Makanan Khas Tegal Nasi Bogana

Makanan Khas Tegal

Makanan Khas Tegal – Siapa si yang tak tau kota Tegal? Kota yang menjadi cikal bakal terbentuknya Korps Marinir. Seperti yang tercantum dalam Pangkalan IV ALRI Tegal pada 15 November ini, memang dijuluki sebagai kota pusatnya kuliner.

Bagaimana tidak, di berbagai sajian makanan khas Tegal memiliki citra rasa yang khas, disertai dengan banyaknya sentra kuliner yang kini marak bermunculan.

Untuk sajian kulinernya, tentu saja bukan aneka jajanan atau makanan tradisional saja, namun kini juga telah banyak yang menyajikan kuliner kekinian yang bakal menggoyang lidah para penikmatnya.

Macam-macam Makanan Khas Tegal

Makanan adalah budaya, kebiasaan, keinginan, dan identitas. Seperti makanan khas Tegal yang diracik dengan bumbu khas daerah”

Penasaran apa saja makanan khas Tegal yang wajib dicoba? Berikut ulasan khusus untuk Kamu!

1. Rujak Teplak, Beda dari Rujak Biasanya!

Makanan Khas Tegal Rujak Teplak

Mendengar kata rujak, pasti Kamu akan berpikir sajian dari campuran buah-buahan yang dipadukan bumbu kacang pedas bukan? Eits tunggu dulu, berbeda dengan rujak biasanya, rujak teplak asal Tegal ini lain lho!

Rujak teplak merupakan sajian makanan lezat asal Tegal yang berisi beragam sayur rebus, seperti daun pepaya, kangkung, daun lembayung dan jenis sayuran lainnya.

Nah, untuk sambalnya sendiri bukan sambel kacang, namun masyarakat Tegal menyebutnya dengan “sambal gaul”.

Apa itu sambal gaul? Yakni olahan yang terbuat dari rebusan singkong yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu pedas. Penasaran rasanya? Tentu citra rasanya beda dari rujak lainnya.

Baca juga: Daftar Makanan Khas Pekalongan

2. Blendung, Si Jagung Unik

Makanan Khas Tegal Blendung Jagung

Makan jagung bakar atau jagung rebus biasa mungkin bisa ditemukan di berbagai daerah. Namun untuk si Blendung, olahan dari jagung ini hanya bisa Kamu temukan di sekitar Tegal saja.

Beda dari jagung rebus biasa, untuk Blendung ini jagung yang direbus telah dipisahkan dari cikalnya. Sehingga Kamu bisa memakannya secara lebih mudah. Selain itu, untuk menambah kenikmatan citra rasa, dalam penyajiannya ditambahkan dengan parutan kelapa.

3. Glotak, Gambus dengan Citra Rasa yang Unik

Makanan Khas Tegal Glotak

Bisa disebut dengan makanan khas Jawa Tengah, sebab bahan dasar dari Glotak ini hampir bisa dijumpai di seluruh wilayah Jawa Tengah. Bahan dasarnya sendiri disebut dengan gambus, yakni sejenis oncom yang memiliki citra rasa gurih.

Di wilayah Jawa Tengah sendiri, tentu mengolah gambus dengan caranya masing-masing, termasuk di Tegal ini.

Untuk Glotak sendiri merupakan sajian gambus yang dipadukan dengan bumbu gurih, bersama dengan kaldu lezat. Agar dapat menambah citra rasa, biasanya diberi tambahan cabai.

Oh iya, alasan mengapa disebut dengan glotak adalah, karena ketika proses memasaknya timbul suara glotak-glotak, sehingga disebut dengan glotak. Sangat unik bukan? Tentu citra rasanya juga sangat unik.

4. Kupat Glabed, Oppornya Masyarakat Tegal

Makanan Khas Tegal Kupat Glabed

Kalau di Jakarta ada opor ayam yang disajikan dengan ketupat, maka di Tegal ada Kupat Glabed. Yaps, hampir sama dengan makanan khas Jakarta.

Makanan khas Tegal ini merupakan kuliner tradisional yang disajikan dari potongan ketupat bersama santan kental dengan citra rasa gurih.

Biasanya pedagang akan menyajikan kupat glabed dengan kuah yang masih hangat agar para penikmatnya makin terpikat. Selain itu, penyajiannya juga ditambah dengan kerupuk renyah yang akan semakin menggoyang lidah.

5. Kupat Belong, Kembarannya Kupat Glabed

Makanan Khas Tegal Kupat Belong

Kenapa disebut kembaranya kupat glabed? Karena kupat Belong merupakan sajian yang sama persis seperti kupat glabed, namun ditambah dengan sate belong. Penasaran apa itu  sate belong?

Tentu berbeda dari sate biasanya, si sate belong ini tentunya merupakan sate yang dibuat dari daging belong, yang kemudian sajikan lebih panjang dari sate biasanya, serta dengan citra rasanya lebih gurih.

Untuk teksturnya daging belong tentu tak perlu diragukan lagi, dijamin Kamu akan ketagihan mencobanya. Sebab teksturnya seperti daging bebek yang sangat gurih dan lezat.

Jadi plusnya adalah Kamu bisa menikmati sajian kuliner dengan potongan daging seperti daging bebek, namun harganya jauh lebih murah.

6. Es Lontrong, Penghilang Dahaga Secepat Kilat

Makanan Khas Tegal Es Lontrong

Jangan sampai salah menyebutnya, “es lontrong” bukan “es lontong”. Pantas disebut sebagai pusatnya kuliner lezat, sebab semua makanan khas Tegal memiliki rasa yang unik bahkan namanya pun unik juga.

Untuk es lontrong ini, merupakan es legendaris khas Tegal yang telah terkenal seantero negeri kelezatannya. Bagaimana tidak, olahan dari campuran cincau dan kacang hijau yang dipadukan dengan santan, gula merah dan es serut, tentu bisa Kamu bayangkan bagaimana kesegarannya bukan? Hanya satu seruput saja, dahaga pasti akan hilang.

7. Soto Tauco, Beda Dari Soto Biasa!

Makanan Khas Tegal Soto Tauco

Jika soto kudus menjadi makanan khas Semarang, maka soto tauco menjadi makanan khas Tegal. Apa yang membedakan soto tauco dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia?

Jika dipikir-pikir setiap daerah pasti memiliki sajian soto dengan bumbu khas, citra rasa, serta isian masing-masing, termasuk si soto tauco asal Tegal ini.

Berbeda dari soto lainnya, untuk kuliner khas Tegal ini disajikan dengan isian suwiran daging ayam, tauge, tak ketinggalan brambang goreng, sehingga rasanya lebih nikmat. Yang membuat lebih nikmat adalah, ada isian tambahan berupa irisan babat, sehingga rasanya lebih mantap.

Sedangkan untuk aroma dan cita rasa yang membuatnya berbeda dari soto biasanya adalah karena ditambah dengan tauco. Yaps, si tauco yang beraroma dan citra rasa khas, tentu akan membuat soto ini semakin lebih lezat.

8. Tahu Aci, yang Menggoyang Lidah

Makanan Khas Tegal Tahu Aci

Tentu bisa Kamu tebak bagaimana bentuk dari si tahu aci ini. Aci atau yang biasa disebut dengan tepung kanji yang sebagai bahan dasarnya akan dipadukan dengan si tahu yang bertekstur lembut.

Tahu yang dicelupkan ke dalam adonan aci, akan digoreng hingga bertekstur renyah. Dan untuk menikmatinya agar lebih lezat, Kamu bisa mecocolnya dengan saus, kecap atau bumbu kacang, sesuai selera.

Atau Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho, caranya sangat mudah, yakni:

  • Pertama, siapkan adonan I yakni tepung kanji, air dan bawang putih
  • Kemudian panaskan adonan menggunakan api kecil hingga mengental, lalu matikan api
  • Setelah itu, tambahkan dengan adonan II yakni tepung kanji, garam, kaldu bubuk, daun bawang dan sedikit air
  • Pastikan campur adonan I dan adonan II ketika adonan I masih dalam keadaan panas
  • Campur keduanya dan uleni hingga kalis
  • Setelah itu baru ambil sedikit adonan, dan masukan ke dalam tahu yang telah dipersiapkan
  • Sudah siap, maka tinggal goreng menggunakan api panas, dan tunggu hingga matang
  • Tahu aci buatan sendiri bisa dinikmati deh.

9. Olos, Cemilan Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Olos

Mungkin sebagian Kamu masih asing dengan makanan khas Tegal ini. Dari namanya saja sudah unik ya, apalagi rasanya?

Olos merupakan cemilan khas tegal yang memiliki bentuk bulat, dan biasanya dijajakan para penjual gerobakan. Secara lebih spesifik, olos merupakan cemilan yang berupa gorengan, dan terbuat dari tepung terigu dengan isian aneka sayur dan cabai.

Selain itu, yang sekarang sedang kekinian dan wajib Kamu coba adalah, olos yang disajikan dengan isian seperti ayam, keju, sosis dan isian lezat lainnya yang membuat citra rasanya lebih mantap.

Sebagai pelengkap citra rasa, olos sendiri identik dengan rasa pedas, sebab dalam pembuatannya pasti ditambah dengan cabai. Jadi, bagi Kamu penggila makanan pedas, wajib cicipi kuliner lezat khas Tegal ini ya!

10. Sega Lengko, Cocok Sebagai Penghilang Lapar

Makanan Khas Tegal Sega Lengko

Istilah nasi kucing banyak digunakan di seluruh Indonesia. Nah, Tegal memiliki nasi kucing yang berbeda yakni sega lengko.

Sega lengko khas Tegal ini, merupakan ‘sega’ atau dalam bahasa Indonesia adalah nasi yang disajikan bersama lauk pauk seperti tempe dan tahu, tauge, kol dan dibumbui dengan sambal kacang, serta ditambah dengan kerupuk untuk pelengkapnya.

Bagaimana dengan harganya? Tentu tak jauh berbeda dengan si nasi kucing. Hanya dengan kocek sedikit saja, Kamu bisa menikmati satu bungkus nasi lengkap dengan lauk pauknya.

11. Kemronyos dengan Aroma Kambing Asli

Makanan Khas Tegal Kemronyos

Mendengar nama kemronyos pasti membuat Kamu penasaran. Sebenarnya, kemronyos merupakan olahan sate kambing, namun diolah secara berbeda dari sate biasanya.

Jika biasanya sate kambing akan dibumbui sebelum dibakar, si kemronyos ini dibakar ataupun disajikan tanpa bumbu, kecap bahkan sambal kacang sekalipun.

Apakah rasanya akan enak? Jangan bilang tidak enak sebelum mencobanya, sebab hanya satu gigitan saja akan membuat Kamu ketagihan. Sebab Kamu akan menemukan citra rasa daging kambing asli yang sangat gurih dari makanan khas Tegal ini.

12. Latopia, Bakpianya Kota Tegal

Makanan Khas Tegal Latopia

Sepintas sebutannya hampir sama dengan bakpia si makanan khas Yogyakarta ya. Nah, untuk si Latopia, makanan khas Tegal ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan bakpia, hanya saja bagian kulitnya lebih tebal dari latopia.

Untuk isiannya pun hampir sama, dimana latopia biasanya berisi aneka rasa seperti keju, kacang hijau, cokelat, durian serta rasa lainnya yang tak kalah lezat.

Meski bapia dan latopia ini hampir sama, namun keduanya memiliki citra rasa khas yang berbeda satu dari lainnya. Jadi, Kamu tetap wajib mencoba si latopia ini ya.

13. Kacang Bogares, Cocok Untuk Oleh-Oleh di Rumah

Makanan Khas Tegal Kacang Bogares

Cemilan khas Tegal ini bisa Kamu jadikan oleh-oleh kalau main ke Tegal. Beda dari kacang lainnya, rasa kacang bogares lebih renyah, serta bercita rasa asin, gurih dan manis.

Untuk menemukan oleh-oleh khas Tegal ini pun tak sulit, Kamu bisa membelinya di sekitaran alun-alun Tegal sambil bersantai menikmati pemandangan kota sejuta kuliner ini.

14. Kupat Bongkok, Sajian Kupat dan Tempe Unik

Makanan Khas Tegal Kupat Bongkok

Jika tadi ada saudara kembar yakni kupat glabed dan kupat belong, Tegal juga memiliki makanan khas Tegal yang berbahan dasar kupat yakni kupat bongkok. Untuk olahan kupat yang satu ini biasanya akan dicari ketika musim dingin, sebab penyajiannya biasanya ketika masih hangat.

Untuk citra rasanya sendiri, diolah dari bahan dasar tempe yang dibusukkan dengan paduan ketupat dan bumbu khas citra rasanya akan lebih lezat. Oh iya, tempe busukkan sendiri seperti namanya, yakni tempe semangit atau tempe busuk.

Meski dipadukan dengan tempe busuk, rasanya tak perlu diragukan lagi, sebab dengan bumbu khasnya, citra rasa si tempe ini malah akan semakin timbul dengan rasa yang gurih dan lezat.

15. Nasi Bogana, Nasi Rames Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Nasi Bogana

Yaps, jika melihat secara sekilas, nasi bogana ini mirip dengan nasi rames. Yakni nasi yang disajikan dengan aneka lauk pauk seperti opor ayam, telur, oseng tempe, buncis, serundeng dan kari ayam.

Tentu dengan aneka ragam lauk pauk ini nasi bogana lebih nikmat dari nasi rames bukan? Soal harga tak usah khawatir, sebab harganya tak jauh berbeda dari nasi rames pada umumnya.

16. Nasi Ponggol, Nasi Kucingnya Masyarakat Tegal

Makanan Khas Tegal Nasi Ponggol

Selain nasi bogana, di Tegal juga ada kuliner nasi yang tak kalah nikmat, yakni nasi ponggol. Untuk nasi yang satu ini sendiri, yang membedakan adalah penyajiannya dibungkus dengan daun pisang.

Sedangkan untuk lauk pauknya, biasanya disajikan dengan sambal goreng tempe beserta aneka sayuran.

Sering membuat banyak diburu karena nasi ponggol disajikan dengan porsi banyak dengan harga yang murah. Sehingga cocok dijadikan sebagai santapan ketika lapar dengan budget pas-pasan.

17. Glembong Ocar-Acir

Makanan Khas Tegal Gemblong Ocar-acir

Memiliki nama glembong ocar-acir, karena memang bentuknya seperti gelembung, serta ada khas ocar acir. Nama tersebut muncul sebab makanan khas Tegal ini terbuat dari bahan utama ketan dan paduan parutan kelapa dengan gula aren yang telah dicairkan.

Layak disebut sebagai kota kuliner, sebab Tegal tak hanya sekedar menyediakan banyak kuliner saja, namun semua makanan khas Tegal juga memiliki rasa yang unik, enak, dan berbeda dari daerah lainnya.

Berbeda dari lainnya memang, karena masyarakat Tegal selalu mengolah makanan dengan bumbu komplit serta perpaduan yang pas. Sehingga tak heran jika citra rasanya pun juga khas. Jadi, jika Kamu main ke Tegal pastikan cicipi semua kulinernya ya!

Leave a Reply