Makanan Khas Jepang

Makanan Khas Jepang – Salah satu negara dengan tujuan destinasi wisata yang sangat laris ialah Jepang. Adanya banyak keindahan di Jepang menjadi alasan kenapa Negeri Sakura ini menjadi tempat berlibur wisatawan yang ingin menikmati waktu luang mereka.

Selain karena bentang alamnya yang eksotis, ada berbagai makanan khas Jepang yang menjadi alasan pemilihan Jepang sebagai tempat liburan.

Ya, Jepang adalah negara yang kaya akan dunia kuliner. Bahkan, kuliner Jepang cukup banyak yang bisa ditemukan di Indonesia. Artinya, ada kemiripan selera terkait kuliner yang tentu tidak akan membuat Kamu kaget saat mencicipi sajian khas Jepang tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa kuliner unik nan lezat ala Jepang yang bisa menjadi pilihan saat Kamu liburan ke sana, tentunya juga memilih yang halal ya teman-teman. Penasaran apa saja kuliner tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Macam macam Makanan Khas Jepang yang Terkenal

“Makanan adalah simbol dari cinta ketika kata-kata tak cukup mengungkapkan.”

~Alan D. Wolfelt ~

Ada cukup banyak makanan khas Jepang yang tersedia dan bisa menjadi pilihan yang tepat saat Kamu ingin mencobanya. Hal yang menarik dari makanan khas yang ada di Jepang adalah makanan tersebut tergolong makanan sehat.

Ya, beragam makanan ala Jepang mengandung protein yang cukup banyak, kalori yang rendah dan aneka zat penting lainnya.

Dengan demikian, Kamu yang sedang berada dalam program diet atau berusaha mengontrol makanan yang dikonsumsi akan sangat terbantu dengan konsumsi makanan ala Jepang tersebut.

Nah, untuk memudahkan Kamu mencari apa saja menu makanan Jepang yang cocok untuk dikonsumsi, ada beberapa rekomendasi yang menarik. Beberapa rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sushi

Makanan Khas Jepang Sushi
Gambar Makanan Khas Jepang Sushi

Mencoba makanan khas Jepang tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sushi. Bisa dikatakan jika sushi adalah salah satu makanan yang paling terkenal di Jepang dan makanan ini sudah diimpor masuk ke Indonesia sekian lama.

Jadi, sudah banyak tempat yang menyediakan sushi di Tanah Air. Meskipun demikian, mencoba sushi langsung di Jepang tentu akan berbeda cerita.

Sushi adalah kuliner yang dibuat dengan bahan dasar nasi gulung. Nasi tersebut diberi campuran beberapa bahan seperti sayuran, seafood, mentimun, salmon dan lainnya.

Kemudian, semua bahan yang ditata rapi tersebut akan dibalut dengan rumput laut. Sushi akan dipotong kecil-kecil untuk memudahkan memakannya.

2. Sup Miso

Makanan Khas Jepang Sup Miso

Salah satu hidangan pembuka atau hidangan pendamping sebelum main course disajikan ialah sup miso. Termasuk yang sudah tenar juga makanan khas ini lho.

Seperti namanya, sup miso adalah makanan berkuah dengan rasa kaldu yang cenderung kental.

Bahan dasar kuliner khas Jepang ini adalah miso dan tahu. Meskipun tampak sederhana, namun menu yang satu ini tetap saja nikmat. Terutama, untuk dinikmati ketika musim dingin.

Rasa hangat dari rempah akan merasuk dalam tubuh dan menghilangkan dingin yang ada.

3. Tempura

Makanan Khas Jepang Tempura

Siapa yang tidak kenal tempura? Nah, di Jepang, tempura menjadi salah satu camilan yang paling banyak dicari. Salah satu makanan khas Jepang ini memang menarik karena rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau.

Nah, di Jepang, tempura adalah adonan ringan yang dalam pembuatannya menggunakan beragam jenis ikan atau sayuran. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan tepung, air dan telur lalu digoreng hingga matang.

Uniknya, cara menggoreng tempura di Jepang adalah dengan menggunakan minyak sayur dalam suhu yang relatif rendah dan waktu yang singkat.

Cara menggoreng tersebut dilakukan untuk mempertahankan cita rasa dan juga kandungan gizi yang ada dalam bahan yang digunakan.

4. Edamame

Makanan Khas Jepang Edamame

Edamame adalah kuliner unik dari Jepang yang dibuat dengan bahan dasar kedelai. Meskipun berbeda nama, namun kuliner ini juga menjadi salah satu makanan khas Bali yang cukup dikenal.

Di Jepang, edamame atau kacang kedelai tersebut adalah salah satu jenis tanaman tropis yang cukup banyak dijadikan sayuran dan juga camilan yang menyehatkan. Cukup banyak restoran di Jepang yang menyediakan menu satu ini.

Secara umum, edamame memiliki rasa yang cenderung gurih. Selain dijadikan camilan, edamame juga bisa dijadikan sup yang sehat dan segar.

5. Ramen

Makanan Khas Jepang Ramen
Gambar Makanan Khas Jepang Ramen

Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas Jepang yang satu ini? Ramen adalah salah satu makanan khas dari Jepang yang sangat terkenal.

Bahkan, di Indonesia sendiri, cukup banyak tempat makan yang menyediakan menu ini sebagai highlight mereka. Ramen dibuat dengan bahan utama mie. Kemudian, mi tersebut dicampur dengan kuah kaldu.

Bahan lain yang dimasukkan dalam menu ramen adalah daging, ikan, miso dan juga irisan daun bawang dalam jumlah yang cukup banyak. Kombinasi ini membuat ramen memiliki rasa yang lebih gurih.

6. Mochi

Makanan Khas Jepang Mochi

Mochi adalah salah satu kue khas Jepang yang sangat terkenal. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Bahan ini akan ditumbuk hingga halus, lembut dan cenderung lengket. Selanjutnya, beras ketan yang sudah lembut tadi dibentuk lonjong.

Kue ini hadir dengan warna-warni yang menarik, seperti merah, putih, kuning dan juga hijau. Biasanya, Mochi hadir dalam perayaan beberapa acara yang ada di Jepang.

Rasa kue ini cukup nikmat, terutama jika diberikan isian berupa kacang yang juga sudah ditumbuk dan diberikan beberapa bumbu.

7. Okonomiyaki

Makanan Khas Jepang Okonomiyaki

Pilihan makanan khas Jepang lainnya adalah Okonomiyaki. Ini merupakan makanan khas Negeri Sakura yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu.

Tepung tersebut nantinya akan diencerkan terlebih dahulu dan kemudian dicampurkan dengan beragam bahan seperti telur, kol, daging dan lainnya. Lalu, aneka campuran bahan tersebut digoreng.

Nah, dalam Okonomiyaki, daging yang biasanya digunakan adalah daging cumi yang segar. Apa yang membuat makanan ini unik adalah cara memasaknya.

Okonomiyaki dimasak dengan penggorengan datar yang unik. Bahkan, kebanyakan restoran Okonomiyaki menyediakan penggorengan agar pelanggan bisa menggoreng sendiri.

8. Soba

Makanan Khas Jepang Soba

Soba adalah makanan khas Jepang yang dibuat dengan bahan dasar mie dari tepung gandum. Nah, mi ini secara umum mirip dengan makanan tradisional khas Indonesia banget yang sudah sangat terkenal dan diminati oleh masyarakatnya.

Mi Soba ini nantinya akan dihidangkan dengan tambahan kuah soba yang selain nikmat juga kaya akan kaldu. Ada kebiasaan unik di Jepang saat menyantap hidangan yang satu ini.

Pelanggan yang memesan soba biasanya akan memakan mi tersebut hingga mengeluarkan suara. Meskipun di Indonesia hal ini dianggap kurang sopan, namun di Jepang, suara yang keluar tersebut adalah pujian kepada orang yang telah membuat mi soba.

9. Onigiri

Makanan Khas Jepang Onigiri

Suka membawa bekal saat bepergian? Nah, Kamu bisa membawa Onigiri untuk pilihan bekal yang nikmat. Onigiri adalah salah satu makanan khas Jepang yang banyak dijadikan sebagai bekal saat bepergian.

Hal ini dikarenakan Onigiri adalah makanan kemas yang mirip dengan sandwich. Makanan khas ini sangat mudah ditemukan. Itulah kenapa Onigiri sangat terkenal di Jepang.

10. Yakiniku

Makanan Khas Jepang Yakiniku

Yakiniku adalah makanan khas Jepang berbahan dasar daging. Biasanya, daging yang digunakan untuk membuat makanan khas ini adalah daging sapi, domba dan barbeque. Selain itu, ada pula jeroan yang digunakan untuk membuat Yakiniku.

Nah, bahan-bahan tadi akan dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Sekilas, Yakiniku mirip dengan sate yang ada di Indonesia. Hanya saja, potongan Yakiniku ala Jepang ini cenderung lebih besar daripada sate yang ada di Indonesia.

11. Takoyaki

Makanan Khas Jepang Takoyaki
Gambar Makanan Khas Jepang Takoyaki

Makanan khas Jepang lain yang cukup terkenal adalah Takoyaki. Makanan yang aslinya dari Jepang ini sudah sangat banyak hadir di Indonesia dan menjadi jajanan favorite untuk anak-anak.

Hal ini memang beralasan karena Takoyaki memiliki bentuk bulat unik sehingga menarik anak-anak.

Takoyaki dibuat dengan bahan dasar tepung terigu. Adonan tepung tersebut nantinya akan ditambahkan dengan daging gurita dan beberapa bahan lain. Dibentuk dengan bulatan yang nyaris sempurna, Takoyaki memiliki gaya seni tersendiri.

Nah, saat disajikan, Takoyaki akan ditambahkan beberapa topping yang berbeda seperti bumbu kecap manis, saus Takoyaki, mayones, serpihan nori dan lainnya. Campuran inilah yang membuat rasa Takoyaki begitu lezat.

12. Sashimi

Makanan Khas Jepang Sashimi

Pernah mendengar sajian yang satu ini? Ya, Sashimi adalah makanan yang sangat terkenal. Tidak hanya di Jepang, Sashimi juga menjadi salah satu makanan khas Korea yang banyak digemari.

Sashimi secara sekilas mirip dengan sushi karena dibuat dengan bahan dasar irisan beberapa jenis ikan segar. Nah, ikan-ikan yang digunakan adalah tuna, salmon dan lainnya yang kaya akan omega-3 dan gizi lainnya.

Perlu diketahui, Sashimi dihidangkan secara mentah. Alasan kenapa orang Jepang suka memakan Sashimi dengan cara mentah adalah untuk menjaga omega-3 yang tinggi dari bahan tersebut agar tidak rusak dan hilang.

13. Chirashizushi

Makanan Khas Jepang Chirashizushi

Chirashizushi menjadi opsi makanan khas Jepang selanjutnya yang bisa dicoba. Ini adalah makanan khas yang terbuat dari nasi sushi yang kemudian disajikan dalam sebuah mangkuk.

Nasi sushi tersebut kemudian diberikan tambahan aneka macam topping, baik bahan yang matang dan bahan yang mentah. Rasa segar sekaligus nikmat bercampur jadi satu dalam menu ini.

14. Nasi Kari

Makanan Khas Jepang Nasi kari

Makanan khas Jepang lain yang patut untuk dicoba adalah nasi kari. Bisa dikatakan bahwa nasi kari merupakan makanan yang sangat terkenal hingga ke luar negeri. Ya, hal ini dibuktikan dengan disajikannya nasi kari sebagai hidangan wajib militer laut Inggris.

Apa yang menarik dari menu ini adalah bumbu kari yang banyak rempah dan terasa cenderung pedas. Kari ala Jepang dibuat dengan aneka bahan dasar seperti bawang Bombay, wortel, kentang dan daging.

Dalam penggunaannya, daging sapi dan daging ayam menjadi jenis daging yang paling banyak digunakan.

15. Udon

Makanan Khas Jepang Udon
Gambar Makanan Khas Jepang Udon

Untuk para pecinta mi, menikmati Udon di Jepang adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Udon merupakan makanan khas Jepang yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Menu ini terbuat dari bahan dasar mi tepung terigu yang memiliki bentuk yang lebih tebal dan lebar.

Di Jepang, bisa dikatakan bahwa Udon merupakan makanan rakyat. Selain banyak dan mudah ditemukan, Udon biasanya dijadikan pengganti nasi oleh penduduk Jepang.

Ciri khas dari makanan khas Jepang yang sangat kentara adalah gizinya yang tinggi. Beragam menu khas Jepang dibuat dengan bahan dasar ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang selain lengkap juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Oleh karenanya, olahan khas Jepang bisa diandalkan untuk Kamu yang sedang dalam proses memulai hidup sehat.

Leave a Reply