Contoh Teks Eksposisi

Pada materi sebelumnya, kita telah belajar apa yang dimaksud dengan teks eksposisi secara lengkap. Sekarang kita akan membahas contoh teks eksposisi beserta strukturnya agar lebih mudah memahaminya.

Berikut ini kumpulan contoh teks eksposisi singkat sebagai bahan pembelajarannya.

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Untuk menciptakan kenyamanan di sekolah dan di sekitarnya maka salah satu faktornya adalah dibutuhkan lingkungan sekolah yang bersih.

Agar sekolah tetap bersih maka setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Disamping itu tidak jarang untuk menarik minat siswa-siswa agar peduli terhadap lingkungan dilakukan lomba kebersihan sekolah.

Ada berbagai macam cara dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas dan lain sebagainya

Argumentasi

Dalam menjaga kebersihan sekolah, biasanya di setiap kelas terdapat pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan.

Adapun tugas dari petugas piket meliputi menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Selanjutnya setiap hari sabtu, seluruh anggota kelas melakukan kerja bakti dengan membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai.

Manfaat yang didapatkan salah satunya adalah membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang

kebersihan sekolah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkah dari kehidupan sekolah. Lingkungan sekolah yang bersih merupakan faktor yang penting dalam meraih proses belajar mengajar yang nyaman. 

Lingkungan sekolah yang bersih dapat menjamin seseorang dalam menjaga kebersihan \dan kesehatannya. 

Sehingga kebersihan merupakan suatu usaha manusia untuk menjaga lingkungan tetap sehat terawat secara kontinyu atau terus menerus.

2. Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
Gambar Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya dengan judul realita hukum di Indonesia via Bosmeal.com

Realita Hukum Di Indonesia

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Hukum yang ada di Indonesia sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang. Yang mana secara tegas mengatur hukuman berbagai pelaku tindak kejahatan. 

Akan tetapi realitanya, keadilan hukum seringkali menjadi tidak adil dan merugikan banyak orang. Hukum bisa menjadi tegas kepada banyak orang, tetapi menjadi tumpul di hadapan koruptor.

Argumentasi

Sudah menjadi rahasia umum jika koruptor di Indonesia mendapatkan hukuman yang tingkatannya masih tergolong ringan.

Bahkan tidak jarang ada koruptor yang menerima fasilitas mewah padahal sudah merugikan bangsa. 

Sementara itu seringkali kita menonton berita banyak maling yang dihajar masa hingga tewas. Akan tetapi kita belum pernah mendapatkan informasi bahwa ada seorang koruptor di Indonesia yang mati karena dikeroyok masa.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia masih tajam kebawah tetapi tumpul ke atas. Hukum hanya tegas untuk rakyat kecil, tetapi lunak bagi penguasa,

Ada banyak kasus yang menjerat rakyat kecil dengan tuntutan yang sepele. Sebut saja kasus yang menimpa nenek Asyani.

Nenek Asyani terancam hukuman lima tahun penjara hanya karena diduga mencuri kayu. Bandingkan dengan hukuman yang diterima oleh para koruptor. Sungguh tidak adil bukan.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Sirih Merah sebagai Obat Tradisional

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat adalah sirih merah.

Sirih merah sendiri merupakan jenis tumbuhan yang dapat dibudidayakan oleh masyarakat. Kegunaannya adalah sebagai persediaan tumbuhan obat-obatan tradisional.

Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan jika tumbuhan sirih merah sering dijadikan obat diabetes, maag, kanker. 

Selain itu juga sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe, dan juga dapat digunakan sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan perempuan.

Pada umumnya masyarakat memanfaatkan sirih merah dengan cara mengambil dan memanfaatkan daunnya. Selanjutnya daun tersebut diolah dengan cara direbus. 

Daun sirih sendiri memiliki berbagai macam senyawa aktif di dalamnya, seperti polifenol, minyak atsiri, eugenol, dan sebagainya sehingga dapat dikategorikan sebagai tumbuhan obat tradisional.

Dengan demikian, dapat dipahami jika Sirih Merah dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Sistem pendidikan di Indonesia tengah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum pendidikan Indonesia.

Perubahan kurikulum tersebut terjadi pada kurikulum 2006 yang sudah sejak lama digunakan menjadi kurikulum 2013. Walaupun memang tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi

Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Adapun syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 adalah terjangkaunya distribusi buku bahan ajar kurikulum 2013.

Disamping itu Kemendikbud juga menjelaskan jika kurikulum 2013 ini  fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Selain itu juga kurikulum 2013 menitik beratkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia.

Di dalam kurikulum 2013 ini sendiri, proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Menurut pendapat Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktek daripada hafalan.

Hal ini karena selama ini para siswa lebih banyak dibebani dengan hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Dengan menggunakan kurikulum 2013, diharapkan para siswa agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan juga karakter sehingga dapat mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. 

Selaras dengan pendapat Musliar Kasim, Meutia Hatta selaku Anggota Dewan Pertimbangan Presiden juga berpendapat.

Kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Bukan hanya itu saja, di dalam kurikulum 2013, peran aktif siswa sangat ditonjolkan dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia yang berkualitas.

Penegasan Ulang

Akan tetapi dibalik harapan dan tujuan yang begitu besarnya, banyak dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini.

Alasannya karena perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan ada juga yang berpendapat jika kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Di dalam kurikulum 2013, walaupun materi mata pelajaran dibuat dengan lebih sederhana, akan tetapi tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun.

Hal ini disebabkan karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Menjaga Lingkungan Hidup

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Salah satu faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat.

Dengan lingkunga yan bersih akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam kegiatan penanggulangan pencemaran seringkali digalakkan oleh Pemerintah dan lembaga kesehatan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat.

Pendaur ulangan sampah organik dan non-organik, membuang sampah pada tempatnya merupakan sebagian dari kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan.

Argumentasi

Penjadwalan rutin setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.

Untuk penjadwalannya sendiri disesuaikan dengan jumlah hari yang ada. Jadi dalam satu RT dibagi menjadi dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan dengan jadwal yang telah disepakati.

Sementara itu, khusus di hari minggu sengaja digunakan sebagai kerja bakti rutin yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa. Adapun waktunya dimulai pada pagi hari.

Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Adapun manfaat utamanya adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan yang terjaga. 

Selain itu terdapat manfaat lain yang didapatkan berupa terjalinnya hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka.

Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan hidup merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

Dengan adanya lingkungan yang bersih maka kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu akan terjamin.

Hal tersebut tidak akan dapat terwujud jika tidak dilakukan secara gotong royong melalui kerja bakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.

6. Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi Berita

Polri Hadapi Maraknya Hoax

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Menjelang tahun politik, kabar berita hoax mulai banyak bertebaran bertebaran di berbagai media. 

Kabar berita hoax tersebut menarik perhatian Irjen Pol Gatot Pramono sebagai Ketua Satgas Nusantara. 

Dia berpesan serta mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar lebih bijak dalam mongkumsi kabar berita yang bersumber dari sosial media.

Menurut Edi, salah seorang pakar politik dalam diskusi “Refleksi Akhir Tahun: Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik”, yang menyebutkan bahwa media konvensional lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan media sosial.

Lebih lanjut, edi juga menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang hanya memiliki tujuan tertentu termasuk menyebarkan hoax. 

Sudah banyak akun-akun yang anonimus (menggunakan identitas palsu) di media sosial yang digunakan untuk menyebarkan hoax.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan kondusifitas tatanan negara. Sementara bagi polri sendiri, hal ini menjadi tantangan untuk mencegah beredarnya hoax yang masih banyak di media sosial.

Argumentasi

Bursah Zarnubi, yang notabene merupakan Ketua Umum  dari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), berkomentar dalam sebuah diskusi politik terkait dengan isu saat ini.

Dia sangat menyesalkan jika tahun politik belakangan ini menjadi tempat pemecah belah masyarakat dan menjadikan negara ini tidak kondusif.

Bursah Zarnubi juga menjelaskan jika selama tahun 2018 sebagian besar energi masyarakat terserap masuk hanya ke dalam atmosfer kampanye pemilihan presiden 2019 esok.

Faktanya, kita hanya menyaksikan ujaran kebencian, hoax, fitnah, kampanye hitam di dalam narasi kampanye. Selain itu juga perdebatan minim data sepanjang tahun politik ini.

Penegasan Ulang

Kita semua mengakui jika fokus seluruh masyarakat indonesia saat ini dalam pilkada serentak dan persiapan pilpres 2019.

Adapun politik identitas dan SARA yang dianggap subjektif digunakan sebagai jargon dan alat kampanye dalam berpolitik. Hal ini tentunya akan membahayakan keutuhan masyarakat yang harmonis.

Di dalam jumpa pers, Kapolri beserta segenap jajarannya berharap kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah bangsa serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.

Nah itu tadi contoh teks eksposisi berita yang dapat kita jadikan bahan referensi. Atau mungkin diantara teman-teman memiliki referensi contoh lainnya?

7. Contoh Teks Eksposisi Proses

Contoh Teks Eksposisi Proses

Manfaat Wortel untuk Wajah

Wortel sendiri selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga bermanfaat untuk wajah. Caranya adalah digunakan sebagai masker wajah. 

Adapun manfaatnya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Akan tetapi manfaat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Kemudian cara membuat masker dari wortel adalah dengan cara diblender atau diparut sampai lembut.

Setelah wortel halus, masukkan dalam cawan atau mangkuk atau wadah lainnya kemudian tambahkan madu 1 sendok makan lalu aduk hingga merata. 

Untuk cara penggunaan masker wortel ini adalah cuci muka terlebih dahulu sebelum mengoleskan ke wajah kemudian oleskan masker wortel pada permukaan wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.

Setelah itu bilas wajah dengan air yang hangat dan dilanjutkan dengan menggunakan air dingin. 

Agar wajah mendapatkan manfaat dari wortel secara optimal, maka kita harus melakukan perawatan rutin dapat mencerahkan wajah sekaligus mengurangi flek dan kerutan.

Nah itu tadi contoh teks eksposisi proses yang bisa kita jadikan referensi dalam membuat tugas sekolah.

Semoga teman teman bisa paham dengan materi contoh teks eksposisi diatas ya. Selanjutnya kita Kita akan membahas materi pola pengembangan teks eksposisi.

Jika ada yang kebingungan atau dirasa kurang sesuai dengan contoh teks eksposisi beserta strukturnya diatas silahkan teman-teman tuliskan di kolom komentar ya.

Kami akan terbuka dengan kritik dan saran dari teman-teman pembaca semua. Jangan lupa untuk share juga ya, supaya yang lain dapat manfaatnya juga.

Semoga bermanfaat buat kita semua! 

Leave a Reply