Makanan Khas Kalimantan Utara Tudai

Makanan Khas Kalimantan Utara

Makanan Khas Kalimantan Utara – Untuk masalah kuliner, Indonesia bisa dikatakan sangat kaya. Hampir semua provinsi yang ada di Indonesia memiliki makanan khas yang sangat menarik dan nikmat, termasuk salah satunya adalah provinsi Kalimantan Utara.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Kalimantan Utara yang sangat menggugah selera. Meskipun Kalimantan Utara adalah provinsi yang tergolong baru di Kalimantan, namun ada cukup banyak makanan khas yang tersedia di provinsi ini yang layak untuk dicoba.

Adanya banyak makanan khas ini tentu akan membuat Kamu bisa menikmati keindahan Kalimantan Utara dengan lebih puas, terutama untuk Kamu yang memang menyukai wisata kuliner.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam sajian khas Kalimantan Utara yang lezat dan menggugah selera. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beragam Nama Makanan Khas Kalimantan Utara

Kenikmatan yang hakiki adalah hal yang akan ditemukan dalam setiap lahap makanan khas Kalimantan Utara, sebab semua sajian dibuat dengan penuh kasih sayang sesama manusia.

Berbincang tentang makanan tradisional khas Kalimantan, Kamu akan menemukan cukup banyak variasi makanan yang begitu lezat dan menggoda.

Tentu, Kamu bisa mengeksplorasi beragam sajian kuliner di Kalimantan Utara ini sepuasnya untuk pengalaman baru berburu kuliner ala Borneo.

Namun, sebelum membahas apa saja makanan khas yang tersedia di Kalimantan Utara, ada beberapa fakta menarik yang menjadi ciri khas dari sajian kuliner di provinsi baru ini.

Adapun beberapa fakta yang bisa menjadi daya tarik dari kuliner Kalimantan Utara adalah sebagai berikut:

  • Makanan khas yang ada di Kalimantan Utara menggunakan bahan-bahan yang masih cenderung tradisional
  • Ada pengaruh yang cukup besar dari kuliner khas Tionghoa yang mewarnai beragam jenis Makanan khas Kalimantan Utara
  • Rempah menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan sehingga kebanyakan makanan khas di provinsi ini memiliki rasa yang kaya akan rempah
  • Banyak sajian khas Kalimantan Utara yang dibuat dengan bahan dasar biota laut dan sungai karena adanya banyak sungai dan daerah dekat laut yang menjadi lanskap Kalimantan Utara
  • Makanan khas yang ada di Kalimantan Utara selain memiliki rasa rempah yang kaya juga kebanyakan hadir dengan rasa pedas yang menggugah selera.

Nah, beberapa fakta di atas tentu bisa menjadi gambaran umum tentang panganan khas yang akan Kamu temui di Kalimantan Utara. Lalu, apa saja panganan khas yang bisa disantap? Simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Lawa

Makanan Khas Kalimantan Utara Lawa

Bisa dikatakan bahwa lawa merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Kalimantan Utara dan memiliki banyak sekali penggemar.

Hal ini cukup beralasan karena lawa adalah makanan legenda yang menurut beberapa sumber telah ada sejak zaman dulu kala.

Apa yang menarik dari makanan khas ini adalah bahannya yang dibuat dari sayuran segar berupa rumput laut dan mentimun.

Selain itu, bahan akan dicampur dengan beragam bahan lain seperti kelapa sangrai, udang galah, udang raja dan lainnya. Nah, biasanya, lawa disajikan di pagi hari sebagai salah satu menu sarapan yang sangat menarik.

Kepiting Soka

Makanan Khas Kalimantan Utara Kepiting Soka

Suka dengan kepiting untuk menu makan? Nah, di Kalimantan Utara, Kamu akan menemukan salah satu menu khas yang sangat menarik dan terkenal, yaitu kepiting soka. Ini adalah menu kepiting yang bisa dikatakan sangat mudah di temukan di Kalimantan Utara, terutama di bagian pesisir.

Menyajikan rasa kepiting yang segar dan khas, menu yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal menarik dari kepiting soka dibandingkan dengan jenis kepiting lainnya. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kepiting soka memiliki lemak yang rendah sehingga cenderung aman untuk penderita diabetes
  • Ada kandungan mineral yang tinggi dalam daging kepiting soka
  • Kepiting soka adalah biota laut dengan segudang vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Tumis Kapah

Makanan Khas Kalimantan Utara Tumis Kapah

Sebagaimana disinggung di awal bahwa makanan khas Kalimantan Utara cukup banyak yang berasal dari biota air. Nah, salah satu menu spesial dengan bahan dasar biota air tersebut adalah tumis kapah. Ini adalah sajian khas yang sangat terkenal dengan rasa yang nikmat dan cenderung gurih.

Nah, kapah adalah sejenis kerang yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan Utara sehingga menu khas ini cukup mudah ditemukan.

Dalam hal ini, kapah akan dimasak dengan beragam bumbu yang kaya, seperti bawang merah, bawang putih, jeruk nipis dan lainnya. Meskipun dimasak dengan cara yang cukup sederhana, rasa olahan ini begitu istimewa dan tentu bisa membuat ketagihan!

Tudai

Makanan Khas Kalimantan Utara Tudai

Tudai adalah salah satu jenis kerang seperti kapah yang banyak di Kalimantan. Tidak hanya di Kalimantan Utara, juga di beberapa bagian lain dari Kalimantan. Hal inilah yang membuat tudai juga menjadi salah satu makanan khas Banjarmasin.

Apa yang unik dari kerang yang satu ini adalah adanya cangkang yang cukup tebal dan berwarna hitam. Kerang ini nantinya dimasak dengan cara direbus dan disajikan dengan sambal goreng.

Perlu diketahui, tudai sering menjadi sajian khas saat upacara adat atau pernikahan. Namun, saat ini, ada cukup banyak rumah makan yang menyediakan menu ini.

Nasi Udang

Makanan Khas Kalimantan Utara Nasi Udang

Suka dengan udang? Nah, Kalimantan Utara bisa disebut sebagai salah satu provinsi yang paling banyak menghasilkan udang. Di provinsi ini, ada salah satu makanan khas yang mungkin Kamu sudah familiar, yaitu nasi udang.

Nah, meskipun nasi udang banyak ditemukan di daerah lain –tidak harus di Kalimantan Utara, namun, udang yang diambil di daerah Malinau ini memiliki cita rasa yang khas dengan daging yang lebih tebal.

Disajikan dengan nasi pulen dan sambal yang pedas, kuliner ini pasti akan sangat menggugah selera Kamu.

Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Makanan Khas Kalimantan Utara Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Saat membaca nama makanan ini, mungkin Kamu berpikir bahwa panganan ini adalah dodol yang biasanya ditemukan di daerah Jawa Barat.

Ya, memang ada kemiripan dari menu dodol yang ada di Kalimantan Utara dengan yang ada di Jawa Barat, yaitu sama-sama memiliki rasa yang cenderung manis.

Namun, perbedaan yang mendasar dari makanan khas Kalimantan Utara ini adalah bahan yang digunakan. Dodol yang ada di Kalimantan Utara dibuat dengan bahan dasar buah cempedak dan rumput laut.

Memiliki rasa manis yang khas, dodol ini sangat cocok disajikan untuk camilan. Tidak hanya itu, panganan ini sangat cocok untuk dijadikan cenderamata untuk keluarga di rumah.

Nasi Subut

Makanan Khas Kalimantan Utara Nasi Subut

Menu lain yang terkenal di Kalimantan Utara sebagai salah satu sajian kuliner khas adalah nasi subut. Pernahkah Kamu mendengar tentang salah satu kuliner ini sebelumnya?

Nah, nasi subut memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan nasi pada umumnya. Hal ini dikarenakan nasi subut memiliki warna ungu yang tampak unik dan cantik.

Tidak hanya itu, menu ini sebenarnya dibuat dengan beragam bahan yang berbeda. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat menu ini adalah nasi, ubi jalar ungu dan juga jagung.

Meskipun hanya dimasak dengan tambahan garam dan penyedap rasa, nasi subut terasa begitu nikmat dan gurih. Biasanya, menu ini disajikan dengan ikan laut goreng dengan sambal pedas yang nikmat.

Sate Ikan Pari

Makanan Khas Kalimantan Utara Sate Ikan Pari

Pernahkah Kamu membayangkan bagaimana memasak ikan pari? Nah, di Kalimantan Utara, ikan pari adalah salah satu bahan kuliner yang sangat terkenal dan tentu susah ditemukan di daerah lainnya.

Nah, salah satu sajian berbahan dasar ikan pari yang tersedia di Kalimantan Utara adalah sate ikan pari.

Bisa dikatakan bahwa kuliner yang satu ini menjadi buruan wisatawan yang datang ke Kalimantan Utara. Hal ini sangat beralasan karena memang sate ikan pari sangat susah ditemukan di tempat lainnya.

Untuk memasaknya, ikan pari awalnya akan dipisahkan dari kulit dan dipotong dadu. Kemudian, daging direndam dengan jeruk nipis dan nantinya ditambahkan dengan bumbu kacang untuk kemudian dibakar.

Rasa manis dan lezat akan langsung terasa ketika Kamu menyantap sajian khas yang satu ini.

Ikan Asin Rica

Makanan Khas Kalimantan Utara Ikan Asin Rica

Untuk Kamu yang suka dengan kuliner yang cenderung berasa pedas, maka ikan asin rica ini adalah salah satu kuliner khas di Kalimantan Utara yang wajib untuk dicoba.

Ya, rasa kuliner yang begitu nikmat dan kaya akan rempah serta rasa pedasnya yang unik sangat lezat dan lumer di lidah.

Tidak hanya itu, penyajian menu ini pun cukup unik. Tidak hanya dengan nasi sebagaimana penyajian menu makanan yang sudah umum dan familiar, menu ikan asin rica disajikan dengan sayur singkong tumis.

Akan ada kombinasi rasa sedikit pahit dan pedas yang tentu membuat Kamu menyukainya.

Sate Temburung

Makanan Khas Kalimantan Utara Sate Temburung

Menu lain yang menjadi makanan khas Kalimantan Utara adalah sate temburung. Ini adalah sajian lezat yang dibuat dengan bahan dasar kerang yang unik. Tidak hanya di Kalimantan Utara, menu ini juga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang juga banyak digemari.

Berbeda dengan sate yang umumnya dimasak dengan bumbu kacang yang kental dan cenderung manis, sate temburung dibuat dengan bumbu pedas yang kental.

Ya, ada aroma cabai yang begitu kental pada menu yang satu ini. Sate ini bisa dikatakan sangat lezat dan seringkali dijadikan sebagai salah satu makanan khusus dalam acara yang diselenggarakan.

Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan Utara Ketupat Kandangan

Jika Kamu ingin menyantap menu ketupat yang unik, maka ketupat kandangan adalah salah satu menu spesial yang sebaiknya Kamu coba.

Nah, ketupat ini unik dengan tambahan ikan untuk membuat menu menjadi lebih lezat. Sebagaimana diketahui, biasanya ketupat akan disajikan dengan tambahan ayam ataupun telur.

Nah, ikan yang digunakan dalam menu ini adalah ikan gabus. Ikan gabus akan dipanggang terlebih dahulu kemudian akan dimasak dengan kuah yang cenderung bersantan dan tambahan aneka bumbu yang lezat.

Manday

Makanan Khas Kalimantan Utara Manday

Manday bisa dikatakan seperti gudeg yang ada di Yogyakarta. Bedanya, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar cempedak yang sebenarnya memang memiliki kemiripan dengan nangka.

Nah, cempedak yang digunakan akan diasinkan selama beberapa hari dan kemudian digoreng. Rasa panganan ini cenderung renyah dan gurih yang cocok untuk alternative lauk.

Nah, demikian beberapa makanan khas Kalimantan Utara yang bisa Kamu coba. Beberapa makanan tentu wajib dicoba karena hanya ada di provinsi muda yang satu ini. Jadi, mana menu yang akan Kamu coba pertama kali?

Leave a Reply