Pantai Teluk Asmara, Pesona Miniatur Raja Ampat di Malang

Malang, kota di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota apel, memang pantas dijadikan sebagai destinasi wisata ketika liburan. Bukan tanpa alasan tentunya, sebab banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi oleh para traveler. Mulai dari taman rekreasi, wisata kuliner, serta wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Teluk Asmara atau Teluk Asmoro Malang.

Destinasi wisata yang diresmikan pada 2017 ini memiliki hamparan pasir putih dan dikelilingi dengan pulau-pulau kecil sehingga banyak yang menyebutnya sebagai miniatur Raja Ampat di Pulau Jawa.

Alamat Pantai Teluk Asmara: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia

Terletak sekitar 73 km (4 jam) dari pusat Kota Malang.

Sejarah nama Pantai Teluk Asmara Malang Selatan karena adanya bukit kapur yang mengelilingi pantai tersusun menyerupai hati. 

Lalu apakah selama PPKM Pantai Teluk Asmara Tambak Sitiarjo Malang Jawa Timur hari ini buka atau tutup? Dimana letak lokasinya? Berapa tiket masuk ke lokasinya?Bagaimana review tentang lokasi wisata ini? Untuk lebih jelasnya simak info deskripsi di bawah ini:

Mitos Pantai Teluk Asmara Malang Jawa Timur

Pantai Teluk Asmara Mitos Pantai Teluk Asmara Malang Jawa Timur Gambar Pantai Teluk Asmoro dari Atas

Dibalik keindahannya, ternyata terdapat misteri Pantai Teluk Asmoro Malang Jatim. Lokasinya yang berada di wilayah selatan dipercaya sebagai tempat kerajaan Nyi Roro Kidul. Sehingga sama seperti kebanyakan pesisir lainnya, wisatawan tidak diperkenankan mengenakan pakaian berwarna hijau.

Selain itu, mitos lainnya yaitu jika ada wisatawan berkunjung kesini bersama pasangan yang belum sah, maka hubungan mereka tidak akan langgeng dan akan putus dengan berbagai sebab. 

Benar tidaknya mitos yang beredar sebaiknya para wisatawan menghormati kepercayaan yang ada. Bukan bermaksud membenarkan atau tidak tapi sebagai pengunjung kita sebaiknya menghormati kepercayaan warga sekitar. 

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Harga Tiket Masuk Gambar Selamat Datang di Pantai Teluk Asmara Foto

Selain melihat apa saja objek wisata yang ada di suatu tempat liburan, yang dilirik oleh traveler adalah tarif masuk. Tak perlu khawatir kantong akan terkuras habis, sebab harga tiket Pantai Teluk Asmara di Malang sangat hemat dan bersahabat.

Untuk HTM atau harga tiket masuk Pantai Teluk Asmara 2018, 2019, 2020, hingga 2022 sendiri sangat terjangkau, yakni 15 ribu saja per orang. Sedangkan tarif parkirnya, untuk sepeda motor sebesar 5 ribu, dan untuk mobil sebesar 20 ribu. Ketahui juga alamat Pantai Tirang Semarang.

Jam Operasional

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Jam Operasional Pantai Teluk Asmoro Foto
Hari OperasionalSenin sampai Minggu
Jam Operasional24 jam

Objek Wisata Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Pantai Teluk Asmoro Foto Malang Jawa Timur Jatim

Setelah kalian membayar tiket masuk, kalian pun akan disambut dengan kain hitam putih kotak-kotak yang dipasang membungkus tiang-tiang di Pantai Teluk Asmara Tambak Sitiarjo Kabupaten Malang Jawa Timur. Semuanya dibungkus dengan kain hitam putih hingga membuatnya sangat kental dengan nuansa khas Bali. 

Seperti ini tentu akan membuat kalian penasaran dengan objek wisata yang ada, bukan? Nah, berikut ini beberapa hal menarik yang akan kalian rasakan jika berlibur ke pantai di Malang ini:

1. Menikmati Puluhan Anak Tangga Menuju Pantai

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Menikmati Puluhan Anak Tangga Menuju Pantai Teluk Asmara Foto

Ada puluhan tangga yang harus kalian lewati untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Teluk Asmara Malang. Kelihatannya capek banget ya? Eits tenang saja, pasti tidak akan begitu terasa kok.

Ini karena di kanan dan kiri tangga kalian dapat melihat tumbuhan khas yaitu pohon Cemara Udang. Di Indonesia, pohon cemara udang selain tumbuh di sini juga tumbuh di Pantai Lombang, Madura.

2. Pemandangan Gugus Pulau yang Indah

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Pemandangan Gugus Pulau yang Indah di Pantai Teluk Asmara Foto

Salah satu yang menjadi daya tarik terindah dari bukit Pantai Teluk Asmara adalah banyaknya gugusan pulau yang ada di sekitar pantai. Bahkan, pulau-pulau tersebut terlihat layaknya membentuk karakter love. Dari sinilah kemudian muncul nama Asmoro dalam bahasa Jawa yang berarti asmara atau cinta

Dengan keindahan yang menawan ini, tentu saja gambar pemandangan Pantai Teluk Asmara Foto bisa dibandingkan dengan pemandangan Raja Ampat. Dan dipastikan satu langkah masuk ke kawasan pantai ini, pasti kalian akan takjub dan heran akan keindahannya.

Spot terbaik untuk bisa menikmati indahnya panorama gugusan pulau ni adalah dari ketinggian. Kalian bisa menaiki bukit terlebih dahulu baru kemudian kalian bisa bersantai sambil menikmati panorama gugusan pulau dan laut birunya.

Banyak dibaca:  Pantai Maron Semarang

3. Bermain di Tepi Pantai

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Bermain di Tepi Pantai Teluk Asmoro Foto

Suasana pantai yang tak terlalu rame malah seakan membuatnya terasa seperti private beach. Kalian bisa bermain sepuasnya di tepi Pantai.

Apalagi pantai yang terkenal dengan Raja Ampat ala malang ini memiliki pasir putih dan gradasi warna pantai yang apik. Bukan hanya itu saja, kalian pun akan disajikan dengan view perairan pantai berwarna biru cerah dengan beberapa karang-karang yang ditumbuhi pepohonan.

Kalian bebas bermain di tepi pantai ini, mulai dari rebahan di atas pasir putih sambil menikmati ombak, bermain pasir atau mungkin sekedar berteduh di gazebo yang sudah tersedia. 

Uniknya di tepi pantai ini kalian akan menemukan area gua kecil untuk berlindung saat matahari terik.

4. Snorkeling Untuk Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Snorkeling Untuk Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Teluk Asmoro Foto

Pada umumnya pesisir laut selatan memiliki ombak yang begitu besar, tapi tidak dengan Pantai Teluk Asmara Jember. Lokasinya yang berada di wilayah teluk membuatnya memiliki ombak yang lebih tenang. ini membuat pengunjung bisa berenang dengan tenang. 

Pemandangan pantai dengan latar deburan ombak diantara dua bukit, gradasi air laut dengan warna biru tosca serta airnya yang jernih sehingga sangat cocok digunakan untuk berenang para pengunjung. 

Tak hanya itu saja, kalian pun bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Bagaimana Keindahannya? Tak kalah jauh dengan Raja Ampat, bukan? 

Dengan melakukan snorkeling, kalian dapat mengeksplorasi aneka keindahan bawah laut dengan ribuan biota laut yang berwarna warni dan terumbu karang yang mempesona.

5. Berkemah atau Camping di Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Pantai Teluk Asmoro Kemah di Tepi Pantai

Berkemah di gunung atau sabana mungkin sudah biasa. Namun pernahkah kalian berpikir untuk berkemah di sebuah pantai? Maka sekarang kalian bisa mewujudkannya di lokasi Pantai Teluk Asmoro Malang Jawa Timur.

Ya, hal tersebut karena Pantai Teluk Asmoro di Malang memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan bersih, sehingga cocok untuk berkemah. Tak hanya alasan itu saja, karena ombak disini sangat tenang, maka di malam hari kalian tak perlu khawatir jika tenda akan terguyur ombak.

Selain itu, dengan camping, kalian bisa menikmati suasana malam di pantai dengan langit bertabur bintang. Kemudian pada saat fajar tiba, kalian bisa menyaksikan momen terbitnya matahari di garis pantai ini. 

Untuk peralatannya, kalian bisa membawa sendiri dari rumah maupun menyewa tenda di tempat penyewaan tikar. Untuk harga sewa tenda di Pantai Teluk Asmara Bromo sekitar Rp.25.000 saja.

6. Menikmati Sunset dan Sunrise di Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Menikmati Sunset dan Sunrise di Pantai Teluk Asmoro Foto

Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke pantai dengan tujuan berburu sunset. Jika demikian, kalian tak akan menyesal jika benar-benar berburu sunset Pantai Teluk Asmara Malang, East Java. Apa yang menarik?

Pantai dengan pasir putih kekuningannya begitu memesona di kala senja hari. Tentu untuk bisa menikmati sunset dan sunrise, kalian perlu berkemah di Pantai.

Berbeda di pantai lainnya yang hanya sekedar memperlihatkan matahari terbenam yang indah dengan bentuk biasa, maka dengan jalan menuju Pantai Teluk Asmoro Malang Selatan ini kalian akan melihat sunset dengan bentuk berbeda.

 Hal tersebut karena, di pantai ini terdapat gugusan pulau, sehingga cahaya siluet sunset yang terlihat jelas berbeda dan lebih menakjubkan. Nah suasana sunset dan sunrise ini akan terlihat sangat indah pada saat cuaca cerah. Tentu momen ini tidak bisa kalian lewatkan. Bisa dibayangkan?

7. Mendaki di Bukit Kelelet 

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Mendaki di Bukit Kelelet Pantai Teluk Asmoro Foto

Bukit Kelelet inilah yang menghalangi ombak agar tidak langsung menuju Pantai Teluk Asmara. Disebut Bukit Kelelet karena jika dilihat dari atas bentuknya seperti lintah/ kelelet (red- Jawa).  

Adanya bukit inilah yang membuat suasana ombak di pantai menjadi tenang. Bukit ini selain menjadi sebuah benteng juga menjadi tempat wisata yang layak kalian kunjungi. Kalian pun dapat menikmati keindahan Pantai dengan mendaki bukit Kelelet ini. Pasti hasilnya sangat menarik.

8. Berburu Spot Foto

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Berburu Spot Foto di Pantai Teluk Asmara Foto

Salah satu aktivitas yang sangat digemari wisatawan tentu saja berfoto mengabadikan momen liburan. Wisatawan dapat berswafoto berlatar deburan ombak diantara dua bukit dan warna cantik pantainya.

Setiap momen dengan setiap sudut pantai terlihat menarik untuk diabadikan. Lanskap pantai dengan gradasi warna perairannya yang cerah menjadi latar favorit.

9. Bermain Flying Fox

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Bermain Flying Fox di Pantai Teluk Asmara Foto

Selain menikmati pemandangan dari atas bukit Asmara, kalian pun bisa bermain flying fox di sini. Cukup dengan membayar Rp.5.000 saja, kalian pun dapat menikmati serunya meluncur dari ketinggian. 

Fasilitas Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Gambar Fasilitas Parkir di Pantai Teluk Asmara Foto

Memiliki keindahan yang menakjubkan, fasilitas Pantai Teluk Asmoro Kabupaten Malang tentunya dilengkapi pula dengan sarana yang mumpuni. Salah satu fasilitas ternyaman yang akan kalian dapatkan adalah,

  • Gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat setelah berpanas-panasan bermain di sekitar pantai. 
  • Mushola
  • Toilet cukup banyak dan terjaga kebersihannya
  • Lahan parkir yang luas dan aman.
  • Ayunan dari atas bukit

Hanya saja disini kalian akan menemukan sampah dari laut. Sebagai saran, ketika kalian berwisata ke sana jangan lupa untuk membawa kantong plastik sebagai wadah sampah sendiri untuk dibuang di tempat sampah yang tersedia. 

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Gili Labak

Jalan Menuju Pantai Teluk Asmara Malang

Pantai Teluk Asmara Rute Jalan Menuju Lokasi Pantai Teluk Asmoro Foto

Bagaimana rute menuju lokasi Pantai Teluk Asmara? Letak lokasi dengan alamat Tambak Sitiarjo Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur 65176 berada sekitar 73 km dari kota Malang. Untuk menuju lokasi ini, ada 2 rute yang bisa kalian lalui, yakni:

  • Rute Pertama

Rute ke Pantai Teluk Asmoro memang dekat dengan wisata Pantai Goa Cina, namun jika menggunakan rute ini jaraknya akan sedikit jauh. Dimana dari Kota Malang, arahkan kendaraan kalian ke Selatan menuju Kecamatan Bululawang.

Setelah itu arahkan ke pertigaan tempat Pabrik Gula Krebet, lalu menuju Sendang Biru dan jalan ikuti jalan terus, hingga menemukan rute Pantai Teluk Asmoro Malang.

  • Rute Kedua

Untuk jalur kedua ini, kalian akan melalui jalur ke Pantai Clungup. Dimana untuk jalur yang satu ini memang lebih dekat, namun jalannya lebih menantang, karena jalurnya memang masih baru di buka.

Perlu kalian ketahui ketika mau masuk ke area parkir pantainya jalannya rusak, banyak batu, lubang dan belum beraspal. Lebih parah lagi pas pulangnya lewat jalur yang sama. Macet parah sampe 1-2 jam baru bisa lolos. Kalian mesti sabar banget apalagi buat yang pake kendaraan roda 4 dan pas weekend.

Penginapan di Pantai Teluk Asmara Malang

Ada opsi lain buat kalian yang tidak mau berkemah di sekitar Pantai. Kalian bisa mencari penginapan di dekat Pantai Teluk Asmoro Malang. Hanya saja kalian jangan berharap akan menemukan hotel di sini. 

Walau memang di sini ada banyak wisata, tapi kalian akan kesulitan untuk menemukan hotel di desa ini. Meski demikian, kalian masih bisa menemukan penginapan di sini tentu dengan fasilitas lengkap dan juga harganya relatif terjangkau. Adapun penginapan atau villa dekat Pantai Teluk Asmoro tersebut diantaranya:

1. Villa Asmara Hills

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Penginapan di Dekat Pantai Teluk Asmoro Foto Villa Asmara Hills

Lokasi villa Pantai Teluk Asmara ini berada di puncak arah cabang ke kiri sehabis parkiran mobil di tepi laut. Desain villa ini dilengkapi dengan sebagian guest house serta kamar buat menginap sambil menikmati panorama alam mempesona. Untuk bisa menginap di sini, kalian akan dikenai harga kisaran antara Rp 750.000 hingga Rp 2 Juta per malamnya.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola yaitu tempat tidur, meja samping tempat tidur, meja kecil, kipas angin, AC dan masih banyak lagi. 

Selain fasilitas tersebut, kalian akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah mulai dari jajaran pulau kecil, keindahan sunset dan sunrise serta masih banyak view menarik lainnya. Menariknya untuk bisa masuk ke sini, kalian tidak diwajibkan untuk menginap. Kalian akan dikenakan biaya Rp.5.000 saja untuk bisa menikmati pemandangan dari Villa Asmara Hills. Tentu sangat menarik, bukan?

2. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Penginapan di Dekat Pantai Teluk Asmoro Foto Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Lokasinya berada di Dsn Sendang biru jln TPI Ikan Sendang biru Desa, Kampungbaru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam berjarak 5 km dari Pantai Teluk Asmoro Malang, Jawa Timur.

 Penginapan ini cukup asri dengan bangunan yang dikelilingi dengan taman dan pepohonan rindang. Bukan hanya itu saja, Penginapan ini memiliki pemandangan hijau yang elok. 

Pondok Wisata ini dilengkapi dengan balkon atau teras sebagai area bersantai pribadi. Dari sini kalian bisa menikmati indahnya lapangan dan hutan kecil di samping penginapan. Untuk bisa menginap di sini, kalian perlu membayar Rp 600 ribu per malam.

3. Ariesta Homestay

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Penginapan di Dekat Pantai Teluk Asmoro Foto Ariesta Homestay

Lokasinya berada di Kampung Baru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176. Penginapan Ariesta Homestay berjarak 5,1 km dari Pantai Teluk Asmoro. 

Penginapan ini lebih dekat dengan Pantai Sendang Biru. Karena kedekatan inilah sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto. Walau berada di sekitar pantai, tapi homestay ini tidak panas karena masih asri dan dikelilingi pepohonan besar.

Untuk fasilitasnya sendiri, penginapan ini dilengkapi dengan TV, rak bacaan dan juga sofa. Untuk bisa menginap di sini, kalian perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 150 ribuan per malamnya. Cukup murah, bukan?

Tips Berlibur ke Pantai Teluk Asmoro

Pantai Teluk Asmara Tips Berlibur di Pantai Teluk Asmoro Foto

Karena untuk menuju Pantai Teluk Asmoro terdapat 2 jalur dengan trek yang berbeda, dimana jalur pertama lebih jauh, sedangkan jalur kedua lebih terjal, maka pastikan kendaraan kalian dalam keadaan prima. Selain itu, pastikan kalian juga pilih rute yang menurut kalian mampu untuk dilalui.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk Pantai Teluk Asmoro WeekdaysRp.13.000 per orang
Harga Tiket Masuk WeekendRp.15.000 per orang
Karcis Parkir Roda 2Rp.5.000
Karcis Parkir MobilRp.20.000
Naik Bukit AsmaraRp.5.000
Sewa TendaRp.25.000
Sewa TikarRp.15.000
ToiletRp3.000 – Rp.5.000

Wisata Dekat Pantai Teluk Asmara

Ada beberapa wisata terdekat yang bisa kalian kunjungi, yaitu:

Keindahan Pantai Teluk Asmara serta kenyamanan berlibur di sana, tentu sayang jika pantai ini tak masuk ke jadwal liburan kalian bukan?

Leave a Reply