Makanan Khas Solo Serabi Notosuman

Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo – Solo atau yang kerap disebut juga dengan Surakarta memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang patut untuk Kamu jelajahi. Luas kota yang hanya 46km saja, siapa sangka jika Solo menyembunyikan beragam keunikan yang tak terduga.

Mulai dari keramah tamahan masyarakatnya, kentalnya nuansa budaya, serta beragam jenis makanan yang enak dan terjangkau tampaknya menjadi daya pikat tersendiri dan tidak bisa dipisahkan dengan kota yang disebut kota batik ini.

Bagi wisatawan mencicipi makanan khas Solo merupakan daya tarik utama dan masuk dalam daftar aktivitas wajib ketika berkunjung ke kota ini. saking begitu variatifnya makanan khas dari kota ini, sampai menutupi spot wisata asyik yang cenderung minim.

Sudah memiliki rencana akan mengunjungi kota Solo? Kamu perlu menyimak beberapa rekomendasi tepat untuk bisa merasakan makanan khas yang kental dengan cita rasa Solo asli berikut ini.

Intip Nama Makanan Khas Solo

Kuliner memang menjadi salah satu alat untuk bisa mengenang sebuah perjalanan atau wisata. Ketika berkunjung ke sebuah kota rasanya kurang afdol jika melewatkan makanan-makanan khas mereka.

“Makanan adalah simbol dari cinta, ketika kata-kata tak cukup mengungkapkannya”

Seperti di kota Solo ini banyak sekali makanan khas yang bisa Kamu coba dan bisa mewakili kata cinta lengkap beserta tempat favoritnya:

1. Nasi Liwet

Makanan Khas Solo Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Solo yang memiliki nilai reputasi tersendiri. Dari wujudnya adalah nasi putih yang disajikan dalam bentuk pincukan daun pisang.

Kemudian ditambah dengan sayur labu siam, telur rebus, ayam suwir dan disiram dengan sedikit santan kental.

Ketika melihat bahan-bahan nya rasa gurih yang begitu nikmat pasti sudah bisa dibayangkan dan tidak tertahankan bukan? Ketika berkunjung ke Solo, Kamu wajib mampir ke kedai nasi liwet wongso lemu.

Karena disitulah merupakan salah satu kenai yang menyajikan nasi liwet yang cukup iconic. Harganya memang cenderung lebih mahal daripada kedai atau penjual lainnya. Namun sensasi rasa yang disuguhkan memang tidak bisa dibandingkan.

Nasi liwet bu wongso lemu berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta Jawa Tengah. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp. 19.000 untuk setiap porsinya.

2. Serabi Notosuman

Makanan Khas Solo Serabi Notosuman

Serabi memang tampaknya menjadi sebuah makanan yang memiliki cabang dimana-mana. Namun ketika Kamu benar-benar ingin mencoba kenikmatan dari serabi yang asli, maka Kamu wajib mencobanya di kota Solo ini.

Namanya serabi notosuman. Digadang-gadang sudah melayani pelanggannya bahkan sejak tahun 1920-an dan masih bertahan hingga saat ini.

Hal ini karena sang pemilik tetap mempertahankan rasa asli dari serabi mulai dari manis, lembut hingga santan yang begitu terasa kuat di mulut.

Di serabi Notosuman ini, Kamu juga bisa mendapatkan bonus yakni melihat langsung cara pembuatannya dan beberapa teknik agar tetap bisa menjaga cita rasa dari serabi asli.

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini memang menjadi sebuah makanan ringan yang banyak digemari. Untuk itu, demi menjaga kearifan lokal serabi Notokusuman tidak pernah sedikitpun merubah komposisi dari serabi miliknya.

Namun, untuk bisa mencicipi kenikmatan serabi Notokusuman, Kamu perlu bersabar karena antrian yang begitu banyak.

Untuk lokasinya berada di Jalan Muhammad Yamin No. 28 Jayengan, Serengan Kota Surakarta Jawa Tengah. Harga per buahnya dibanderol sekitar Rp. 1.800 saja. murah sekali bukan?

3. Selat Solo

Makanan Khas Solo Selat Solo Mbak Lies

Selat solo merupakan sebuah makanan khas dari kota Solo yang sedikit memiliki pengaruh dari benua Eropa. Untuk bisa menikmati makanan khas Solo dengan rasa yang benar-benar tak bisa diragukan lagi, Kamu wajib mampir ke warung selat mbak lies.

Meskipun lokasinya sedikit tersembunyi, namun interior yang dimiliki warung ini begitu unik. Bayangkan saja, disini Kamu akan mendapatkan satu porsi sup lengkap yang berisi wortel, buncis dan tomat.

Ditambah lagi dengan acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang serta sayur mayones. Belum selesai sampai disitu masih ada tambahan potongan daging bistik. Penasaran dengan kenikmatan yang akan Kamu dapatkan?

Langsung saja mengunjungi kedai ini yang terletak di Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta Jawa Tengah dengan harga per porsinya mulai dari Rp. 16.000 saja.

4. Timlo Sastro

Makanan Khas Solo Timlo Sastro

Namanya yang unik layaknya grup lawak legendaris Indonesia menjadikan makanan yang satu ini mudah untuk diingat. Makan timlo di Solo merupakan sebuah keharusan yang sangat tidak boleh untuk dilewatkan.

Untuk bisa mendapatkan cita rasa dari timlo terbaik, maka Kamu perlu berkunjung ke Warung Timlo Solo Sastro di daerah Pasar Gede. Tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta Jawa Tengah.

Dengan kisaran harga paket hemat yang hanya Rp. 7.000 dan paket lengkapnya dibandrol dengan harga Rp. 18.000 Kamu sudah bisa menikmati betapa segarnya setiap suapan yang diberikan oleh sup ini.

Makanan khas Solo yang satu ini terdiri dari rebusan mie soun, suwiran ayam, potongan sosis solo, wortel, hingga irisan telur masak kecap. Kamu juga bisa menambahkan irisan hari ayam dan juga telur dadar.

Campuran bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan kuah kaldu yang panas dan juga segar. Belum lagi taburan bawang goreng diatasnya akan begitu menggugah selera. Timlo khas Solo ini dijamin mampu menuntaskan nafsu makan Kamu.

5. Sate Buntel

Makanan Khas Solo Sate Buntel Mbok Galak

Karena letaknya yang bertetangga, maka Solo tampaknya tidak mau kalah dengan kota Jogja. Jika makanan khas Jogja ada sate klatak, maka Solo menawarkan sate buntel yang rasanya tidak kalah nikmat bila disandingkan.

Bahkan konon ceritanya, presiden kedua Indonesia yakni Soeharto begitu menyukai hidangan ini. Bapak presiden Indonesia Joko Widodo yang notabene adalah warga asli Solo pun menjadi salah satu penggemar sate buntel ini.

Lantas apa yang membuat sate ini digemari bahkan oleh dua orang paling berpengaruh di Indonesia ini? apa lagi jika bukan cita rasa yang disuguhkan dan kenikmatan yang tidak bisa didapatkan dari jenis sate manapun.

Sate buntel ini terbuat dari daging kambing yang dicacah kemudian dibungkus dengan lapisan lemak yang tipis.

Ketika dibakar, lemak pembungkus tadi akan menciptakan aroma yang luar biasa sehingga memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya.

Terlebih jika disajikan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, daun kol, cabai rawit hingga perasan jeruk nipis, maka Kamu bisa menemukan alasan mengapa dua Presiden dan Mantan Presiden ini begitu menyukainya.

Ketika berkunjung ke Solo, warung sate buntel yang wajib Kamu datangi adalah Sate Buntel Mbok Galak yang berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 112 Sumber, Banjarsari, Banyuanyar Kota Surakarta Jawa Tengah.

Untuk bisa mencicipi kenikmatan dari sate buntel mbok galak, Kamu perlu membayar harga mulai dari Rp. 35.000 untuk satu porsi dengan dua tusuk sate buntel. Mungkin terkesan mahal, namun tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan rasanya.

6. Brambang Asem

Makanan Khas Solo Brambang Asem

Brambang asem merupakan makanan khas Solo yang sudah sangat melegenda karena merupakan makanan tempoe doeloe. Seperti namanya, brambang asem merupakan hidangan yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus dan beraroma bawang merah.

Memiliki cita rasa pedas, makanan yang satu ini sangat cocok jika disantap dengan ditemani tempe gembus yakni tempe yang terbuat dari ampas tahu. Brambang asem memang bukan merupakan hidangan utama melainkan sebuah pelengkap.

Untuk bisa merasakan kenikmatan brambang asem yang kental dengan nuansa kota Sol, silahkan mengunjungi kedai Yu Sum (Pasar Gede) yang berlokasi di Pasar Gede Hardjonagoro dengan harga per porsi nya mulai dari Rp. 3.000 saja.

Aneka Minuman Khas Solo

Ketika sudah puas membahas aneka makanan yang merupakan khas dari kota Solo, maka kurang lengkap jika tidak menyertakan beberapa rekomendasi minuman yang menjadi khas kota batik ini. langsung saja berikut daftarnya:

1. Es Dawet Selasih

Makanan Khas Solo Es Dawet Selasih

Es Dawet Selasih Bu Dermi tampaknya menjadi salah satu jenis minuman yang sangat cocok untuk menutup hidangan makan Kamu dan menemani cuaca panas di kota Solo. Kabar baiknya, es dawet yang satu ini merupakan salah satu kuliner favorit bapak presiden lho.

Campuran antara rasa manis dan segar membuat es dawet selasih ini menjadi sasaran utama para pemburu kuliner di Pasar Gede.

Namun karena peminatnya yang begitu banyak, untuk mendapatkan satu porsi es dawet seharga Rp. 8.000 ini Kamu perlu meluangkan waktu menunggu untuk mengantri.

Es Dawet Selasih Bu Dermi berlokasi di Jalan Ir. Juandam Jebres, Gandekan, Jebres, Kota Surakarta Jawa Tengah.

2. Es Gempol Pleret

Makanan Khas Solo Es Gempol Pleret

Selain es dawet selasih, es gempol pleret juga bisa menjadi salah satu alternatif pelepas dahaga di kota Solo. Terbuat dari bahan dasar tepung beras, es gempol pleret ini disajikan dengan cendol dawet.

Es gempol pleret memang paling cocok rasanya jika diminum dalam kondisi dingin dan cuaca yang panas. Rasa manis yang pas ditambah dengan aroma daun pandan yang harum, membuat sajian ini diburu saat cuaca sedang panas.

Sayangnya sekarang ini sudah tidak begitu banyak penjual es gempol pleret. Namun tak perlu khawatir karena masih ada Es Gempol Pleret Pak Suhar yang akan mengobati rasa ingin tahu Kamu akan kenikmatan es ini.

Lokasinya ada di jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Solo Jawa Tengah tepatnya di sebelah masjid Tegalsari Solo. Sedangkan harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp. 3.000 saja perporsinya.

3. Susu Shi Jak

Makanan Khas Solo Susu Shi Jak

Layaknya saat kulineran di Kota Tegal yang menyuguhkan aneka kuliner jajanan dan minuman, Kota Solo tak mau kalah dengan beragam minumannya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan dan tentunya membuat ketagihan.

Seperti halnya susu shi jak ini. minuman yang satu ini merupakan minuman asli khas solo yang diperjualbelikan pada malam hari. Mengapa demikian? Hal ini karena rasanya yang nikmat dan sangat cocok untuk dijadikan teman nongkrong.

Untuk bisa menemukan penjual minuman yang satu ini sangatlah mudah. Karena susu Shi Jack sudah sangat banyak membuka cabang di seluruh penjuru kota Solo. Namun Kamu hanya bisa menemukannya ketika waktu sore tiba hingga malam hari.

Minuman yang berbahan dasar susu sapi segar ini memang menjadi salah satu tujuan warga solo untuk menemani nongkrong malam.

Tubuh Kamu akan dihangatkan oleh segelas susu sapi yang begitu segar dan menyehatkan. Bahkan Kamu juga bisa request untuk menambahkan beberapa varian rasa.

Ciri Khas Kota Solo

Ciri Khas Masyarakat Kota Solo

  • Masyarakatnya yang lemah lembut
  • Memiliki aneka ragam makanan tradisional
  • Budaya yang masih sangat kental
  • Masyarakatnya tidak meninggalkan sejarah
  • Masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat.

Cukup puas bukan dengan beberapa referensi mengenai makanan khas Solo, lengkap dengan tempat makan yang paling nikmat dan ditambah dengan deretan minuman khas kota tersebut.

Oh iya, satu lagi nih temen-temen jajanan tradisional khas Solo yang sudah sangat terkenal dan enak. Ada intip makanan khas Solo yang biasanya lebih sering dijadikan oleh oleh ketika berkunjung.

Intip khas Solo ini terbuat dari kerak nasi yang berbahan dasar beras. Keunikannya ialah makanan intip dibuat dengan cara tadisional sederhana dengan menggunakan panci yang ditumpangkan diatas bara api.

Nah itu dia temen-temen sederetan kuliner Kota Solo yang harus masuk dalam daftar wisata kuliner Kamu. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya.

Selain bisa menikmati sajian yang menggetarkan lidah, teman-teman juga bisa merasakan betapa hangatnya suasana penduduk di Kota Solo.

Leave a Reply