Pesona Pantai Sendang Biru

Kota Malang Jawa Timur Indonesia memiliki banyak potensi wisata alam, salah satunya pantai-pantai yang secara geografis terletak di selatan dan sudah terkenal akan keindahan seperti surga. Diantaranya adalah rumah pohon Pantai Sendiki, Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu. 

Pantai yang terletak di wilayah selatan Kota Malang Jatim ini menghadap langsung ke arah Samudera Indonesia sehingga memiliki ombak besar yang khas dan relatif sangat tenang.

Di lokasi wisata ini para pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih serta pemandangan perahu nelayan yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai maupun yang berada di tengah lautan.

Selain itu, di Pantai Sendang Biru & Pulau Sempu kalian bisa menikmati kuliner aneka ikan segar. Penasaran seperti apa review nya? Berapa HTM atau biaya harga tiket masuk ke lokasi, bagaimana rute dan jarak jalan menuju ke alamat lokasi Simak deskripsi lengkapnya di bawah ini:

Sejarah Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Indonesia

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Sejarah Pantai Sendang Biru Malang Jatim Indonesia

Sendang berarti mata air dan Biru artinya berwarna biru. Artinya mata air yang berwarna biru. 

Sendang ini menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat untuk mandi, mencuci hingga kebutuhan konsumsi setiap harinya. 

Selain itu, nama Sendang biru juga bisa diartikan sebagai perlambangan kesucian. 

Dulunya kawasan ini masih berupa alas gung (hutan besar). Menurut cerita, pada waktu itu datang utusan dari guru injil bernama Mbah Satiti bersama murid-muridnya, antara lain Mbah Tiaji, Mbah Mintah, Mbah Setrong dan Mbah Wagimen. 

Pada tahun 1925, mereka semua mendapatkan mandat untuk mencari tempat atau mensurvei tempat yang mengarah ke perbukitan sisi timur dengan tujuan untuk mencari sendang untuk dijadikan sebuah desa.

Lantas mereka pun meminta restu terlebih dahulu kepada pendeta S.S Devris untuk mengurus perizinan ke pemerintahan belanda untuk membuka lahan baru di hutan. Setelah itu mereka membawa surat izin untuk bertemu petugas perhutani zaman Belanda guna mengecek tempat hasil survei. 

Ternyata Belanda tidak memberikan izin sehingga lokasi tersebut langsung disegel pemerintah Hindia Belanda. “Dilarang ditempati.”

Kemudian pada tahun 1927 tim survei yang dipimpin Mbah Satiti kembali berangkat dengan jumlah sekitar 15 orang. Tujuannya untuk babat alas sekaligus survei ke bagian timur dari sisi sebelumnya. 

Pada saat itulah kemudian mereka menemukan sebuah sendang berwarna biru. Setelah itu lokasi tersebut dibuka untuk pemukiman dengan syarat mereka yang tinggal harus beragama kristen. Agama kristen yang mereka anut yaitu Kristen Jawi. 

Sendang tersebut pun dimanfaatkan masyarakat setempat untuk memanfaatkan bagi kehidupan. Semenjak itu, lambat laun banyak ditemukan sumber air di sekitar Dusun Sendang Biru. 

Semakin hari, pemukiman di sana semakin ramai penduduk walaupun dikelilingi hutan besar atau alas gung hingga zaman kemerdekaan.

Sekarang, sebagai ungkapan rasa syukur, usai melakukan selamatan bersih desa, masyarakat menggelar kesenian tradisional wayang kulit. Bukan hanya itu saja, masyarakat di sana pun sudah banyak yang memeluk agama Islam dan semua hidup rukun serta saling berdampingan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru di Malang

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru di Malang

Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata murah yang ada di Malang. Bagaimana tidak, Biaya HTM atau harga tiket masuk Pantai Sendang Biru Malang hanyalah Rp 5.000 per orangnya.

Dengan tiket yang murah dan terjangkau tersebut, kalian sudah bisa menikmati indahnya Pantai Sendang Biru Malang selatan lengkap dengan ombaknya yang sangat khas.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Marina

Objek Wisata Pantai Sendang Biru

Ada banyak keseruan yang bisa kalian menikmati potensi alam di Pantai Sendang Biru Jawa Timur. Adapun objek wisata yang bisa kalian nikmati yaitu:

1. Pemandangan Pantai yang Indah Nan Eksotik

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Pemandangan Pantai yang Indah Nan Eksotik

Sama halnya dengan beberapa pesisir yang ada di Indonesia, Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang juga terkenal dengan keindahan yang dimilikinya. Air laut yang dimiliki pantai ini cukup tenang dan juga jernih, sehingga cocok untuk digunakan berenang.

Tak hanya itu, bahkan kalian juga bisa melakukan kegiatan berjemur dan snorkeling menikmati indahnya pemandangan bawah laut. Karena keindahan yang dimilikinya, hal tersebut membuat foto Pantai Sendang Biru Malang menjadi lokasi untuk mengambil gambar atau foto pre wedding. Nikmati juga keindahan dari Pantai Slopeng Sumenep.

2. Menyewa Perahu Wisata

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Naik Perahu

Selain melakukan beberapa kegiatan di atas, hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa perahu wisata yang tersedia di sekitar pantai. Perahu tersebut bisa kalian gunakan untuk pergi ke Pulau Sempu atau hanya sekadar berkeliling di sekitar pantai.

Harga sewa perahu berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000 untuk perahu dayung. Sementara itu, jika kalian menyewa perahu bermotor, harga sewanya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Setelah menyewa perahu, kalian bisa mencoba berhenti sejenak di tengah lautan untuk menikmati pemandangan bawah laut yang dapat terlihat jelas.

Kalian bisa menikmati pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang. Pemandangan ini tentu akan membuat kalian lebih berkesan dan tidak akan terlupakan.

3. Pergi ke Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Pergi ke Pulau Sempu

Pulau terdekat yang bisa kalian kunjungi dari tempat wisata Pantai Sendang Biru Malang, Jawa Timur adalah Pulau Sempu. Pulau yang satu ini juga menjadi pulau yang terkenal dengan keindahannya. Keindahan pulau ni termasuk dalam kawasan cagar alam.

Pulau dengan luas 877 hektar tersebut menawarkan keindahan alam dengan telaga yang ada di dalamnya. Untuk mengunjungi pulau tersebut, kalian hanya perlu menyewa perahu dan membayar Rp 100.000.

4. Mengunjungi Telaga yang Ada di Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Mengunjungi Telaga yang Ada di Pulau Sempu

Ada banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di Pulau Sempu. Nah, satu diantaranya ialah dengan mengunjungi beberapa telaga terkenal yang ada di pulau tersebut.

Beberapa telaga terkenal tersebut ialah Telaga Sat, Telaga Lele dan juga Telaga Anakan. Telaga-telaga itu memiliki pemandangan yang tampak sangat indah sehingga sayang jika tidak diabadikan.

5. Memancing

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Memancing

Bagi yang hobi memancing, kalian juga bisa melakukan kegiatan yang satu ini di Pantai Sendang Biru 2020. Di tempat ini, tersedia beberapa tempat untuk menarik untuk memancing.

Tak hanya itu, bahkan untuk bisa mendapatkan tangkapan ikan yang lebih besar dan lebih banyak, kalian juga bisa menyewa perahu untuk memancing.

6 . Membeli Ikan Segar Hasil Tangkapan Laut

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Membeli Ikan Segar

Sendang biru, selain digunakan sebagai wisata juga dijadikan sebagai tempat pelelangan ikan dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan. Sehingga kalian pun dapat membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan sebagai oleh-oleh maupun disantap langsung di tempat. 

7. Menyaksikan Pagelaran Pesta Adat

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Menyaksikan Pagelaran Pesta Adat

Setiap bulan September, ada hal unik yang tak boleh kalian lewatkan dari pantai tersebut. Yaitu dengan adanya pesta adat yang disebut dengan Pesta Pelik Laut. Pesta adat tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu lamanya. 

Dalam pesta adat ini, kalian bisa menyaksikan berbagai macam gelaran, mula dari dangdutan, hiburan wayang hingga puncak acara yaitu menghanyutkan tumpeng yang berisi hasil laut ke tengah laut. Acara ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

8. Bermalam di Penginapan Sekitar Pantai

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Bermalam di Penginapan Sekitar Pantai

Tentu sangat sayang rasanya jika kalian hanya mengunjungi pantai ini sehari saja. Nah, jika masih ingin menikmati indahnya wana wisata Sendang Biru, tenang saja karena saat ini sudah ada banyak penginapan yang bisa kalian sewa.

Penginapan tersebut menawarkan fasilitas yang nyaman dan kalian butuhkan. Terdapat sekitar 7 homestay yang ada di sekitar pantai ini. Apabila kalian menginap di penginapan, maka kalian juga bisa mengunjungi beberapa pantai lainnya yang segaris dengan Pantai Sendang Biru seperti Pantai Balekambang Bantur dan lokasi Pantai Bajul Mati.

Banyak dibaca:  Pantai Batu Bengkung

9. Camping di Area Pantai

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Objek Wisata Camping di Area Pantai

Selain menginap di homestay, kalian juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai sambil membakar ikan dan menikmati pesona indahnya malam hari di Pantai Sendang Biru Pulau Sempu. Ikan-ikan tersebut bisa kalian dapatkan dari hasil memancing maupun membelinya langsung di TPI atau tempat pelelangan ikan di sekitar lokasi.

Penginapan dan Hotel di Dekat Pantai Sendang Biru Malang

Ada beberapa penginapan seperti homestay dan juga hotel di dekat Pantai Sendang Biru Malang. Penginapan ini tentu menjadi solusi buat kalian yang ingin menikmati keindahan pantai pada saat malam hari. Adapun rekomendasi penginapan tersebut adalah

1. Pondok Bamboe

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Penginapan dan Hotel di Dekat Pantai Sendang Biru Malang Pondok Bamboe

Homestay Pondok Bamboe berada di Dusun Kalitimbang, Jl. Sendang Biru No.RT.1, RW.1, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176. Jarak Lokasi penginapan di pantai sendang biru malang hanya sekitar 2,6 KM saja dari lokasi wisata.  

Walau lokasinya tidak terlalu dekat dengan pantai tapi soal pelayanan, Homestay Pondok bamboe selalu memberikan pelayanan yang maksimal buat pengunjung. Dari segi fasilitas sendiri, Homestay ini menyediakan 3 kelas kamar yang berbeda dengan fasilitas AC dan juga TV. Lalu biaya menginap per malamnya di kisaran harga 150 ribuan saja. Cukup terjangkau bukan?

2. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Penginapan dan Hotel di Dekat Pantai Sendang Biru Malang Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Lokasi Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam berada di Dusun Sendang biru, jln TPI Ikan Sendang biru Desa, Kampungbaru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176 dan hanya berjarak sekitar sekitar 400 meter saja dari lokasi wisata. 

Penginapan ini memiliki tarif sewa per kamar yang berbeda-beda yaitu 1 bad 350.000 dan doubled bed 450.00. Walau memiliki harga yang beda tapi fasilitas lain yang disediakan termasuk sama, seperti AC, Wifi dan parkir gratis. Disamping fasilitas kamar, ada juga gazebo dan dapur mandiri yang bisa kalian gunakan untuk masak sendiri.

3. Maltan Room

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Penginapan dan Hotel di Dekat Pantai Sendang Biru Malang Maltan Room

Lokasi hotel di Pantai Sendang Biru ini berada Jl. Raya Sitiarjo, Sumberembah, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176 dan berjarak sekitar 13 KM dari Wana Wisata Sendang Biru. Walau agak jauh dari lokasi wisata tapi hotel ini bisa menjadi salah satu pilihan buat kalian.

Fasilitas yang disediakan kolam renang, dengan sensasi air terjun alami di samping hotel. 

Fasilitas Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Harga Fasilitas Pantai Sendang Biru

Untuk mendukung sebuah lokasi wisata maka dibutuhkan beberapa fasilitas. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya

  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Rumah jaga
  • Persewaan Perahu
  • Parkir luas.

Alamat dan Rute Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur Alamat dan Rute Pantai Sendang Biru

Alamat lokasi Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur Indonesia. Peta rute perjalanan menuju lokasinya memiliki akses yang tidak cukup sulit. Jarak dari Malang ke lokasi wisata sekitar 65 kilometer dan dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 2- 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi kalian yang ingin menuju ke pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi, hal pertama yang harus dilakukan ialah pergi ke Gadang terlebih dahulu. Setelah itu, terus jalan lurus dan belok kiri ke arah Pabrik Gula Krebet. Dari sini akan ada banyak petunjuk arah atau rute untuk menuju ke lokasi Pantai Sendang biru Malang.

Nah, bagi kalian yang ingin menikmati liburan yang berkesan dan tak terlupakan, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur yang kaya akan daya tariknya. Destinasi wisata tersebut juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati indahnya laut lepas yang tenang dan jernih.

Jika kalian ingin melihat pesta adat yang ada di pantai tersebut, jangan lupa untuk datang pada bulan September. Nikmati pula perjalanan yang menyenangkan ke Pulau Sempu dengan menggunakan perahu bermotor. Kunjungi juga Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur.

Leave a Reply