Makanan Khas Cirebon Terasi Udang

Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon – Kota Cirebon merupakan sebuah kota di provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan Jawa Tengah. Kota ini biasanya terkenal dengan udangnya atau yang biasa diolah hingga menjadi terasi. Namun ternyata ada hal lain yang begitu menarik wisatawan lho.

Apa itu? Daya tarik yang dimiliki kota Cirebon salah satunya ada di wisata kulinernya. Siapa sangka jika ternyata Cirebon menyimpan berbagai macam makanan khas yang begitu memanjakan lidah dan sangat menggugah selera para pemburu kuliner.

Ketika berkunjung ke Cirebon dan melakukan jelajah kuliner, Kamu akan dibuat kaget dengan rasa yang disuguhkan. Karena makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan menarik hingga membuat Kamu ketagihan.

Macam-macam Makanan Khas Cirebon

Sudah siap untuk mulai menjelajahi kekayaan kuliner khas kota Cirebon? Langsung saja intip beberapa rekomendasi yang kerap diburu oleh pecinta kuliner berikut ini:

1. Docang

Makanan Khas Cirebon Docang

Mungkin Kamu sudah begitu familiar dengan nama dari makanan yang satu ini. Karena docang sekilas mirip dengan makanan khas kota Bogor yang bernama doclang. Bukan hanya namanya saja, bahan-bahan yang digunakan pun tak jauh berbeda.

Antara docang dan doclang yang membedakan adalah jenis bumbu dan cara penyajiannya. Jika doclang disiram menggunakan saus kacang, lain halnya dengan docang yang bumbunya menggunakan sayur oncom kombinasi bungkil kacang tanah dan parutan kelapa.

Sedangkan untuk isiannya, docang terdiri dari potongan lontong, daun singkong, parutan kelapa, tauge dan ditambah dengan kerupuk. Bagaimana dengan rasanya? Tentunya akan membuat Kamu ketagihan sendiri.

Karena docang akan memberikan sensasi begitu gurih dan segar pada kuahnya. Sedangkan untuk satu porsi docang, biasanya dihargai sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?

2. Mie Koclok

Makanan Khas Cirebon Mie Koclok

Sesuai namanya, jelas sekali jika makanan khas Cirebon yang satu ini menggunakan bahan dasar mie. Bagi Kamu yang merupakan pecinta segala jenis mie, ketika berkunjung ke Cirebon jangan sampai melewatkan mie koclok yang satu ini.

Mie koclok khas Cirebon disajikan dengan suwiran ayam, irisan telur, tauge rebus dan juga taburan daun bawang diatasnya. Sedangkan kuahnya yang berwarna putih dan kental akan semakin menambah cita rasa nikmat dari mie koclok.

Rasanya sudah tidak perlu lagi menggambarkan bagaimana kenikmatan yang bisa Kamu dapatkan ketika menyantapnya. Langsung saja mampir ke kedai mie koclok terkenal di Cirebon seperti warung Pak Edy.

3. Nasi Lengko

Makanan Khas Cirebon Nasi Lengko

Daerah-daerah di Indonesia memang sangat khas dengan berbagai jenis makanan yang berasal dari bahan pokok seperti nasi. Seperti makanan khas Cirebon yang satu ini yakni nasi lengko.

Nasi lengko diklaim menjadi makanan khas yang cenderung lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan nasi jamblang. Hal ini didukung dengan berbagai macam sayuran yang digunakan untuk melengkapi nasi lengko ini.

Selain menyehatkan, cita rasa dari makanan khas Cirebon ini juga begitu nikmat. Guyuran sambal kacang menambah komplit rasa yang akan Kamu nikmati. Dari rasa dan tampilan, bisa dibilang jika nasi lengko merupakan pecelnya orang Cirebon.

4. Sate Kalong

Makanan Khas Cirebon Sate Kalong

Jika pada makanan khas Jogja terdapat sate klatak, maka di Cirebon terdapat sate kalong. Ketika mendengar Namanya, pastilah yang terlintas dipikiran Kamu adalah bahan dasar sate ini adalah daging kelelawar bukan?

Padahal hal tersebut adalah salah besar. Mengapa dinamakan sebagai sate kalong?

Hal ini dikarenakan aktivitas para penjual sate ini hanya berlangsung pada waktu malam hari saja. Hal tersebut tentunya mirip dengan kalong atau kelelawar yang beraktivitas malam hari.

Namun makanan khas ini bukan hanya unik dari segi namanya saja, akan tetapi juga bahan dasar atau daging yang digunakan. Tahukah Kamu jika daging yang digunakan untuk membuat sate kalong adalah daging kerbau.

Selain menggunakan daging serta nama yang unik, sate ini juga memiliki perbedaan dengan sate pada umumnya. Sate kalong memiliki rasa yang manis, dan untuk para pecinta pedas bisa mencocolkan satenya pada sambal merah yang sudah disediakan.

5. Bubur Sop Ayam

Makanan Khas Cirebon Bubur Sop Ayam

Apa yang pertama kali Kamu cerna ketika mendengar nama makanan bubur sop ayam? Apakah bubur yang dicampur sop ayam? Ataukah sop ayam yang dimakan dengan bubur?

Makanan khas Cirebon yang satu ini mungkin memang masih begitu asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, jenis makanan yang satu ini merupakan sajian yang wajib Kamu coba ketika berkunjung ke kota Cirebon.

Bubur sop ayam adalah sebuah sajian bubur yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah sop ayam. Bubur yang digunakan untuk bubur sop ayam pun berbeda dengan bubur ayam. Karena bubur ini lebih cenderung kepada nasi tim.

Kuah sop ayam yang disiramkan juga terdapat berbagai jenis sayuran, suwiran ayam juga kerupuk. Bukan hanya itu saja, terdapat pula irisan tomat merah yang akan menambah cita rasa nikmat bubur sop ayam ini.

Aneka Jajanan Khas Cirebon

Jika diatas kita sudah membahas beberapa jenis kuliner berat khas dari Cirebon, kali ini giliran aneka cemilan khas kota terasi yang sangat cocok dijadikan sebagai teman santai Kamu. Rasanya yang tradisional, dijamin menggugah selera Kamu. Berikut rekomendasinya:

1. Tahu Gejrot

Makanan Khas Cirebon Tahu Gejrot

Pernahkah Kamu mendengar nama makanan tahu gejrot sebagai makanan khas Solo? Nampaknya tahu gejrot bukan hanya ada di Solo saja, namun sudah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Cirebon.

Hanya saja mungkin terdapat sedikit perbedaan antara tahu gejrot daerah satu dengan daerah yang lainnya. Seperti tahu gejrot khas Cirebon ini yang menyimpan sesuatu yang akan membuat Kamu begitu tergiur untuk memakannya.

Tahu gejrot memang bukan merupakan makanan berat atau makanan utama melainkan biasa digunakan sebagai cemilan atau masuk kategori makanan ringan. Lalu apa yang menjadikan tahu gejrot Cirebon istimewa?

Karena tahu gejrot Cirebon ini diguyur dengan bumbu-bumbu rempah khas Cirebon yang tentunya akan jarang Kamu temui di daerah lain. Tertarik untuk mencobanya? Hati-hati karena pasti Kamu akan ketagihan nantinya.

2. Rujak Kangkung

Makanan Khas Cirebon Rujak Kangkung

Untuk Kamu yang pecinta sayuran atau biasa disebut dengan vegetarian, kurang afdol rasanya jika belum mencicipi makanan khas Cirebon yang satu ini yakni rujak kangkung. Jika rujak biasa identic dengan campuran buah-buahan namun berbeda dengan rujak yang satu ini.

Seperti namanya, rujak kangkung ini tentu berbahan dasar sayur kangkung. Pertama kangkung yang sudah dibersihkan kemudian direbus hingga matang. Dan untuk penyajiannya disiram dengan bumbu rujak yang dicampur dengan terasi udang khas Cirebon.

Meskipun dari tampilannya sekilas mirip dengan plecing kangkung, namun rujak kangkung ini jelas berbeda. karena bumbu rujak yang disiramkan cenderuh berwarna merah. Untuk menikmatinya juga biasanya ditemani dengan tambahan kerupuk khas Cirebon.

3. Kerupuk Melarat

Makanan Khas Cirebon Kerupuk Melarat

Namanya lumayan serem bukan? Apakah ketika memakan kerupuk ini kita akan jadi melarat? Tidak begitu konsepnya. Kerupuk melarat yang merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon ini merupakan jajanan wajib dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tekstur dari kerupuk ini memang begitu enak, renyah dan kriuk. Belum lagi masih terdapat pula tambahan bumbu saus kacang pedas yang nantinya disiram di atas kerupuk tersebut. Terbayang kenikmatannya bukan?

4. Tahu Kuningan

Makanan Khas Cirebon Tahu Kuningan

Karena letaknya yang berada di perbatasan Jawa Tengah, maka tak jarang jika makanan yang ada di kota Cirebon juga hampir mirip dengan makanan khas Jawa Tengah. Seperti cemilan yang satu ini yakni tahu kuningan.

Tahu kuningan merupakan salah satu cemilan khas Cirebon yang jangan sampai Kamu lewatkan karena rasa gurih dan nikmatnya. Seperti tahu pada umumnya, proses pembuatannya menggunakan biji kedelai yang sudah di fermentasi.

Untuk tampilan luarnya, sekilas mungkin Kamu akan berpikir bahwa ini adalah tahu Sumedang-nya Cirebon. Namun dari segi tekstur, tahu kuningan lebih padat dan lebih lembut, jadi sudah bisa dijamin Kamu tidak akan kecewa dengan rasanya.

5. Gepu

Makanan Khas Cirebon Gepu

Makanan tradisional khas dari beberapa daerah memang kebanyakan memiliki nama-nama yang unik. Seperti halnya gepu yang satu ini. Pasti terdengar asing di telinga Kamu semua bukan?

Gepu merupakan sebuah makanan khas Cirebon yang terbuat dari singkong. Dari segi bentuk, tampak seperti bakwan, namun di dalamnya terdapat sebuah isian dari oncom. Gepu ini sangat cocok untuk menemani santai sore Kamu lho.

6. Growolan

Makanan Khas Cirebon Growolan

Makanan khas yang wajib Kamu coba ketika berkunjung ke Cirebon selanjutnya adalah growolan. Growolan adalah salah satu jenis makanan ringan yang bahan dasarnya adalah gaplek yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut.

Meskipun jenis makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun tetap tidak tergerus oleh zaman lho. Buktinya, di zaman serba modern seperti sekarang ini, growolan tetap eksis dalam dunia kuliner Cirebon.

Selain karena masyarakatnya yang memang mempertahankan keberadaan growolan, juga karena rasanya yang nikmat membuat growolan disukai para pemburu kuliner dari luar daerah Cirebon.

7. Tape Ketan

Makanan Khas Cirebon Tape Ketan

Tape ketan merupakan salah satu bentuk jajanan khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki jenis tape ketan yang sangat beragam dari warna bentuk hingga rasanya.

Layaknya daerah lain yang memiliki tape ketan dengan cita rasa yang khas dan berbeda satu sama lain, Cirebon pun tak mau kalah. Makanan khas Cirebon yang satu ini memiliki perbedaan dengan daerah lain karena tampilannya dibungkus dengan daun jambu.

Tape ketan yang proses pembuatannya adalah dengan fermentasi, kemudian dibungkus dengan daun jambu akan memberikan rasa masam dan sensasi nikmat tersendiri. Jadi, rasa asam dan manis akan beradu di mulut Kamu. Sudah kebayang kenikmatannya?

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon Terasi Udang

Selain beberapa jenis makanan berat dan makanan ringan yang bisa Kamu cicipi ketika berkunjung ke kota Cirebon, terdapat pula beberapa oleh-oleh yang wajib Kamu bawa pulang karena memang sangat identic dengan kota ini. diantaranya:

  • Terasi udang khas Cirebon
  • Kue gapit khas Cirebon
  • Kue simping khas Cirebon.

Ketika membawa pulang ketiga oleh-oleh tersebut, dijamin Kamu akan selalu ingat jika pernah mengunjungi kota yang satu ini.

Itulah beberapa referensi mengenai makanan khas Cirebon yang patut Kamu cicipi ketika berkunjung ke kota terasi tersebut. selain itu terdapat juga sederet cemilan yang bisa Kamu nikmati disana bahkan dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan.

“Layaknya tawa yang akan semakin menjadi-jadi di tempat dimana ada makanan”

Nantinya, setelah Kamu berkunjung dan mencoba sendiri tiap-tiap makanan tersebut, Kamu bisa membuktikan betapa nikmatnya sajian tradisional yang memiliki cita rasa khas Cirebon itu.

Leave a Reply