tak jauh berbeda, sajiannya menggunakan campuran utama berupa cendol, gula merah cair, serta santan kental. Cendol sendiri dibuat menggunakan tepung beras.

Jika di Jawa Tengah, es cendol dikenal dengan nama es dawet. Minumlah es cendol saat cuaca sedang terik, dijamin dahagamu hilang seketika.

Mana makanan khas Betawi yang menjadi favoritmu? Jangan lewatkan sajian yang paling digemari ya? Atau pernahkah Kamu mencoba salah satunya?

Silakan tinggalkan komentar untuk berbagi informasi. Serta share di semua platform medsos untuk memperkenalkan ragam makanan ini!

Leave a Reply