Makanan Khas Garut

Walapun Garut adalah kota kecil Jawa Barat, tapi ternyata menyimpan makanan khas yang sangat menggugah selera. Berikut ini daftar makanan khas Garut yang terkenal dan patut dicoba:

Contents

1. Nasi Liwet

makanan khas garut nasi liwet
https://www[dot]indozone[dot]id/
Nasi liwet adalah nasi yang dibuat dengan cara diliwet. Beras dicampur dengan air atau air santan lalu dimasukkan di atas dandang atau ketel sampai air meresap dan beras menjadi nasi.

Biasanya disajikan dengan berbagai lauk, sayur, dan urap. Nasi liwet yang paling terkenal di Garut adalah Nasi Liwet Domba.

Rasanya sangat khas, pas di lidah orang-orang Sunda. Yang menjadi ciri khas yaitu ditambah dengan daging domba yang sangat enak.

2. Sambal Cibiuk Khas Garut

makanan khas garut sambal cibiuk
https://id[dot]tastemade[dot]com/
Makanan khas Indonesia yang termasuk paling legendaris dan unik adalah sambal. Tidak hanya satu, ada berbagai macam rasa yang khas dengan makanan sambal ini.

Salah satunya sambal khas Garut ini, Sambal Cibuk. Rasanya pedas, asam, dan segar.

Sambal Cibiuk terbuat dari cabai rawit, cabai merah, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, kencur dan sedikit tambahan gula garam.

Warna sambal cibiuk cenderung hijau jadi terlihat segar dan menggugah selera makan. Buat kamu yang ingin merasakan sambal cibiuk khas Garut yang terkenal,  kamu bisa menikmatinya di Rumah Makan Cibiuk Garut.

3. Soto Ayam Garut

makanan khas garut soto ayam
merahputih[dot]com
Soto Ayam Garut cukup terkenal di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Tampilannya menggugah selera, begitu juga rasanya.

Cita rasa soto khas Garut ini gurih dan asin, perpaduan dari santan yang kuning pekat dan rempah-rempah. Di atasnya ditaburi dengan kacang kedelai goreng.

4. Bakso Mang Ano

makanan khas garut bakso mang ano
http://wisatakulinerdigarut[dot]blogspot[dot]com/
Bakso merupakan kuliner favorit masyarakat Garut dan sekitarnya, bahkan masyarakat kita Indonesia.

Salah satu bakso yang populer di Garut adalah Bakso Mang Ano yang terletak di Jalan Raya Cipanas No.23, Langensari, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Bakso Mang Ano terkenal dengan bakso uratnya yang gurih. Bakso disajikan dengan kulit kepala sapi yang empuk. Kamu harus coba bakso ini.

5. Baso Aci (Boci)

makanan khas garut baso aci
https://foodizz[dot]id/
Baso Aci atau biasa disebut Baci sangat digemari para remaja Garut dan sekitarnya karena rasanya yang pedas, gurih, dan harganya cukup terjangkau.

Baso aci terbuat dari tepung tapioka atau orang sunda menyebutnya tepung aci. Biasanya disajikan dengan ceker dan kuah yang pedas.

Makanan baso aci cocok sekali dinikmati saat cuaca dingin, terasa hangat dan ada sensasi pedasnya, dijamin top markotop.

6. Surabi Khas Garut

makanan khas garut surabi
garutnews[dot]com
Surabi merupakan kuliner khas Jawa. Meskipun ada yang bilang makanan khas Bandung juga.

Tiap daerah mempunyai ciri khas surabi yang berbeda-beda. Kalau di Garut, rasa surabinya cenderung gurih.

Harga sangat terjangkau, dengan empat ribu rupiah, kamu sudah bisa menimati satu bungkus surabi khas Garut. Biasanya jajanan ini banyak dijual pada pagi dan sore hari.

Seiring perkembangan jaman, sekaranag banyak sekali yang menjual berbagai varian surabi dengan banyak macam pilihan rasa dan toping.

Ada yang diberi tambahan meses, coklat,stroberi, durian, kacang, keju, dan masih banyak lagi.

7. Es Goyobod

makanan khas garut es goyobod
https://kumparan[dot]com/
Es Goyobod merupakan minuman khas Garut yang menggugah selera wisatawan. Minuman es goyobod tidak jauh berbeda dengan es campur.

Akan tetapi yang membedakannya adalah potongan tepung kanji yang kemudian disatukan dengan es campur. Panas terik sangat cocok bagi kalian untuk mencicipi minuman yang satu ini.

8. Awug

makanan khas garut awug
regional[dot]kompas[dot]com
Awug merupakan makanan tradisional sekaligus makanan khas Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan isiannya gula merah. Awug sangat enak disantap ketika masih hangat.

9. Burayot Khas Garut

makanan khas garut burayot
liputan6[dot]com
Makanan manis yang satu ini merupakan makanan khas sekaligus menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa oleh para wisatawan asing.

Dengan semakin berkembangnya penjualan makanan ini, kini tersedia varian rasa, mulai dari rasa durian, cokelat, kacang Ijo, dan masih banyak lagi.

10. Kue Balok Maranti

makanan khas garut kue balok maranti
ramahtraveler[dot]com
Kue Balok sangat terkenal sebagai makanan khas Garut yang harus dicoba ketika melewati kota ini. Bentuknya kotak seperti balok. Rasanya gurih, manis, renyah, dan sangat khas aromanya.

Kue balok yang melegenda di Garut bernama Kue Balok Maranti yang berdiri seak 1941. Wow, bahkan sebelum Indonesia merdeka, kue balok Maranti sudah terkenal kelezatannya.

Kue Balok legendaris ini dijajakan di daerah kecamatan Kedungora, Garut. Biasanya disantap dengan segelas kopi atau kopi susu.

11. Emplod Garut

makanan khas garut emplod
http://oleholehdarigarut[dot]blogspot[dot]com/
Emplod adalah makanan khas Garut yang bentuknya bulat seperti telur. Makanan ini awalnya berawal dari daerah Lewo, Garut. Awalnya dikenal denan nama Endog Lewon, lalu sekaang banyak yang menyebutnya Emplod.

Emplod khas Garut terbuat dari singkong, tepung tapioka, kelapa parut, garam, daun bawang, dan bumbu penyedap.

Rasa originallnya ada yang asin dan pedas. Tapi sekarng banyak yang memodifikasinya menjadi berbagai rasa seperti rasa keju, balado, dan jagung manis.

12. Dodol Picnic Khas Garut

makanan khas garut dodol picnic
http://pusatdodolgarut[dot]blogspot[dot]com/
Dodol Picnic Garut merupakaan kebangaan masayarakat lokal Garut karena dodol ini sangat terkenal sampai ke luar kota Garut.

Rasanya tidak afdol kalau ke Garut tidak mencicipi Dodol Picnic Garut dan membawanya sebagi oleh-oleh.

Dodol Picnic diproduksi sejak tahun 1920-an pada saat masa kolonial Belanda. Dulu warga sekitar hanya mebuat dodol dengan skala ruamahan.

Namun seiring berjalannya waktu setelah Indonesia merdeka, banyak yang menjadi industri lebih besar dan mempunyai toko sendiri untuk memasarkannya.

13. Jeruk Garut

makanan khas garut jeruk
https://www.tribunnews[dot]com/

Rasa dari jeruk Garut tidak kalah dengan Jeruk Medan, Jeruk Pontianak, bahkan Jeruk Mandarin lho.

Walaupun mungkin tidak setenar jeruk dari daerah yang lainnya, Jeruk garut memiliki rasa yag manis dan harganya pun terjangkau.

Jeruk garut juga menjadi salah satu trademark dan komoditas pertanian unggulan Kota Garut dan ada di lambang kota Garut.

14. Dorokdok Khas Garut

makanan khas garut dorokdok

Dorokdok adalah kerupuk kulit khas Garut yang wajib dicicipi. Rasanya gurih dan renyah sekali, kalau dimakan menimbulkan suara Dorok dok dook dok, oleh karena itu disebut dengan dorokdok oleh orang Sunda.

Dorokdok terbuat dari kulit hewan, biasanya kulit kerbau. Namun ada juga yang menggunakan kulit sapi sebagain bahan bakunya.

Kulit yang dipilih sebagai bahan dasa haus kulit hewan yang masih muda agar lebuh mudah diolah dan lebih renyah.

Proses pembuatannya yaitu dikeringkan dibawah sinar matahari selama kuang lebih 3 hai. Apabila menggunakan oven, katanya hasilnya kurang maksimal.

Karena poses pembuatannya yang cukup lama dan bahan bakunya cukup susah didapat membuat harga dorokdok menjadi lebih mahal dibanding makanan khas Garut yang lain.

15. Angleng

makana khas garut angleng
http://dodolasgar[dot]blogspot[dot]com/
Makanan khas Garut ini tekstur dan rasanya hampir sama dengan dodol, hanya beda bentuk dan bungkusnya saja.

Biasanya angleng khas Garut dibungkus dengan daun jagung kering. Bahan utama untuk membuatnya yaitu kelapa, ketam, dan gula merah. Rasanya manis dan kenyal.

16. Ceprus Khas Garut

makanan khas garut ceprus
https://foodnesia[dot]net/
Ceprus terbuat dari singkong yang dibakar lalu dicelup dengan gula merah panas, yang biasa disebut kinca.

Sayangnya, makanan khas Garut ini sudah jarang sekali ditemui, biasanya hanya disajikan di sentra gula merah asli dari pohon kawung atau aren.

Itu tadi beberapa makanan khas Garut yang kaya cita rasa dari manis, asin pedas, gurih, sampai yang manis. Kamu bisa mencicipinya saat berkunjung ke Kota Garut.

Kamu sudah pernah cobain makanan khas yang mana aja nih? Gimana rasanya? Tulis di kolom komentar ya.

Leave a Reply