Contoh Teks Eksposisi

Pada materi sebelumnya, kita telah belajar apa yang dimaksud dengan teks eksposisi secara lengkap. Sekarang kita akan membahas contoh teks eksposisi beserta strukturnya agar lebih mudah memahaminya.

Berikut ini kumpulan contoh teks eksposisi singkat sebagai bahan pembelajarannya.

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Untuk menciptakan kenyamanan di sekolah dan di sekitarnya maka salah satu faktornya adalah dibutuhkan lingkungan sekolah yang bersih.

Agar sekolah tetap bersih maka setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Disamping itu tidak jarang untuk menarik minat siswa-siswa agar peduli terhadap lingkungan dilakukan lomba kebersihan sekolah.

Ada berbagai macam cara dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas dan lain sebagainya

Argumentasi

Dalam menjaga kebersihan sekolah, biasanya di setiap kelas terdapat pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan.

Adapun tugas dari petugas piket meliputi menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Selanjutnya setiap hari sabtu, seluruh anggota kelas melakukan kerja bakti dengan membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai.

Manfaat yang didapatkan salah satunya adalah membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang

kebersihan sekolah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkah dari kehidupan sekolah. Lingkungan sekolah yang bersih merupakan faktor yang penting dalam meraih proses belajar mengajar yang nyaman. 

Lingkungan sekolah yang bersih dapat menjamin seseorang dalam menjaga kebersihan \dan kesehatannya. 

Sehingga kebersihan merupakan suatu usaha manusia untuk menjaga lingkungan tetap sehat terawat secara kontinyu atau terus menerus.

2. Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
Gambar Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya dengan judul realita hukum di Indonesia via Bosmeal.com

Realita Hukum Di Indonesia

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Hukum yang ada di Indonesia sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang. Yang mana secara tegas mengatur hukuman berbagai pelaku tindak kejahatan. 

Akan tetapi realitanya, keadilan hukum seringkali menjadi tidak adil dan merugikan banyak orang. Hukum bisa menjadi tegas kepada banyak orang, tetapi menjadi tumpul di hadapan koruptor.

Argumentasi

Sudah menjadi rahasia umum jika koruptor di Indonesia mendapatkan hukuman yang tingkatannya masih tergolong ringan.

Bahkan tidak jarang ada koruptor yang menerima fasilitas mewah padahal sudah merugikan bangsa. 

Sementara itu seringkali kita menonton berita banyak maling yang dihajar masa hingga tewas. Akan tetapi kita belum pernah mendapatkan informasi bahwa ada seorang koruptor di Indonesia yang mati karena dikeroyok masa.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia masih tajam kebawah tetapi tumpul ke atas. Hukum hanya tegas untuk rakyat kecil, tetapi lunak bagi penguasa,

Ada banyak kasus yang menjerat rakyat kecil dengan tuntutan yang sepele. Sebut saja kasus yang menimpa nenek Asyani.

Nenek Asyani terancam hukuman lima tahun penjara hanya karena diduga mencuri kayu. Bandingkan dengan hukuman yang diterima oleh para koruptor. Sungguh tidak adil bukan.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan beserta Strukturnya

Sirih Merah sebagai Obat Tradisional

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat adalah sirih merah.

Sirih merah sendiri merupakan jenis tumbuhan yang dapat dibudidayakan oleh masyarakat. Kegunaannya adalah sebagai persediaan tumbuhan obat-obatan tradisional.

Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan jika tumbuhan sirih merah sering dijadikan obat diabetes, maag, kanker. 

Selain itu juga sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe, dan juga dapat digunakan sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan perempuan.

Pada umumnya masyarakat memanfaatkan sirih merah dengan cara mengambil dan memanfaatkan daunnya. Selanjutnya daun tersebut diolah dengan cara direbus. 

Daun sirih sendiri memiliki berbagai macam senyawa aktif di dalamnya, seperti polifenol, minyak atsiri, eugenol, dan sebagainya sehingga dapat dikategorikan sebagai tumbuhan obat tradisional.

Dengan demikian, dapat dipahami jika Sirih Merah dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Sistem pendidikan di Indonesia tengah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum pendidikan Indonesia.

Perubahan kurikulum tersebut terjadi pada kurikulum 2006 yang sudah sejak lama digunakan menjadi kurikulum 2013. Walaupun memang tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi

Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Adapun syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 adalah terjangkaunya distribusi buku bahan ajar kurikulum 2013.

Disamping itu Kemendikbud juga menjelaskan jika kurikulum 2013 ini  fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Selain itu juga kurikulum 2013 menitik beratkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia.

Di dalam kurikulum 2013 ini sendiri, proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Menurut pendapat Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktek daripada hafalan.

Hal ini karena selama ini para siswa lebih banyak dibebani dengan hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Dengan menggunakan kurikulum 2013, diharapkan para siswa agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan juga karakter sehingga dapat mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. 

Selaras dengan pendapat Musliar Kasim, Meutia Hatta selaku Anggota Dewan Pertimbangan Presiden juga berpendapat.

Kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Bukan hanya itu saja, di dalam kurikulum 2013, peran aktif siswa sangat ditonjolkan dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia yang berkualitas.

Penegasan Ulang

Akan tetapi dibalik harapan dan tujuan yang begitu besarnya, banyak dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini.

Alasannya karena perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan ada juga yang berpendapat jika kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Di dalam kurikulum 2013, walaupun materi mata pelajaran dibuat dengan lebih sederhana, akan tetapi tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun.

Hal ini disebabkan karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Lingkungan

Menjaga Lingkungan Hidup

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Salah satu faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat.

Dengan lingkunga yan bersih akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam kegiatan penanggulangan pencemaran seringkali digalakkan oleh Pemerintah dan lembaga kesehatan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat.

Pendaur ulangan sampah organik dan non-organik, membuang sampah pada tempatnya merupakan sebagian dari kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan.

Argumentasi

Penjadwalan rutin setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.

Untuk penjadwalannya sendiri disesuaikan dengan jumlah hari yang ada. Jadi dalam satu RT dibagi menjadi dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan dengan jadwal yang telah disepakati.

Sementara itu, khusus di hari minggu sengaja digunakan sebagai kerja bakti rutin yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa. Adapun waktunya dimulai pada pagi hari.

Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Adapun manfaat utamanya adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan yang terjaga. 

Selain itu terdapat manfaat lain yang didapatkan berupa terjalinnya hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka.

Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan hidup merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

Dengan adanya lingkungan yang bersih maka kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu akan terjamin.

Hal tersebut tidak akan dapat terwujud jika tidak dilakukan secara gotong royong melalui kerja bakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.

6. Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi Berita

Polri Hadapi Maraknya Hoax

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Menjelang tahun politik, kabar berita hoax mulai banyak bertebaran bertebaran di berbagai media. 

Kabar berita hoax tersebut menarik perhatian Irjen Pol Gatot Pramono sebagai Ketua Satgas Nusantara. 

Dia berpesan serta mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar lebih bijak dalam mongkumsi kabar berita yang bersumber dari sosial media.

Menurut Edi, salah seorang pakar politik dalam diskusi “Refleksi Akhir Tahun: Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik”, yang menyebutkan bahwa media konvensional lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan media sosial.

Lebih lanjut, edi juga menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang hanya memiliki tujuan tertentu termasuk menyebarkan hoax. 

Sudah banyak akun-akun yang anonimus (menggunakan identitas palsu) di media sosial yang digunakan untuk menyebarkan hoax.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan kondusifitas tatanan negara. Sementara bagi polri sendiri, hal ini menjadi tantangan untuk mencegah beredarnya hoax yang masih banyak di media sosial.

Argumentasi

Bursah Zarnubi, yang notabene merupakan Ketua Umum  dari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), berkomentar dalam sebuah diskusi politik terkait dengan isu saat ini.

Dia sangat menyesalkan jika tahun politik belakangan ini menjadi tempat pemecah belah masyarakat dan menjadikan negara ini tidak kondusif.

Bursah Zarnubi juga menjelaskan jika selama tahun 2018 sebagian besar energi masyarakat terserap masuk hanya ke dalam atmosfer kampanye pemilihan presiden 2019 esok.

Faktanya, kita hanya menyaksikan ujaran kebencian, hoax, fitnah, kampanye hitam di dalam narasi kampanye. Selain itu juga perdebatan minim data sepanjang tahun politik ini.

Penegasan Ulang

Kita semua mengakui jika fokus seluruh masyarakat indonesia saat ini dalam pilkada serentak dan persiapan pilpres 2019.

Adapun politik identitas dan SARA yang dianggap subjektif digunakan sebagai jargon dan alat kampanye dalam berpolitik. Hal ini tentunya akan membahayakan keutuhan masyarakat yang harmonis.

Di dalam jumpa pers, Kapolri beserta segenap jajarannya berharap kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah bangsa serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.

Nah itu tadi contoh teks eksposisi berita yang dapat kita jadikan bahan referensi. Atau mungkin diantara teman-teman memiliki referensi contoh lainnya?

7. Contoh Teks Eksposisi Proses

Contoh Teks Eksposisi Proses

Manfaat Wortel untuk Wajah

Wortel sendiri selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga bermanfaat untuk wajah. Caranya adalah digunakan sebagai masker wajah. 

Adapun manfaatnya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Akan tetapi manfaat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Kemudian cara membuat masker dari wortel adalah dengan cara diblender atau diparut sampai lembut.

Setelah wortel halus, masukkan dalam cawan atau mangkuk atau wadah lainnya kemudian tambahkan madu 1 sendok makan lalu aduk hingga merata. 

Untuk cara penggunaan masker wortel ini adalah cuci muka terlebih dahulu sebelum mengoleskan ke wajah kemudian oleskan masker wortel pada permukaan wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.

Setelah itu bilas wajah dengan air yang hangat dan dilanjutkan dengan menggunakan air dingin. 

Agar wajah mendapatkan manfaat dari wortel secara optimal, maka kita harus melakukan perawatan rutin dapat mencerahkan wajah sekaligus mengurangi flek dan kerutan.

8. Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh Teks Eksposisi Definisi
Gambar Contoh Teks Eksposisi Definisi

Kopi dan Manfaatnya

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Kopi merupakan minuman seduh yang berasal dari biji kopi yang sudah diseduh dan dihaluskan menjadi bubuk. Secara umum, kopi terdiri dari dua jenis, yaitu kopi robusta (coffea canephora) dan kopi arabika (coffea arabica).

Banyak orang yang menganggap jika kopi hanya bermanfaat sebagai penghilang rasa kantuk. Akan tetapi kopi pun memiliki banyak kasiat yang terkandung di dalamnya.

Argumentasi

Di dalam secangkir kopi, selain terkandung segudang manfaat juga terdapat kandungan gizi di dalamnya.

Di dalam 100 gram bubuk kopi mengandung:

  • Air: 2,6 g
  • Energi: 129 kalori (Kal)
  • Protein: 12,3 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat (CHO): 35,0 g
  • Abu (ASH): 9,7 g
  • Kalsium (Ca): 179 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 383 mg
  • Besi (Fe): 5,6 mg
  • Natrium (Na): 72 mg
  • Kalium (K): 3,256 mg
  • Tembaga (Cu): 0,14 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,21 mg
  • Niasin (Niacin): 30,6 mg

Selain kandungan gizi di atas, di dalam kopi juga mengandung kafein, magnesium, serta bahan kimia tumbuhan (polifenol (mengandung asam klorogenat dan asam usnat) dan diterpen (mengandung cafestol dan kahweol)).

Adapun manfaat dari kopi yaitu:

  1. Menjaga kesehatan jantung dan stroke
  2. Mempertahankan berat badan agar tetap ideal
  3. Mengurangi resiko diabetes tipe 2
  4. Menjaga kesehatan otak
  5. Menjaga kesehatan organ hati
  6. Mengurangi resiko terkena kanker
  7. Mengurangi resiko batu empedu

Penegasan Ulang

Minum kopi memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Hanya saja kondisi setiap orang berbeda-beda, ada yang suka dengan kopi dan ada yang tidak.

Semua itu ditentukan oleh faktor usia, kesehatan dan kondisi lainnya.

Wajarnya per hari, orang dapat minum kopi maksimal sampai 5 gelas saja. Kopi pun menjadi tidak aman dikonsumsi oleh orang-orang tertentu. Sebaiknya tentukan kondisi badan terlebih dahulu dalam keadaan fit atau tidak.

9. Contoh Teks Eksposisi Analisis

Contoh Teks Eksposisi Analisis
Gambar Contoh Teks Eksposisi Analisis

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia. Jika manusia mendapatkan pendidikan, maka mereka akan dapat belajar banyak hal seperti menjadi lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab atas perbuatannya.

Tujuan pendidikan ini sendiri angat sesuai dengan definisi pendidikan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku perorangan maupun kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Sementara menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah suatu tuntunan dalam tumbuh kembangnya anak-anak.

Maksudnya adalah pendidikan merupakan tuntunan segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tinggi nya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Sementara itu menurut M.J Lavengeld, pendidikan merupakan upaya membimbing manusia dari sebelum dewasa menuju kedewasaan. 

Di samping itu, pendidikan merupakan upaya dalam membantu anak-anak agar dapat menjalankan kehidupan mereka secara mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Masih menurut M.J Lavengeld, dia menjelaskan jika pendidikan merupakan upaya untuk mencapai penentuan nasib sendiri dan tanggung jawab.

Deri pendefinisian pendidikan di atas dapat disimpulkan jika pendidikan sangat penting dalam membentuk kedewasaan manusia.

Dengan mendapatkan pendidikan, manusia akan menjadi lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab atas perbuatan yang sudah dilakukannya. 

Di samping itu, pendidikan mampu mendorong seseorang maupun kelompok untuk menentukan identitas dan masa depan mereka. 

Hal ini tentu sejalan dengan apa yang sudah dikatakan Lavengeld jika pendidikan adalah upaya penentuan nasib sendiri.

10. Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi
Gambar Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Demam Panggung dan Cara Mengatasinya

“Pernahkah kalian merasakan gugup ketika berbicara atau pun tampil di depan khalayak ramai?” Jika kalian pernah maka kalian sedang mengalami demam panggung.

Demam panggung biasa terjadi karena kalian tidak terbiasa tampil di depan banyak orang dan selalu berfikir jika apa yang akan kalian sampaikan itu kurang tepat, lalu ditertawakan banyak orang.

Kurangnya rasa percaya diri membuat kalian terus memelihara ketakutan maupun overthinking

Demam panggung akan menimbulkan efek spontan berupa badan akan menjadi lemas ketika hendak melakukan pertunjukan atau berbicara didepan khalayak ramai, jantung berdebar dengan kencang dan wajah menjadi pucat karena takut salah.

Jika sudah demam panggung, kalian akan kehilangan konsentrasi walaupun sudah melakukan banyak persiapan sebelumnya.

Ada cara untuk mengatasi demam panggung yaitu membiarkan tubuh setenang mungkin sebelum tampil didepan, menarik nafas dalam-dalam untuk melancarkan oksigen masuk ke otak serta dapat menyebabkan otak bekerja dengan baik, 

Dengan demikian konsentrasi kalian akan lebih terjaga.

11. Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Pada tahun ini, tim voli putra SMA an-Nur memperoleh prestasi yang membanggakan. Di mana pada tahun ini tim voli SMA an-Nur memenangkan turnamen coli di tingkat provinsi dan berhasil menjadi juara 1.

Pasalnya pada tahun-tahun sebelumnya, tim voli putra ini lebih sering disebut sebagai pesaing yang jatuh karena prestasinya yang menurun drastis selama beberapa tahun terakhir.

Prestasi yang membanggakan bag tim voli putra SMA an-Nur ini berbanding lurus dengan hasil dari tim sepak bola SMA an-Nur.

Pasalnya tahun ini, tim sepakbola SMA an-Nur juga berhasil menyabet gelar juara pertama dalam turnamen sepakbola antar SMA se provinsi Kalimantan Barat.

Prestasi yang didapat ini merupakan sesuatu yang membanggakan dan tidak diprediksi oleh siapapun.

Hal ini karena tim sepakbola SMA an-Nur merupakan tim sepakbola termuda di antara tim sepakbola SMA lainnya.

12. Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi
Gambar Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Menurut makanannya, hewan terbagi menjadi tiga jenis, yakni karnivora, herbivora, dan omnivora.

Hewan karnivora adalah istilah bagi jenis hewan pemakan daging. Hewan jenis karnivora disebut juga sebagai predator bagi hewan herbivora. Yang termasuk hewan karnivora diantaranya kucing, harimau, anjing, musang.

Hewan herbivora merupakan istilah bagi jenis hewan pemakan tanaman. Hewan herbivora berada pada tingkat pertama dalam rantai makanan.

Yang termasuk di dalam hewan herbivora diantaranya adalah sapi, belalang, kuda, kambing, dan keledai.

Sementara hewan omnivora merupakan jenis hewan pemakan daging dan tumbuhan. Hewan jenis ini disebut juga dengan hewan pemakan segala. Adapun yang termasuk jenis omnivora diantaranya adalah ayam, bebek, beruang, dan orangutan.

13. Contoh Teks Eksposisi Analitis

Contoh Teks Eksposisi Analitis
Gambar Contoh Teks Eksposisi Analitis

Remaja dan Pembangunan Karakter Bangsa

Masa transisi dari masa kanak-kanak ke tahap dewasa disebut dengan remaja. Masa remaja terjadi antara rentang usia 10 sampai 21 tahun.

Pada masa remaja, mereka sedang gencar-gencarnya mencari jati dirinya. Oleh karena itu, mereka harus mendapatkan berbagai macam pendidikan yang sifatnya positif. Salah satu pendidikan yang positif tersebut adalah pendidikan karakter.

Pendidikan karakter tersebut berupa sikap jujur, kreatif, percaya diri, sopan dan penuh perhatian.

Mengapa demikian? Ini karena pada saat remaja, mereka akan mengalami gejolak emosional yang tinggi. Gejolak emosional tersebut terjadi karena perubahan berat dan tinggi badan, serta pengaruh perkembangan psikologis mereka.

Selain itu, pada masa remaja penuh dengan gejolak dan kontrol diri dimanapun dan kapanpun.

Pada kondisi ini, bimbingan orang dewasa sangat penting dalam mengendalikan diri dan emosional para remaja.

Para remaja pun sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter agar tidak terseret ke hal-hal negatif. Dengan demikian para remaja nantinya akan menjadi orang-orang terbaik di masa mendatang.

Hal ini karena di dalam pendidikan karakter terdapat nilai-nilai agama yang penuh dengan kebaikan dan kebenaran di dalamnya. Sehingga mereka menjadi lebih peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya.

Di samping itu, mereka juga akan menjadi lebih toleran dan cinta damai terhadap sesamanya, bukan hanya mengutamakan kepentingan pribadi maupun golongan, tetapi lebih mengutamakan kepentingan bangsa.

Di dalam pendidikan karakter, mereka akan mendapatkan berbagai macam nilai dari kerja keras, kreativitas, kemandirian, dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga membuatnya menjadi remaja menjadi unggul.

Jadi ada banyak nilai-nilai positif yang terkandung di dalam pendidikan karakter untuk membangun pribadi remaja yang berpikir positif dan dapat bersaing dalam tingkat nasional maupun internasional. 

Dengan demikian, para remaja tersebut akan menjadi pribadi dengan karakter yang kuat, unggul dan bangga secara fisik bugar, stabil secara emosi, serta berkembang secara intelektual.

14. Contoh Teks Eksposisi tentang Alam

Contoh Teks Eksposisi tentang Alam
Gambar Contoh Teks Eksposisi tentang Alam

Keberadaan hutan di Indonesia semakin terancam karena orang-orang sudah tidak peduli terhadap hutan. Akibatnya ketika musim penghujan, banjir dan tanah longsor banyak terjadi di mana-mana. Selain itu, dampak dari berkurangnya hutan adalah terkikisnya bibir pantai karena tidak adanya pelindung ketika hujan maupun ketika terhantam ombak setiap harinya.

Salah satu contoh nyata dari dampak terkikisnya fungsi hutan adalah terjadinya banjir bandang di kota batu pada waktu yang lalu. Banjir bandang tersebut mengakibatkan setidaknya 15 orang terbawa arus sungai yang meluap. 

Banjir bandang tersebut juga menyebabkan kerugian dari segi materiil dan imateriil bagi orang-orang terdampak banjir.

Banjir bandang tersebut terjadi selain karena curah hujan yang tinggi juga karena hutan lindung yang berada di lereng Gunung Arjuna telah beralih fungsi menjadi lahan pertanian sayuran.

Banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga ekosistem hutan sangat perlu untuk diperlukan edukasi tentang pelestarian lingkungan. 

setidaknya diperlukan usaha bersama untuk menggandeng para petani agar menanam tanaman keras di wilayah hutan, bukan hanya menanam sayuran.

Selain itu juga perlu untuk menjaga hutan yang masih ada agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk di kemudian hari nantinya.

Hanya saja angan-angan untuk mengembalikan ekosistem hutan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kesadaran bersama serta ketegasan hukum yang tegas agar pelaku dan semua yang terlibat tidak bertindak semena-mena terhadap alam hutan.

Lantas apakah kita akan membiarkan ekosistem hutan terus mengalami kerusakan? Semua itu tergantung pada kepedulian kita bersama dengan berbagai macam pihak.

15. Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Kehidupan di Pedesaan dan Perkotaan

Kehidupan di pedesaan selalu dipenuhi dengan berbagai peralatan tradisional serta banyak masyarakatnya yang lebih bersosialisasi dan saling membantu antar sesama. 

Selain itu, di desa masih banyak lahan hijau yang penuh dengan tanaman sehingga penyerapan air menjadi lebih besar.

Hal inilah yang membuat daerah di pedesaan jarang terjadi banjir jika hujan lebat datang

Sementara itu, di daerah perkotaan penuh dengan cahaya yang berkilauan di setiap sudut kota. Banyak bangunan-bangunan menjulang tinggi serta lalu lalang kendaraan yang lewat. Semua peralatan yang digunakan merupakan alat yang canggih dan tergolong baru. Akibatnya banyak orang-orang yang kurang bergaul serta cenderung lebih malas. 

Disamping itu juga lahan-lahan yang dulunya merupakan tempat tumbuhnya tanaman berubah menjadi bangunan yang menjulang tinggi sehingga jika hujan terjadi akan sering mengakibatkan banjir.

16. Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi
Gambar Contoh Teks Eksposisi Identifikasi tentang Ayam

Ayam

Ayam merupakan hewan jenis unggas serta hewan yang sudah sangat familiar bagi semua orang. 

Bisa dipastikan jika semua orang sudah pernah memakan berbagai jenis daging ayam dengan berbagai macam bentuk olahan.

Ayam sendiri memiliki berbagai macam jenis, ada ayam kampung, ayam hutan, ayam kate, ayam Sumatera serta ayam merah.

Masing-masing ayam memiliki perbedaan dan ciri-ciri yang khas. Ayam kampung memiliki yang besar, sementara ayam hutan memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari ayam kampung serta memiliki bentuk bulu yang indah. Ayam hutan sendiri memiliki berbagai macam spesies dengan sebaran di Jawa, Madura, serta di sebagian luar Indonesia.

Untuk ayam kate memiliki bentuk paling mungil di antara ayam lainnya, sementara ayam Sumatra memiliki postur yang lebih tegap, besar serta mempunyai jengger berwarna merah. Ayam Sumatra merupakan hewan endemik yang hanya ada di sumatera.

17. Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah beserta Strukturnya

Konsekuensi Membuang Sampah di Sungai

Tesis

Sampah merupakan barang sisa yang sudah tidak digunakan lagi. Di dalam penggolongannya, sampah terbagi menjadi dua jenis, yakni sampah organik dan anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat dihancurkan oleh bakteri pengurai. Sementara sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai.

Argumentasi

Sampah organik maupun anorganik semakin meningkat setiap harinya. Jika sampah organik masih dapat diurai oleh bakteri, berbeda halnya dengan sampah anorganik seperti sisa botol plastik, kaleng, dan kaca. 

Sampah tersebut umumnya berasal dari kebutuhan rumah tangga, kantor maupun sekolah. Mereka lebih memilih membuang sampah sembarangan seperti di sungai daripada harus mendaur ulang sampah karena lebih memilih hal yang praktis dari pada harus bersusah payah mendaur ulangnya.

Akibatnya sungai menjadi semakin dangkal sehingga lama kelamaan sungai tidak mampu menampung aliran air. 

Disamping itu, sampah yang ikut terbawa arus air pun juga mengakibatkan terjadinya penyumbatan aliran sungai sehingga membuat air menjadi meluap kemana-mana. 

Kebiasaan membuang sampah di sungai inilah yang kemudian menjadi faktor utama pendangkalan sungai serta kerusakan lingkungan, sehingga menjadi penyebab terjadinya banjir.

Jika sungai sudah menjadi dangkal dan tersumbat maka akan menimbulkan bau busuk yang menyengat dan ketika musim penghujan tiba akan mengakibatkan banjir dimana-mana.

Pada saat banjir inipun akan turut membawa sampah baru serta sampah yang ada di sungai yang menyebabkan kerusakan lingkungan serta membahayakan bagi kesehatan.

Penegasan Ulang

Sampah organik dan anorganik menjadi sisa kegiatan manusia. Semakin hari jumlah sampah terutama anorganik semakin meningkat.

Penyebabnya tidak lain adalah sampah anorganik tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pengurai.

Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan buruk manusia yang sering membuang sampah di sungai.

Kebiasaan buruk ini bisa muncul diantaranya karena kurangnya lahan pembuangan sampah dan rendahnya biaya untuk menyewa petugas kebersihan.

Hal ini membuat sungai menjadi penuh dengan sampah dan beresiko meluap ke pemukiman penduduk.

18. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata Beserta Strukturnya
Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata Beserta Strukturnya

Tesis

Salah satu organ vital pada tubuh manusia adalah mata. Jika tidak dijaga kesehatannya maka mata akan mudah menjadi rusak

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi wortel. Wortel sendiri mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi mata, diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, mineral, kalsium, zat besi dan kandungan lainnya.

Argumentasi

Kita bisa mendapatkan manfaat dari wortel dengan cara dikonsumsi langsung, diolah menjadi makanan maupun dibuat jus.

Wortel selain bermanfaat bagi kesehatan mata juga bermanfaat untuk mencegah kanker, rabun senja dan manfaat lainnya.

Penegasan ulang (reiteration)

Dapat ditarik kesimpulan jika wortel memiliki berbagai macam manfaat yang terkandung di dalamnya. Harganya pun cukup murah dan mudah didapat. 

Sehingga kita dapat menjalani hidup sehat dengan biaya yang murah dan mudah didapatkan

Nah itu tadi contoh teks eksposisi proses yang bisa kita jadikan referensi dalam membuat tugas sekolah.

Semoga teman teman bisa paham dengan materi contoh teks eksposisi diatas ya. Selanjutnya kita akan membahas materi pola pengembangan teks eksposisi.

Jika ada yang kebingungan atau dirasa kurang sesuai dengan contoh teks eksposisi dan strukturnya di atas silahkan teman-teman tuliskan di kolom komentar ya.

Kami akan terbuka dengan kritik dan saran dari teman-teman pembaca semua. Jangan lupa untuk share juga ya, supaya yang lain dapat manfaatnya juga.

Semoga bermanfaat buat kita semua! 

Leave a Reply