Cara Mengatasi Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip (Blinking)

Printer Epson L1300 yang sering atau jarang digunakan lama kelamaan pasti akan menimbulkan masalah seperti lampu tinta dan kertas yang berkedip, entah itu bergantian maupun bersamaan atau biasa disebut dengan blinking paper and ink. Bukan hanya berkedip saja, bahkan di kondisi yang lebih parah terkadang printer Epson L1300 mati total.

Lalu apa saja penyebabnya? Bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi printer Epson L1300 lampu berkedip atau blinking? 

Cara mengatasinya pun cukup mudah. Kalian bisa mencoba memperbaikinya sendiri di rumah tanpa perlu terburu-buru membawanya ke tempat servis. 

Kalian bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini agar nantinya saat printer Epson L1300 mengalami blink atau lampu tinta dan kertas berkedip bergantian, kalian bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Apa Itu Blinking Pada Printer?

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Apa Itu Blinking Pada Printer Epson L1300

Error Blink merupakan error pada printer yang ditandai dengan lampu tinta dan kertas yang berkedip atau menyala. kedipan ini bisa terjadi bergantian atau bersamaan. 

Dari sini dapat diartikan jika printer Epson L1300 Blinking berarti sedang mengalami error yang ditandai dengan lampu indikator kertas dan tinta berkedip bersamaan.

Biasanya error ini ditandai dengan munculnya window error berupa tulisan notifikasi seperti Ink pad is at the End Of Its Service Lives, atau Service required, atau bisa jadi Ink Waste Is Full pada layar.

Kalian tenang saja karena semua notifikasi error ini bisa diatasi dengan cara yang sama. Sementara tanda-tanda error blink yang nampak yaitu biasanya printer tidak dapat digunakan untuk mencetak. 

Penyebab Printer Epson L1300 Blinking

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Penyebab Printer Epson L1300 Blinking

Penyebab error printer Epson L1300 blinking paper and ink biasanya disebabkan karena tempat pembuangan tinta dan juga jumlah cetakan sudah melebihi batas.

Setiap printer bisa mengetahui jumlah yang dicetak perlembarnya. Ini karena printer apapun selalu dilengkapi dengan memori kecil yang berguna untuk mengingat dan menyimpan semua data dari setiap aktivitas yang telah dilakukan oleh printer, baik itu cetak maupun cleaning printer Epson L1300.

Nah apabila aktivitas ini sudah melebihi batas, maka engineer Epson akan menambahkan kode error dan blinking. Tujuannya agar pengguna memeriksa tempat pembuangan tinta untuk dicek dan dibersihkan.

Banyak dibaca:  Cara Cleaning Printer Epson L360

Agar Epson L1300 dapat berjalan normal, maka kalian perlu membersihkan pembuangan tersebut dan melakukan reset agar printer bisa berjalan normal kembali.

Selain itu, terkadang printer printer Epson L1300 lampu tinta dan kertas sering berkedip bersamaan disebabkan karena

  • faktor kertas yang kurang baik.
  • Kertas yang dimasukkan terlalu banyak
  • Bisa jadi mesin printer mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Epson L1300 Blinking

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Cara Mengatasi dan Memperbaiki Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip
Epson L1300 Blinking ink and paper light

Cara mengatasi printer Epson L1300 Blinking yaitu cara memeriksa tempat pembuangan tinta dan mereset printer Epson L1300. Adapun cara memperbaiki Epson L1300 lampu tinta dan kertas berkedip bergantian maupun bersamaan yaitu:

1. Printer Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip: Bersihkan Tempat Pembuangan Tinta

Cara memperbaiki Epson L1300 blinking ink and paper light yang pertama yaitu dengan membersihkan tempat pembuangan tinta printer Epson L1300.

Untuk membersihkan tempat pembuangan tinta, kalian perlu menyiapkan satu alat, yaitu obeng. Nantinya obeng akan digunakan untuk membuka baut tempat pembuangan Epson L1300. Adapun caranya bisa kalian lihat melalui video di bawah ini

2. Cara Reset Printer Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip 

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Cara Reset Printer Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip
Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip / Blinking

Setelah kalian membersihkan tempat pembuangan tinta, maka cara mengatasi printer Epson L1300 lampu tinta dan kertas berkedip selanjutnya reset printer Epson L1300.

Untuk cara mereset printer Epson L1300 ada dua cara, yakni cara manual dan dengan menggunakan resetter. Lalu bagaimana caranya? Untuk cara lengkap reset printer Epson L1300 baik itu secara manual maupun dengan memakai aplikasi bisa kalian baca pada postingan sebelumnya. 

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara reset manual dan memakai aplikasi dan juga solusi jika proses reset tersebut gagal. Untuk mengatasi Epson L1300 blinking bergantian bisa kalian lihat di cara mereset printer Epson L1300.

Solusi Epson L1300 Mati Total

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Solusi Epson L1300 Mati Total

Buat kalian yang sedang mengalami Printer L1300 tiba-tiba mati padahal kabel power sudah tercolok dengan baik dengan sumber listrik, berikut solusinya:

  1. Periksa kabel power guna memastikan kondisinya. Untuk mengetahui kabel power tersebut normal atau tidak, kalian bisa mencobanya pada printer lain.
  2. Apabila kabel power masih berfungsi dengan baik, kalian bisa PSU apakah ada aliran listrik yang masuk, atau tidak? PSU ini merupakan salah satu titik rawan rusak karena bisa kemasukan binatang kecil seperti cicak yang masuk ke dalam printer dan menyebabkan printer konslet.
  3. Jika PSU masih normal, kalian bisa cek pada motherboard Epson L1300. Kalian bisa memperhatikan bagian fuse, transistor, dioda dan ic head, apakah ada yang bermasalah atau tidak.
  4. Periksa juga transistor A2210 dan C6082 atau terkadang digunakan A6089 dan C6082 karena bagian ini sering terjadi short. Penyebabnya karena ic head yang terlalu panas atau haid yang banjir karena cara mengisi tinta Epson L1300 yang salah.
  5. Jangan lupa untuk cek fisik dengan dengan membongkar printer. Kalian bisa mencium di bagian head apakah ada aroma yang bau gosong atau tidak.
Banyak dibaca:  Harga Printer Epson L3110 Original

Solusi Mengatasi Printer Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Printer Epson L1300 Blinking Lampu Kertas dan Tinta Berkedip Solusi Mengatasi Printer Epson L1300 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Berikut ini tips agar printer Epson L1300 kalian mengalami lampu berkedip bersamaan ataupun bergantian:

  • Pastikan untuk selalu memakai kertas berkualitas baik.
  • Jangan memasang kertas terlalu banyak di paper tray terutama saat mencetak. 
  • Selalu pastikan bahwa printer dalam kondisi baik dan tidak ada masalah dengan mesin. 
  • Pastikan untuk download driver printer Epson L1300 dan instal driver printer yang tepat. Apabila kalian salah instal malah akan membuat masalah pada printer.
  • Selalu gunakan printer dalam kondisi dingin dan jangan sampai printer terlalu panas karena akan membuat lampu tinta dan kertas akan berkedip. 
  • Periksa mesin secara berkala untuk menghindari masalah pada printer.

Kesimpulan

Pada saat printer epson L1300 blinking hingga mati total memang sangat mengganggu dan menunda cetak. Apalagi di kondisi ini bisa terjadi kapanpun terlebih disaat frekuensi cetak yang tinggi.

Akan tetapi kalian tidak perlu panik dan buru-buru membawanya ke tempat servis. Kalian bisa mencoba step-step mengatasi printer Epson L1300 blinking lights di atas untuk mengatasinya.

Tentu dengan menanganinya sendiri di rumah akan bisa lebih menghemat waktu dan biaya. Apalagi jika kalian dikejar dengan deadline mencetak dokumen ukuran A3. Tentu akan sedikit sulit untuk mencari penggantinya. Ini karen mayoritas printer hanya memiliki ukuran cetak A4 saja.

Tentu dengan adanya printer Epson L1300 ini bisa menjadi solusi buat kalian yang memang sering mencetak dokumen A3. Buat kalian yang sedang mencari printer A3 ini, kalian bisa melihat update harga harga printer Epson L1300.

Apabila setelah melakukan cara di atas printer kalian masih bermasalah, ada baiknya untuk di bawa ke tempat service guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply