Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300

Epson L1300 merupakan printer yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen dengan berbagai ukuran bahkan hingga maksimal ukuran A3+. Printer ini pun sudah terkenal akan kualitas dan ketahanannya. Akan tetapi setelah digunakan dalam beberapa waktu atau sudah mencapai batas maksimal pasti akan mengalami error. Bahkan terkadang untuk mengatasinya dibutuhkan cara reset dan juga download resetter printer Epson L1300. 

Error ini biasanya ditandai dengan adanya kedip bergantian / bersamaan (Epson L1300 blinking paper and ink) pada lampu indikator tinta / kertas / resume secara terus menerus hingga membuatnya tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

Permasalahan ini bisa disebabkan karena roller yang sudah kotor, cartridge bermasalah hingga ink pad counter sudah penuh.

Biasanya pada saat error, selain peringatan blinking pada lampu indikator printer, kalian juga akan menemukan pesan error seperti:

  • it is nearly time to reset the ink levels
  • error service required
  • it is time to reset the ink levels
  • Ink pad is at the end of its service live
  • Ink waste is full
  • Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak caranya di bawah ini:

Mencari Penyebab Error Epson L1300

Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Mencari Penyebab Error

Ada berbagai macam penyebab mengapa lampu indikator L1300 berkedip bergantian atau bersamaan. Untuk itulah kalian perlu memastikan dimana letak permasalahan printer tersebut. Adapun beberapa penyebab printer mengalami error yaitu:

1. Memeriksa Cartridge Printer

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memeriksa cartridge printer. Kalian bisa melihat apakah kondisinya masih baik atau sudah rusak.

Kalian bisa menggunakan tisu untuk membersihkan sisa tinta yang meluber. Selain itu, jika kalian memiliki cairan head cleaner, kalian bisa menyemprotkannya pada nozzle secara perlahan. Jika cartridge sudah bersih dan kondisinya nampak masih normal, kalian bisa memasangnya kembali.

2. Periksa Tabung Pembuangan Tinta atau Vakum

jika cartridge sudah dibersihkan tapi masih terjadi error, maka kalian juga perlu memeriksa tabung pembuangan tinta atau vakum. Kalian bisa membersihkan vakum dengan menyedot residu tinta hingga bersih. Adapun caranya bisa kalian simak pada video di bawah ini:

3. Mengecek Kondisi Roller

Printer Epson L1300 yang error juga terkadang bisa disebabkan karena roller yang tidak bersih karena terhalang oleh benda asing seperti sobekan kertas. Karena itulah saat terjadi paper jam, kalian bisa membersihkan roller dan memastikannya bersih dari benda asing.

4. Mengecek Kondisi Tabung atau Tangki Tinta

Bagian lain yang perlu kalian pastikan dalam keadaan normal adalah kondisi tabung atau tangki tinta beserta selangnya. Kalian bisa memastikan apakah tintanya masih atau tidak. Jika sudah menipis, segera kalian isi ulang tinta tersebut. Cara mengisi tinta Epson L1300 juga sangat mudah. Kalian juga perlu memeriksa selangnya agar jangan sampai ada yang terlipat atau macet.

Banyak dibaca:  Download Driver Printer Canon G1020

Barulah jika semua kondisi di atas masih normal tapi ternyata masih error, kalian bisa mencoba cara lain yaitu reset total dengan menggunakan aplikasi Epson L1300 Resetter Adjustment Program Resetter (Adjprog) maupun mereset printer Epson L1300 secara manual.

Download Resetter Epson L1300 Terbaru

Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Pilih Particular Adjustment Mode

Aplikasi resetter Epson L1300 merupakan tools yang berfungsi untuk mereset printer agar bisa kembali normal dan bisa digunakan seperti biasanya. Kalian bisa download resetter Epson L1300 full crack terbaru dan gratis dengan cara klik di bawah ini:

Nama ResetterEpson Adjustment Program
Versi1.0.0.0
SupportWindows 7, 8, 8.1, 10, 11 32 dan 64 bit
Link Download Download Resetter Epson L1300 Full Version

Sangat disarankan untuk mematikan antivirus pada Laptop/PC sebelum kalian download resetter Epson L1300 gratis. Alasannya karena beberapa antivirus sering menganggap bahwa tool ini adalah sebuah virus (Kalian tenang saja karena file ini bukan virus)

Apabila link download reset Epson L1300 gratis error, silahkan sampaikan di kolom komentar agar bosmeal bisa segera memperbaikinya. Jangan lupa juga untuk download driver Epson L1300 dan install driver printer tersebut agar Epson L1300 bisa digunakan dengan maksimal.

Cara Reset Printer Epson L1300 Resetter

Setelah kalian download file resetter Epson L1300 full di atas, maka selanjutnya kalian bisa menyimak cara mereset printer Epson L1300 resetter crack berikut ini:

  1. Langkah pertama kalian ekstrak file terlebih dahulu dengan cara klik kanan resetter Epson L1300 free download rar lalu ekstrak
Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Klik Kanan File dan Ekstrak
  1. Selanjutnya buka folder resetter Epson L1300 free download dan jalankan resseter dengan mengklik 2 kali pada file Adjprog.exe for Epson L1300.exe.
Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Buka File
  1. Setelah itu pilih Particular Adjustment Mode.
Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Pilih Particular Adjustment Mode
  1. Selanjutnya kalian pilih Waste ink pad counter pada menu Maintenance lalu klik OK.
Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Pilih Waste Ink Pad Counter
  1. Setelah kalian centang Main pad counter lalu klik tombol Check pada Check the current counter value dan tunggu hingga proses selesai.
Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Centang Main Pad Counter
  1. Jika sudah, kalian centang kembali Main pad counter lalu klik Initialize pada Initialize the selected counters dan tunggu hingga proses selesai.
  2. Setelah selesai kalian akan mendapatkan notifikasi pesan Please Turn Off and Turn On your printer di layar PC/LAptop. Silahkan matikan printer terlebih dahulu beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Nah tanda reset printer berhasil yaitu pada saat kalian hidupkan printer maka lampu indikator akan berhenti berkedip dan menyala dengan normal seperti biasanya.

Kalian bisa menutup aplikasi resetter Epson L1300 download dan mencoba mencetak 1 lembar dokumen terlebih dahulu. 

Jika aplikasi mengalami hang/crash saat digunakan, kalian bisa menutup aplikasi resetter Epson L1300 full dan mengulangi langkahnya dari awal lagi.

Cara Reset Manual Printer Epson L1300 Tanpa Aplikasi

Printer Epson L1300 Resetter Cara Reset dan Download Resetter Printer Epson L1300 Mereset Manual

Cara reset Epson L1300 lainnya yaitu dengan cara manual atau tanpa aplikasi. Mereset dengan cara manual merupakan langkah tercepat untuk reset Epson L1300.

Banyak dibaca:  Rekomendasi Drama Korea Sedih Terbaik Sepanjang Masa

Caranya sangat mudah dan cepat serta kalian tidak perlu software atau tool khusus untuk menjalankannya. Adapun cara mereset Epson L1300 secara manual yaitu:

  1. Langkah pertama kalian matikan printer kemudian cabut kabel daya dan USB selama kurang lebih 3-5 menit sampai daya listrik yang tersimpan di dalam printer sudah tidak ada.
  2. Setelah itu kalian sambungkan kembali kabel daya printer Epson L1300 kemudian nyalakan kembali seperti biasanya dengan cara menekan tombol Power.
  3. Setelah printer sudah menyala dengan sempurna, kalian tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) selama kurang lebih 5 detik kemudian lepaskan.
  4. Langkah selanjutnya tekan dan tahan kembali tombol RESUME selama 3 detik lalu lepaskan.
  5. Selanjutnya printer akan menjalankan perintah reset dengan sendirinya. Proses ini biasanya berjalan antara 30 detik sampai 1 menit.
  6. Jika proses berhasil maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip.
  7. Untuk memastikannya, kalian bisa mencetak satu dokumen terlebih dahulu.

Lalu bagaimana jika hasil kualitas cetakan yang menurun? Hasil kualitas cetakkan yang menurun sangat dipengaruhi oleh turunnya performa printer. Penyebabnya bisa karena headprint yang kotor maupun terlalu lama tidak dipakai. Untuk mengatasinya, kalian perlu mengetahui cara cleaning printer Epson L1300 Windows 10.

Solusi Saat Gagal Reset Epson L1300

Jika semua tahapan di atas sudah kalian lakukan tapi printer Epson L1300 masih error maka kalian bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  1. Sedot ulang atau bersihkan kembali tinta pada cartridge printer.
  2. Jangan lupa untuk memastikan posisi cartridge tidak tertukar saat dipasang
  3. Pastikan tabung pembuangan tinta sudah bersih total dari sisa tinta.
  4. Lepaskan kembali semua kabel yang tersambung selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  5. Cek kembali roller printer untuk memastikan bahwa roller sudah benar-benar bersih dari berbagai benda asing yang menghalangi keluarnya kertas.

Apabila masih error, maka ada baiknya kalian bawa printer Epson L1300 ke tempat service terdekat agar bisa diperbaiki oleh ahlinya ahli. 

Lalu apakah kalian tertarik untuk membeli jenis printer Epson seri L ini? Bat kalian yang berkecimpung di duni desain dan arsitektur pastinya sangat membutuhkan printer L1300, bukan?

Kenapa bisa dibilang butuh? Printer Epson L1300 merupakan printer yang mampu mencetak dokumen ukuran A3+ sehingga pasti akan membuat hasil gambar menjadi lebih detail dan jelas.

Belum lagi buat para desainer grafis pasti akan lebih murah jika mencetak hasil desain seperti stiker dengan memakai printer Epson A3+ L1300 ini. Langsung saja klik harga Epson L1300 untuk mengetahui spesifikasi dan membeli dengan update harga terbarunya.

Nah itu tadi panduan lengkap cara reset dan download reset Adjustment Epson L1300. Semoga tutorial di atas bisa mengatasi masalah error / lampu indikator tinta dan kertas berkedip yang sedang dialami oleh printer kalian. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply