Makanan Khas Sunda

Makanan khas Sunda – Tanah Sunda memiliki segudang destinasi wisata yang memikat hati. Namun, kepopuleran Jawa Barat tidak hanya didapat karena tempat wisatanya saja.

Melainkan juga karena kulinernya yang begitu kaya dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Semua resep makanan khas Sunda Bandung terdiri atas makanan ringan, sambal, lalapan, hingga yang dari singkong.

Banyak juga nama makanan khas Sunda yang unik dan tidak bisa Kamu temukan selain di Jawa Barat. Kamu bisa menemukan ragam metode pengolahan kulinernya seperti digoreng, direbus, dibakar, dan sebagainya.

Bahan baku yang digunakan juga beragam, ada resep makanan khas Sunda dari singkong, mie, nasi, daging ayam, dan sebagainya.

Daftar Nama Khas Makanan Sunda


Video Review Makanan Khas Sunda di Bandung Terdekat

“Makanan Sunda tergolong jadi masakan paling populer di Indonesia. Citarasanya tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan gurih, asin, asam, manis, dan pedas tentu sesuai dengan lidah Nusantara”

Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis masakan yang berbeda. Pun, memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Begitu juga dengan makanan Sunda. Ada beberapa poin yang paling kentara dari masakan ini. Diantaranya:

  • Kesegaran bahan makanan dimana makanan paling terkenal dari Sunda adalah lalapannya.
  • Sayur-sayurnya mentah
  • Citarasa yang lebih ringan, sederhana, serta jelas
  • Sunda juga terkenal dengan ragam sambalnya
  • Ragam soto juga mewarnai khazanah perkulineran Sunda

Jadi, siap berburu kuliner di Tanah Sunda? Yuk, simak daftar makanan khasnya di bawah ini!

Empal Gentong

Resep Makanan Khas Sunda yang Unik Empal Gentong
Gambar Makanan Khas Sunda yang Unik Empal Gentong

Nama Makanan khas Sunda yang pertama adalah empal gentong. Mungkin, Kamu sudah sering mendengarnya, ya! Bahkan, sudah sering mencicipinya di daerahmu. Namun, beda cerita dan cita rasa jika Kamu menikmati langsung di tempat kelahirannya. Ya, Cirebon.

Sesuai dengan namanya, empal gentong diolah menggunakan gentong. Empal gentong merupakan sajian yang berasal dari daging sapi.

Ada juga bahan tambahan lainnya seperti babat sapi serta usus. Kalau tidak suka ya, tinggal pilih dagingnya saja. Cara memasaknya yakni disiram menggunakan kuah layaknya gulai.

Untuk menikmati Empal Gentong tentu akan lebih sempurna jika Kamu melengkapi dengan nasi hangat dan lontong.

Semangkuk empal gentong akan tandas tanpa sisa karena kelezatannya. Apalagi jika Kamu melibasnya di musim penghujan seperti saat ini. Soalnya, sajian ini akan membuat badan terasa lebih hangat.

Makanan Khas Sunda Nasi Timbel

Oleh oleh Makanan Khas Sunda Nasi Timbel
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Sunda Nasi Timbel

Pernah mampir ke rumah makan khas Sunda? Jika iya, Kamu pasti tidak asing dengan menu yang satu ini, Nasi Timbel. Akan memiliki sensasi rasa yang khas banget karena memiliki tampilan yang unik.

Salah satu ciri makanan khas Sunda adalah dibungkus menggunakan daun pisang sehingga memiliki kualitas rasa dan suasana tradisional yang kuat. Selain itu, dilengkapi pula dengan sambal dan lalapan seperti makanan khas Bali.

Jika Kamu kebetulan sedang ada di rumah makan di daerah jawa Barat, maka penyajian dari nasi timbel agak berbeda. Yang mana Kamu akan merasakan sensasi memakan nasi timbel ini di atas piring anyaman. Tentu saja membuat sensasi pedesaannya lebih terasa,

Untuk melengkapi seporsi nasi timbel, Kamu bisa memilih berbagai pendamping. Mulai dari ayam goreng, empal, kerupuk, sambal, tahu serta tempe, dan juga lalapan.

Sebuah perpaduan sempurna makanan tradisional yang menggoda. Mulai menelan ludah? Segera pesan di rumah makan Sunda, ya!

Makanan Khas Sunda di Bogor ya Asinan

Oleh oleh Makanan Khas Sunda di Bogor Asinan
Gambar Makanan Khas Sunda dan Daerah Asalnya Bogor Asinan

Setelah membahas makanan khas Sunda yang berat-berat, melipir sedikit ke makanan ringannya. Pembahasan pada poin ketiga ini akan mengulas asinan Bogor.

Oh ya, FYI, asinan Bogor dengan Betawi itu berbeda ya! Terutama, pada bagian kuahnya. Yang mana Asinan Bogor merupakan campuran cabai, garam, gula, serta cuka. Sedangkan asinan Betawi disajikan dengan kuah bumbu kacang.

Kamu bisa memilih tiga varian asinan Bogor. Ada asinan buah, sayur, serta asinan campur. Ragam asinan Bogor sebetulnya mudah Kamu temukan di seluruh penjuru kota bogor. Namun, kalau butuh rekomendasi asinan yang enak, mampir saja ke Jalan Ir. Juanda No. 90.

Anyway, Asinan asli Bogor ini sudah dibuat sejak tahun 1967 serta menjadi pelopor asinan bogor yang pertama kali. Bagaimana? Siap mencicipi makanan khas yang satu ini?

Nasi Liwet

Resep Makanan Khas Sunda Nasi Liwet
Gambar Makanan Khas Sunda yang Unik Nasi Liwet

Kembali lagi ke makanan khas Sunda berupa nasi-nasian. Ya, kali ini yang akan dibahas adalah Nasi Liwetnya. Jika Kamu berasal dari Jawa Barat tentu sudah sering mendengar tentang makanan yang satu ini.

Cara memasak nasi liwet tentu saja berbeda dengan nasi biasanya. Bisa dibilang caranya anti-mainstream, deh!

Sebab, nasi liwet diolah menggunakan santan kelapa yang kental. Sehingga, cita rasanya pun menjadi lebih gurih, manis, dan beraroma harum yang khas. Pembuatannya juga cukup rumit yakni dengan cara manual.

Untuk penyajiannya sendiri, nasi liwet biasa dipadukan dengan ikan teri, ayam goreng, daun serai, dan tahu. Kalau di Sunda, Nasi Liwet menjadi andalan saat berkumpul dengan keluarga.

Tak hanya itu, berkumpul dengan sahabat, tetangga, dan teman kantor pun akan terasa kurang sempurna tanpa adanya nasi liwet. Menu ini juga tak luput dari berbagai upacara adat yang dilakukan di daerah Sunda.

Makanan Khas Sunda Nasi Tutug Oncom

Salah satu Makanan Khas Sunda Nasi Tutug Oncom
Gambar Makanan Khas Sunda Nasi Tutug Oncom

Masih tentang nasi-nasian, nih! Iya dong, soalnya, orang Indonesia itu berasa belum makan kalau belum mengonsumsi nasi. Untuk daerah Sunda, jenis olahan nasi lain yang cukup menjadi favorit adalah nasi tutug oncom. Makanan khas Sunda yang satu ini juga biasa disebut dengan T.O atau Sangu Tutug Oncom.

Makanan ini mempunyai aroma yang khas. Panganan tradisional ini dibuat dengan cara mengaduk dengan oncom goreng dan bakar. Kalau Kamu menyantapnya dalam keadaan hangat, maka nasi ini akan lebih nikmat.

Asal muasal dari Nasi tutug oncom ini dari daerah Tasikmalaya, lho! Meski begitu, Kamu bisa mendapatkannya di kota lain seperti Jakarta dan sekitar Jawa Barat. Nasi Tutug Oncom paling pas jika disajikan bersama dengan tempe goreng, sambel terasi, ayam goreng, serta lalapan sayur.

Jika Kamu mencari nasi tutug oncom di daerah lain, maka lauk yang disajikan pun lebih beragam. Sehingga, tidak perlu langsung ke Tanah Sunda untuk mencicipinya.

Lotek Khas Sunda

Resep Makanan Khas Sunda Bandung dari Sayuran Lotek
Gambar Resep Makanan Khas Sunda Bandung dari Sayuran Lotek

Makanan khas Sunda yang selanjutnya adalah lotek. Kalau ini sih, sudah bisa ditemukan di berbagai daerah lain. Bahkan, di seluruh Pulau Jawa. Sebab, cita rasanya mudah dikompromi oleh lidah orang di seluruh Nusantara.

Secara penampilan, lotek mirip dengan karedok dan gado-gado, makanan khas Jawa tengah. Namun, bedanya, sayur yang digunakan dalam sajian lotek terdiri atas kangkung, kembang kol, dan toge.

Lotek juga kerap menggunakan sayur lain seperti kacang kapri, bayang, serta kacang panjang. Kalau ingin membuatnya sendiri, Kamu bisa memilih jenis sayur yang sesuai dengan selera.

Setelah direbus, sayur yang Kamu pilih akan dicacah. Lalu di ditambahkan bumbu kacang, kencur, serta tumbukan kentang rebus. Supaya lebih mengenyangkan, Kamu bisa menambahkan lontong. Topping kerupuk udang akan menyempurnakan rasanya.

Jika Kamu tidak suka lontong, silahkan menikmati lotek dengan cara yang berbeda yakni bersama dengan nasi atau mie. Makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Jawa Barat. Mungkin Kamu salah satunya!

Makanan Khas Sunda Bakakak Hayam

Nama Makanan Khas Sunda di Bandung Bakakak Hayam
Gambar Makanan Khas Sunda di Bandung Bakakak Hayam

Namanya yang unik dan lucu didengar ini ternyata cukup kontras dengan cita rasanya, lho! Makanan asli dari Indonesia khususnya Jawa Barat ini sangat lezat dengan keunikannya. Sehingga, tak heran kalau Bakakak Hayam menjadi salah satu kebanggaan dan unggulan masyarakat Sunda.

Nama Makanan khas Sunda yang unik bakakak ayam terbuat dari bahan dasar berupa ayam bagian dada yang diolah menggunakan rempah pilihan. Pengolahannya dilakukan dengan cara membelah dada ayam sampai terbuka.

Kemudian ditusuk, lalu dipanggang. Saat dipanggang itulah, daging dioles menggunakan bumbu khusus yang kaya akan rempah.

Banyak juga restoran dan kedai makan yang menawarkan Bakakak Hayam dari seekor ayam utuh. Kalau Kamu akan mengonsumsinya bersama dengan keluarga, memesan menu tersebut sepertinya bukan suatu masalah.

Kamu pun bisa memakannya bersama sambal merah dan sambal hijau. Agar lebih lengkap, nikmati bersama lalapan sayur.

Siap untuk merasakan sensasi rasanya yang khas? Silakan mampir di kedai terdekat, ya!

Makanan Khas Jawa Barat Soto Mie

Makanan Khas Sunda terdekat Soto Mie Bogor
Gambar Makanan Khas Sunda Terdekat Soto Mie Bogor

Jika makanan khas Surabaya ada lontong balap, lain lagi dengan olahan makanan khas Sunda yang satu ini. Ya, mie yang disajikan bersama dengan kuah soto.

Saking familiarnya warga Jawa Barat dengan sajian ini, hingga menjadi makanan khas Sunda sehari-hari.

Namun, ternyata soto mie tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Melainkan juga di negara lain. Seperti Singapura dan Malaysia.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat soto mie adalah garam, telur, dan tepung terigu. Meskipun sudah banyak kedai yang menjual soto mie, tetapi yang paling terkenal dan lezat adalah soto mie dari Bogor.

Ciri khas dari soto mie Bogor adalah adanya kuah kaldu yang lezat serta kaya akan rempah. Pun, santan kentalnya membuat rasa soto mie menjadi lebih gurih.

Untuk penyajiannya sendiri bisa dilengkapi dengan daging ayam, sapi, kaki sapi, hingga babat.

Agar lebih segar, biasanya soto mie ditambahkan irisan kentang rebus, tomat, toge, dan telur ayam. Topping-nya berupa bawang goreng, jeruk nipis, cuka, emping, dan kecap manis. Aduh, perut jadi keroncongan, deh!

Makanan Khas Sunda Sate Manggarai

Oleh Oleh Makanan Khas Sunda Sate Manggarai Purwakarta
Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Sunda dan Daerah Asalnya Sate Manggarai Purwakarta

Kuliner sate memang tidak pernah membosankan ketika dibahas. Sebagaimana makanan lain, sate dari berbagai daerah juga memiliki perbedaan dan keunikan sendiri. Seperti makanan khas Sunda yang unik berupa sate yang satu ini.

Konon, sate manggarai dibawa oleh bangsa Cina lho.

Awalnya, bahan utama pembuatan sate Manggarai ini menggunakan daging babi. Namun, seiring berjalannya waktu, daging babi diubah dengan menggunakan daging sapi. Apa sebenarnya keunikan dari Sate Manggarai?

Bukan dari resep makanan khas Sunda yang unik, melainkan dari cara membuatnya. Sebelum dibakar, daging sapi akan direndam pada bumbu sehingga lebih meresap ke dalamnya.

Sehingga cita rasa sate akan menjadi lebih kuat. Dijamin, tanpa menggunakan bumbu lain pun, Sate Manggarai akan tetap lezat saat disantap.

Penyajian sate manggarai biasanya bersama dengan tomat segar dan irisan bawang saja. Penasaran dengan rasanya? Silakan Kamu sambangi daerah Purwakarta dan Cianjur. Kamu akan menemukan warung yang menjual sate Manggarai di sepanjang jalan.

Makanan Khas Sunda Combro

Resep Makanan Khas Sunda dari Singkong Combro
Gambar Makanan Khas Sunda dari Singkong Combro

Beralih ke kudapan khas dari Sunda, ada combro. Secara harfiah, combro ini berasal dari kata dalam Bahasa Sunda yakni “oncom di jero” yang artinya oncomnya ada di dalam. Combro menjadi salah satu resep makanan khas Sunda dari singkong yang sangat enak.

Sebenarnya, nama dari combro ini sendiri sudah menjelaskan bagaimana makanan khas Sunda dan cara membuatnya tersebut dilakukan. Ya, parutan singkong dan oncom. Selain itu, terdapat pula bumbu lain seperti cabe merah, rawit, bawang putih, dan bawang merah.

Bumbu tersebut lantas dimasak bersama dengan oncom. Setelah itu, dimasukkan dalam parutan singkong yang kemudian di goreng hingga bagian luarnya bertekstur keras. Perpaduan bahan-bahan tersebut menimbulkan rasa manis, pedas, dan gurih dalam satu gigitan.

Makanan Khas Sunda Laksa Bogor

Makanan Khas Sunda di Bogor Laksa
Gambar Makanan Khas Sunda di Bogor Laksa

Mungkin, Kamu pernah mendengar sajian bernama laksa namun berasal dari negara lain. Pada dasarnya, laksa merupakan makanan yang sudah mendunia. Indonesia sendiri memiliki laksa dengan karakteristik yang berbeda. Disebut dengan laksa Bogor.

Seperti halnya laksa lain, makanan khas Sunda ini juga berbahan dasar mie. Sedangkan bahan tambahan lainnya adalah oncom. Oncom ini direbus hingga hancur di dalam kuah. Sehingga aromanya menjadi sangat khas.

Untuk kuahnya, dibuat dengan campuran bawang putih, bawang merah, lada, kunyit, ketumbar, dan kemiri. Rempah yang sangat kaya tersebut menambah kelezatan serta aroma khas yang begitu kuat.

Selain itu, laksa Bogor juga menggunakan kuah santan dengan aroma ebi yang kuat. Mie-nya sendiri menggunakan mie kuning yang tebal dengan suwiran ayam rebus, tauge, dan bakso ikan.

Itulah yang membedakan laksa Bogor dengan negara lainnya. Kamu pernah mencobanya?

Minuman Khas Jawa Barat Es Oyen

Makanan Khas Sunda di Bandung Es Oyen
Gambar Minuman Khas Sunda di Bandung Es Oyen

Sedikit out of topic ke minuman khas Sunda, Kamu bisa menjajal Es Oyen. Kalau Kamu bukan berasal dari Sunda, tentu cukup asing dengan makanan yang satu ini. Namun, sebetulnya sudah sangat melegenda di tatar Sunda. Terlebih jika Kamu berkunjung ke Kota Bandung.

Es Oyen ini merupakan perpaduan berbagai bahan mulai dari kelapa muda, pacar cina, kolang-kaling, alpukat, serta nangka. Setelah itu, diguyur dengan sirup pandan atau sirup buah, serta susu kental manis. Hmm, tentu sangat menggoda di tengah terik matahari.

Menurut hikayat, Es Oyen sudah dibuat sejak tahun 1954. Pada mulanya, Es Oyen dijual secara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Namun, di tahun 1962, dibuat kedai Es Oyen hingga saat ini.

Kalau sedang berkunjung ke Jawa Barat, silahkan mampir ke kedai Es Oyen yang berada di Jalan Sukajadi Nomor 18, Bandung. Siap-siap ketagihan, ya!

Minuman Khas Jawa Barat Bandrek

Minuman Khas Jawa Barat Bandrek
Gambar Minuman Khas Jawa Barat Bandrek

Masih menyoal minuman, nih! Meski bukan dari daerah Bandung dan sekitarnya, Kamu pasti pernah mendengar tentang Bandrek. Minuman penghangat tubuh ini memang cukup populer. Bahkan, Kamu bisa menemukan kedainya di luar tanah Sunda.

Selain sebagai minuman pelepas dahaga, Bandrek juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ringan layaknya batuk, sakit tenggorokan, dan panas dalam.

Sebab, bahan utama dari Bandrek terdiri atas rempah berkhasiat seperti jahe, serai, merica, telur ayam kampung, dan pandan. Lalu ditambahkan dengan gula merah. Biasanya, Bandrek juga ditambahkan dengan kerukan kelapa sehingga kelezatannya menjadi berlipat-lipat.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kedai yang menjual Bandrek dengan segala khasiatnya di Jawa Barat.

Makanan Khas Sunda Tahu Sumedang

Oleh Oleh Makanan Khas Sunda Tahu Sumedang
Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Jawa Barat Tahu Sumedang

Kudapan khas Jawa Barat yang satu ini sangat populer! Di berbagai daerah, tahu Sumedang bisa mudah Kamu dapatkan. Hal ini dikarenakan tahu adalah makanan yang merakyat dengan harga yang terjangkau.

Eits, tapi jangan sepelekan makanan rakyat jelata yang satu ini. Sebab, rasanya sangat istimewa.

Perbedaan tahu Sumedang dengan jenis tahu lainnya ada pada cara pengolahannya. Sehingga mempengaruhi tekstur dari tahu ini. Tahu Sumedang mempunyai tekstur yang renyah pada bagian luar.

Sementara bagian dalamnya sangat lembut. Perpaduan yang memanjakan lidah. Hal ini didapatkan karena proses penggorengannya yang cukup unik yakni diangkat baru saat tingkat kematangan tertentu.

Nikmati tahu Sumedang dalam keadaan hangat bersama dengan cabe rawit. Memang enak sih, tapi jangan kebanyakan, ya! Takut efeknya jadi mules-mules, deh!

Artikel makanan khas Sunda dan daerah asalnya di Jawa Barat diatas bisa temen-temen buat list, sebelum berangkat traveling. Jangan lewatkan kelezatan setiap cita rasa masakannya, ya!

Kalau pernah, mana yang paling Kamu suka? Tapi kalau belum, mana yang ingin Kamu cicipi?

Share informasi ini ke semua platform media sosialmu agar semakin banyak orang yang tahu mengenai makanan-makanan ini! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply