Pesona Pantai Ungapan

Kota Malang memang sudah terkenal akan kota wisatanya. Kondisi alamnya yang elok dengan dukungan fasilitas wisata yang memadai membuatnya terkenal akan kota wisata. Ada banyak lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi, salah satunya yaitu Pantai Ungapan. 

Alamat Pantai Ungapan: GajahRejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178.

Terletak sekitar 67 km (1 jam 55 menit) dari Kota Malang

Lokasinya yang berdekatan dengan lokasi Pantai Bajul Mati membuatnya sangat cocok untuk dijadikan objek wisata keluarga saat libur akhir pekan tiba. 

Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam dengan pasir putih dan air jernih kebiruan. Pasti liburan Anda akan lebih seru dan menyenangkan ketika explore destinasi pantai terbaik satu ini. 

Buat Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, simak info selengkapnya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Pantai Ungapan Malang

Pantai Ungapan Sekilas tentang Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Lokasinya yang relatif baru dikembangkan dengan tujuan pariwisata, maka hampir tidak ada sejarah, mitos maupun cerita misteri yang terkait dengan keberadaan pantai ini.

Akan tetapi jika melihat namanya, Pantai Ungapan Kabupaten Malang sendiri diserap dari Bahasa Jawa “Ungapan” yang artinya muara sungai atau tempat bertemunya laut dengan sungai.

Tentu nama ini merujuk pada keberadaan muara Sungai Panguluran yang ada di kawasan Pantai Ungapan Malang Jawa Timur.

Selain itu karena banyaknya gubuk yang dibangun di tepi Pantai membuatnya kerap kali disebut dengan “Pantai Seribu Gubuk”. Gubuk ini dibuat agar wisatawan dapat beristirahat usai beraktivitas di pesisir atau untuk sekedar menikmati pemandangan dan mencari ketenangan tanpa harus terpapar sinar matahari.

Tiket Masuk Pantai Ungapan

Pantai Ungapan Tiket Masuk Pantai Ungapan di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di tempat yang berkesan tanpa harus merogoh kocek yang dalam, maka Pantai Ungapan di Malang adalah solusinya. Jika Anda ingin memasuki kawasan ini, Anda hanya diwajibkan membayar tiket seharga Rp. 15.000 per orang. Harga yang sangat murah untuk pemandangan yang sangat indah.

Lain halnya jika Anda membawa kendaraan pribadi, karena nantinya akan ada biaya tambahan yang harus Anda tanggung. Biaya yang dimaksud adalah biaya parkir kendaraan dengan tarif Rp. 10.000 untuk kendaraan beroda 2. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Anda harus membayar Rp. 15.000.

Buat warga Pacitan dan sekitarnya, ketahui juga tiket masuk Pantai Watu Karung.

Jam Operasional

Anda dan para wisatawan lain bisa mengeksplorasi keindahan dan pesona Ungapan Malang Pantai Ungapan sepuas hati. Ini karena objek wisata ini buka setiap hari dengan operasional selama 24 jam. 

Obyek Wisata Pantai Ungapan Malang Selatan

Pantai Ungapan Obyek Wisata Pantai Ungapan Malang Selatan

Ketika berkunjung ke Pantai Ungapan Bajul Mati, tentunya Anda akan menemukan banyak sekali keseruan di dalamnya. Apa sajakah keseruan yang bisa Anda rasakan? Berikut penjelasannya:

1. Sunset

Pantai Ungapan Menikmati Sunset di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Fenomena alam yang paling dicari dan ditunggu-tunggu saat berkunjung ke pantai adalah menyaksikan sunset. Di pantai inilah Anda bisa menikmati indahnya sunset kota Malang. Apalagi dilengkapi dengan suasana perkemahan dan juga perahu-perahu nelayan yang berlabuh.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Kedung Tumpang

Sehingga jika Anda termasuk salah satu orang yang beruntung, Anda bisa menikmati indahnya sunset di langit senja. Ditambah dengan siluet perahu serta tenda perkemahan yang terhampar.

2. Berenang

Pantai Ungapan Berenang di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Dikarenakan letaknya yang berada di Selatan Pulau Jawa, ombak pantai ini masuk ke dalam kategori ombak yang besar. Akan tetapi bagi Anda yang berencana untuk berenang di pantai satu ini tidak usah khawatir. Sebab Anda tetap bisa menyalurkan hobi berenang Anda disini dengan tiga pilihan.

Pilihan pertama, Anda bisa bermain di bibir pantai. Sebenarnya aktivitas ini bukanlah berenang akan tetapi tetap menyenangkan karena bermain air. Alternatif kedua, Anda bisa berenang hanya saja harus menunggu sore terlebih dahulu agar air mulai surut serta ombak sudah tenang.

Pilihan ketika yaitu Anda bisa menuju ke muara Sungai Panguluran yang ada di kawasan pantai. Muara dengan air payau ini memiliki lebar 100 meter dan kedalaman hingga 2 meter.

Muara ini masih belum begitu tersentuh aktivitas nelayan, sehingga Anda bisa bebas mandi dan berenang di sana.

3. Area Berkemah

Pantai Ungapan Area Berkemah di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Sadarkah Anda pada saat akan memasuki kawasan wisata ini, Anda akan menjumpai papan yang berisi tulisan “Pantai Ungapan Bumi Perkemahan”. Artinya tempat ini memang sudah biasa dijadikan sebagai tempat berkemah.

Dengan berkemah di sini, Anda bisa lebih leluasa dalam mengeksplorasi keindahan pesisir Pantai ini. Anda juga bisa merasakan suasana pagi, siang, sore hingga malam hari di pantai yang indah. Yang paling penting Anda pastinya akan menikmati sunrise serta sunset.

4. Jembatan Bajul Mati

Pantai Ungapan Jembatan Bajul Mati di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Hal utama yang paling dicari saat Anda berlibur tentunya adalah spot foto yang menarik. Hal tersebut juga bisa Anda temukan di pantai ini. Spot foto berupa jembatan berdesain unik yang berbentuk mirip dengan buaya ini dinamakan Jembatan Bajul Mati.

Apabila Anda berfoto disini sudah pasti sangat instagramable karena ketika berfoto di jembatan akan ada background foto yang berbentuk perbukitan. Jembatan ini menjadi sangat terkenal karena desain serta bentuknya yang unik tersebut.

5. Perahu

Pantai Ungapan Perahu di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Adanya perahu yang mampu membawa Anda berkeliling Pantai Ungapan Jawa Timur tentunya sangat menyenangkan bukan? Ditambah lagi tidak hanya keliling pantai ini, Anda juga akan diajak untuk berkeliling pantai yang terdekat yakni Pantai Bajul Mati.

Pengalaman berkeliling menggunakan perahu  ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi mata Anda juga akan dimanjakan dengan hijaunya alam sekitar dan rimbunnya pepohonan yang ada di bagian tepi pantai. Sungguh pengalaman tak terlupakan pastinya.

6. Gunung Getun

Pantai Ungapan Gunung Getun di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Objek wisata Gunung Getun bisa dibilang sebagai sebuah pelengkap kunjungan wisata ke Pantai Ungapan. Kurang afdol rasanya jika Anda tidak  naik ke Gunung Getun untuk menyaksikan panorama menakjubkan.

Dijamin deh Anda tidak akan menyesal telah meluangkan waktu untuk naik ke puncak Gunung Getun.

Walau memang kurang pas rasanya jika disebut sebagai Gunung, tapi dari atas sana Anda bisa menyaksikan pemandangan dari sudut pandang yang berbeda. 

Pemandangan tersebut mulai dari deburan ombak yang tampak lebih kecil dari aslinya, bau air laut yang tak sengaja terhirup ketika angin membawanya dalam tiupannya, hingga sekelompok awan yang tampak bergelayutan di atas laut.

7. Olahraga Ekstrim

Pantai Ungapan Olahraga Ekstrim di Objek wisata Pantai Ungapan Malang

Ada baiknya jika Anda berkunjung ke pantai ini pada saat acara Malang Beach Festival berlangsung. Acara ini tidak diadakan setiap waktu, melainkan hanya diadakan pada waktu-waktu khusus saja.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Gili Labak

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati pada saat sedang berlangsungnya acara ini. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa perlengkapan olahraga yang akan memacu adrenalin Anda. Yaitu seperti kano, flyboard hingga jetski. Pastinya akan membuat liburan Anda semakin asyik.

Fasilitas Pantai Ungapan

Pantai Ungapan Fasilitas Pantai Ungapan Malang

Karena pantai ini masih tergolong sebagai objek wisata yang masih baru sehingga fasilitasnya pun masih standart saja. Adapun fasilitas tersebut adalah;

  • Tempat parkir kendaraan luas dan nyaman
  • Warung wisata
  • Mushola
  • Toilet dan kamar mandi
  • Spot foto instagramable
  • Wahana permainan seru
  • Gazebo
  • Taman bermain
  • Rumah dan warung makan yang siap melayani pengunjung dari pagi hingga sore
  • Camping dan outbond area

Tips Berkunjung ke Pantai Ungapan

Agar perjalanan wisata Anda semakin berkualitas dan menyenangkan, sebaiknya simak deh tips liburan berikut ini:

  1. Waktu terbaik berkunjung ke sana yaitu di pagi dan sore hari. Di waktu ini, cuacanya tidak terlalu panas sehingga Anda bisa eksplorasi keindahan alam secara maksimal.
  2. Jangan lupa untuk selalu membawa kamera agar Anda bisa mendapatkan terbaik dengan spot instagenic.
  3. Tetap waspada dan selalu berhati-hati saat berwisata. Jangan lupa untuk membawa uang lebih dan aksesoris tambahan.
  4. Karena ombaknya yang besar maka sebaiknya hindari aktivitas renang.

Rute Pantai Ungapan

Pantai Ungapan Rute Pantai Ungapan Malang

Pantai ini berjarak 67 km dari Kota Malang melalui Jalan Kolonel Sugiono dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalur lebih jelasnya yakni dari kota Malang Anda harus menuju ke arah Kepanjen, lalu terus menuju ke Turen dan kemudian Sumbermanjing Wetan. Ambil arah yang tujuannya menuju ke Pantai Sendang Biru, dan disana akan ada pertigaan Jalur Lintas Selatan.

Sesampainya di pertigaan, ambil arah kanan yang menuju Pantai Bajulmati dan Goa Cina. Kemudian ambil arah kanan terus sampai Anda menjumpai Jembatan Bajul Mati. Dari situlah Anda hanya tinggal berjalan mengikuti arah sepanjang 1 kilometer sampai Anda melihat papan bertuliskan Pantai Ungapan Bumi Perkemahan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor untuk berkunjung ke pantai ini. Jika ingin menggunakan kendaraan umum Anda bisa mencari kendaraan langsung dari pusat Kota Malang.

Ketahui juga: rute Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

Penginapan di Pantai Ungapan Malang

Pantai Teluk Asmara Objek Wisata Penginapan di Dekat Pantai Teluk Asmoro Foto Ariesta Homestay

Apakah Anda mencari penginapan di sekitar sini? perlu diketahui jika satu-satunya cara untuk menikmati suasana pantai di malam hari hanyalah dengan mendirikan tenda dan camping di atas pasir. Anda tidak akan bisa menemukan penginapan di sini.

Jika memang Anda butuh tempat untuk bermalam, maka Anda harus menuju ke kawasan wisata Pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Ada beberapa penginapan di Pantai Sendang Biru Malang yang bisa kalian pilih, diantaranya yaitu:

  1. Homestay Ariesta
  2. Pondok Bamboe
  3. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Nah itu tadi ulasan dan informasi singkat terkait objek wisata foto dan gambar Pantai Ungapan yang bisa bosmeal.com sajikan. Semoga penjelasan di atas dapat mempermudah perjalanan liburan Anda di sana. Yuk nikmati liburan seru dan mengasyikkan dengan mengeksplorasi keindahan objek wisata yang satu ini. Nikmati juga pesona Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply