Resep Cinnamon Roll

Resep Cinnamon Roll – Kalian punya acara di akhir pekan bareng keluarga atau pacar? Em… Kira-kira mau acara kemana? Dari pada bingung mau kemana mending tetap dirumah saja sambil menikmati cinnamon roll. 

Sekalian kalian bisa menghidangkan resep sambal kacang gado gado agar momen kebersamaan semakin menyenangkan. 

Perlu kalian ketahui jika cinnamon roll biasa disajikan di Eropa Utara dan Amerika Utara. Di sebagian negara Eropa, Swedia misalnya menyebut cinnamon roll dengan sebutan kanelbulle, kemudian di negara Denmark, cinnamon roll dikenal dengan nama kanelsnegl,

Wah pastinya menyenangkan ya acara di akhir pekan dengan hidangan ala ala Eropa. Buat kalian yang penasaran berikut resep membuat cinnamon roll.

Bahan-Bahan

Glaze Cinnamon Roll

Sebelum kalian membuat resep cinnamon roll, terlebih dahulu persiapkan semua bahan-bahannya ya. Yuk persiapkan dulu bahan-bahannya. Untuk memudahkan kalian nantinya, bahan-bahan dibawah sudah dibagi menjadi beberapa bagian kok seperti halnya saat kalian memasak resep cumi bakar madu.

Bahan Adonan Roti

  • Ragi instan 14 gram
  • Susu cair 400 gram
  • Gula pasir 120 gram
  • Air hangat 140 gram
  • Ekstrak vanila ½ sendok teh
  • Telur ayam 2 butir
  • Garam 2 sendok teh
  • Unsalted butter (mentega tawar) 100 gram
  • Tepung terigu 1,2 kg
  • Melted butter (unsalted) 100 gram, untuk olesan
  • Kismis 400 gram

Bahan Isi:

  • Unsalted butter 140 gram
  • Brown sugar 240 gram
  • Gula pasir 80 gram
  • Bubuk kayu manis 3 sendok teh

Buat teman-teman yang bingung dengan brown sugar adalah gula yang terbuat dari tebu. Akan tetapi, brown sugar diberi sirup molase saat proses pembuatannya sehingga warnanya jadi lebih cokelat. Rasanya manis dengan aroma karamel yang khas. Brown sugar sering digunakan untuk pemanis kue dan minuman.

Bahan untuk Glaze

  • Cream cheese 100 gram
  • Unsalted butter 2 sendok makan
  • Gula halus 360 gram
  • Ekstrak vanila 1 sendok teh
  • Susu cair 8 sendok makan

Ternyata bahan-bahannya lumayan ya. Eits, jangan malas dulu, sebenarnya cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang terlihat banyak karena sudah dibagi-bagi menurut kebutuhan masing-masing.

Cara Membuat

Resep Cinnamon Roll

Setelah semua bahan-bahan resep cinnamon roll siap, sekarang pastinya kalian sudah tidak sabar untuk membuat cinnamon roll. 

  1. Pertama, siapkan adonan basah dengan cara campur susu, butter, ekstrak vanila, air hangat, dan gula pasir. Lalu panaskan di microwave selama 3 menit. Kemudian diamkan hingga hangat. Masukkan kocokan telur. lalu aduk rata.
  2. Kedua persiapkan adonan kering. Caranya campur tepung terigu dengan ragi, kemudian tambahkan garam. Aduk rata.
  3. Setelah kedua adonan siap, campurkan adonan basah ke adonan kering. lalu aduk rata dengan spatula.
  4. Selanjutnya tutup adonan dengan kain lembab lalu diamkan selama dua jam sampai mengembang dua kali lipat serta muncul gelembung udara di adonan.
  5. Sambil menunggu adonan mengembang, campur semua bahan isi lalu aduk rata.
  6. Nah, setelah adonan roti yang sudah mengembang, pipihkan adonan dan taburkan terigu di alas supaya tidak lengket. Pipihkan dengan ukuran sekitar 50 cm x 30 cm.
  7. Ambil butter kemudian olesi permukaan adonan roti lalu taburi dengan campuran isi.
  8. Selanjutnya gulung adonan roti dengan ketat. Potong ujung gulungan supaya rapi. Lalu, potong menjadi sekitar 14 bagian.
  9. Setelah itu susun di loyang lalu tutup dengan kain lembab. kemudian biarkan adonan roti hingga ukurannya mengembang sekitar dua kali lipat untuk yang kedua kalinya.
  10. Kemudian panaskan oven lalu olesi permukaan roti dengan melted butter. Panggang roti sekitar 25 menit
  11. Terakhir campur semua bahan untuk glaze, lalu aduk hingga rata.
  12. Sebelum menyajikan cinnamon roll, roti yang sudah matang diolesi glaze di atasnya baru kemudian sajikan.
Banyak dibaca:  Resep Keripik Tempe

Bagaimana, ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. Nah agar tidak gagal dalam membuat cinnamon roll dibawah ini ada sedikit tipsnya kok.

Tips Membuat Cinnamon Roll

Cinnamon Roll Aneka Toping

Ada berbagai kekhawatiran ketika kalian membuat resep cinnamon roll seperti adonan tidak mengembang, dan roti terlalu lembek. Kalian tidak usah khawatir, berikut ini tips agar cinnamon roll kalian bisa sesuai selera.

1. Gunakan air dingin

Sebaiknya untuk membuat cinnamon roll gunakan air dingin. Ini karena air dingin akan menghambat aktivitas ragi pada saat diuleni, sehingga ragi baru aktif saat proses fermentasi dan pemanggangan.

Dengan menggunakan air dingin, cinnamon roll akan mengembang dengan maksimal.Kalau menggunakan air hangat, ragi akan berfermentasi saat adonan masih diuleni. Akibatnya, saat waktunya difermentasi, ragi tidak bisa mengembangkan adonan lagi.

2. Masukkan air sedikit demi sedikit

Proses menambahkan air dalam adonan membutuhkan kesabaran ekstra. Saat membuat adonan yang berfermentasi, sebaiknya kalian tidak menuang air sekaligus. Penambahan air harus sedikit demi sedikit. Ketika menambahkan air, jangan lupa untuk diuleni sampai kalis atau adonan tidak menempel di tangan atau wadah.

Air harus dituang sedikit demi sedikit supaya gluten bisa terbentuk. Gluten adalah zat yang membuat roti, donat, atau bakpao empuk dan berserat bagus. Jika kalian menuangkan air sekaligus, biasanya adonan akan jadi terlalu lembek dan benyek. 

3. Jika memungkinkan, uleni adonan di atas alas marmer.

Kalian tahu sendiri bukan jika sifat marmer yang dingin. Sifat marmer yang dingin akan membuat adonan menjadi cepat kalis. Jika demikian, ragi pun tidak akan cepat berfermentasi. Jika kalian menggunakan mixer, gunakan kecepatan sedang ya.

4. Tutup adonan menggunakan kain lap basah atau plastik bening.

Salah satu hal yang penting, pada saat fermentasi, jangan lupa untuk menutup adonan dengan kain atau plastik. Hal ini dilakukan agar permukaan adonan tidak kering selama proses fermentasi berlangsung.

Nah itu tadi sedikit tips agar cinnamon roll bisa mengembang dengan sempurna, sesempurna momen kebersamaan kalian bersama orang tersayang. Akan lebih sempurna lagi jika kalian mencoba membuiuat resep es manado yang paling enak untuk dihidangkan agar momen kebersamaan lebih mengena.

Leave a Reply