Contoh Teks Deskripsi

Ngomong-ngomong soal sebuah deskripsi, kata ini bukanlah hal yang asing di telinga kita. Kita bisa menemukan berbagai macam contoh teks deskripsi, baik itu di dalam ensiklopedia, buku bacaan, dan bahkan juga ada di kemasan suatu produk obat atau makanan dan lain sebagainya.

Secara singkat teks deskripsi merupakan teks yang berisikan gambaran suatu objek tempat, atau peristiwa tertentu secara jelas dan terperinci.

Tujuan dari teks deskriptif sendiri adalah agar para pembaca dapat seolah-olah merasakan apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut secara langsung.

Dikarenakan teks deskriptif bersifat menggambarkan, maka teks deskriptif ini masuk ke dalam jenis kategori contoh teks nonfiksi atau teks bersifat aktual.

Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Pengertian Teks Deskripsi
Pengertian Teks Deskriptif

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang contoh teks deskripsi, ada baiknya teman-teman mengetahui pengertian teks deskriptif terlebih dahulu.

Teks deskripsi adalah teks atau paragraf yang berisikan tentang suatu gambaran suatu hal yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Yang dimaksud dengan paragraf sendiri merupakan kumpulan atau rangkaian dari beberapa kalimat.

Dalam teks deskriptif sendiri akan membuat pembaca seolah-olah dapat mendengar, melihat, mencium, serta merasakan apa yang telah dituliskan sesuai dengan citra dari penulisnya.

Deskripsi sendiri juga dapat diartikan sebagai sebuah gambaran yang dijelaskan dengan keadaan yang sebenarnya.

Adapun isi dari teks deskriptif sendiri berisikan tentang penggambaran sebuah tempat, obyek, maupun peristiwa tertentu sehingga bisa dilihat, dirasakan, dicium, serta didengar oleh pembaca.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan jika pengertian teks deskripsi adalah teks atau paragraf yang berisikan suatu penggambaran terhadap suatu objek, tempat, dan juga peristiwa tertentu pada para pembaca dengan jelas serta terperinci.

Dari pengertian tersebut, maka teman-teman dapat menggunakan sebuah teks deskriptif untuk membuat contoh teks ulasan novel laskar pelangi maupun yang lainnya.

Setelah teman-teman sudah mengetahui pengertian teks deskriptif, ada baiknya teman-teman juga mengetahui tujuan dari teks deskriptif.

Tujuan Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Tujuan Teks Deskripsi
Tujuan Teks Deskriptif

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian teks deskriptif yang menekankan pada penggambaran secara detail.

Maka tujuan dari teks deskripsi adalah agar para pembaca dapat seolah-olah merasakan sendiri apa yang dituliskan di dalam teks tersebut.

Dengan sebuah penggambaran yang jelas dan terperinci maka pembaca akan lebih mudah di dalam memahami maksud dari teks deskriptif tersebut.

Selanjutnya untuk dapat mencapai tujuan tersebut, maka pembuatan teks deskriptif menggunakan pola paragraf yang subjektif. 

Dengan menggunakan pola penggambaran subjektif maka penulis dapat memberikan sebuah gambaran suatu objek sekonkret mungkin. Sehingga pembaca seakan – akan dapat merasakan, melihat serta mendengarnya.

Kemudian agar penggambaran terasa lebih nyata maka objek yang dibahas di dalam teks deskriptif lebih memiliki sifat khusus serta dideskripsikan dengan menggunakan pendapat personal.

Proses pendeskripsian suatu objek ini bisa teman-teman kembangkan menjadi contoh teks editorial tentang kesehatan maupun yang lainnya.

Tujuannya sama, agar pembaca mendapatkan gambaran seetail mungkin tentang apa yang teman-teman sampaikan.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Ciri-ciri Teks Deskripsi
Ciri-ciri Teks Deskriptif

Setelah teman-teman mengetahui tujuan dari teks deskriptif, teman-teman juga perlu mengetahui ciri-ciri teks deskriptif.

Dengan mengetahui ciri-ciri teks deskriptif maka teman-teman dapat membedakan antara teks deskriptif dengan contoh teks prosedur singkat atau teks lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri umum teks deskripsi:

  1. Paragraf dalam teks deskripsi menggambarkan sesuatu.
  2. Penggambaran dibuat dengan sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera di dalamnya.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi maka seolah-olah pembaca akan merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Penjelasan ciri-ciri fisik objek dijelaskan dengan rinci.
  5. Penggambaran topik objek dituliskan dengan rinci agar pembaca mudah untuk memahami secara jelas apa yang tengah dibahas di dalam teks.

Selain ciri-ciri di atas, berdasarkan penggunaan bahasa, teks deskripsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memunculkan suatu kata ganti orang.
  2. Memakai berbagai kata khusus guna menggambarkan suatu objek misal memerinci warna kuning, merah, hitam.
  3. Pemakaian kata sinonim untuk menunjukkan emosi yang kuat.
  4. Memakai kalimat rinci guna menggambarkan objek.
  5. Memakai majas guna melukiskan dengan konkret.
  6. Lebih banyak menggunakan bahasa kehidupan sehari – hari.
  7. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan terkait suatu objek supaya lebih jelas serta mudah dipahami. Contoh teks deskripsi di sekolah, di toko, di kebun dan yang lainnya.
  8. Memakai metafora / bahasa kiasan.

Struktur Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Struktur Teks Deskripsi
Struktur Teks Deskripsi

Agar pembuatan contoh teks deskripsi menjadi lebih mudah, maka perlu kiranya teman-teman mengetahui struktur teks deskriptif. 

Adapun struktur teks deskripsi sebagai berikut:

1. Identifikasi

Struktur teks deskriptif yang pertama merupakan identifikasi. Yang dimaksud dengan identifikasi disini merupakan suatu proses dalam menentukan identitas objek yang akan digambarkan.

Di dalam identifikasi sendiri masih berupa gambaran umum mengenai objek yang akan dibahas. Penggambaran itu bisa berupa identitas seseorang, benda, sejarah dan sebagainya yang masih bersifat umum.

2. Klasifikasi

Setelah melakukan proses identifikasi, maka selanjutnya dibutuhkan sebuah klasifikasi. Klasifikasi sendiri merupakan tahap pengelompokan yang berdasarkan standar atau kaidah yang sesuai dan sudah ditetapkan.

3. Deskripsi bagian

Jika proses klasifikasi sudah dilalui, maka selanjutnya teman-teman akan memasuki struktur deskripsi bagian. Deskripsi bagian merupakan salah satu struktur yang harus ada di dalam teks deskriptif.

Di dalam deskripsi bagian akan dijelaskan sebuah gambaran-gambaran lebih detail dan terperinci terkait deskripsi umum di dalam identifikasi.

Tujuannya agar pembaca dapat merasakan apa yang telah digambarkan di dalam teks.

Gambaran tersebut dapat memberikan efek emosional baik seolah-olah pembaca dapat mendengarkan, melihat hingga merasakan sendiri apa yang dibaca.

Pada deskripsi bagian sendiri dapat dikembangkan menjadi 4 (empat) hal, yakni:

a. Ruang

Berisikan segala tempat atau sebagian yang berada di dalam satu lingkungan atau objek, misalnya di dalam Sekolah terdapat kantin, ruang kantor, ruang guru, ruang kelas, perpustakaan dan lain sebagainya.

b. Bagian-bagian Objek

Berisikan bagian-bagian tidak terpisahkan di dalam satu objek,  misalnya dalam sebuah mobil terdapat berbagai bagian. Misalnya roda, mesin, lampu, tempat duduk, spion dan lain sebagainya.

c. Proses

Berisikan suatu proses terjadinya sesuatu mulai dari awal hingga akhir secara berurutan, misalnya proses terjadinya hujan, proses terjadinya minyak bumi.

d. Pemfokusan

Berisikan tentang bagian objek yang paling disukai oleh penulis.

4. Simpulan

Setelah mendiskripsikan bagian-bagian yang sesuai dengan identifikasi secara rinci, maka dibutuhkan simpulan sebagai sebuah penutup deskripsi.

Simpulan sendiri merupakan sebuah akhir dari pembahasan. Pada bagian ini pada umumnya penulis akan memberikan kesannya terhadap objek yang dituliskan atau dideskripsikan.

Selain keempat struktur di atas, ada juga yang menyebutkan bahwa struktur teks deskriptif adalah identifikasi, deskripsi bagian dan juga penutup dengan mengecualikan klasifikasi.

Nah itu tadi struktur teks deskriptif yang perlu teman-teman ketahui. Setelah teman-teman mengetahui struktur teks deskriptif, alangkah baiknya jika sebelum melihat contoh teks deskripsi, teman-teman menyimak kaidah kebahasaannya terlebih dahulu.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi
Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika teks deskriptif merupakan suatu teks yang memiliki tujuan untuk menggambarkan suatu objek, peristiwa atau suasana.

Dikarenakan tujuannya adalah menggambarkan, maka teks deskripsi memiliki kaidah kebahasaan tersendiri, yaitu:

1. Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan atau dibahas. Contoh  Rumah sakit, rumah, Mobilku, dll.

2. Menggunakan kata sifat untuk menggambarkan suatu objek atau kata sifatnya menggambarkan sesuatu, misalnya dua siswa rajin, tiga kaos kaki putih, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan kata kerja baik itu berupa perasaan maupun pendapat dengan tujuan untuk mengungkapkan sebuah pandangan penulis secara pribadi tentang/mengenai sebuah subjek.

Contoh ketika dibuat teks deskripsi : saya pikir itu adalah Ayam cerdas, saya yakin baju itu murah, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan atau mengandung bahasa kiasan (majas)/perumpamaan. Penggunaan bahasa kiasan atau majas ini bisa menggunakan majas metafora maupun personifikasi.

Contoh kalimat teks deskripsi : angin malam mengelus wajah, melambai-lambai nyiur di pantai. Selain itu masih ada contoh lain seperti kulitnya putih bersih seperti kapas putih, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan preposisi atau kata depan.

6. Menggunakan sinonim atau persamaan. kata sinonim sendiri digunakan untuk lebih mengkhususkan kata-kata yang hendak disampaikan.

Untuk itulah dibutuhkan perbendaharaan kata yang cukup banyak. Contoh: melihat = memandangi, mendatangi = mengunjungi, indah = mengagumkan, dan lain sebagainya.

7. Memakai frasa yang mengandung kata benda. Contoh kalimat di dalam teks deskripsi yaitu: beliau adalah seorang Kepala Lab yang baik hati, dan lain sebagainya.

8. Mengandung kata kerja transitif atau kata kerja yang diikuti oleh objek. Tujuannya adalah  untuk dapat memberikan informasi subjek.

Contoh teks deskripsi seperti siswi itu mengenakan seragam Coklat, dan lain sebagainnya.

9. Mengandung kata keterangan dengan tujuan untuk memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek yang ditulis.

Contohnya seperti dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dan lain sebagainya.

10. Memakai kalimat perincian dengan tujuan untuk mengkonkretkan suatu objek. Contoh teks deskripsi seperti dalam kalimat ibuku orang yang sangat baik, dia berusaha menolong semua orang dan lain sebagainya.

11. Memakai kalimat cerapan pancaindera dengan tujuan agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, serta merasakan objek yang sedang dideskripsikan.

Contoh teks deskripsi pantai yang luas dengan pasir putih (indra penglihatan), deburan ombak pantai yang berirama. (indra pendengaran), udara di kota Bandung akhir-akhir ini begitu sejuk. (indra perasa) dan lain sebagainya.

12. Terakhir menggunakan kata khusus yang merupakan kata dengan ruang lingkup yang lebih sempit. Tentunya ini merupakan lawan dari kata umum dengan ruang lingkup dan juga mencangkup banyak hal.

Contoh kata umum adalah indah, sedangkan kata khususnya adalah elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis dan lain sebagainya.  

Nah itu tadi kaidah kebahasaan teks deskriptif yang harus teman-teman perhatikan. Sebelum teman-teman membuat contoh ada baiknya teman-teman menyimak jenis-jenis teks deskriptif terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Jenis-Jenis Teks Deskripsi
Jenis-Jenis Teks Deskriptif

Berikut ini adalah jenis-jenis teks deskripsi:

1. Teks deskripsi objektif merupakan teks yang menggambarkan sesuatu berdasarkan fakta yang ada atau sesuai dengan keadaan.

Penggambaran ini sesuai dengan kenyataan dan tanpa ada tambahan kesan atau opini dari si penulis itu sendiri.

2. Teks deskripsi subjektif merupakan teks yang menggambarkan sesuatu atau objeknya berdasarkan asumsi atau pendapat dan juga kesan yang diberikan oleh penulis.

3. Teks deskripsi spasial merupakan teks yang menggambarkan suatu objek secara khusus seperti benda ataupun tempat tertentu maupun yang lainnya.

Nah itu tadi jenis-jenis teks deskriptif yang perlu teman-teman ketahui. Agar lebih mudahnya sepertinya teman-teman perlu melihat langsung contoh teks deskripsi itu sendiri.

Dari ketiga jenis di atas, teman-teman dapat memanfaatkan jenis deskripsi objektif sebagai cara untuk menggambarkan barang-barang dagangan teman-teman dengan detail.

Sehingga penggambaran ini bisa teman-teman jadikan contoh teks negosiasi singkat tentang jual beli misalnya.

Akan tetapi sebelum itu, alangkah baiknya jika teman-teman menyimak cara pembuatan teks deskriptif terlebih dahulu.

Langkah-langkah Membuat Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Langkah-Langkah Membuat Teks Deskripsi
Langkah-Langkah Membuat Teks Deskriptif

Langkah-langkah atau cara membuat teks deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Menentukan tema atau objek yang akan dibahas.

2. Menentukan tujuan dibuatnya teks deskripsi.

3. Mengumpulkan fakta atau data-data serta melakukan observasi atau pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas dalam deskripsi.

4. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya susun semua data tersebut menjadi sebuah kerangka karangan.

5. Selanjutnya setelah kerangka tersebut jadi, kemudian uraikan kerangka karangan tersebut menjadi sebuah deskripsi yang sesuai dengan data dan fakta dari topik yang ada.

Nah itu tadi langkah-langkah atau cara membuat teks deskriptif. Selanjutnya agar menambah pengetahuan teman-teman yuk simak contoh teks deskripsi berikut ini.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam
Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Pesona Alam Indonesia

Identifikasi:

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Mulai dari Sabang sampai Merauke tidak akan habis jika dihitung kekayaannya. Kekayaan alam terutama keindahan alamnya sendiri merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Deskripsi Bagian:

Membicarakan pesona Indonesia tidak akan bisa terhitung jumlahnya. Pesona Keindahan Indonesia mulai dari daratan hingga lautan tak terhitung jumlahnya.

Pesona yang luar biasa ini membuat banyak wisatawan asing yang rela datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alamnya.

Selain keindahan alamnya yang istimewa, masih banyak juga panorama alam yang istimewa dan masih tersembunyi di luar sana. 

Keindahan dan panorama alam serta faunanya masih banyak tersembunyi dan jarang dieksplorasi terdapat dalam alam Indonesia, mulai dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia.

Alam Indonesia sendiri nilai eksotisnya sudah tersohor di mata dunia, terutama keindahan pantainya. 

Banyaknya pulau-pulau yang tersebar di Indonesia membuat keindahan pantainya yang begitu beragam dan mempesona.

Belum lagi pesona laut yang indah dan menawan semakin membuat keindahan alam Indonesia yang begitu berwarna.

Pesona dari biota laut Indonesia pun tak luput menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari berbagai keindahan alam Indonesia salah satu yang paling tersohor wisatanya adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Selain pesona pantai dan wisata bawah airnya, Indonesia juga memiliki kawasan hutan terbesar di Indonesia. 

Oleh karenanya maka tak heran jika Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia, dengan kawasan hutan yang mencapai ⅓ hutan di dunia.

Simpulan:

Pesona alam Indonesia memang tak perlu diragukan. Hamparan hutan yang hijau dengan ragam tumbuhan endemik serta satwa-satwa langkanya akan membuat mata menjadi terhipnotis karenanya.

Hal ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk berfoto dan mengabadikan momen di setiap petualangannya.

nah itu tadi contoh teks deskripsi tentang alam yang bisa teman-teman jadikan referensi. Atau mungkin teman-teman mencari contoh teks deskripsi lainnya? Yuk simak di bawah ini

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan
Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Perkutut Peliharaanku

Identifikasi:

Aku memiliki seekor peliharaan burung perkutut. Namanya adalah puput. Aku sendiri memberikan nama puput karena teringat nama temanku, namanya puput.

Aku sendiri sering memiliki perkutut, akan tetapi banyak perkutut ku yang mati karena penyakit ataupun lepas dari sangkarnya.

Deskripsi Bagian:

Puput si perkutut memiliki bulu berwarna putih dengan mata merah. Ekornya juga berwarna putih. Mata merah dan juga paruh putihnya menambah kesan elegan bagi siapa saja yang memandangnya. 

Walaupun suara kicauannya kurang enak di dengar, tetapi kesan elegan dari perkutut putih ini tidaklah hilang. 

Aku sangat suka dengan puput ini. Sejak kecil dipelihara dengan teliti dan penuh kasih sayang.

Puput si perkutut selalu menemaniku belajar setiap harinya. Tingkahnya yang seolah-olah sedang bermain membuat belajar menjadi menyenangkan. 

Dia seolah-olah sedang mengajakku untuk bermain dengannya. Terkadang pun ketika diberi makan, dia akan menggigit dengan paruhnya. Walaupun rasanya agak sakit tetapi aku tetap menyukai puput. 

Simpulan:

Puput si perkutut selalu berkicau setiap kali kuajak berbicara. Dia seolah mengerti dengan apa yang kuucapkan. Puput juga tidak kabur ketika aku mengeluarkannya dari sangkar.

Dia selalu membangunkanku dengan kicauannya disaat aku kesiangan. Karena itulah aku sangat menyayangi puput si perkutut ini.

Nah itu tadi contoh teks deskripsi hewan dengan judul perkutut peliharaanku. Jika teman-teman punya contoh teks deskripsi hewan lainnya bisa di share ya. 

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata
Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata

Hutan Pinus Kragilan

Identifikasi:

Salah satu wisata di Magelang selain Candi Borobudur yang terkenal adalah Hutan Pinus Kragilan. Lokasinya berjarak kurang lebih 25 KM dari kota Magelang.

Lebih tepatnya berada di Lereng Merbabu dengan alamat di Jl. Top Selfie Pinusan, Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. 

Deskripsi Bagian:

Pemandangan dari Hutan Pinus Kragilan Magelang sangatlah mempesona dan instagramable.

Keindahan dan panorama dari pohon pinus yang berjajar rapi yang dikolaborasikan dengan keindahan bukit di sampingnya akan membuat para wisatawan antusias untuk berswafoto di sana.

Sesuai dengan namanya, Top Selfie Pinus Kragilan merupakan tempat yang dibuat untuk orang-orang yang ingin berswafoto disana.

Keindahan alam yang dibalut dengan kreativitas pengelola menjadikan hutan pinus memiliki banyak spot foto yang menarik.

Selain tempat yang instagramable, panorama alamnya yang mempesona dengan udara yang sejuk, segar dan juga bebas polusi dapat diperoleh di tempat wisata ini.

Banyak sekali lokasi untuk berswafoto di tempat wisata hutan pinus ini. Mulai dari jalan setapak, pohon pinus yang berjejer rapi, berfoto di atas awan, sampai dengan spot foto bermain sambil bergelantungan dapat ditemukan disini.

Selain tempat selfie yang komplit serta pemandangan yang menawan, tempat wisata Top Selfie Hutan Pinus Kragilan ini juga ditunjang dengan fasilitas seperti warung makan, mushola, toilet, dan area parkir.

Simpulan:

Banyaknya wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Kragilan ini membuat tempat wisata tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di Hutan Pinus Kragilan ini kita bisa berswafoto dengan berbagai macam latar atau baground yang instagramable. 

Nah itu tadi contoh teks deskripsi tentang tempat wisata Hutan Pinus Kragilan. Teman-teman juga bisa mendeskripsikan tempat wisata lainnya untuk dibuat contoh teks deskripsi tentang tempat wisata kok. Menarik bukan teman-teman.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah
Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

XII IPA 2

Identifikasi:

Kelas XII IPA 2 seakan sudah menjadi rumah tersendiri bagi kami di sekolah. Di kelas inilah kami bertemu dengan teman-teman yang beragam sifatnya, ada yang baik, ramah, hangat, cuek dan lain sebagainya.

Di kelas inilah kami menimba dan menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Deskripsi Bagian:

Kelas kami sendiri memiliki ukuran sekitar 7 X 8 m2. Walaupun tidak begitu luas, tetapi kelas ini tergolong bersih dan juga nyaman untuk belajar.

Untuk lantai kelasnya sendiri belum dilapisi dengan keramik dan masih sangat sederhana. Selain itu juga fasilitas kelasnya sendiri cukup apa adanya, tidak ada kesan lengkap di dalamnya.

Ada sekitar 28 kursi dengan 16 meja belajar yang kami gunakan sehari-hari.

Di bagian depan kelas terdapat 1 kursi dan juga meja guru. Selain itu juga terdapat 1 papan tulis besar berwarna putih dengan wadah spidol dan penghapus di bawahnya.

Sementara di pojok kiri depan terdapat lemari untuk menyimpan buku absensi dan juga jurnal harian. 

Dinding kelas kami berwarna putih yang dihiasi dengan foto presiden dan juga pancasila. Selain itu juga terdapat aneka karya teman-teman sekelas baik berupa lukisan maupun kata-kata mutiara yang terpajang di sudut-sudut kelas.

Walaupun bentuk kelasnya sederhana, tetapi kami sangat nyaman untuk belajar di dalamnya.

Simpulan:

Demikianlah gambaran tentang kelasku. Kelas yang sederhana tetapi jauh dari kesan kotor. Dengan kesederhanaan dalam belajar mengajar membuat kami menjadi lebih bersemangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami bersama.

Nah itu tadi contoh teks deskripsi tentang sekolah dengan judul kelas XII IPA 2. Bagaimana dengan contoh teks deskripsi tentang sekolah yang teman-teman buat?

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Contoh Teks Deskripsi Singkat
Contoh Teks Deskripsi Singkat

Kamar Kesayangan

Aku memiliki kamar dengan luas 5 meter persegi. Kamarku sendiri dicat dengan gradasi warna biru langit dan putih.

Di dalamnya terdapat tempat tidur yang kukasih sprei merah dengan gambar Arsenal. Untuk sebelah kiri kasur terdapat lemari pakaian yang bersebelahan dengan meja belajarku.

Di samping meja belajarku terdapat rak yang khusus untuk menaruh buku-buku belajar dan juga bacaanku.

Tidak banyak barang yang terdapat di dalam kamar ku. Selain lemari, meja dan rak, di kamarku terdapat gantungan baju dan juga kaca yang kugunakan untuk bercermin setiap hari.

Selain itu juga kupajang berbagai poster tim sepak bola kesayangan. Apalagi kalau bukan tim sepak bola Arsenal dengan Timnas Jerman.

Selain poster yang menghiasi dinding kamar, aku pun menata buku-buku komik dan juga novel yang terpajang menghiasi kamar ku. Setiap hari sengaja kurapikan dan juga ku beri kode agar terlihat rapi dan juga enak dipandang.

Nah itu tadi contoh teks deskripsi singkat tentang kamar kesayangan. Bagaimana dengan contoh teks deskripsi singkat kamar kesayangan teman-teman?

Atau mungkin teman-teman malah mempunyai contoh teks deskripsi bahasa Inggris singkat? Yuk teman-teman berbagi contoh teks deskripsi bahasa Inggris singkatnya.

Contoh Soal:

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal teks deskripsi yang bisa teman-teman perhatikan.

1. Pengertian yang tepat mengenai teks deskripsi adalah….

a. teks yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain

b. teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan suatu

c. teks yang bertujuan untuk mengajak orang lain

d. teks yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat

Jawaban:

Dari soal diatas pengertian teks deskripsi yang tepat adalah “b”, yaitu teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

Sementara untuk jawaban “a” dan “c” sendiri merupakan pengertian dari teks persuasi dengan tujuan untuk mempengaruhi, bisa dengan mengajak, membujuk, menyuruh untuk melakukan sesuatu.

Untuk pilihan jawaban “d” sendiri merupakan teks eksposisi, karena tujuannya adalah untuk menyampaikan pendapat

2. Jelaskan pengertian teks deskripsi!

Jawaban:

Dari pertanyaan diatas sudah jelas jika teks deskripsi adalah teks atau paragraf yang berisikan suatu penggambaran terhadap suatu objek, tempat, dan juga peristiwa tertentu pada para pembaca dengan jelas serta terperinci.

3. Sebutkan ciri-ciri teks deskripsi!

Jawaban:

Ciri-ciri teks deskriptif yaitu:

a. Paragraf dalam teks deskripsi menggambarkan sesuatu.

b. Penggambaran dibuat dengan sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera di dalamnya.

c. Ketika pembaca membaca teks deskripsi maka seolah-olah pembaca akan merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.

d. Penjelasan ciri-ciri fisik objek dijelaskan dengan rinci.

e. Penggambaran topik objek dituliskan dengan rinci agar pembaca mudah untuk memahami secara jelas apa yang tengah dibahas di dalam teks.

4. pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah…

a. menggunakan contoh fakta gambar peta dan angka

b. mengandung bukti dan kebenaran

c. penggambaran objek dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan Indera

d. bersifat menceritakan

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah “c” penggambaran objek dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.

Tujuan dari teks deskriptif sendiri adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan bentuk penggambaran yang bisa ditangkap oleh indera baik itu penglihatan, pendengaran penciuman, maupun lainnya. 

5. Bagaimana ciri bagian simpulan teks deskripsi?

Jawaban:

Ciri bagian simpulan teks deskriptif adalah mewakili seluruh isi atau aspek penting dalam keseluruhan teks deskriptif. Dibuat dengan singkat, padat dan juga menggunakan bahasa yang sederhana.

6. struktur teks deskripsi yang isinya merupakan topik yang akan dideskripsikan adalah bagian…

a. klasifikasi 

b. identifikasi 

c. deskripsi bagian 

d. penutup

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah “b. identifikasi”. Bagian identifikasi sendiri merupakan gambaran umum dari topik yang akan dideskripsikan.

7. Apakah ciri bagian teks yang disebut deskripsi bagian?

Jawaban:

Ciri bagian teks pada bagian deskripsi bagian adalah berisikan penjelasan objek-objek yang terkait. 

Kemudian terdapat kalimat definisi dan kalimat penjelas yang diuraikan secara detail.

Nah itu tadi contoh teks deskripsi yang bisa teman-teman pelajari. Selain contoh – contoh yang sudah di sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa di deskripsikan kok.

Tinggal bagaimana teman-teman memandangnya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritikan atau yang lainnya silahkan saja teman-teman sampaikan di kolom komentar.

Atau mungkin teman-teman mau berbagi contoh teks deskriptif? Jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya teman-teman. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua ya.

Leave a Reply