Resep Salad Hokben

Resep Salad Hokben

Resep Salad Hokben – Siapa diantara teman-teman yang tidak kenal makanan cepat saji ala Jepang yang populer di Indonesia. Teman-teman pastinya sudah tahu hoka-hoka bento. Ada berbagai menu makanan yang ditawarkan dan pastinya mengundang selera untuk selalu menikmatinya.

Diantara sekian banyak sajian menu, pastinya menu yang satu ini tidak pernah absen. Yups apalagi kalau bukan salad atau acar. Teman-teman pastinya sudah tahu sendiri bukan jika setiap hidangan hampir selalu ditemani menu salad atau acar ini.

Nah rasanya yang enak membuat salad ini begitu dirindukan rasanya. Rasanya yang enak membuat teman-teman ingin selalu menikmatinya. Oh iya teman-teman, sebenarnya tidaklah sulit kok. Begini teman-teman Resep Salad Hokben yang bisa dibuat dirumah sendiri.

Teman-teman juga bisa membuat resep seblak mie sayur untuk dinikmati bersama keluarga dan juga sangat cocok untuk jualan.

Bahan-bahan yang Harus Dipersiapkan

Bahan Salad Hokben

Sebelum teman-teman membuatnya, terlebih dahulu persiapkan segala bahan-bahan untuk resep salad hokben.

Bahannya cukup murah dan sangat sederhana teman-teman. Tinggal cari di toko sayuran ataupun di pasar semuanya pasti sudah beres.

Teman-teman juga bisa menyiapkan bahan-bahan resep pepes jamur tiram kemangi pedas untuk menu sajian utamanya. Berikut bahan-bahan salad hokben yang harus teman-teman persiapkan.

Bahan:

  • Wortel 8 buah, kupas dan bersihkan
  • Kol 1 buah, bisa juga menggunakan lobak putih 2 buah, kupas bersihkan.
  • Cuka 4 sendok makan
  • Gula pasir 16 sendok makan
  • Air mineral 300 ml
  • Garam 2 sendok teh
  • Mayonaise secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Saus sambal

Setelah semua bahan siap, selanjutnya teman-teman bisa masuk ke langkah pembuatan. Caranya pun sangat simpel lho. Teman-teman pastinya bisa kok membuat sendiri dirumah. Nah untuk cara pembuatannya bisa disimak dibawah ini

Cara membuat Salad Hokben

Salad Hokben

Sebelum teman-teman membuat salad hokben, ada sedikit saran buat teman-teman. Jika teman-teman belum terbiasa dengan rasa mayonaise, sebaiknya kasih sedikit saja, dari pada mubazir teman-teman nantinya. Nah untuk caranya sebagai berikut.

  1. Cuci bersih wortel dan kol lalu kupas wortel dan sisihkan.

  2. Selanjutnya teman-teman serut wortel dan potong tipis-tipis kol lalu masukkan dalam wadah.

  3. Selanjutnya teman-teman siapkan wadah yang lain lalu masukkan garam, gula, dan cuka lalu tambahkan air dingin, aduk hingga rata

  4. Kemudian tambahkan es batu lalu aduk kembali dan biarkan airnya hingga benar-benar dingin.

  5. Setelah itu, tuangkan air kedalam wadah kol dan wortel lalu aduk rata. Sebaiknya semua sayuran terendam sempurna dalam air ya.

  6. Selanjutnya teman-teman masukkan dalam freezer selama kurang lebih 10 menit lalu taruh pada lemari es bagian bawah.

  7. Nah teman-teman jika ingin rasanya lebih enak lagi, sebaiknya taruh sayuran dalam freezer selama kurang lebih semalam agar menjadi acar.

  8. Untuk cara penyajiannya, teman-teman siapkan mangkuk lalu campur mayonaise dengan saus sambal sesuai selera.

  9. Teman-teman bisa juga menambahkan sedikit cuka agar rasanya sedikit lebih asam atau bisa juga mengganti cuka dengan jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

  10. Kemudian teman-teman tata salad pada wadah dan tambahkan mayonaise sebagai toping diatasnya. Sajikan

Nah itu tadi teman-teman cara membuat salad hokben. Sangat mudah dan simpel bukan.  Selanjutnya teman-teman bisa menambahkan menu utama berupa resep laksa betawi spesial. Nah jika teman-teman tidak suka dengan rasa cuka yang begitu asam, tenang saja, masih ada solusinya kok. Berikut teman-teman cara membuatnya.

Salad Hokben Tanpa Cuka

Resep Salad Hokben

Resep salad hokben berikutnya buat teman-teman yang kurang begitu atau malah tidak suka dengan ras cuka yang begitu asam. Rasa asam dan aroma yang menyengat pada cuka terkadang membuat beberapa dari teman-teman kurang begitu suka.

Akan tetapi teman-teman tidak usah khawatir ya. Berikut solusi buat teman-teman yang kurang suka salad dengan cuka. Pertama siapkan bahan-bahannya dahulu ya

Bahan-bahan:

  • Wortel 4 buah, kupas, iris bentuk korek api
  • Kol ½ buah, cuci, iris halus
  • Timun 2 buah, kupas, iris bentuk korek api
  • Apel 1 buah, iris bentuk korek api
  • Mayonaise secukupnya
  • Garam ½ sendok teh
  • Air panas mendidih 2 gelas
  • Jeruk nipis secukupnya (Opsional)
  • Air matang suhu ruang ½ gelas

Cara membuat:

  1. Teman-teman kupas wortel kemudian iris halus atau parut wortel, kemudian taburi dengan sejumput garam dan remas-remas hingga layu. Cuci dengan air panas mendidih, lalu tiriskan.

  2. Selanjutnya cuci bersih kol kemudian iris tipis-tipis lalu sisihkan.

  3. Setelah itu kupas timun dan potong-potong kecil berbentuk korek api lalu sisihkan.

  4. Berikutnya teman-teman kupas apel lalu potong kecil-kecil dan rendam sebentar dengan ½ gelas air matang suhu ruangan serta sedikit garam lalu tiriskan.

  5. Untuk cara penyajiannya, teman-teman siapkan mangkuk lalu campur mayonaise dengan saus sambal sesuai selera. Tambahkan juga jeruk nipis agar rasanya menjadi lebih segar

  6. Terakhir tata semua bahan diatas piring saji lalu tambahkan mayonaise diatasnya

  7. Salad hokben ala rumahan siap disajikan.

Bagaimana teman-teman cukup mudah bukan. Sebenarnya resep asli dari salad hokben hanya menggunakan wortel dan kol.

Akan tetapi resep ini sengaja saya tambah agar rasanya menjadi lebih variatif. Nah jika teman-teman tidak suka dengan rasa masamnya, jeruk nipis bisa dihilangkan kok.

Bagaimana teman-teman caranya cukup mudah bukan. Teman-teman bisa membuat dengan memnggunakan cuka ataupun tidak, semuanya tetap nikmat disantab.

Sekarang teman-teman dapat menikmati sajian salad ala hokben di rumah tanpa perlu jauh-jauh datang ke restaurant hokben dulu.

Leave a Reply